Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil  – Anggur menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang karena rasanya yang segar dengan teksturnya yang kenyal. Buah anggur itu sendiri memiliki beragam jenisnya. Buah yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan sehingga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, termasuk untuk ibu hamil.

Kabar bahwa konsumsi buah anggur selama kehamilan dilarang nyatanya hanya mitos belaka. Justru ada berbagai manfaat baik anggur untuk ibu hamil, sehingga disarankan dikonsumsi saat hamil. Buah anggur  aman dikonsumsi asalkan jumlahnya harus diperhatikan. Lantas apa saja manfaat anggur untuk ibu hamil ? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil

Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil

Apabila buah anggur dikonsumsi dengan wajar selama masa kehamilan, maka buah yang satu ini akan mendatangkan berbagai manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat anggur untuk ibu hamil, diantaranya :

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat anggur untuk ibu hamil yang pertama yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Selama kehamilan, perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil akan dapat menyebabkan imunitas tubuh mengalami penurunan, sehingga efeknya ibu hamil rentan mengalami infeksi. Untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang tepat dan sehat, salah satunya yaitu buah anggur.

Buah anggur mengandung vitamin C yang akan meningkatkan imunitas tubuh. Berdasarkan penelitian menunjukan, senyawa aktif yang terkandung pada anggur dapat mencegah dan melindungi tubuh dari infeksi bakteri maupun virus.

Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Manfaat anggur lainnya untuk ibu hamil yaitu dapat membantu mencegah atau mengatasi masalah sembelit. Sembelit atau konstipasi itu sendiri merupakan kondisi saat buang air besar frekuensinya menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan biasanya. Manfaat buah anggur yang satu ini dapat diperoleh karena kandungan serat dalam buah anggur yang akan menjaga kesehatan sistem pencernaan, serta menjadikan feses lebih lunak.

Agar manfaat buah anggur untuk mencegah atau mengatasi sembelit menjadi maksimal, anda harus mengonsumsi buah anggur dengan kulitnya. Tidak hanya mengonsumsi buah anggur saja, namun anda juga harus memperkaya konsumsi makanan sumber serat yang lainnya.

Membantu Meningkatkan Suasana Hati

Selama kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan hormon. Dimana perubahan hormon ini akan dapat berpengaruh pada suasana hati. Tanpa alasan seringkali ibu hamil akan merasa marah dan sedih. Untuk membantu mengatasi suasana hati yang tidak baik seperti ini, anda dapat mencoba mengonsumsi buah anggur.

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi ekstrak alami anggur selama tiga bulan akan membuat mood dan kemampuan berpikir orang dewasa akan meningkat. Manfaatnya ini berkat senyawa polifenol, serta antioksidan yang terkandung pada buah anggur.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain itu, manfaat buah anggur selanjutnya untuk ibu hamil yaitu dapat menurunkan tekanan darah, terutama untuk ibu hamil yang memiliki risiko tinggi mengalami preeklamsia atau kondisi tekanan darah tinggi saat hamil.

Manfaatnya ini didapatkan dari kandungan kalium pada buah anggur yang akan membantu mengurangi berlebihnya kadar garam dalam tubuh. Tidak hanya itu, pada buah anggur kandungan kaliumnya juga akan meringankan kram pada kaki, serta keseimbangan elektrolit tubuh akan terjaga.

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Pada buah anggur terkandung vitamin K, kalsium, fosfor dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, kandungan resveratrol pada anggur, yang merupakan salah satu antioksidan pada buah anggur akan membuat penyerapan kalsium meningkat dan juga akan mempertahankan kalsium pada tulang. Meskipun begitu, mengenai manfaat anggur yang satu ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Membersihkan Lemak Jahat

Ibu hamil rentan gemuk karena lemak yang terdapat pada tubuh. Lemak jahat yang banyak pada pembuluh darah dalam tubuh akan membuat ibu hamil rentan mengalami komplikasi seperti penyakit jantung, hipertensi atau kondisi penyempitan pembuluh darah. Untuk membantu membersihkan lemak jahat, anda bisa mengonsumsi buah anggur.

Selain beberapa manfaat di atas, buah anggur juga memiliki banyak manfaat yang lainnya untuk ibu hamil seperti berikut ini:

  • Kandungan zat besi pada buah anggur akan membantu mencegah anemia yang terjadi selama kehamilan.
  • Magnesium yang terkandung pada anggur akan mengurangi kram otot.
  • Kandungan antioksidan pada anggur akan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Sifat anti inflamasi yang dimiliki anggur, serta kandungan airnya akan memerangi arthritis dan asma.
  • Anggur akan menghidrasi tubuh, memastikan bahwa paru-paru mempertahankan kelembabannya.
  • Mencegah gigi berlubang karena kandungan asam organiknya.
  • Selama kehamilan risiko penyakit jantung dapat meningkat, akan tetapi pada buah anggur terkandung komponen yang dinamakan polifenol yang bisa menurunkan risikonya.

Selain untuk ibu hamil, ada beberapa manfaat  baik anggur untuk  janin dalam kandungan di antaranya seperti berikut ini:

  • Dapat membantu perkembangan sistem saraf bayi karena keseimbangan natrium pada anggur.
  • Nutrisi yang diberikan pada janin akan lebih banyak karena terdapat senyawa vitamin B yang bermanfaat untuk membantu laju metabolisme ibu hamil.
  • Mineral pada buah anggur, yakni flavanol dan vitamin A bermanfaat baik untuk perkembangan penglihatan si kecil dalam kandungan.
  • Resveratrol pada buah anggur akan membantu menstabilkan kolesterol ibu memastikan si kecil dalam kandungan mempunyai jantung sehat.

Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Tidak Mengonsumsi Anggur

Meskipun anggur memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, namun ada beberapa kondisi ibu hamil yang sebaiknya menghindari konsumsi buah anggur seperti berikut ini :

  • Ibu hamil yang alergi terhadap buah anggur sebaiknya menghindari konsumsi buah anggur.
  • Ibu hamil yang mengalami masalah dengan gula darah tinggi sebaiknya menghindari anggur.
  • Ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi buah anggur.
  • Ibu hamil yang memiliki luka pada lambung atau masalah lainnya pada sistem pencernaan sebaiknya menghindari konsumsi anggur sampai kondisinya membaik.

Efek Samping Mengonsumsi Buah Anggur Terlalu Banyak

Ketika ibu hamil mengonsumsi buah anggur terlalu banyak, beberapa efek samping dapat ditimbulkan seperti berikut ini:

  • Mengonsumsi buah anggur berlebihan akan dapat menambah berat badan.
  • Akan terjadi ketidakseimbangan gula darah.
  • Menyebabkan ibu hamil mengalami diare.
  • Menyebabkan mulas, serta GERD.
  • Menyebabkan keracunan resveratrol.

Mengonsumsi buah anggur ketika hamil dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, baik itu mengonsumsi buah anggur secara langsung atau menjadikan buah anggur sebagai jus. Namun, yang pasti sebelum mengonsumsi buah anggur anda harus mencucinya terlebih dahulu hingga bersih supaya anggur yang akan anda konsumsi terbebas pestisida.

Agar mendapatkan manfaat baik dari buah anggur, maka anda harus mengonsumsinya dengan bijak. Anda juga harus mengonsumsi berbagai makanan sehat yang lainnya untuk kehamilan agar mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Itulah beberapa manfaat buah anggur untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply