data-ad-format="auto"

Puasa dan Gaya Hidup

Kategori artikel yang berisi seputar gaya hidup dan puasa. Artikel di sini diharapkan mampu memberikan informasi kepada anda, dimulai dari tips menjalankan puasa, menu sahur dan buka puasa, manfaat puasa dan informasi lainnya yang berkaitan dengan puasa dan gaya hidup.

Tips Tetap Kuat Berpuasa Meski Lakukan Pekerjaan Berat

Untuk orang yang sudah balig dan berakal sehat, ibadah puasa adalah sebuah keharusan yang perlu dijalankan dan tidak boleh ditinggalkan. Hukum meninggalkan puasa adalah dosa dimana tentunya hal ini menjadi motivasi untuk setiap orang agar seyoganya tidak meninggalkan ibadah yang satu ini.

Selama puasa biasanya para pekerja di Indonesia mendapatkan pengurangan waktu bekerja sebagaimana terkait dengan peraturan pemerintah. Akan tetapi demikian tidak semua pekerjaan mendapatkan pengurangan waktu atau toleransi yang sama.

Bahkan untuk sebagian pekerjaan meski mereka mendapatkan pengurangan waktu bekerja. Namun tetap saja saat beban pekerjaan menguras tenaga dan fisiknya maka hal ini bisa saja membuat puasa yang dijalani tetap terasa berat.Baca juga: Tips Menyusui Selama Puasa

Tak heran bila untuk beberapa profesi pekerjaan seperti buruh pabrik, pekerja bangunan dan masih banyak lagi memilih untuk tidak ikut menjalankan pekerjaan. Profesi yang dijalani membutuhkan tenaga yang besar. Tanpa adanya asupan makanan dan minuman terkadang hal ini dapat mempengaruhi semangat dan tenaga mereka untuk bekerja.

Namun demikian sebenarnya ada tips tetap kuat berpuasa meski lakukan pekerjaan yang berat. Ingin tahu seperti apa? Maka mari kita simak informasi menariknya dibawah ini.

Tips Tetap Kuat Berpuasa Meski Lakukan Pekerjaan Berat

Apapun aktivitas dan profesi yang dijalani, ketika niatan berpuasa kuat maka tidak ada alasan untuk anda tidak ikut menjalankan ibadah puasa. Namun demikian, banyak orang mengeluhkan mencari solusi untuk bisa kuat menjalani ibadah yang satu ini saat dihadapkan dengan pekerjaan yang begitu berat.

Namun tak perlu khawatir mari kita simak tips tetap kuat berpuasa meski lakukan pekerjaan berat dibawah ini.

Teguhkan Niat

Hal yang terpenting dalam menjalani segala hal adalah meneguhkan niat. Niat akan menjadi pondasi dasar seseorang untuk dapat melalui segala hal dan rintangan dengan baik. Niat akan pula memotivasi anda untuk dapat lebih kuat dan lebih tangguh menjalani suatu hal, termasuk dengan ibadah puasa.

Seberapa keras dan beratnya beban yang dijalani selama puasa. Ketika niat anda besar dan teguh untuk dapat menjalani ibadah ini dengan baik. Maka insyaallah hal ini akan dapat anda lalui dengan baik.

Jadi demikian sebelum melakukan banyak hal. Niatkan terlebih dahulu yang kuat dan yakinkan diri anda bahwa anda akan dapat melakukannya dengan baik. Dan segala rintangan tidak akan menghentikan anda untuk dapat menjalankan ibadah anda dengan baik.

Banyak Minum Air Putih

Terkadang rasa lemas dan lesu yang dijalani saat menjalankan pekerjaan selama puasa datang dari tubuh yang kurang cairan. Kekurangan cairan selama puasa memang akan berpengaruh pada stamina tubuh. Apalagi untuk anda yang menjalani pekerjaan yang berat dengan beban yang besar.

Oleh karenanya, guna mengatasi masalah ini maka perhatikan dengan baik asupan cairan kedalam tubuh anda. Untuk anda pekerja yang keras pastikan anda mendapatkan asupan cairan dari takaran yang dianjurkan. Atau bahkan anda bisa lebih banyak mengasup tubuh dengan air putih.

Penuhi Kebutuhan Gizi

Memenuhi kebutuhan gizi bukan berarti makan yang banyak. Sebab sebanyak apapun makanan yang anda konsumsi, saat tidak ada nilai gizi yang seimbang dari makanan tersebut maka mungkin hal ini akan sia-sia.  Pilihlah makanan yang sehat dan memiliki nilai gizi yang seimbang agar demikian tubuh anda lebih siap menghadapi aktivitas harian anda.

Tips Mudik Nyaman dengan Pesawat

Hari Raya Lebaran sudah hampir tiba, hitungan puasa bahkan sekarang sudah mendekati ke-20. Ini artinya, waktu lebaran tinggal menunggu minggu dan hari-hari. Nah, pada saat hari raya lebaran salah satu tradisi yang tak pernah dilewatkan pada masa ini adalah mudik atau pulang kampung. Tradisi yang satu ini membuat seseorang yang tinggal jauh di tempat orang atau diluar kota membuat mereka akan pula kampung dan bertemu dengan sanak saudara.

Tradisi yang satu ini nampaknya memang menjadi tradisi yang unik dan hanya dijumpai di Indonesia saja. Tak heran bila menjelang lebaran harga tiket pesawat dan transportasi lain seringkali habis diborong beberapa waktu sebelum menjelang hari raya lebaran.

Nah, untuk anda yang juga ikut menjalankan tradisi mudik lebaran. Tentunya bukan hal mudah pergi ke kampung halaman pada saat hari lebaran. Semua orang yang juga menjalankan tradisi ini akan pula ikut menghadapi banyak tantangan. Salah satunya adalah arus mudik yang begitu padat dan banyak.

Tak heran bila pada saat anda memilih menggunakan salah satu moda transportasi maka mereka akan selalu penuh dan banyak diserbu banyak orang. Nah, hal seperti ini akan mungkin membuat anda kurang nyaman. Termasuk pada saat anda menggunakan pesawat. Baca juga: Bahaya yang Ditimbulkan Jika Tidur Setelah Sahur

Namun tak perlu khawatir mari kita simak tips mudik nyaman dengan pesawat yang perlu untuk diperhatikan dengan baik dibawah ini. Ingin tahu seperti apa saja? Maka mari kita simak informasi menariknya yang akan kami berikan kali ini.

Tips Mudik Nyaman dengan Pesawat

Meski cenderung lebih cepat dan lebih praktis, mudik menggunakan pesawat pada saat menjelang lebaran akan tentu saja sama padatnya dengan moda transportasi lainnya. Apalagi kemudahan mengakses transportasi lewat udara ini memang membuat banyak orang mendaratkan pilihan sama yakni bermudik menggunakan pesawat.

Nah, ketika banyak orang yang hendak berangkat, maka mungkin kondisi ini pun akan membuat anda merasa tidak nyaman selama dipesawat. Lantas seperti apa saja tips mudik nyaman di pesawat? Mari simak secara langsung informasi menariknya dibawah ini.

Ketahui Terminal Keberangkatan

Untuk anda yang memang sudah fix memilih moda transportasi pesawat untuk mudik ke kampung halaman. Hal ini mungkin menjadi pilihan yang tepat, karena mungkin tiket kereta dan bus sudah penuh diborong oranglain yang juga berlomba ingin merayakan hari lebaran bersama dengan sanak saudara.

Akan tetapi, menjelang hari raya seperti ini biasanya jangan salah jika tiket pesawat pun akan lebih mahal harganya karena kuota keberangkatan ke beberapa destinasi di Indonesia memang membuat tiket lebih cepat laku pada masa ini. Oleh karenanya, jangan abaikan beberapa hal pada saat anda memilih mudik menggunakan pesawat.

Salah satunya adalah kenali dengan betul terminal keberangkatan anda. Pasalnya beberapa bandara terbesar di Indonesia memiliki total 3 terminal yang berbeda dimana terminal ini dikhususkan untuk maskapai yang berbeda-beda.

Untuk itulah, maka penting sekali memperhatikan dimana letak terminal keberangkatan anda dengan baik. Hal ini akan memudahkan anda untuk dapat mengakses maskapai yang memang sudah anda pilih dengan baik.

Datanglah Lebih Awal

Seringkali untuk beberapa kesempatan keberangkatan biasa memang beberapa maskapai memberikan spare waktu sekitar 3 jam sebelum take off. Waktu ini mungkin membuat beberapa penumpang pesawat merasa lebih santai dan dapat datang lebih lama sebelum keberangkatan.

Akan tetapi, pada saat menjelang mudik maka sebaiknya lebih waspadalah menanti hal ini. Pada saat musim mudik terutama puncak arus mudik biasanya bandara akan sangat padat dibandingkan dengan hari biasanya.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka silahkan datanglah lebih awal. Hal ini pun akan memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan tempat duduk pada saat anda menanti. Selain itu, datang lebih awal tentu akan membuat anda merasa tenang dan anda tinggal menanti keberangkatan. Untuknya, hindari datang terlalu mepet atau bahkan terlambat sebab hal ini akan mungkin membuat anda ketinggalan pesawat.

Gunakan Transportasi Umum

Sebaiknya guna menghindari macet menuju bandara, gunakanlah transportasi umum dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi. Selain itu, menggunakan transportasi umum pun tidak perlu membuat anda menyimpan atau memarkir mobil dibandara dalam waktu yang lama. Selain akan boros karena harga ongkos parkir, hal ini pun akan mungkin membuat anda tidak tenang selama melakukan mudik.

Oleh karenanya, gunakanlah moda transportasi umum pada saat anda hendak pergi ke bandara. Bila anda khawatir kerepotan pada saat menggunakan transportasi umum maka pilihlah angkutan yang memang nyaman. Misalkan seperti taksi dan angkutan lainnya yang dapat sesuai dengan pilihan anda.

Hanya saja yang terpenting jaga semua barang-barang yang anda bawa. Jangan sampai karena anda tidak mau ribet lantas hal ini malah membuat anda mengabaikan keselamatan dan keamanan dari barang-barang yang dibawa.

Packing yang Benar

Kebanyakan maskapai Indonesia memang memberikan jatah bagasi gratis untuk setiap penumpang. AKan tetapi, alokasi ini pun terbatas dan tidak bisa dilakukan sebebasnya. Rata-rata sebanyak 15 sampai dengan 20 kg alokasi untuk masing-masing penumpang diberikan. Nah, untuk mengatasi masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan pada saat penimbangan bagasi. Maka sebaiknya perhatikan packing anda di rumah.

Lakukan penimbangan bila perlu terlebih dahulu. Hal ini akan dapat menghindarkan anda dari kejadian tida lolos dari penimbangan bagasi di bandara. Selain itu, sebaiknya hindari membawa produk-produk atau barang-barang yang dibawa dari sini.

Akan lebih baik jika anda cukup membawa dana yang akan dapat menunjang perjalanan anda dan nantinya anda pun akan aman selama melakukan mudik. Selain akan cukup merepotkan. Hal ini pun bisa mungkin membuat anda kesulitan pada saat membawanya.

Jangan Tidur Dulu

Biasanya untuk sebagian orang berpergian dengan pesawat untuk durasi yang cukup lama akan menjadi hal yang cukup membosankan. Tak jarang hal ini pun seringkali membuat mereka tak nyaman sewaktu berada didalam pesawat. Untuknyalah guna menghindari kejadian ini maka sebelumnya jangan tidur terlebih dahulu.

Jadi demikian, anda akan bisa tidur didalam pesawat. Hal ini akan sangat ampuh untuk mengatasi rasa bosan anda selama di pesawat. Dengan begini perjalanan anda pun akan terasa lebih ringan dan lebih nyaman.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat disampaikan dari tips mudik nyaman dengan pesawat. Semoga dengan menyimak beberapa hal diatas akan membantu anda untuk dapat merasa nyaman pada saat mudik diperjalanan. Sehingga rencana berkumpul bersama dengan sanak saudara disanapun akan terasa lebih menyenangkan.

Semoga suka cita hari raya membuat kita kembali fitri dan bersih. Sampai jumpa kembali pada pembahasan lainnya mengenai edisi Ramadhan yang menyenangkan.

Menu Makan Sahur Untuk Penderita Maag

Para penderita maag pada saat menjalankan ibadah puasa perlu memperhatikan banyak hal dengan baik. Hal ini dikarenakan puasa untuk penderita maag akan cukup besar dampaknya. Gejala maag akan dapat kambuh sewaktu-waktu dimana kondisi ini akan dapat menyebabkan si penderita mengalami rasa sakit yang cukup mengganggu.

Hal ini terjadi sebab penderita maag umumnya membutuhkan asupan makanan yang teratur dan berkala. Waktu makan yang terbatas seperti pada saat puasa akan dapat membuat maag yang mereka derita dapat kambuh kapan saja.

Namun demikian, hal ini tidak berarti membuat penderita maag dilarang untuk menjalankan ibadah wajib yang satu ini. Ketika si penderita merasa mampu dan kuat untuk melakukannya. Maka tidak ada halangan untuk mereka bisa menjalankan ibadah puasa yang satu ini.

Nah, salah satu perawatan penting yang perlu diperhatikan untuk penderita maag yang menjalankan puasa adalah memperhatikan menu makanannya. Terutama menu makanan pada saat sahur. Hal ini dikarenakan demi menunjang puasa yang lancar maka makan sahur penting sekali untuk diperhatikan dengan baik. Lalu seperti apa saja menu sahur untuk penderita maag? Simak dibawah ini. Baca juga: Tips Tetap Kuat Berpuasa Meski Lakukan Pekerjaan Berat

Menu Makan Sahur Untuk Penderita Maag

Penderita maag yang ikut menjalankan ibadah puasa perlu memperhatikan dengan baik asupan makanan kedalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan asupan makanan bukan hanya akan berpengaruh terhadap kambuh tidaknya maag yang mereka derita. Namun juga tubuh perlu mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk dapat menjaga dan menjamin puasa berjalan dengan lancar.

Hindari Makanan yang Mampu Memicu Gas Lambung

Para penderita maag yang ikut menjalankan ibadah puasa sebaiknya waspada dengan asupan makanan yang mereka asup kedalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa jenis makanan yang akan dapat memicu gas lambung. Terutama pada saat sahur, demi menjaga dan menjamin puasa agar berjalan dengan lancar maka hal ini penting sekali untuk diperhatikan.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu gas lambung diantaranya adalah kol, sawi, pisang, nangka dan makanan yang dikeringkan. Termasuk dengan buah yang dikeringkan. Oleh karenanya, pada saat sahur hindari menyantap menu makanan yang satu ini.

Hindari Makanan dan Minuman Berkafein

Untuk anda yang menderita maag pada saat puasa maka hindari mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan kafein. Hal ini dikarenakan dua jenis makanan ini akan dapat menyebabkan masalah dan membuat asam lambung naik kepermukaan. Akibatnya masalah ini akan dapat menyebabkan rasa perih pada bagian perut dan sensasi asam yang tidak nyaman pada bagian tenggorokan.

Makanan dan minuman yang mengandung kafein pun akan dapat merusak lambung yang membuat maag akan dapat kambuh kapan saja. Untuk itu, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan ini.

Hindari Makanan dengan Lemak yang Tinggi

Konsumsi gorengan selama puasa memang sulit sekali dihindarkan. Melepas hasrat lapar yang menggebu pada saat berbuka memang nikmat dengan makanan yang digoreng. Rasa yang garing dan sensasi nikmat dari hidangan yang satu ini memang menggoda untuk disantap.

Akan tetapi, tidak sebaiknya untuk anda para penderita maag membiasakan mengkonsumsi makanan ini selama puasa. Sebab kondisi ini akan dapat menyebabkan asam lambung naik ke permukaan. Akibatnya kondisi ini akan mungkin mengganggu puasa anda.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari menu makan sahur penderita maag diatas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tips Agar Tidak Boros Pengeluaran Selama Puasa

Bulan puasa memang seringkali diidentikan dengan bulan yang konsumtif. Perilaku masyarakat yang seringkali ingin memanjakan tubuh dan perutnya dengan aneka makanan yang lezat pada saat bulan puasa seringkali menjadi alasan mengapa banyak sekali pengeluaran selama puasa.

Belum lagi tuntutan untuk buka puasa bersama dengan teman dan kerabat yang hadir dalam jumlah banyak membuat kondisi berhemat semakin tidak mungkin saja dilakukan. Padahal bukan hanya bulan Ramadhan yang akan anda hadapi, usai bulan ini anda akan dihadapkan pada hari raya Idul Fitri. Dimana untuk anda yang sudah ataupun belum berkeluarga anda akan membutuhkan baju baru atau perlengkapan lain yang baru.

Selain itu, tuntutan memberikan THR pada ponakan dan anak-anak lain yang masih kecil. Terkadang membuat anda perlu menyiapkan budget khusus untuk dapat melakukan hal ini dengan lebih baik. Lalu bagaimana tips agar tidak boros pengeluaran selama puasa?

Nah, tak perlu khawatir ketika dedikasi dan niat anda kuat untuk dapat berhemat selama puasa. Maka anda akan dapat melakukannya dengan mudah. Sementara itu, berikut ini mari kita simak tips agar tidak boros pengeluaran selama puasa. Baca juga: Bantu Si Kecil Lahap Santap Makan Sahur

Tips Agar Tidak Boros Pengeluaran Selama Puasa

Perilaku masyarakat yang konsumtif memang cenderung lebih banyak dilakukan selama bulan puasa. KOndisi ini bila tidak segera ditangani dengan baik maka mungkin akan semakin memburuk dan membuat pengeluaran anda semakin membengkak.

Mari kita simak tips agar tidak boros pengeluaran selama puasa yang penting untuk disimak dengan baik dibawah ini.

Hindari Terlalu Banyak Buka Diluar

Terkadang karena hasrat lapar yang tertahankan selama satu harian penuh, cenderung membuat sebagian orang ingin memanjakan lidah dan perutnya dengan aneka makanan yang lezat. Bahkan mungkin hal ini sudah mereka rencanakan jauh-jauh waktu saat pagi hari atau mungkin saat siang hari.

Berbuka di restoran atau rumah makan dengan aneka menu hidangan makanan yang lezat akan tentu sangat menyenangkan. Selain rasa lapar anda yang akan terpuaskan, hal ini pun akan membuat nafsu makan semakin meningkat.

Namun hal inilah yang justru menjadi salah satu pemicu membengkaknya pengeluaran selama puasa. Jadi demikian, hindari terlalu banyak makan diluar. Sebaliknya, sempatkan untuk makan makanan rumahan. Selain hemat tentunya makanan ini pun sehat.

Buat Daftar Menu Makanan Satu Bulan

Untuk anda yang tinggal jauh dari keluarga dan hendak berhemat selama Ramadhan agar tidak mengalami pembengkakan pengeluaran. Maka penting sekali untuk anda mempertimbangkan untuk membuat daftar menu makanan. Bila perlu buat menu makanan selama satu bulan.

Perencanaan makan ini akan dapat membuat anda sadar berapa banyak budget atau biaya yang perlu anda siapkan selama satu bulan. Dengan begini anda akan dapat terhindar dari perilaku yang konsumtif.

Berbelanja Kebutuhan Anda Untuk Satu Bulan

Selain menyiapkan daftar menu makanan selama satu bulan. hal lain yang juga penting untuk diperhatikan dengan baik adalah berbelanja kebutuhan anda selama satu bulan.

Hal ini akan sangat penting dilakukan karena pada umumnya berbelanja kebutuhan yang dilakukan secara berangsur akan berpotensi membuat anda tergoda untuk membeli peralatan atau kebutuhan lain yang sebenarnya tidak terlalu anda perlukan.

Demikianlah beberapa informasi tips agar tidak boros pengeluaran selama puasa. Semoga informasi diatas akan dapat bermanfaat untuk anda dan bisa mengendalikan pengeluaran anda selama puasa.

Manfaat dan Hikmah Buka Bersama yang Penting Diketahui

Selain hidangan makanan berbuka yang khas pada saat bulan puasa. Hal lain yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang adalah ikut menjalankan buka puasa bersama. Kegiatan yang satu ini pada umumnya dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi yang lebih erat. Baik bersama dengan teman, sahabat atau mungkin bersama dengan kerabat.

Kegiatan buka bersama memang menyenangkan apalagi berada bersama-sama dalam satu meja makan yang sama dan menanti waktu berbuka akan tentu menjadi momen yang sangat menyenangkan.

Namun tahukah anda, rupanya selain menyenangkan dengan menanti waktu berbuka bersama-sama, kegiatan berbuka puasa bersama pun memiliki manfaat dan hikmah yang lebih banyak. Tentunya manfaat dan hikmah buka puasa bersama ini penting sekali untuk kita pahami dengan baik. Ingin tahu seperti apa saja? Mari kita simak informasi menariknya dibawah ini. Baca juga: Aturan Puasa Untuk Penderita Penyakit Maag

Manfaat dan Hikmah Buka Bersama yang Penting Diketahui

Memasuki hari ke 15 puasa, sudah berapa banyakkah undangan buka puasa bersama dengan teman dan kerabat? Kami yakin, beberapa undangan yang sudah menanti anda tentu membuat anda kebingungan menentukan waktu yang pas untuk bisa hadir di kesemua undangan yang diberikan.

Nah, rupanya selain dirayakan sebagai ajang bersilaturahmi yang khas, buka bersama pun memiliki banyak manfaat yang baik. Beberapa manfaat dan hikmah mengikuti buka bersama ini akan dibahas pada poin dibawah ini. Penasaran seperti apa? Mari simak langsung informasi menariknya dibawah ini.

Memperkuat Tali Silaturahmi

Manfaat yang terlihat jelas dari menjalankan buka puasa bersama baik bersama dengan teman, sahabat, rekan kerja atau kerabat lainnya tentu kegiatan ini akan mempererat tali silaturahmi yang anda jalin bersama dengan mereka. Tak heran bila ajang ini seringkali menjadi acara yang penting yang membuat koordinator pelaksana acara seringkali mewanti-wanti kehadiran kita.

Pertemuan buka puasa bersama pun sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang saling memaafkan satu sama lain. Apalagi jika anda dan teman anda jarang sekali bertemu atau sudah lama terpisah. Sebab bagaimana pun mungkin secara tidak sadar dimasa lalu kita pernah saling menyakiti atau pernah saling menyinggung.

Tentunya ajang buka puasa bersama ini akan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk bisa menjalin tali silaturahmi dan memperbaiki hubungan yang pernah retak dimasa lalu.

Reuni

Biasanya buka puasa bersama memang selalu kental dengan ajang reuni atau bertemu dengan kawan lama. Tak heran bila acara buka bersama seringkali menjadi serangkaian acara yang banyak membuat seseorang mendapatkan undangan. Di minggu pertama puasa anda mungkin mendapatkan undangan untuk buka bersama dengan teman SD, minggu selanjutnya hadir kembali undangan dari teman SMP dan seterusnya.

Nah, mendapatkan sederetan undangan ini tidak ada salahnya untuk anda manfaatkan dengan baik. Ajang reuni atau berjumpa dengan kawan lama tentu menjadi hal yang langka. Jadi demikian, tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya.

Sarana Interaksi Positif

Selama bulan puasa umat Muslim diajarkan untuk dapat meninggalkan perbuatan yang sia-sia dan beralih kepada hal yang lebih baik serta menjalankan kegiatan yang lebih bermanfaat. Anda pun dianjurkan untuk menambah amal perbuatan melalui tindakan sunnah yang juga bermanfaat.

Untuk buka puasa bersama sendiri dapat menjadi sarana yang baik dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan buka bersama sendiri memberikan kesempatan yang besar untuk anda dan orang-orang yang terlibat didalamnya untuk dapat berbagi rezeki dan silaturahmi yang semakin kuat diantaranya.

Selain itu, sebelum menjelang adzan magrib tidak ada salahnya mengisi waktu ini untuk kegiatan yang lebih positif. Dibandingkan hanya mengobrol dan bercanda mengapa tidak mengisi waktu ini dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Misalkan melakukan aksi sosial dan masih banyak lagi.

Berbagi Rezeki

Manfaat dan hikmah lain yang bisa didapatkan dari menjalankan buka puasa bersama dengan kawan-kawan dan kerabat akan menjadi sarana untuk anda bisa berbagi rezeki. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada umumnya acara buka bersama seringkali melibatkan acara yang cenderung lebih besar. Dimana didalamnya si pemilik rumah dituntut untuk dapat menyediakan makanan atau minuman serta menu berbuka puasa.

Baik makanan ringan maupun minuman kecil untuk takjil namun kegiatan ini akan dapat mendatangkan pahala untuk mereka yang ikhlas melakukannya. Jadi demikian, sekecil apapun rezeki yang anda bagikan bersama dengan orang lain maka hal ini akan dapat mendatangkan pahala dari Allah untuk kita semua.

Meningkatkan Kerja Sama

Tentunya kegiatan buka bersama tidak akan langsung membuat anda dan teman-teman yang hadir lain langsung siap menyantap makanan dan minuman dengan cepat. Selalu ada waktu luang dimana anda akan menyiapkan makanan dan minuman serta menu buka puasa lainnya untuk disajikan.

Nah, waktu inilah yang akan mungkin membuat orang lain pun ikut membantu anda menyajikan hidangan yang akan anda sajikan.

Disinilah tingkat kerja sama anda dengan orang lain atau teman akan semakin meningkat. Bukan hanya berbicara mengenai hal kerja sama saja. Namun hal ini pun akan mungkin menjadi ajang untuk anda bisa lebih dekat bersama dengan teman dan sahabat-sahabat anda yang mungkin sudah lama terpisah atau jarang bertemu satu dengan yang lainnya.

Mengisi Waktu Luang

Mengobrol atau berbincang menjelang buka bersama disadari atau tidak akan dapat membunuh kebosanan anda menanti adzan berkumandang. Hal ini berbeda ketika anda seorang diri atau hanya bersama dengan keluarga di rumah yang jarang sekali mengobrol. Meski adzan maghrib tinggal beberapa menit lagi. Namun terkadang waktu penantian terasa begitu lama dan hampir membuat anda bosan.

Berbeda halnya ketika anda mengisi waktu luang ini dengan mengobrol bersama dengan teman atau sahabat pada saat momen menanti buka bersama. Waktu akan terasa cepat dan adzan maghrib pun terasa begitu singkat. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu manfaat dan hikmah dari ikut menjalankan buka puasa bersama.

Menjalin Relasi yang Hampir Putus

Namanya saja teman lama, sudah pasti anda akan jarang sekali bertemu. Hal ini pun bisa mungkin membuat anda jarang sekali mendengar kabar dari teman anda yang perlahan-lahan sosoknya akan mungkin terlupakan.

Namun ketika si teman mampu menyempatkan untuk datang ke acara buka bersama maka hal ini akan dapat menjadi ajang yang baik untuk anda menjalin silaturahmi kembali bersama mereka.

Hal seperti ini pada umumnya lebih sering terjadi pada mereka orang-orang yang sudah bekerja. Kesibukan bekerja atau bahkan jarak yang cukup jauh yang terbentang antara mereka. Seringkali membuat kesempatan untuk bertemu sedikit sekali peluangnya.

Namun dengan adanya acara buka bersama hal ini akan dapat anda manfaatkan untuk kembali menjalin hubungan dan saling bertukar kabar bersama dengan kawan lama anda.

Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa Untuk Jaga Stamina

Banyak orang yang menjalankan ibadah puasa akan cenderung bermalas-malasan. Dengan alasan takut kelelahan yang akan membatalkan ibadah puasa mereka, hal ini lantas membuat mereka lebih memilih meluangkan lebih banyak waktunya untuk bersantai.

Jangankan untuk berolahraga, aktivitas harian saja pada umumnya lebih banyak dikurangi dan membuat mereka memiliki lebih banyak waktu luang. Akan tetapi, hanya karena anda tengah menjalankan ibadah puasa bukan berarti anda bisa bermalas-malasan dan menjadi tidak produktif.

Puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk anda bisa berleha-leha. Justru sebaliknya, kegiatan berleha-leha malah akan membuat puasa yang anda jalani semakin terasa berat. Menanti waktu adzan maghrib akan terasa panjang pada saat anda memiliki lebih banyak waktu luang.

Nah, untuk mengisi waktu kosong ini mengapa tidak mengisinya dengan melakukan olahraga? Tentunya ada beberapa jenis olahraga yang memang cocok dilakukan pada saat puasa. Ingin tahu seperti apa? Maka mari kita simak beberapa informasi menariknya dibawah ini. Baca juga: Tips Atasi Rasa Kantuk Beraktivitas Selama Puasa

Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa Untuk Jaga Stamina

Berolahraga selama puasa akan dapat menjaga tubuh tetap bugar. Hal ini pun akan pula baik untuk kesehatan anda. Nah, dibawah ini mari kita simak beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan selama puasa untuk jaga stamina tubuh. Ingin tahu seperti apa saja? Simak informasi menariknya dibawah ini.

Treadmill Ringan

Jenis olahraga yang pertama yang akan dapat anda lakukan selama puasa adalah dengan melakukan treadmill. Olahraga yang satu ini dapat anda lakukan di Gym atau bila anda punya sendiri alatnya maka anda bisa melakukanya di rumah.

Olahraga dengan lari ringan ini akan dapat memungkinkan tubuh anda untuk tetap segar dan bugar. Hal ini pun akan baik untuk kesehatan salah satunya adalah untuk melancarkan peredaran darah dengan lebih baik. Sehingga demikian, rasa lelah dan lesu akan dapat diubah menjadi tenaga yang membuat anda lebih siap menghadapi banyak aktivitas selanjutnya.

Bersepeda

Kegiatan olahraga lainnya yang akan cocok untuk anda lakukan selama puasa adalah dengan bersepeda. Tak perlu mengayuh terlalu kuat atau mungkin menjalankan sepeda dengan cepat. Karena pada dasarnya olahraga ini tidak dilakukan untuk membakar lemak anda. Namun lebih kepada tetap menjaga tubuh anda untuk terus bugar.

Selain itu, bersepeda selama puasa pun ditujukan sebagai media hiburan untuk membunuh waktu dan mengisi kekosongan anda. Jadi demikian, silahkan lakukan dengan nyaman dan temukan waktu yang tepat untuk dapat menjalankan olahraga ini dengan baik.

Bowling

Olahraga yang selanjutnya yang akan dapat anda lakukan selama bulan puasa adalah dengan melakukan bowling. Sama halnya dengan kegiatan bersepeda, olahraga yang satu ini lebih dimaksudkan untuk memberikan anda hiburan dan mengisi kekosongan anda.

Selain itu, manfaat olahraga ini pun baik untuk tetap menjaga kelenturan tubuh dan menjaga kekuatan otot-otot pada tubuh anda. Jadi demikian, tidak ada salahnya menjalankan olahraga ini selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Renang

Jenis olahraga yang selanjutnya yang akan cocok untuk anda lakukan selama puasa adalah berenang. Olahraga yang satu ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh anda dan tetap membuat tubuh terasa bugar.

Hanya saja, bila anda khawatir berenang akan dapat membatalkan puasa anda. Maka sebaiknya lakukan olahraga ini pada saat setelah berbuka. Olahraga renang saat malam hari akan jauh membuat anda terasa segar.

Ketahui Lebih Dalam Kebiasaan Tidak Sehat yang Dilakukan Saat Puasa

Menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam lamanya memang menjadi tantangan yang cukup berat dilakukan saat bulan puasa. Cuaca yang panas dan terik seringkali membuat perjuangan puasa semakin terasa begitu berat. Namun demikian, ketika anda mampu melakukannya dengan ikhlas maka hal ini tidak sebanding dengan pahala yang Tuhan berikan dalam kehidupan ini.

Tantangan menahan lapar dan haus pada dasarnya ada akhirnya. Waktu berbuka dan sahur akan dapat menjadi waktu dimana anda bisa makan dan minum sepuasnya. Akan tetapi, pada dua waktu ini biasanya tidak sedikit orang yang melakukan kebiasaan tidak sehat selama puasa.

Rasa mengantuk karena perut yang dibiarkan kosong seringkali membuat mereka mengisi hari-harinya dengan tidur. Namun sebenarnya hal ini bukanlah tindakan yang baik untuk dilakukan. Bahkan dampak ini akan kurang sehat untuk dijalankan.

Nah, selain beberapa hal tersebut rupanya ada beberapa hal lain yang menjadi kebiasaan tidak sehat yang dilakukan selama puasa. Seperti apa saja? Simak dibawah ini. Artikel lainnya: Tips Atasi Rasa Kantuk Beraktivitas Selama Puasa

Ketahui Lebih Dalam Kebiasaan Tidak Sehat yang Dilakukan Saat Puasa

Mengetahui hal atau kebiasaan tidak sehat apa saja yang dilakukan selama puasa diharapkan dapat memberikan wawasan pada anda untuk tidak melakukan atau meniru hal yang sama. Agar demikian, puasa yang anda jalani akan menjadi berkah sekaligus memberikan kesehatan yang baik untuk anda. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan tidak sehat yang dilakukan saat puasa.

Minum Banyak Air Saat Sahur

Pada saat detik-detik terakhir menjelang imsak anda atau kita semua mungkin pernah dihadapkan pada kebiasaan mengkonsumsi banyak air pada saat ini. Dengan alasan cuaca yang panas membuat anda seringkali merasa haus, kita lantas mengasup cairan kedalam tubuh dengan sekaligus pada waktu sahur.

Asupan cairan yang banyak selama Ramadhan memang bermanfaat untuk menghindarkan dehidrasi pada tubuh. Namun juga terlalu banyak minum pada saat sahur adalah hal yang tidak sehat.

Kondisi ini akan mungkin membuat anda ingin buang air kecil beberapa saat setelahnya. Dimana ketika kondisi ini terjadi maka dehidrasi pada saat siang hari akan lebih besar resikonya.

Beranjak Tidur Setelah Sahur

Tidak sedikit diantara kita bahkan bukan hanya anak-anak namun orang dewasa pun banyak yang mempraktikan kebiasaan buruk ini. Langsung tidur pada saat sahur biasanya dijadikan alasan untuk dapat menikmati waktu subuh dengan tidur lebih lama. Akan tetapi, hal ini ternyata kurang baik untuk kesehatan anda.

Makanan yang dikonsumsi pada saat sahur dan langsung tidur akan berbalik kembali keatas. Kondisi inilah yang akan membuat refluks esofagus terjadi. Bila kondisi ini dirasakan maka dampoaknya akan berakibat pada asam lambung yang menjadi lebih buruk. Terutama untuk penderita maag. Untuk itu, sebaiknya menunggu 1 sampai dengan 2 jam untuk dapat kembali tidur.

Makan Banyak Hidangan Saat Buka

Terkadang rasa lapar yang sudah tidak lagi tertahankan akan membuat seseorang cenderung kalap dengan makan banyak hidangan saat berbuka. Kondisi inilah yang seringkali membuat banyak orang menyiapkan aneka makanan dan menu hidangan berat pada saat buka puasa.

Dan pada saat adzan maghrib tiba mereka akan dengan senang hati menyantap aneka makanan apa saja yang ada dihadapannya. Termasuk makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Namun kebiasaan ini bukanlah hal baik untuk dilakukan sebab dapat membahayakan kesehatan.

Jenis Makanan Sehat Untuk Vegetarian Selama Puasa yang Direkomendasikan

Berbeda halnya dengan para penikmat makanan biasa, vegetarian cenderung seringkali kesulitan dalam menemukan 'makanannya'. Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang ini. Asupan makanan selama puasa perlu diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan apa yang anda konsumsi sebaiknya mampu mengganti energi yang hilang selama melakukan ibadah puasa satu harian penuh.

Memilih makanan yang kurang sehat atau makanan yang sembarang bukan hanya akan membuat anda mengalami rugi yang besar. Namun kondisi inipun dapat membuat ibadah puasa yang dijalani mengalami banyak keluhan.

Salah satu keluhan yang paling banyak dialami pada mereka yang kurang memperhatikan asupan makanan selama puasa adalah rasa lemas. Kondisi ini bisa sangat mengganggu apalagi jika anda adalah seorang pekerja yang dituntut menjalani deadline yang banyak.

Namun untuk anda para vegetarian yang ikut menjalankan ibadah puasa. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan didapatkan selama puasa. Baca juga: Resep Menu Buka Puasa Labu Siam Kuah Bening Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Segar

Jenis Makanan Sehat Untuk Vegetarian Selama Puasa yang Direkomendasikan

Meskipun makanan yang dikonsumsi oleh para vegan (sebutan untuk vegetarian) umumnya adalah makanan sehat karena didominasi dengan sayur dan buah. Akan tetapi, porsi gizi yang mereka butuhkan selama menjalani ibadah puasa akan jauh lebih banyak dibandingkan pada saat tidak puasa.

Oleh karenanya, dibawah ini adalah beberapa jenis makanan dengan kandungan zat penting yang harus didapatkan oleh para vegan yang ikut menjalani ibadah puasa. Apa sajakah bahan tersebut? Mari simak dibawah ini.

Jenis Makanan dengan Kandungan Seng

Bahan makanan pertama yang penting untuk diperhatikan dan perlu diasup kedalam tubuh dengan baik adalah makanan dengan kandungan seng. Para vegetarian membutuhnya 50 persen lebih banyak asupan seng dari 40 mg seng yang dianjurkan. Takaran ini ditujukan untuk orang dewasa dengan usia diatas 18 tahun. Alasannya dikarenakan seng yang ditemukan dalam makanan memiliki tingkat penyerapan yang lebih rendah.

Oleh karenanya, jenis zat yang satu ini perlu diasup kedalam tubuh dengan baik dan merata. Agar demikian stamina dan tubuh anda tetap dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik selama menjalankan ibadah puasa. Adapun jenis makanan dengan kandungan seng yang banyak adalah kacang-kacangan.

Jenis Makanan dengan Kandungan Vitamin D

Makanan dengan zat penting lain yang perlu didapatkan oleh para pelaku vegan yang ikut menjalankan ibadah puasa adalah vitamin D. Adapun makanan dengan kandungan vitamin D yang banyak diantaranya bisa didapat dari minum susu ke dalam satu minggu sekali. Aturan ini menjadi keharusan yang perlu dilakukan oleh para vegan dalam menunjang kebutuhan gizinya dengan baik.

Jenis Makanan dengan Kandungan Asam Lemak Omega-3

Para vegetarian membutuhkan asupan lemak untuk menjaga tubuhnya tetap energik dan bugar. Hanya saja lemak yang dimaksud adalah lemak yang baik yakni asam lemak omega-3. Bahan ini akan baik untuk kesehatan jantung. Untuk itu, pastikan bila anda mengasup kebutuhan ini didalam tubuh.

Jenis Makanan dengan Kandungan Kalsium

Bahan zat makanan lain yang penting untuk didapatkan oleh mereka yang para vegetarian adalah kalsium. Bahan ini akan sangat baik untuk menjaga tulang dan mendukung aktivitas fisik harian anda. Jadi demikian, pastikan bila anda mendapatkan asupan kalsium kedalam tubuh dengan lebih baik.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan dari jenis makanan vegetarian yang direkomendasikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu anda menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh.

Aturan Puasa Untuk Penderita Penyakit Maag

Penyakit maag terjadi akibat peradangan yang muncul pada bagian lambung. Masalah ini kerap kali terjadi pada mereka yang memiliki pula makan tidak teratur. Bukan hanya itu, maag pun dapat terjadi karena tingkat stress yang tinggi yang juga membuat kondisi perih pada lambung semakin buruk.

Untuk itulah, para penderita maag diharuskan untuk senantiasa memperhatikan pola makannya dengan baik. Makan teratur dan konsumsi makanan sehat menjadi kunci utama dalam menangani kondisi penyakitnya dengan baik. Adapun gejala penyakit maag yang akan dapat dirasakan adalah diantaranya perih pada lambung, mual, lemas dan perasaan yang tidak nyaman pada saat perut diisi dengan makanan.

Lalu bagaimana para penderita maag berhadapan dengan bulan Ramadhan? Tidak sedikit para penderita maag ingin ikut andil dalam menjalankan ibadah puasa. Hanya saja, penyakit maag yang diderita kerap kali menjadi kendala. Lantas bagaimana mensiasati kondisi ini? Tak perlu khawatir mari kita simak aturan puasa untuk penderita maag dibawah ini. Penasaran seperti apa? Mari kita simak secara langsung informasi menariknya dibawah ini. Baca juga: Kiat Turunkan Berat Badan di Bulan Ramadhan

Aturan Puasa untuk Penderita Penyakit Maag

Penderita penyakit maag memang tidak dilarang untuk dapat menjalankan ibadah puasa. Hanya saja, perasaan perih pada lambung akan mungkin membuat puasa anda terkendala dan menyebabkan kondisi yang tidak nyaman. Oleh karenanya, penderita maag perlu memperhatikan aturan puasa dengan baik. Ingin tahu seperti apa? Mari simak secara langsung aturan puasa untuk penderita penyakit maag dibawah ini.

Berkonsultasilah dengan Dokter

Demi menjaga kesehatan dan keselamatan selama menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan maka penting sekali untuk para penderita maag dan penderita penyakit lainnya untuk mengkonsultasikan kondisi kesehatannya dengan kemungkinan puasa yang akan dijalani.

Hal ini penting dilakukan dengan baik guna meninjau sejauh dan separah apa penyakit anda. Sehingga demikian, dokter akan memberikan anjuran dan aturan puasa seperti apa yang dapat anda jalankan. Dengan begini maka ibadah puasa yang dijalani akan lebih aman dan lebih menyenangkan.

Untuk itu, bagi anda penderita maag maka penting sekali berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai seberapa parah penyakit maag anda. Sebab beberapa kondisi penyakit maag kronis seringkali dianjurkan untuk tidak mengikuti ibadah puasa. Namun demikian, ketika kondisi tubuh anda memungkinkan maka dokter akan dapat mengizinkan anda untuk dapat melakukannya.

Perhatikan Asupan Makanan Ketika Puasa

Berbuka dan sahur untuk penderita maag ada aturannya. Anda tidak bisa sembarangan mengkonsumsi aneka makanan dengan menu sesuka hati anda. Sebab beberapa jenis makanan akan mungkin dapat menyebabkan masalah lambung kambuh yang cukup menyakitkan.

Perhatikan menu makanan anda selama puasa dan upayakan hindari beberapa menu makanan yang mengandung lemak, berminyak, mengandung kafein yang banyak, pedas dan masih banyak lagi. Beberapa jenis makanan ini akan dapat membuat asam lambung naik dan gejala maag akan sulit untuk dihindari. Jadi perhatikan betul asupan makanan anda selama menjalankan ibadah puasa.

Makan Secara Teratur

Pada saat menjalankan ibadah puasa waktu makan anda mungkin hanya sahur dan berbuka saja. Akan tetapi demikian, bukan berarti anda bisa makan kapan saja dan sesuka hati anda. Mengingat sedikitnya waktu makan pada saat puasa maka penting sekali untuk anda dapat memanfaatkan waktu ini dengan baik.

Pada saat berbuka maka hindari untuk menunda waktu makan dan mendahulukan makanan lain yang kurang baik. Tubuh anda telah kehilangan banyak energi selama seharian menjalankan aktivitas. Untuknya, pasok kembali kebutuhan energi dengan konsumsi karbohidrat, sayur dan buah-buahan.

Begitupula saat sahur, jangan sesekali melewatkan makan sahur hanya karena rasa kantuk yang tak tertahankan. Luangkan waktu untuk bisa menyantap makanan sehat agar puasa anda menjadi lebih bersemangat.

Hindari Merokok

Merokok selama bulan puasa hanya akan menjadi hal yang memperparah kondisi maag anda. Masalah ini pun akan bisa membuat anda merasa lemas dan lambung yang perih akan cenderung mudah muncul dan kambuh.

Selain itu, merokok selama bulan puasa cenderung membuat nafsu makan anda menjadi berkurang. Hal inilah yang mungkin membuat asupan makanan sehat kedalam tubuh menjadi terganggu. Pada akhirnya perut yang dibiarkan kosong dan ikut menjalankan ibadah puasa akan mungkin cukup menyiksa.

Oleh karenanya, selama bulan puasa upayakan untuk tidak merokok. Nikotin pada rokok pun akan cenderung membuat anda mudah haus saat menjalani ibadah puasa. Yang mana hal ini tentunya akan semakin memperparah tantangan haus selama bulan puasa.

Daripada merokok, anda bisa mengalihkan sementara kebiasaan anda pada konsumsi makanan sehat atau cemilan yang sehat. Misalkan mengkonsumsi buah kurma atau makanan lainnya yang akan dapat memberikan energi untuk tubuh anda.

Konsumsi Obat Lambung

Biasanya ketika berkonsultasi dengan dokter, penderita maag akan dibekali dengan obat lambung. Obat ini diberikan untuk meredakan gejala maag kambuh yang akan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Pengobatan ini akan tentu saja membantu anda untuk dapat terhindar dari gejala maag kambuh pada saat menjalankan ibadah puasa.

Untuknya maka perhatikan kembali untuk tidak melewatkan asupan obat ini kedalam tubuh. Hanya saja, perhatikan kembali umumnya penggunaan obat akan diperuntukan tergantung pada kondisi maag yang anda alami. Ada pengobatan maag yang memang perlu dikonsumsi setiap buka dan sahur. Atau adapula obat maag yang dianjurkan dikonsumsi hanya pada saat maag anda kambuh saja.

Jangan Paksakan Bila Tidak Kuat

Para penderita maag tidak bisa selalu memprediksi kapan maagnya akan kambuh dan seperti apa pengaruhnya untuk aktivitas yang tengah mereka jalankan. Oleh karenanya, pada saat gejala yang anda rasakan tiba-tiba kambuh dan anda merasa tidak dapat mengatasi kondisi ini dengan baik. Maka sebaiknya jangan paksakan untuk melanjutkan puasa.

Apalagi ketika rasa perih yang dialami dampaknya sudah sangat menyakitkan dan tidak lagi bisa ditahan. Maka sebaiknya tidak melanjutkan puasa yang anda jalani. Akan tetapi, ketika anda merasa  gejala yang diakibatkan dari maag masih bisa ditahan maka anda dapat melanjutkannya dengan baik.

Kurangi Aktivitas Fisik

Aktivitas yang dijalani selama bulan puasa akan mungkin memangkas energy yang anda miliki dalam tubuh. Apalagi saat tidak ada asupan makanan kedalam tubuh maka mungkin kondisi ini akan semakin membuat anda terasa lemas.

Nah, untuk menangani kondisi ini maka sebaiknya kurangi aktivitas fisik anda selama bulan puasa. Terutama aktivitas fisik yang akan menguras tenaga dan membuat anda lelah.

Itulah dia beberapa aturan puasa untuk penderita penyakit maag yang penting untuk diketahui dengan baik. Semoga dengan menyimak informasi diatas akan dapat membantu anda para penderita maag dapat menjalani ibadah puasa dengan lebih banyak dan menyenangkan. Sampai berjumpa kembali pada pembahasan yang lainnya.

Agar Tetap Kuat Puasa Meski Tidak Sahur

Puasa Ramadhan sudah tiba, ini artinya seluruh umat Muslim di seluruh dunia akan ikut menjalankan ibadah yang satu ini. Puasa adalah ibadah yang dijalani dengan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Selama waktu ini, tidak ada asupan makanan dan minuman kedalam tubuh. Anda hanya makan pada dua waktu tertentu saja yakni pada saat buka puasa dan pada saat sahur.

Waktu makan ini akan memungkinkan anda untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi dengan lebih baik. Akan tetapi, sebagian orang tentu pernah mengalami melewatkan santap sahur.

Dini hari memang menjadi waktu tidur paling nyenyak, terkadang seseorang akan sulit dibangunkan pada waktu ini. Oleh karenanya, kondisi melewatkan makan sahur memang menjadi hal yang banyak dialami oleh banyak orang. Seringkali melewatkan santap sahur akan membuat seseorang lemas dan merasa tidak mampu ikut puasa.

Namun tak perlu khawatir beberapa cara dibawah ini akan dapat memandu anda agar tetap kuat puasa meski tidak sahur. Ingin tahu seperti apa? Mari simak secara langsung informasi menariknya dibawah ini. Baca juga: Resep Menu Sahur Untuk Ibu Hamil: Sup Telur Puyuh

Agar Tetap Kuat Puasa Meski Tidak Sahur

Makan sahur memang menjadi waktu yang penting guna menjaga seseorang agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Oleh karenanya, kondisi melewatkan sahur seringkali membuat seseorang merasa khawatir jika mereka tidak dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Namun tak perlu khawatir dibawah ini mari kita simak beberapa cara agar tetap kuat puasa meski tidak sahur. Ingin tahu seperti apa? maka mari simak informasinya dibawah ini.

Kuatkan Niat

Apapun yang kita lakukan keberhasilan umumnya ditentukan dari niat yang anda miliki. Niat yang kuat akan dapat mendorong kepada diri yang lebih baik dalam meraih sebuah tujuan. Termasuk niat untuk puasa. Untuk itulah, teguhkan dalam hati bahwa anda akan bisa melakukannya dengan baik.

Tak perlu khawatir meski anda melewatkan santap sahur yang penting. Ketika anda mampu menambatkan niatan yang kuat dan mampu mengaplikasikannya dengan baik. Maka hal ini akan memotivasi anda untuk dapat menjalankan ibadah puasa.

Jaga Stamina

Mungkin ketika anda melewatkan santap sahur anda perlu untuk mengurangi sedikit kegiatan yang anda jalani. Akan tetapi, ini bukan berarti anda bisa bermalas-malasan, melainkan menggantinya dengan aktivitas yang lebih sedikit menggunakan energi.

Selain itu, tidak baik juga terlalu santai dan bermalas-malasan. Hal ini malah akan membuat rasa lapar semakin menyiksa. Belum lagi pikiran yang aneh-aneh bisa mungkin membuat anda terasa tersiksa. Untuk itu, perhatikan kembali masalah ini dengan baik dan jaga stamina tubuh anda agar tetap segar.

Menahan Diri

Menahan rasa lapar, haus dan nafsu duniawi adalah rangkaian dari menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, menahan diri dengan baik akan menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Daripada terlalu banyak mengeluh akan lebih baik jika anda mengalihkan diri anda pada hal-hal yang lebih baik.

Misalkan berada didalam masjid, mengaji atau mungkin membaca dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat. Dengan begini perhatian anda pun akan dapat teralihkan dengan lebih baik dan puasa pun akan semakin terasa lebih cepat.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari agar tetap kuat puasa meski tidak sahur kali ini. Semoga dengan menyimak informasi diatas akan dapat membantu anda untuk tetap semangat menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Tips Tetap Bugar Selama Bulan Puasa

Menjaga kebugaran fisik selama bulan puasa tentu menjadi hal penting untuk dapat dilakukan dengan baik. Sayangnya, kurangnya asupan makanan selama puasa seringkali membuat mereka mengalami masalah pada tubuh dan fisiknya. Salah satunya adalah rasa kantuk dan perut kosong yang membuat tubuh kerap kali merasa kurang nyaman dengan kondisi ini.

Tak sedikit diantara mereka yang tengah menjalani puasa mengalami keluhan lemas dan pusing. Akibatnya kondisi ini membuat mereka lebih memilih bermalas-malasan dan lebih banyak tidur.

Akan tetapi, faedah dari berpuasa tentu bukanlah tentang bermalas-malasan dan tidur selama menjalani ibadah yang satu ini. Justru sebaliknya, tetap menjalankan kegiatan dan rutinitas selama puasa adalah apa yang akan anda jalani selama bulan Ramadhan. Terutama untuk anda para pekerja kantoran atau pekerja lainnya. Puasa tidak menjadikan anda mendapatkan toleransi untuk bolos bekerja.

Sebaliknya, pekerjaan yang dilakukan perlu dijalani dengan semangat yang tetap menyala. Sementara itu, untuk membantu anda tetap merasa segar selama bulan puasa maka tak perlu khawatir mari kita simak beberapa informasi menariknya dibawah ini. Baca juga:  Makanan yang Dapat Mengatasi Sembelit dan Perut Kembung Saat Puasa

Tips Tetap bugar Selama Bulan Puasa

Ada beberapa hal penting yang perlu anda lakukan agar fisik dan tubuh anda tetap merasa bugar selama puasa. Salah satu kuncinya adalah dengan menjaga stamina tubuh agar tetap sehat. Namun selain hal tersebut, ada pula beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Untuk itu, mari kita simak informasi menariknya dibawah ini.

Check Up Kesehatan

Hal penting pertama yang perlu anda perhatikan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama bulan puasa adalah mengkonsultasikan masalah kesehatan anda ke dokter. Hal ini akan penting untuk dilakukan demi mengetahui kondisi kesehatan anda dengan baik. Bila rupanya setelah dilakukan pemeriksaan anda mengalami gangguan kesehatan yang dapat menghambat puasa anda seperti maag atau penyakit lambung.

Maka dokter akan meresepkan obat tertentu untuk anda konsumsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut pada saat anda menjalankan ibadah puasa. Dengan demikian, puasa yang dijalani akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Merencanakan Menu Makan

Demi menjaga kebugaran tubuh selama puasa maka asupan makanan pun penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan makanan sehat akan dapat memberikan anda nutrisi dan gizi yang akan dapat menjadi sumber energi yang baik. Sehingga demikian pada saat anda menjalankan aktivitas ada tenaga dan energi untuk melakukan hal ini dengan baik. Dengan demikian, anda pun tidak akan cenderung terlalu lesu dengan kegiatan dan rutinitas harian anda.

Hindari Tempat yang Terlalu Panas

Berada di tempat  yang terlalu panas pada saat perut kosong karena puasa malah akan semakin menguras banyak energi dalam tubuh anda. Hal ini pun akan pula membuat anda mengalami banyak keluhan yang terasa kentara.

Rasa lemas dan tak berdaya akan mungkin terasa menyiksa. Jadi demikian, sebaiknya hindari tempat yang terlalu panas pada saat anda melakukan aktivitas selama bulan puasa.

Hindari Buka Puasa dengan Makanan Berlebihan

Rasa lapar yang begitu besar setelah seharian penuh berjuang dengan segala godaan akan cenderung membuat anda membalas hal ini pada saat berbuka puasa. Akan tetapi, makan berlebihan pada saat buka puasa bukanlah hal baik untuk dilakukan. Sebab hal ini malah akan membuat pencernaan anda mengalami masalah.

Bukan hanya itu, makan berlebihan pun akan dapat membuat anda merasa lemas pada saat beraktivitas siang hari. Oleh karenanya, hindari berbuka dengan menu makanan yang berlebihan. Sebaliknya, mulailah dengan makanan yang ringan dan lanjutkan dengan makanan lain secara bertahap.

Tips Atasi Rasa Kantuk Beraktivitas Selama Puasa

Rasa kantuk dan puasa seperti dua hal yang tidak dapat dipisahkan ketika menjalankan ibadah wajib yang satu ini. Meski terkadang kita mengira sudah memenuhi kebutuhan makanan dan mendapatkan waktu tidur yang cukup pada saat malam hari. Akan tetapi, pada saat menjelang siang rasa kantuk dan kepala yang berat seringkali sulit untuk dilawan.

Hal ini terkadang membuat kita bertanya-tanya apa yang salah dengan pola puasa yang kita jalani selama ini? Ada banyak hal yang seringkali membuat anda mengalami kantuk pada saat puasa. Salah satunya adalah pasokan energi yang mulai memudar saat anda beraktivitas selama puasa.

Tidak seperti hari-hari biasanya dimana ketika anda tidak puasa dan merasa kantuk. Maka anda akan dapat mengalihkan perasaan ini dengan makanan atau mungkin menyantap secangkir kopi hangat. Nah, ketidak mampuan anda untuk mengalihkan rasa kantuk selama puasa dengan makanan atau kegiatan lainnya inilah yang seringkali membuat kantuk pada saat bulan puasa terasa begitu dahsyat. Baca juga: Bantu Si Kecil Lahap Santap Makan Sahur

Akan tetapi tak perlu khawatir, sebab kali ini kami akan berikan beberapa tips atasi rasa kantuk beraktivitas selama puasa yang dapat anda simak dengan baik. Penasaran seperti apa? Mari simak beberapa informasi menariknya dibawah ini.

Tips Atasi Rasa Kantuk Beraktivitas Selama Puasa

Rasa kantuk yang tak tertahankan yang muncul pada saat anda bekerja atau melakukan aktivitas tentu akan sangat mengganggu. Pasalnya, ketika perasaan ini muncul maka anda akan sulit untuk dapat berkonsentrasi dengan baik.

Alih-alih dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Hal ini malah cenderung membuat anda malas melakukan kegiatan lainnya. Namun tak perlu khawatir tips atasi rasa kantuk beraktivitas selama puasa ini akan dapat anda simak dengan baik.

1. Pastikan Anda Mendapatkan Waktu Tidur yang Cukup

Terkadang masalah kantuk pada saat beraktivitas yang dijumpai pada saat puasa lebih banyak disebabkan akibat kurangnya waktu beristirahat dimalam hari. Terutama untuk anda yang memiliki jam pagi rutin untuk pergi bekerja atau berangkat ke kantor. Pada saat puasa, ada waktu sahur yang mengharuskan anda untuk bangun pada saat dini hari.

Terjaga terlalu larut malah akan membuat waktu tidur anda dimalam hari menjadi lebih sedikit. Sementara tubuh anda akan tetap membutuhkan waktu istirahat yang sesuai untuk bisa membuat anda tetap terasa segar saat siang hari. Kurang tidur pada malam hari inilah yang akan mungkin membuat anda merasa sering ngantuk. Akibatnya menguap, mata yang berat dan perasaan kantuk yang sulit dilawan akan anda rasakan.

2. Hindari Tidur Lagi Setelah Sahur

Tidak sedikit orang yang merasa sayang untuk tetap terjaga setelah sahur. Belum lagi perasaan masih mengantuk pada saat dibangunkan sahur membuat mereka cenderung lebih memilih untuk bisa kembali menikmati waktu tidurnya yang nyaman. Namun, kembali tidur setelah sahur bukan malah membuat anda menjadi lebih siap dan segar untuk bekerja saat pagi hari.

Sebaliknya, masalah ini malah membuat mood pagi hari anda seperti terpaksa karena anda dituntut untuk pergi bekerja. Oleh karenanya, demi menjaga mood anda pada pekerjaan dan menghilangkan rasa kantuk saat beraktivitas. Maka hindari kembali tidur pada saat setelah sahur.

Sebaliknya anda dapat melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Misalkan shalat Subuh, melakukan kegiatan rumah tangga atau mungkin mengaji dengan teman-teman di masjid. Kegiatan spiritual ini akan dapat bermanfaat jauh lebih baik untuk anda.

3. Berolahraga

Rasa kantuk sering datang akibat tubuh yang kurang segar. Termasuk dengan tidur setelah sahur yang akan membuat tubuh anda terasa lebih lemas. Nah, untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya utamakan untuk dapat berolahraga. Anda dapat melakukan kegiatan berolahraga setiap pagi setelah shalat Subuh. Hal ini akan dapat bermanfaat jauh lebih baik untuk mengisi kekosongan waktu anda sambil menanti pagi hari menyambut anda.

Selain akan dapat membakar kalori didalam tubuh, tentunya berolahraga setelah sahur akan dapat menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan. Hal ini pun akan menghindarkan anda dari rasa haus atau lapar setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan waktu setelah sahur membuat tubuh anda cukup diberikan energi.

4. Dengarkan Musik yang Ceria

Rasa kantuk yang dirasakan pada saat melakukan aktivitas atau rutinitas pada saat bulan puasa memang sulit untuk dihindarkan. Akan tetapi, hal ini tidak berarti membuat anda bisa malas-malasan dengan kondisi ini. Selalu ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perasaan kantuk ini dengan lebih mudah. Salah satunya adalah dengan memasang lagu atau music dengan tema yang ceria.

Pada saat bekerja di kantor dan anda merasakan kantuk yang tak tertahankan. Maka beralihlah dan pasangkan headset pada telinga anda lalu perdengarkan music yang akan menghilangkan rasa kantuk tersebut. Dengan begini maka perasaan tersebut akan dapat membuat anda lebih semangat dan kantuk pun dapat anda atasi.

5. Lakukan Kegiatan yang Lebih Bermanfaat

Terpaku pada satu kegiatan yang sama akan mungkin membuat anda mudah merasa bosan. Begitupun pada saat anda bekerja dengan topic yang itu-itu saja tentu membuat anda cepat merasa jenuh. Ketika perut kosong ditambah dengan rasa bosan yang besar. Maka rasa kantuk adalah hal yang sulit untuk dihindari.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini maka alihkan perhatian anda pada hal-hal yang lebih berguna. Misalkan tadarusan atau mungkin mengisi waktu anda dengan berkeliling kantor. Atau mungkin melakukan hobi anda yang dapat menghilangkan rasa kantuk berat yang anda alami saat ini.

6. Dapatkan Nutrisi yang Seimbang

Memperhatikan asupan makanan selama menjalankan ibadah puasa akan erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Ketika tubuh sehat maka anda akan merasa lebih segar dan siap menjalankan segala macam aktivitas tubuh, termasuk dengan bekerja. Rasa kantuk yang muncul seringkali diakibatkan karena asupan gizi yang anda pasok kedalam tubuh yang tidak diperhatikan dengan baik.

Untuk itulah, selama berpuasa perhatikan menu makanan anda pada saat berbuka dan sahur dengan lebih baik. Jaga asupan gizi tetap seimbang untuk menjaga agar rasa kantuk tidak terus-terusan anda rasakan selama menjalankan aktivitas.

7. Jangan Makan Terlalu Banyak Atau Terlalu Sedikit

Asupan porsi makanan selama puasa pun perlu diperhatikan dengan baik. Jangan makan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit sebab kondisi ini akan erat kaitannya dengan stamina tubuh anda. Makan terlalu banyak akan membuat anda merasa penuh dan malah membuat anda malas untuk beraktivitas. Demikian pula dengan makan yang terlalu sedikit saat berbuka dan sahur.

Tubuh yang kurang mendapatkan asupan makanan akan kekurangan energy. Sehingga ketika anda melakukan aktivitas maka tubuh anda akan mudah merasa lelah dan lemas. Tak heran bila anda akan mudah merasa mengantuk saat makan sedikit ketika puasa.

 

Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa

Berpuasa selama bulan Ramadhan adalah ibadah wajib yang dijalani oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Mulai dari waktu fajar sampai dengan terbenam matahari si senja hari adalah waktu berpuasa untuk seluruh umat yang menjalankannya. Tidak adanya asupan makanan dan minuman selama menjalankan ibadah puasa seringkali membuat tubuh mengalami pengaruh yang cukup besar. Yang mana selanjutnya masalah kesehatan akan dapat menyerang tubuh dan mengakibatkan masalah yang cukup besar.

Hal ini sebenarnya adalah kondisi yang wajar terjadi selama bulan puasa. Apalagi ketika asupan makanan yang dikonsumsi selama bulan puasa bukanlah makanan yang sehat. Maka masalah pencernaan akan seringkali terjadi. Baca juga: Mengapa Sakit Kepala saat Menyusui?

Sebenarnya kemunculan keluhan kesehatan selama bulan Ramadhan akan dapat diatasi dengan baik ketika para pelaku puasa mampu menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. Selain itu, ketika mereka memperhatikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang maka kondisi ini akan dapat diatasi dengan baik. Nah, mari kita kenali beberapa masalah kesehatan yang sering muncul saat puasa dibawah ini.

Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa

Ada beberapa keluhan kesehatan yang mungkin sering dihadapi pada saat menjalankan ibadah puasa. Beberapa kondisi ini bisanya dipengaruhi akibat kurangnya asupan makanan dan cairan kedalam tubuh. Selain itu, masalah asupan makanan dan gaya hidup yang kurang sehat yang dilakukan selama puasa pun akan dapat mempengaruhi kondisi tersebut. Lantas apa saja masalah kesehatan yang sering muncul saat puasa? Simak informasinya dibawah ini.

Mulas

Masalah kesehatan pertama yang seringkali muncul saat menjalani ibadah puasa adalah perasaan mulas. Sebagian diantara anda mungkin sering merasakan gejala ini saat menjalankan puasa, bahkan mungkin kemunculan mulas seringkali menyertai puasa anda selama seharian penuh.

Ketika puasa lambung anda dalam keadaan kosong sehingga produksi asam lambung dalam tubuh akan meningkat. Akibatnya kondisi inilah yang menyebabkan seseorang mengalami mulas yang terasa sakit dan perih.

Adapun cara penanganan terhadap kondisi ini adalah dengan mengkonsumsi obat lambung. Waktu terbaik yang dianjurkan untuk mengatasi masalah ini adalah pada saat sahur.

Dehidrasi

Masalah atau keluhan kesehatan selanjutnya yang seringkali terjadi adalah masalah dehidrasi. Kurangnya asupan cairan selama lebih dari 12 jam saat menjalankan ibadah puasa akan cenderung mudah membuat seseorang terkena dengan yang namanya dehidrasi. Akan tetapi, hal ini bukanlah alasan untuk anda dapat menghindari atau absen dari menjalankan ibadah puasa.

Dehidrasi yang dialami selama puasa sebenarnya tidak perlu terjadi ketika seseorang mampu mencukupi kebutuhan cairan didalam tubuhnya dengan lebih baik. Oleh karenanya, ketika menjalankan ibadah puasa sebaiknya asupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan baik pada saat berbuka dan sahur.

Sakit Kepala

Pada saat menjalankan ibadah puasa seringkali kepala terasa pusing dan nyeri seperti ditusuk-tusuk. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, baik itu akibat dehidrasi, kelaparan atau mungkin tidak adanya zat adiktif seperti kafein atau nikotin.

Cara penanganan masalah ini selama puasa adalah dengan melakukan diet seimbang yang kaya akan gizi. Selain itu, bila perlu gunakan penghilang rasa sakit seperti parasetamol yang dapat anda konsumsi saat berbuka atau sahur.

Itulah dia beberapa jenis masalah kesehatan yang pada umumnya seringkali muncul selama puasa. Semoga dengan mengenali beberapa masalah penyakit serta penanganannya diatas akan membantu anda mengatasi masalah tersebut dan bila memungkinkan dapat mencegah kondisi tersebut terjadi.

Tips Mencegah dan Mengatasi Masalah Pencernaan Selama Puasa

Puasa tinggal menghitung hari, ini artinya tak lama lagi para umat Muslim di seluruh dunia akan dihadapkan pada ibadah wajib berpuasa. Ibadah puasa adalah menahan hawa nafsu, amarah, menahan lapar dan juga haus. Dari mulai terbit matahari sampai dengan tenggelam matahari pada sore hari adalah tantangan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Nah, berbicara mengenai menahan lapar dan haus selama bulan puasa seringkali mereka akan dihadapkan pada masalah kesehatan pencernaan yang cukup mengganggu. Salah satunya adalah masalah asam lambung yang dapat mengakibatkan rasa nyeri dan perih pada perut yang menyiksa.

Kondisi kesehatan yang satu ini memang menjadi hal yang lumrah terjadi selama bulan puasa. Akan tetapi demikian, tidak berarti hal ini dapat anda jadikan alasan untuk menghindari ibadah suci yang satu ini. Sebab demikian, masalah gangguan pencernaan selama bulan puasa akan dapat dicegah dan diatasi dengan lebih baik.

Berikut ini kami berikan tips mencegah dan mengatasi masalah pencernaan selama puasa. Ingin tahu seperti apa? Mari kita simak langsung beberapa informasi menariknya dibawah ini. Baca juga: Pengaruh Televisi pada Perkembangan Bayi

Tips Mencegah dan Mengatasi Masalah Pencernaan Selama Puasa

Mencegah dan mengatasi masalah gangguan pencernaan selama puasa akan menjadi pedoman baik untuk dicermati. Sebab hal ini akan dapat membantu anda terhindar dari masalah yang tidak nyaman dan menyiksa. Dibawah ini kita simak tips mencegah dan mengatasi masalah pencernaan selama puasa yang penting dipahami dengan baik.

Selektif Memilih Sajian Ramadhan

Makanan dan kesehatan akan erat sekali kaitannya selam anda menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan setelah menahan lapar dan haus selama satu harian penuh tubuh anda akan membutuhkan re-load energi dari makanan yang anda konsumsi kedalam tubuh.

Makanan dengan jenis yang kurang sehat alih-alih menggantikan energi yang hilang selama berpuasa. Hal ini akan mungkin membuat anda mengalami masalah dengan kesehatan. Salah satunya adalah pencernaan.

Konsumsi makanan pedas, bersantan atau bahkan makanan berminyak memang kental dengan suasana Ramadhan. Akan tetapi, untuk anda yang bermasalah dengan gangguan pencernaan hal ini bukanlah pilihan yang baik selama puasa.

Menjaga Kebersihan Sat Memasak

Selain jenis makanan yang dikonsumsi selama Ramadhan, kebersihan pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan makanan yang anda asup kedalam tubuh harus terhindar dari masalah bakteri dan mikroorganisme yang bersarang didalamnya. Oleh karenanya, perhatikan kembali masalah ini dengan baik.

Upayakan untuk membersihkan makanan anda dengan baik dan merata. Selain itu, perhatikan pula untuk memasak makanan sampai matang dan bisa dikonsumsi dengan baik.

Hindari Makanan Berminyak, Pedas dan Bersantan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa beberapa jenis makanan ini memang selalu identik dengan bulan puasa. Akan tetapi, untuk anda yang ingin mencegah masalah kesehatan pencernaan selama bulan puasa maka hindari konsumsi terhadap makanan ini.

Beralihlah pada makanan yang lebih sehat dan lebih baik. Misalkan seperti buah dan sayur dan makanan lain dengan kandungan gizi yang lebih baik. Konsumsi sayur dan buah memiliki kandungan serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Jadi demikian, perhatikan menu makanan anda selama puasa.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga informasi diatas akan dapat membantu anda mengatasi masalah kesehatan pencernaan selama bulan puasa. Sehingga puasa yang dijalani akan semakin lancar dan terasa menyenangkan.

Tips Persiapan Puasa Untuk Para Penderita Lambung Bermasalah

Puasa tinggal menghitung hari, ini artinya tak lama lagi seluruh umat Muslim di dunia akan dihadapkan pada ibadah wajib berpuasa. Menahan lapar, haus dan menahan diri dari hawa nafsu adalah poin utama dari menjalankan ibadah puasa. Mereka yang sudah baligh dan mampu menjalankan ibadah yang satu ini diwajibkan untuk dapat menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Sayangnya demikian, ada beberapa orang yang sudah meniatkan diri untuk dapat menjalankan ibadah puasa. Namun harus terkendala dengan masalah kesehatan yang kerap kali menyiksa pada saat mereka membiarkan perut mereka kosong. Salah satunya adalah mereka yang mengalami masalah dengan lambung.

Penyakit maag dan penderita asam lambung memang tidak bisa membiarkan pola makan mereka berantakan. Membiarkan perut kosong tanpa diisi dengan makanan akan mungkin membuat masalah penyakit ini dapat kambuh sewaktu-waktu.

Masalahnya, ketika penyakit lambung bermasalah kambuh. Biasanya kondisi ini akan dapat menimbulkan gejala perih dan nyeri pada lambung seperti ditusuk-tusuk. Akan tetapi, disamping lain keinginan besar untuk menjalankan ibadah wajib sudah menggebu-gebu.

Lalu apa yang perlu dilakukan? Tak perlu khawatir, untuk anda yang ingin menjalani ibadah puasa namun memiliki masalah dengan penyakit lambung. Mari simak informasinya dibawah ini. Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Pada Penderita Diabetes

Tips Persiapan Puasa Untuk Para Penderita Lambung Bermasalah

Sakit maag atau lambung dengan puasa memang bukanlah dua hal yang baik untuk disatukan bersama-sama. Membiarkan perut kosong selama beberapa saat akan membuat kondisi ini semakin parah. Akan tetapi, tak perlu khawatir dibawah ini mari kita simak tips persiapan puasa untuk para penderita lambung bermasalah dibawah ini.

Konsultasikan dengan Dokter

Hal penting pertama yang penting untuk anda lakukan ketika hendak menjalankan ibadah puasa untuk para penderita lambung bermasalah adalah dengan mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa berat kondisi lambung bermasalah yang anda hadapi.

Ketika dokter memeriksa kondisi kesehatan anda maka ini akan menjadi penentu tentang seberapa mampu tubuh anda menjalankan ibadah puasa. Dalam artian lain usulan yang diberikan dokter tentang boleh atau tidaknya anda menjalankan puasa sudah melewati banyak pertimbangan. Jadi demikian, penting sekali mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter sebelum anda memutuskan menjalankan ibadah wajib ini.

Perhatikan Asupan Makanan

Makanan adalah asupan penting yang perlu diperhatikan oleh para penderita lambung bermasalah. Selama menjalankan ibadah puasa sebaiknya hindari makanan berminyak, pedas dan minuman dengan kandungan kafeine. Beberapa daftar makanan ini adalah apa yang akan menyebabkan lambung anda menjadi kambuh. Oleh karenanya, perhatikan kembali masalah ini dengan baik.

Hindari Makan Berlebihan Saat Sahur

Terkadang beberapa orang yang khawatir merasa kelaparan pada saat siang hari akan cenderung menyantap makan sahur dengan berlebihan. Hal ini seringkali dilakukan secara tidak sadar. Namun untuk anda para penderita lambung, hal ini bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Makan berlebihan pada saat sahur dan berbuka akan membuat anda begah. Kondisi ini pun seringkali menimbulkan kondisi yang tidak nyaman.

Untuk itu, maka perhatikan kembali masalah ini dengan baik. Makanlah secukupnya atau lakukan metode makan dengan perlahan dengan porsi yang lebih banyak. Hal ini akan lebih baik dibandingkan makan dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan anda pengetahuan tentang menjalankan ibadah puasa yang lebih lancar.

Resep Menu Buka Puasa Sop Telur Puyuh Kombinasi Sayuran Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat

Puasa adalah ibadah wajib yang dijalankan oleh umat Muslim diseluruh dunia.

Tidak sedikit ibu hamil yang juga ikut menjalankan ibadah yang satu ini. Lantas bolehkah ibu hamil menjalankan kegiatan ibadah yang satu ini? Boleh-boleh saja. Asalkan asupan vitamin dan nutrisi dari makanan sehat tetap bisa dipenuhi dengan baik.

Untuk itu, pada saat berbuka dan sahur ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Nah, bila anda masih bingung akan menyajikan hidangan apa untuk berbuka puasa nanti, maka hidangan sop telur puyuh kali ini akan bisa ibu jadikan sajian yang enak dan sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang ikut menjalankan ibadah puasa.

puasa-sup-telur-puyuh.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Sop Telur Puyuh Kombinasi Sayuran  Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat

Bahan-Bahan Utama:

  • 5 buah telur puyuh
  • 75 gram buncis
  • 75 gram wortel
  • 100 gram jamur tiram
  • 75 gram kapri

Bumbu-Bumbu Sop:

  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1.7 liter air
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 4 siung bawang putih goreng utuh, digeprek
  • 1 tangkai seledri, ikat
  • 1 blok kaldu ayam
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 1/2 sendok teh pala bubuk

Cara Membuat Menu Buka Puasa Sop Telur Puyuh Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat

Cara Mempersiapkan Bahan-Bahan Utama:

  1. Untuk yang pertama silahkan siapkan terlebih dahulu panci dan rebus telur puyuh didalamnya bersama dengan air yang cukup. Rebus sampai telur matang selama kurang lebih 10 menit.
  2. Sambil menunggu silahkan siapkan bahan lainnya seperti buncis. Silahkan siangi bahan ini dan potong-potong dengan ukuran 3 cm atau sesuai dengan selera anda. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya adalah kapri, siangi pula bahan yang satu ini dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  4. Sementara untuk wortel, silahkan bersihkan kulit wortel secara merata dengan menggunakan pisau. Setelah itu, potong wortel dengan bentuk bulat-bulat secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Untuk jamur tiram silahkan suwir-suwir kasar bahan ini secara merata dan masukkan pula kedalam wadah yang terpisah dan sisihkan sementara.
  6. Terakhir, silahkan cuci semua bahan dibawah kucuran air bersih secara merata. Angkat dan tiriskan sementara.
  7. Lalu angkat telur, hangatkan sebentar dan kupas dengan menggunakan tangan secara merata dan masukkan telur yang telah dikupas dalam wadah dan sisihkan semnetara.

Cara Membuat Sop Telur Puyuh:

  1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan rebus air dalam panci dan masukkan jahe bersama dengan seledri dan juga bawang putih. Aduk-aduk dan masak sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  2. Setelah itu masukkan buncis bersama enggan kapri, telur puyuh dan juga wortel. Masak bahan ini sampai setengah matang dan biarkan semenatara.
  3. Kemudian tambahkan jamur tiram bersama dengan kaldu ayam, merica, gula pasir, pala bubuk dan juga garam. Aduk-aduk kuah sop secara merata sampai tercampur dan merata. Lalu masak sampai matang.
  4. Menjelang diangkat silahkan masukkan daun bawang kedalamnya. Aduk-aduk sebentar lalu angkat sajian ini untuk kemudian matikkan kompor.

Sajikan hidangan sop telur puyuh dalam mangkuk saji dan nikmati bersama dengan sepiring nasi hangat ( Artikel terkait: Resep Nasi Uduk dan Resep Nasi Kuning) pada saat waktu berbuka puasa tiba saatnya. Selama menikmati hidangan lezat dan nikmat ini bunda.

Resep Menu Buka Puasa Labu Siam Kuah Bening Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Segar

Gizi dan kehamilan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan.

Apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan juga dirasakan oleh si janin yang dikandungnya. Nah,  untuk ibu hamil yang ikut menjalankan ibadah puasa maka asupan makanannya harus dijaga dengan baik. Pilihlah makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Yuk, simak resep membuat sajian labu siam kuah bening yang enak dibawah ini. 

puasa-sayur-labu-siam.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Labu Siam Kuah Bening Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Segar

Bahan-Bahan Utama:

  • 1 buah labu siam
  • 100 gram tahu cina
  • 100 gram wortel

Bahan dan Bumbu:

  • 1 tangkai daun seledri, dipotong-potong
  • 2.000 ml air
  • 1 lembar daun salam
  • 6 cm temukunci
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 1/2 sendok makan garam

Bumbu yang Diiris:

  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 2 buah cabai merah, diiris miring
  • 8 butir bawang merah, diiris tipis

Bahan Pelengkap:

Membuat Menu Buka Puasa Labu Siam Kuah Bening Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Segar

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Pertama kita akan bersihkan terlebih dahulu labu siamnya secara merata. Hal ini penting sekali karena mungkin ada sebagian dari anda yang masih belum mengetahui bagaimana membersihkan labu siam yang baik dan benar. Untuk itu, berikut kami jelaskan untuk anda. Caranya dapat dilakukan dengan memotong terlebih dahulu salah satu ujung labu siam lalu gosok-gosokan secara perlahan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan getah pada labu secara merata.
  2. Setelah itu, lakukan dibagian ujung yang lainnya dan gosok-gosok kembali secara merata sampai getah bisa dibersihkan secara merata.
  3. Setelah selesai silahkan potong-potong labu dengan bentuk kotak-kotak sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  4. Selanjutnya untuk wortel silahkan bersihkan terlebih dahulu bagian kulitnya dan potong dengan bentuk bulat tipis-tipis saja. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Nah, untuk tahu cina masukkan tahu kedalam wadah dan siapkan tatakan bersama dengan pisau. Potong dengan bentuk kotak secara perlahan karena tahu umumnya mudah hancur.
  6. Terakhir adalah dengan membersihkan semua bahan yang sudah anda potong-potong secara merata. Bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir sampai bersih merata.

Cara Membuat Labu Siam Kuah Bening:

  1. Untuk membuat sajian masakan kali ini dapat dilakukan dengan merebus air terlebih dahulu dalam panci. Lalu masukkan kedalamnya temukunci bersama dengan duan salam. Masak kedua bahan ini dalam rebusan air sampai mendidih secara merata.
  2. Setelah itu silahkan masukkan bumbu yag telah diiris secara merata da biarkan bahan tersebut layu dalam rebusan air.
  3. Selanjutnya adalah dengan mamasukkan bahan utama yakni labu siam kedalam rebusan bumbu. Aduk-aduk bahan ini secaa merata.
  4. Setelah itu masukkan wortel bersama dengan garam dan gula. Aduk-aduk bahan tersebut secara merata sampai semuanya tercampur. Cicipi pula bumbunya sampai pas. Bila anda merasa bumbu masih kurang maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya.
  5. Terakhir, silahkan masukkan daun seledri bersama dengan tahu cina yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk dengan perlahan dan biarkan sementara sampai matang secara merata.

Setelah itu angkat sajian ini dan hidangkan dalam mangkuk saji. Anda bisa menambahkan bawang goreng sebagai bahan pelengkap untuk membuat sajian kali ini menjadi lebih nikmat dan lezat. Demikian resep kali ini semoga bermanfaat dan selama menikmati.

Resep Menu Buka Puasa Sup Asparagus Untuk Ibu Hamil yang Enak dan Lezat

Siapa bilang ibu hamil tidak bisa ikut menjalankan ibadah puasa?

Buktinya, banyak ibu hamil yang ikut menjalankan kegiatan ibadah ini dan tetap sehat. Asalkan asupan makanan dan nutrisi terjaga dengan baik, maka puasa akan sah-sah saja untuk ibu hamil.

Nah, untuk menjaga asupan nutrisi yang baik selama puasa untuk ibu hamil, maka jenis makanan yang satu ini akan bisa ibu buat dirumah. Yuk, sajikan pula hidangan sup asparagus yang enak untuk ibu hamil sebagai menu buka puasa yang sehat.

puasa-sup-asparagus.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Sup Asparagus Untuk Ibu Hamil yang Enak dan Lezat

Bahan-Bahan Utama:

  • 200 gram Asparagus
  • 2 buah dada ayam
  • 1 butir Telur ayam
  • 1 sdm Tepung maizena
  • 1 batang Daun seledri
  • 700 ml Air
  • 1 sdm Margarin

Bumbu-Bumbu Masakan:

  • Bawang putih 3 siung cincang halus
  • Kaldu rasa ayam 1/4 sdt
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Bawang bombay 1/4 buah, cincang halus
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Menu Buka Puasa Sup Asparagus Untuk Ibu Hamil yang Enak dan Lezat

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk yang pertama sebaiknya bersihkan terlebih dahulu ayam yang sudah anda siapkan. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak kali ini haruslah diperhatikan dengan benar kebersihannya. Karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Untuk itu, pastikan bila anda membersihkan ayam secara merata sampai bersih.
  2. Caranya dapat dilakukan dengan mencuci ayam dengan menggunakan air bersih dan pastikan bila kotoran yang tersisa pada ayam dibersihkan secara merata.
  3. Setelah selesai, silahkan siapkan asparagus. Caranya potong-potong terlebih dahulu asparagus dengan menggunakan pisau seukuran yang anda inginkan secara merata. Masukkan dalam wadah dan cuci sampai bersih dengan menggunakan air yang mengalir.
  4. Sementara untuk telur, silahkan kocok bahan ini dengan menggunakan garpu pada mangkok sampai lepas secara merata. Bila sudah selesai sisihkan sementara.
  5. Selanjutnya setelah semua bahan disiapkan secara merata. Silahkan siapkan panci diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang secara merata. Tunggu sampai panas lalu tuangkan air kedalamnya.
  6. Rebus ayam sampai matang dan angkat ayam untuk kemudian suwir-suwir dagingnya secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  7. Cairkan pula tepung maizena dengan sedikit air dan aduk-aduk bahan ini secara merata sampai merata dan tercampur.

Cara Membuat Sup Asparagus:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini dapat dilakukan dengan memanaskan terlebih dahulu margairn dalam wajan dan tunggu sampai margarin menjadi lebih leleh secara merata.
  2. Setelah itu tumis bawang putih bersama dengan bawang bombay secara merata sampai bahan ini menjadi lebih harum secara merata dan layu.
  3. Setelah selesai masukkan ayam yang telah disuwir-suwir kedalamnya. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur. Masukkan air kedalamnya dan masak bahan ini sampai mendidih secara merata.
  4. Masukkan telur yang telah dikocok lepas kedalamnya dan aduk-aduk secara merata. Lalu tambahkan dengan menggunakan tepung mezeina kedalamnya. Aduk merata sampai bahan ini mengental dan tercampur.
  5. Tambahkan sisa bumbu kedalamnya dan masukkan pula asparagus yang telah dipotong-potong. Masak sampai bahan ini menjadi lebih layu secara merata.

Setelah matang, angkat sajian ini dan jangan lupa untuk mencicipi bumbu dari masakan ini agar pas secara merata. Dengan demikian hidangan kali ini akan siap anda nikmati bersama dengan keluarga saat waktu berbuka tiba saatnya nanti. Selamat menikmati hidangan spesial ini.

Resep Menu Buka Puasa Sop Konro Lezat Untuk Ibu Hamil yang Enak

Tidak sedikit ibu hamil yang masih kebingungan saat hendak menjalankan ibadah puasa.

Banyak anggapan keliru diantara mereka yang menyatakan bahwa puasa akan mungkin menganggu kehamilannya. Akan tetapi nyatanya tidak demikian. Ibu hamil tetap dapat menjalankan ibadah yang satu ini asalkan asupan makanan yang masuk kedalam tubuhnya perlu diperhatikan dengan baik.

Nah, berbicara mengenai asupan makanan yang baik. Berikut ini kami akan bagikan menu sehat untuk berbuka puasa ibu hamil dengan sajia sop konro lezat yang sehat. Kandungan protein pada daging dan rasa lezatnya akan membuat selera makan semakin meningkat.

puasa-sop-konro.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Sop Konro Lezat Untuk Ibu Hamil yang Enak

Bahan-Bahan Utama:

  • 250 g daging sapi khas
  • 1 L air
  • 4 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 5 sdm ketumbar butiran
  • Sangrai 1 sdm jintan bubuk
  • 5 cm lengkuas
  • 12 siung bawang putih
  • 1 sdm merica putih bubuk
  • 3 batang serai

Bahan Pelengkap:

  • Sambal taoco
  • Buras
  • Kecap manis
  • Daun bawang, iris tipis
  • Jeruk nipis, potong-potong
  • Daun seledri, iris tipis

Cara Membuat Menu Buka Puasa Sop Konro Lezat Untuk Ibu Hamil yang Enak

Cara Mengolah Daging Untuk Ibu Hamil:

  1. Untuk yang pertama bahan utama daging perlu diolah dengan benar untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan pengolahan yang tidak sesuai pada daging akan membuat ibu hamil cukup beresiko mengkonsumsi hidangan ini terlalu banyak. Adapun maksud dari pengolahan disini ialah daging harus dimasak dengan matang dan benar-benar matang. Nah, untuk mengatahui bagaimana pengolahan daging yang baik dan benar maka mari simak dilangkah selanjutnya.
  2. Silahkan bawa daging dan masukkan kedalam baskom. Lalu daging dipotong-potong secara merata dengan bentuk kotak-kota sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Sebaiknya gunakan pisau yang tajam untuk mempermudah anda memotong bahan ini secara merata.
  3. Setelah itu, silahkan rebus air dalam panci sebanyak ukuran yang tertera pada resep. Tunggu hingga rebusan menjadi mendidih dan baru masukkan daging yang telah anda potong-potong.
  4. Selanjutnya silahkan rebus daging sampai matang dan empuk secara merata. Bila sudah matang, angkat sajian ini dan ambil dagingnya lalu saring kaldunya secara merata. Dan sisakan kaldu daging sebnayak 1/2 liter untuk kita jadikan kuah supnya.

Cara Membuat Sop Konro:

  1. Utuk membuat sajian ini hal pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang untuk memanaskan alat yang satu ini. Tuangkan minyak goreng kedalamnya sedikit bagian saja dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  2. Setelah itu tumis bumbu halus didalam panci sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Setelah itu, masukkan daging kedalamnya dan aduk-aduk sampai merata.
  3. Tambahkan kaldu dar rebusan daging tadi lalu didihkan secara merata sampai meletup-letup dan matang secara merata.
  4. Kecilkan api pada kompor dan masak kembali sampai daging matang secara merata. Cicipi pula bumbunya sampai pas sesuai dengan selera anda. Bila anda merasa bumbu pada kuah daging belum pas maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam mangkuk saji. Berikan taburan daun bawang bersama dengan seledri dibagian atasnya dan kucuri dengan air jeruk nipis. Lalu santap dengan nasi buras yang sudah anda siapkan. Selamat menikmati!

Artikel Terkait: Resep Nasi Uduk dan Resep Nasi Kuning

Resep Menu Buka Puasa Ayam Kecap Sederhana Untuk Ibu Hamil yang Enak

Wanita hamil yang menjalani puasa haruslah memperhatikan asupan makanan yang sehat.

Segala jenis makanan yang bergizi akan menunjang energy ibu hamil untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. Nah, bila ibu hamil masih bingung menyiapkan menu bergizi untuk berbuka puasa, mari simak resep mudah membuat ayam kecap sederhana dibawah ini.

puasa-ayam-kecap.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Ayam Kecap Sederhana Untuk Ibu Hamil yang Enak

Bahan-Bahan Utama:

  • 1/2 ekor ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan air jeruk nipis

Bumbu-Bumbu Masakan:

  • 1/2 butir bawang bombay, potong memanjang tipis
  • 2 gagang daun bawang, potong serong
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 4 siung bawang putih, geprek
  • 1/2 ruas jari jahe, geprek
  • Minyak goreng secukupknya
  • 1 buah tomat, potong
  • 100 ml air
  • 1/4 sendok teh garam dapur
  • 1 sendok makan margarin, untuk tumisan
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk

Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Kecap Sederhana Untuk Ibu Hamil yang Enak

Cara Membersihkan Ayam:

  1. Untuk yang pertama penting sekali untuk anda mengetahui bagaimana membersihkan ayam yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan makanan akan bisa menjadi sensitif untuk ibu hamil apabila kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Untuk mengatahui bagaimana cara membersihkan ayam maka mari simak langkah berikutnya.
  2. Bawa ayam ke tempat cucian dan potong terlebih dahulu ayam menjadi beberapa bagian yang anda inginkan. Disini saya memotongnya menjadi 6 bagian. Akan tetapi bila ukuran ini dirasa terlalu kecil atau terlalu besar, maka anda dapat memotongnya sesuai dengan selera anda.
  3. Setelah ayam dibersihkan secara merata, lanjutkan dengan membersihkan ayam dibawah air yang mengalir. Bersihkan ayam dari bulu-bulu yang masih tersisa dan kotoran yang masih menempel.
  4. Bila perlu remas-remas dengan perlahan pada saat anda membersihkan bahan yang satu ini. Setelah selesai, angkat ayam dari tempat cucian dan tiriskan air cuciannya secara merata.
  5. Masukkan kembali ayam kedalam baskom dan lumuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis beserta taburan garam yang sudah disiapkan. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam. Untuk itu, setelah diberikan bumbu lumuran ini silahkan sisihkan ayam selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ayam Kecap:

  1. Untuk membuat sajian ini silahkan awali dengan memanaskan minyak dalam wajan dan gunakan api yang sedang. Tunggu sampai minyak yang anda masukkan dalam wajan menjadi benar-benar panas secara merata.
  2. Selanjutnya silahkan masukkan ayam kedalam minyak panas dan goreng ayam sampai matang namun tidak terlalu kering. Bila sudah matang, angkat ayam dan sisihkan dalam piring atau mangkuk sebelum kita akan buat bumbunya.
  3. Untuk membuat bumbu, masukkan margarin dalam wajan dan tumis jahe bersama dengan bawang putih sampai tercium harum dan kedua bahan ini menjadi lebih layu secara merata.
  4. Setelah itu, silahkan masukkan bawang bombay kedalamnya dan tumis bumbu ini sampai layu dan matang secara merata.
  5. Masukkan ayam kedalam tumisan bumbu dan aduk-aduk bahan ini sebentar agar semua bahan tercampur secara merata.
  6. Masukkan kecap manis kedalamnya bersama dengan air, garam, lada dan tumis bumbu tersebut sampai matang hingga tercampur merata.
  7. Masukkan timat bersama dengan daun bawang dan aduk-aduk bahan tersebut secara merata sampai tercampur.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam mangkuk saji. Untuk mempercantik penampilannya silahkan taburkan bawang goreng dibagian atasnya secara merata. Selamat menikmati!

Resep Menu Buka Puasa Ayam Goreng Mentega Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat

Seringkali masih banyak ibu hamil yang merasa ketakutan saat harus menjalankan ibadah puasa.

Hal ini pada akhirnya membuat mereka enggan melaksanakan ibadah yang satu ini karena khawatir nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil dalam rahimnya tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Akan tetapi kegiatan ibadah yang satu ini sebenarnya tetap bisa dijalani oleh ibu hamil dengan baik. Apabila mereka memperhatikan segala sesuatunya dengan baik, termasuk asupan makanan bergizi. Nah, berbicara mengenai menu makanan untuk berbuka puasa yang bergizi untuk ibu hamil. Berikut ini kami bagikan resep ayam goreng mentega yang lezat. Yuk, simak resep mudahnya dibawah ini.

puasa-ayam-goreng-mentega.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Mentega Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat

Bahan-Bahan Utama:

  • 1 ekor ayam negeri
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Secukupnya garam

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 2 siung bawang putih

Bumbu-Bumbu Lainnya:

  • 2 sdm mentega
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus Inggris
  • 75 g bawang Bombay, iris kasar
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis/limau

Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Mentega Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat

Cara Membersihkan Ayam:

  1. Untuk yang pertama dapat kita lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan ayam. Hal ini penting sekali karena untuk ibu hamil kebersihan bahan makanan akan menjadi hal yang menentukan kesehatannya. Jangan sampai kuman dan kotoran yang masih menempel pada ayam dapat masuk kedalam tubuh ibu hamil dan membahayakan kesehatannya. Untuk itu, silahkan bersihkan ayam secara merata.
  2. Untuk membersihkan ayam dapat dilakukan dengan memasukkan ayam kedalam wadah dan bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir secara merata. Upayakan agar lendir yang ada pada ayam bisa dibersihkan secara merata. Selain itu, bersihkan pula ayam dari bulu-bulu halus yang masih tersisa.
  3. Setelah ayam dibersihkan secara merata. Potong-potong ayam sebanyak 8 bagian atau sesuaikan ukuran dengan selera anda.
  4. Bersihkan kembali dengan menggunakan air dan cuci sampai bersih secara merata. Selanjutnya tiriskan air cuciannya dan lumuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis dan taburi dengan garam. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam. Setelah itu, sisihkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Untuk Ibu Hamil:

  1. Setelah ayam dilumuri dengan menggunakan jeruk nipis, sekarang silahkan lumuri ayam dengan menggunakan bumbu halus secara merata. Balurkan dengan sedikit diremas-remas agar bumbu menyeluruh.
  2. Sementara menunggu bumbu meresap silahkan panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak benar-benar panas merata.
  3. Setelah itu, goreng ayam kedalamnya sampai matang secara merata hingga kering dan berwarna kecoklatan. Angkat ayam dan tiriskan sementara.
  4. Untuk membuat bumbu silahkan panaskan mentega, kali ini sedikit saja dan tumis bawang bombay sampai layu dan tercium harum.
  5. Kemudian masukkan bumbu dan aduk-aduk sampai merata hingga semua bumbu tercampur dan mengeluarkan aroma yang enak.
  6. Masukkan ayam yang telah digoreng dan aduk-aduk merata dan masak sampai bumbu meresap kedalam ayam.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian sajian ayam mentega akan siap anda nikmati untuk menu berbuka puasa anda nanti. Selamat menikmati!

Resep Menu Buka Puasa Sup Bola Ayam Telur Puyuh Untuk Ibu Hamil yang Enak

Konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang tengah menjalankan puasa akan menjadi asupan yang penting.

Hal ini dimaksudkan agar asupan nutrisi dan gizi ibu hamil tetap dapat terpenuhi meski sedang menjalankan ibadah puasa. Nah, bagi ibu yang masih bingung menentukan makanan yang akan dihidangka untuk berbuka puasa nanti, maka hidangan sup bola ayam telur puyuh akan bisa anda sajikan dirumah.

puasa-bola-ayam-sup.jpeg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Sup Bola Ayam Telur Puyuh Untuk Ibu Hamil yang Enak

Bahan-Bahan Utama:

  • 14 butir telur puyuh
  • 100 gram udang giling
  • 200 gram ayam giling

Bumbu-Bumbu:

  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • 1 putih telur
  • 1 batang daun seledri, iris halus
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 3/4 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng
  • 2 siung bawang putih, haluskan

Bumbu Kuah:

  • 2.000 ml kaldu ayam
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 100 gram jamur kuping segar, potong-potong
  • 5 sendok teh garam
  • 1 batang daun bawang, potong serong
  • Bumbu Halus:
  • 6 butir bawang merah, goreng
  • 3 siung bawang putih, goreng

Cara Membuat Menu Buka Puasa Sup Bola Ayam Telur Puyuh Untuk Ibu Hamil yang Enak

Cara Membuat Bola Ayam:

  1. Untuk yang pertama kita akan awali dengan terlebih dahulu mempersiapkan panci dan memasukkan air kedalamnya. Siapkan panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang pada kompor. Lalu tuangkan telur puyuh kedalamnya dan rebus telur sampai matang.
  2. Sementara menunggu silahkan campurkan udang bersama dengan ayam giling dalam wadah yang sama dan sisihkan sementara.
  3. Setelah telur matang, angkat telur dan rendam dengan menggunakan air dingin secara merata. Kupas kulitnya dengan menggunakan tangan dan kera-kerat secara merata.
  4. Untuk membuat bola ayam dapat dilakukan dengan mencampurkan semua bahan bersama dengan bumbu-bumbu secara merata dalam satu wadah yang sama. Terkecuali telur puyuh dan minyak goreng. Aduk-aduk merata bahan ini sampai tercampur.
  5. Ambil sedikit adonan dan pipihkan dengan menggunakan tangan. Namun pastikan bila tangan anda sudah terlebih dahulu dibersihkan secara merata. Berikan bagian atasnya dengan menggunakan telur puyuh dan bungkus kembali dengan menggunakan adonan sampai bagian telur puyuh terselimuti dengan adonan secara merata.
  6. Setelah selesai silahkan siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Gunakan api yang sedang untuk memanaskan minyak goreng dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  7. Goreng bola ayam kedalamnya dan biarkan sampai adonan terendam dengan minyak secara merata. Masak adonan sampai matang dan berwara kecoklatan sampai matang dan kering. Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan sementara dalam piring saji untuk kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Sup Bola Ayam:

  1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan siapkan panci dan masukkan kuah kaldu kedalamnya. Masak sampai bahan ini menjadi lebih mendidih secara merata.
  2. Masukkan bumbu halus bersama dengan jamur kuping, bubuk merica, gula pasir, minyak wijen dan garam. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur secara merata.
  3. Setelah itu, baru masukkan bola ayam yang sudah anda goreng kedalamnya. Masak sampai mendidih hingga bumbu meresap kedalam bola ayam secaa merata.
  4. Menjelang diangkat silahkan masukkan daun bawang kedalamnya dan aduk-aduk. Lalu masak sementara sebentar saja.

Setelah matang angkat sajian ini dan hidangkan dalam mangkuk saji yang sudah anda siapkan. Hidangan sup bola ayam telur puyuh ini akan siap anda nikmati saat waktu berbuka tiba nantinya.

Resep Menu Buka Puasa Sup Jagung Untuk Ibu Hamil yang Sedap dan Lezat

Ibu hamil yang ikut menjalankan ibadah puasa disarankan untuk lebih selektif dalam memilih jenis makanan.

Pilihlah makanan dengan kandungan serat dan vitamin yang tinggi seperti buah dan sayur. Nah, bila ibu hamil masih bingung menentukan jenis makanan sehat untuk dikonsumsi saat waktu berbuka tiba. Maka sajian sup jagung kali ini akan bisa anda buat dirumah dengan mudah. Yuk, simak resepnya dibawah ini.

puasa-sup-jagung.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Sup Jagung Untuk Ibu Hamil yang Sedap dan Lezat

Bahan-Bahan Utama:

  • 2 buah jagung manis
  • 2 butir telur ayam
  • 1 buah wortel

Bumbu-Bumbu Sup:

  • 2 sendok teh tepung meizena
  • 1 buah bawang bombay ( cincang halus )
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih ( cincang halus )
  • 1 batang bawang daun polong ( iris halus )
  • minyak untuk menumis secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • air secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • Roti bawang putih

Cara Membuat Menu Buka Puasa Sup Jagung Untuk Ibu Hamil yang Sedap dan Lezat

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk yang pertama kita akan bersihkan terlebih dahulu jagungnya. Silahkan bersihkan jagung manis dari cangkangnya secara merata. Gunakan tangan untuk membersihkan cangkang ini secara merata sampai bersih. Setelah itu, patahkan bagian bonggolnya dengan kuat. Bersihkan pula dari rambut jagungnya secara merata.
  2. Setelah dibersihkan, cuci dengan menggunakan air. Lalu sisir dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya untuk wortel. Kupas bahan ini dan pisahkan dari kulitnya secara merata. Gunakan pisau atau dengan menggunakan alat pengupas sayuran untuk memudahkan anda.
  4. Bila sudah selesai lanjutkan dengan memotong wortel dengan bentuk dadu kecil-kecil dengan menggunakan pisau. Masukkan dalam dan sisihkan sementara.
  5. Sementara itu untuk telur silahkan kocok bahan ini dengan menggunakan sendok dalam mangkuk. Aduk-aduk secara merata sampai telur diaduk sampai mengembang dan lepas. Lalu sisihkan sementara.

Cara Membuat Sup Jagung Ibu Hamil:

  1. Untuk membuat sajian ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melarutkan tepung mazeina dengan seidkit air. Lalu aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur secara merata. Setelah itu, sisihkan sejenak.
  2. Bila sudah selesai, silahkan tumis bawang putih bersama dengan bawang bombay dalam wajan yang telah diberikan minyak goreng sedikit saja. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur secara merata dan bahan-bahan yang anda tumis menjadi lebih harum dan layu.
  3. Setelah selesai silahkan masukkan jagung manis bersama dengan wortel yang sudah anda potong-potong secara merata. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai layu dan setengah matang.
  4. Tuagkan air kedalam jagung yang sedang ditumis, lalu diamkan sampai jagung dan wortel menjadi lebih lunak secara merata.
  5. Tambahkan dengan menggunakan merica bubuk, gula pasir, daun bawang, garam dan daun polong. Aduk-aduk bahan ini sampi tercampur.
  6. Masukkan larutan tepung mazeina yangsudha anda buat bersama dengan telur kocok. Aduk-aduk bahan ini sampai tercampur merata dan mengental. Masak sampai meletup-letup.

Bila sudah matang, angkat sajian ini dari wajan dan sajiakan dalam mangkuk saji yang sudah anda siapkan. Hidangkan sajian ini bersama dengan roti bawang putih atau dengan roti tawar yang lezat. Dengan demikian anda akan bisa menikmati sajian ini dengan lebih nikmat. Selamat menikmati!

Resep Menu Buka Puasa Sayur Tahu Bakso Brokoli Untuk Ibu Hamil yang Gurih dan Lezat

Memperhatikan asupan makanan saat berpuasa untuk ibu hamil adalah PR penting.

Hal ini dikarenakan ibu hamil membutuhkan sejumlah nutrisi dan gizi yang lebih banyak dibandingkan saat mereka tidak hamil. Nah, untuk memenuhi asupan kebutuhan nutrisi dan gizi ibu selama puasa, berikut ini kami sajikan salah satu menu istimewa untuk berbuka yakni sayur tahu bakso brokoli yang enak.

puasa-sayur-tahu-brokoli.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Sayur Tahu Bakso Brokoli Untuk Ibu Hamil yang Gurih dan Lezat

Bahan-Bahan Tahu Bakso:

  • 4 buah tahu putih
  • 200 g daging ikan tengiri
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 siung bawang putih
  • 3 sdm tepung kanji
  • 1 batang daun bawang
  • 1/12 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Bumbu-Bumbu Masakan:

  • 3 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 2 cm jahe, iris batang korek api
  • 500 ml air/kaldu
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 5 sdm kecap manis
  • 1 batang daun bawang
  • Bahan Sayuran:
  • 1 buah  kembang kol kecil, potong, rebus sebentar
  • 1 buah brokoli kecil, potong, rebus sebentar

Cara Membuat Menu Buka Puasa Sayur Tahu Bakso Brokoli Untuk Ibu Hamil yang Gurih dan Lezat

Cara Membuat Tahu Bakso:

  1. Untuk yang pertama kita akan buat terlebih dahulu tahu baksonya sebelum membuat sajian ini dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Untuk itu, maka silahkan terlebih dahulu bersihkan ikan tenggiri yang sudah anda beli dari pasar. Bersihkan bahan ini dengan menggunakan air bersih secara merata sampai kotoran dan kuman yang masih tersisa didalamnya bisa dibersihkan secara merata.
  2. Setelah ikan dibersihkan, silahkan haluskan ikan dengan menggunakan mesin blender atau dengan menggunakan mesin food processor secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya adalah dengan memarut bawang putih dengan menggunakan parutan. Atau lakukan dengan cara menghaluskan bahan ini dengan menggunakan ulekan secara merata.
  4. Iris tipis daun bawang dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  5. Untuk membuat tahu bakso lakukan dengan membelah tahu dengan bentuk diagonal yakni menjadi 2 buah segitiga. Lalu kerat bagian tengahnya sampai sedikit berlubang. Keluarkan remah tahu dengan menggunakan sendok secara merata. Lalu haluskan remah tersebut.
  6. Campurkan remah tahu bersama dengan ikan tenggiri, tepung kanji, daun bawang, minyak wijen, bawang putih, gula dan garam. Aduk-aduk bahan tersebut secara merata sampai tercampur.
  7. Isikan adonan ini kedalam tahu dan bentuk dengan bentuk bulatan sebesar kelereng. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya untuk kemudian goreng tahu sampai matang dan kering secara merata. Angkat, lalu tiriskan secara merata.

Cara Membuat Sayur Tahu Bakso Brokoli:

  1. Untuk membaut sajian ini silahkan panaskan terlebih dahulu wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas merata.
  2. Setelah itu, tumis bawang merah bersama dengan bawang putih kedalamnya bersama dengan jahe. Aduk-aduk dan masak sajian ini sampai matang dan tercium bau harum yang enak.
  3. Masukkan brokoli dan kembang kol. Lalu aduk-aduk bahan ini secara merata sampai agar layu. Tambahkan dengan menggunakan kaldu dan didihkan pada kompor.
  4. Masukkan daun bawang, tahu bakso kedalamnya. Tuangkan kecap manis dan aduk-aduk secara merata. Lalu tambahkan dengan merica bubuk serta garam. Aduk-aduk bahan ini sampai matang.

Setelah matang sajikan dan nikmati untuk berbuka puasa nanti. Selamat menikmati.

Resep Menu Buka Puasa Sup Daging Sapi Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil yang Lezat

Ibu hamil yang ikut menjalankan ibadah puasa, perlu memperhatikan betul asupan makanan yang dikosumsinya.

Sebab bila tidak maka hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuhnya dan si janin. Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan hidangan kali ini yakni sup daging sapi sayuran untuk menu berbuka anda.

puasa-sup-daging-sayur.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Sup Daging Sapi Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil yang Lezat

Bahan-Bahan Utama:

  • 300 gr daging sapi
  • 1 kuntum brokoli
  • 2 buah wortel
  • 2 buah kentang
  • 5 buah buncis

BUmbu-Bumbu Masakan:

  • 2 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 1 liter air
  • Garam dan merica bubuk secukupnya
  • Daun seledri secukupnya, cincang
  • 4 sdm kecap manis
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan Pelengkap:

  • Bawang goreng
  • Kerupuk
  • Nasi hangat

Cara Membuat Menu Buka Puasa Sup Daging Sapi Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil yang Lezat

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Penting sekali untuk mengetahui bagaimana membersihkan daging dan sayuran yang menjadi bahan utama pada masakan kali ini. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut perlu dibersihkan secara merata dan dijaga kehigienisannya agar makanan yang disantap oleh ibu hamil sehat dan aman untuk si janin yang tengah dikandungnya. Nah, untuk mengetahui bagaimana mempersiapkan bahan-bahan utama pada resep maka kita akan bahas pada langkah selanjutnya.
  2. Untuk yang pertama kita akan potong-potong terlebih dahulu daging sapinya secara merata. Gunakan pisau untuk memotong bahan ini secara merata. Potong-potong daging dengan bentuk dadu dengan ukuran yang anda inginkan. Masukkan daging kedalam wadah dan bersihkan secara merata dengan menggunakan air yang mengalir.
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan mempersiapkan kentangnya. Kupas kentang dari kulitnya dan bentuk kotak-kotak dengan menggunakan irisan bergerigi untuk membuat garis yang lebih cantik pada potongan kentang. Masukkan dalam wadah dan sisihkan.
  4. Selanjutnya adalah wortel bersihkan kulitnya dan potong dengan bentuk bulat dengan ketebalan sekitar 1-2 cm. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  5. Untuk buncis, buang bagian ujungnya dan potong dengan bentuk memanjang seukuran 3 cm dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan.
  6. Yang terakhir adalah brokoli. Untuk bahan yang satu ini anda hanya perlu memotongnya dengan arah kuntum. Potong dengan perlahan dan masukkan dalam wadah untuk kemudian cuci secara terpisah semua bahan sayuran ini sampai bersih dan merata.

Cara Membuat Sup Daging Sayur:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini dapat dilakukan dengan merebus daging dalam panci dengan air yang sudah disiapkan. Gunakan api yang sedang untuk merebus daging dan rebus bahan ini sampai matang dan empuk secara merata.
  2. Sementara itu, silahkan siapkan wajan dan tuangkan sedikit minyak kedalamnya. Tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi panas secara merata.
  3. Kemudian tumis bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk sampai semua bahan ini mengeluarkan aroma sedap yang enak.
  4. Setelah selesai masukkan tumisan kedalam panci dan aduk-aduk secara merata. Ikuti dengan memasukkan sayuran dengan tingkat kematangan lebih lama yakni kentang terlebih dahulu.
  5. Setelah kentang mulai terlihat setengah matang silahkan masukkan wortel dan yang paling terakhir adalah buncis bersama dengan brokoli. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur.
  6. Masukkan bumbu seperti garam dan kecap manis kedalamnya. Merica bubuk jangan lupa anda masukan. Aduk-aduk bahan tersebut sampai tercampur dan cicipi pula bumbunya sampai pas.
  7. Masukkan daun bawang, seledri dan juga potongan tomat saat hendak diangkat. Masak sampai matang dan layu.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam manguk saji untuk kemudian berikan tauran bawang goreng dan nikmati dengan bahan pelengkap lainnya.

Tips Menjaga Stamina Saat Puasa

Wajib hukumnya menjalankan puasa bagi umat muslim ketika bulan Ramadhan. Selama menjalankan ibadah puasa berarti tidak ada kegiatan makan maupun minum. Puasa menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang aktif bekerja.

Karena seharian tidak ada asupan makanan maupun minuman, maka kinerja tubuh maupun otak akan terpengaruh. Rasa lapar dan haus bisa saja datang setiap saat yang  akan berpengaruh pada tubuh. Stamina bisa saja turun dan menghambat aktivitas yang dijalankan. 

Tips Menjaga Stamina Saat Puasa Agar Tetap Semangat

Saat bulan puasa jam kerja akan berubah dari bulan sebelumnya. Libur panjang akan menanti, sehingga waktu kerja akan semakin singkat dan akibatnya akan membuat beban kerja anda semakin meningkat. Dalam keadaan seperti ini tentunya dibutuhkan banyak konsentrasi dan stamina. Namun, tidak jarang juga banyak orang yang stress dan stamina menjadi turun.

Nah, ikuti tips di bawah ini agar stamina tetap terjaga saat puasa sehingga aktivitas tetap lancar.

  • Jaga Asupan Makanan

Menjaga asupan makanan harus anda lakukan agar pasokan energi dalam tubuh tetap tersedia, sehingga puasa tidak akan mengganggu aktivitas anda. Sahur adalah hal yang harus anda lakukan setiap hari sebelum menjalankan puasa. Ketika waktu berbuka telah tiba, disarankan untuk langsung membatalkan puasa dan mengkonsumsi makanan sehat yang sudah disediakan. Sahur dan buka memiliki fungsi penting dibulan Ramadhan. Yang mana sahur berfungsi untuk menyediakan energi selama puasa. Sedangkan buka puasa berfungsi untuk mengembalikan energi yang telah hilang selama menjalankan puasa seharian.

Pada saat sahur anda harus menerapkan pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan seimbang. Menu makanan yang harus anda santap yaitu makanan seimbang dan lengkap, serta tidak berlebihan. Makanan lengkap yang dimaksud yaitu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, buah dan sayur, daging ayam, susu dan produk olahan susu lainnya, serta produk makanan yang mengandung gula dan lemak tidak berlebih. Ketika sahur dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna oleh sistem pencernaan. Makanan yang lambat dicerna yaitu makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Makanan yang kaya akan serat akan lembat ketika dicerna, sehinngga anda tidak akan mudah lapar. Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat akan membantu tubuh melepaskan energi dengan lambat.

Cukupi juga kebutuhan cairan, minumlah air putih sesuai yang telah di anjurkan yaitu 8 sampai 10 gelas mulai dari buka hingga sahur.

  • Lakukan Kegiatan Fisik Atau Olahraga

Ketika puasa biasanya banyak orang mengurangi aktivitas fisik dan menghindari melakukan olahraga. Tetapi olahraga tetap harus dilakukan meskipun sedang menjalankan puasa karena akan membantu tubuh tetap fit, stamina akan tetap terjaga, memperlancar proses metabolisme tubuh dan menjaga fungsi sistem tubuh.

Menjalankan olahraga pada saat puasa akan membuat tubuh mengalami dehidrasi atau kekeringan karena tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat atau urine. Agar olahraga yang dilakukan saat puasa tetap memberikan manfaat untuk tubuh, maka anda harus memilih olahraga yang ringan. Anda juga bisa melakukan olahraga ketika sore hari menjelang waktunya berbuka. Ketika tubuh membutuhkan cairan anda bisa memenuhinya saat berbuka. Olahraga ringan yang bisa anda lakukan saat puasa yaitu yoga atau jalan kaki. Bahkan anda bisa bersepeda keliling komplek sambil menunggu waktunya buka.

Puasa jangan dijadikan sebagai alasan terhambatnya aktivitas sehari hari. Jika asupan makanan dan minuman yang anda konsumsi sehat, serta dibarengi dengan aktivitas fisik, maka stamina anda selama bulan puasa akan tetap terjaga.

Manfaat Puasa Bulan Ramadhan Untuk Kesehatan

Menjalankan puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap umat muslim di berbagai penjuru dunia. Dengan puasa maka kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Mungkin beberapa orang sering mengeluh lapar atau haus ketika menjalankannya.

Namun, tahukah anda? Puasa yang kita jalankan selama bulan Ramadhan selain mendapatkan pahala juga memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan. Memiliki tubuh sehat tentunya merupakan dambaan semua orang. Lantas apa saja manfaat yang didapatkan apabila menjalankan puasa? berikut ini penjelasannya.

Manfaat Puasa di Bulah Ramadhan

Turunkan Berat Badan dan Glukosa

Seperti yang kita ketahui puasa berarti tidak makan dan minum dalam waktu yang sudah ditentukan. Berdasarkan penelitian ketika berpuasa maka berat badan dan glukosa mengalami penurunan yang cukup signifikan. Berat badan berlebih bisa turun dengan menjalankan puasa. Pasalnya, ketika kita puasa maka asupan makanan dan kalori ke dalam tubuh mengalami penurunan atau berkurang. Pembatasan jumlah kalori merupakan salah satu upaya agar kita terhindar dari penyakit berbahaya yang mematikan, seperti kanker atau diabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dengan puasa maka berat badan kita akan turun. Penurunan berat badan yang terjadi selama puasa tentunya akan diikuti dengan penurunan kolesterol, radikal bebas dan lemak yang mengendap di dalam tubuh. Apabila semua itu bisa diatasi, maka efeknya akan berimbas pada jantung. Yang mana jantung kita akan menjadi lebih sehat. Berdasarkan penelitian, pada saat seseorang menjalankan puasa maka HDL dan  apoprotein alfa 1 akan mengalami peningkatkan. Keadaan ini tentunya sangat menguntungkan karena akan membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat. Resiko seseorang terkena penyakit jantung akan lebih rendah.

Kekebalan Tubuh Meningkat

Mungkin banyak orang beranggapan jika menjalankan puasa  maka keadaan tubuhnya gampang sakit. Namun, pernyataan tersebut ternyata berbalik dengan kenyataan. Yang mana dengan menjalankan puasa maka sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat sehngga tidak akan mudah sakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ketika menjalankan puasa maka limfosit di dalam tubuh akan meningkat hingga mencapai 10 kali lipat dari biasanya. Berdasarkan penelitian juga mengatakan bahwa menjalankan puasa akan membuat kadar apo-betta turun dan kadar apo-alfa meningkat. Keadaan seperti ini tentunya sangat bermanfaat karena akan membuat resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah menurun.

Konsentrasi Urine Meningkat

Pada hari biasanya kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau kurang lebih 8 gelas dalam setiap harinya. Pada saat puasa, yang mana ketika itu tidak ada asupan makanan apapun termasuk minuman, maka kita harus menahan haus dan lapar. keadaan seperti ini faktanya memiliki efek yang baik untuk salah satu organ pada tubuh kita, yakni ginjal. Diketahui, selama menjalankan puasa maka konsentrasi urine di dalam ginjal akan meningkat, selain itu kekuatan osmosis urine pun akan mengalami peningkatan. Keadaan seperti ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk ginjal sendiri. Yang mana fungsi ginjal akan meningkat. Ketika berpuasa maka air akan berkurang, keadaan ini akan meminimalkan volume air yang ada di dalam darah. Sehingga dengan begitu kinerja dan fungsi darah merah akan terpacu. Namun, meskipun begitu bukan berarti anda tidak minum. Selama puasa anda tetap harus memenuhi kebutuhan air agar badan tetap segar dan tidak mengalami dehidrasi.

Menenangkan Pikiran

Selain menahan haus dan lapar, selama puasa kita juga dituntut untuk manahan diri dan mengendalikan emosi dalam diri masing-masing. Sehingga dengan begitu, puasa memberikan manfaat dan berpengaruh pada psikologis seseorang. Yang mana pikiran akan menjadi tenang dan damai serta terhindar dari stres. Seperti yang kita ketahui stres merupakan salah satu sumber dan penyebab datangnya penyakit.

Menyehatkan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting yang ada pada tubuh manusia. Ginjal itu sendiri memiliki fungsi untuk menyaring zat berbahaya yang ada di dalam tubuh, sehingga karena pentingnya fungsi ginjal maka kita harus bisa menjaga kesehatannya. Puasa ternyata memiliki efek positif untuk kesehatan ginjal. Pasalnya, ketika puasa urin pada ginjal akan mengalami peningkatan, serta kekuatan osmosis urin pun ikut meningkat. Dalam keadaan tertentu, hal ini berguna dan bermanfaat untuk menjaga agar ginjal tetap sehat.

Mendetoksifikasi Racun Pada Tubuh

Puasa bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun atau zat lainnya yang berbahaya dalam tubuh kita. Ketika puasa, terlebih lagi puasa di bulan Ramadhan maka tubuh kita akan melakukan detoksifikasi selama satu bulan. Detoksifikasi ini terlepas melalui urin, tinja maupun keringat. Organ-organ yang mengalami detoksifikasi yaitu ginjal, hati, paru-paru, kulit dan getah bening.

Mencegah Diabetes

Seperti yang kita ketahui, diabetes merupakan penyakit yang akhir-akhir ini banyak dialami. Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan karena kadar gula di dalam darah dan kolesterol tinggi. Ketika kita berpuasa dan tidak makan atau minum dalam waktu yang ditentukan, maka asupan gula dan makanan berlemak akan bisa dikontrol dengan baik. Sehingga diabetes pun bisa dicegah.

Nutrisi Lebih Banyak Terserap

Ketika menjalankan puasa, maka metabolisme dalam tubuh akan menjadi lebih baik dan efisien. Keadaan seperti ini tentunya sangat baik karena penyerapan nutrisi dalam tubuh akan menjadi lebih maksimal. Hal ini disebabkan karena hormon  adiponectin mengalami peningkatan. Yang mana peningkatan hormon tersebut disebabkan karena adanya kolaborasi antara puasa dan makan sahur. Sehingga dengan begitu, nutrisi yang diserap pun akan lebih banyak.

Kemampuan Otak Meningkat

Neurotropik akan mengalami peningkatan pada saat kita menjalankan puasa. Keadaan ini akan membantu tubuh dalam memproduksi sel otak. Sehingga dengan begitu fungsi otak akan mengalami peningkatan. Di samping itu puasa juga akan membuat hormon kortisol mengalami penurunan. Baiknya, keadaan ini akan membuat seseorang terhindar dari stres.

Membuat Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Ketika kita menjalankan puasa, maka sistem pencernaan tidak bekerja dan akan betistirahat. Namun, meskipun begitu fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan dengan normal, terlebih lagi produksi sekresi, namun jumlah lebih berkurang dan cairan di dalam tubuh akan seimbang. Selain itu, proses pemecehan makanan akan menjadi stabil, proses pelepasan energi juga akan menjadi bertahap. Dengan puasa maka sistem pencernaan dalam tubuh kita akan memaksimalkan fungsinya. Sehingga ketika mendapatkan asupan makanan ketika buka puasa, maka fungsi sistem pencernaan akan lebih efektif.

Mengatasi Penyakit Peradangan

Berdasarkan beberapa penelitian menunjukan bahwa dengan menjalankan puasa maka penyakit peradangan atau alergi akan dengan mudah teratasi. Beberapa contoh dari penyakit peradangan yaitu rheumatoid arthritis atau lebih sering disebut dengan reumatik, serta penyakit kulit psoriasis. Selain itu, puasa juga bisa mengatasi penyakit radang usus.

Demikian beberapa manfaat untuk kesehatan. Begitu banyak sekali manfaat menakjubkan yang kita dapatkan dengan menjalankan puasa. Untuk itu, agar manfaat tersebut kita dapatkan maka kita perlu menjaga kesehatan aggar puasa yang dijalankan tetap lancar.

Tips Diet Sehat Saat Bulan Puasa

Puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dijalankan oleh umat muslim pada saat bulan Ramadhan. Selain mendapatkan pahala, apabila dijalankan dengan baik dan benar maka puasa akan bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu cara agar bisa mendapatkan manfaat tersebut yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

Pola makan ketika bulan puasa mungkin akan mengalami perubahan. Namun, pola makan tersebut tidak jauh berbeda dengan hari-hari biasanya saat kita tidak puasa. Hal yang harus tetap diperhatikan yaitu tetap menjaga kebutuhan dan keseimbangan nutrisi, baik itu dari asupan makanan ataupun cairan. Nah, berikut ini tips diet sehat saat bulan puasa.

Diet Sehat Saat Puasa

Hindari Makanan yang Diolah dengan Cara Digoreng

Tidak bisa dipungkiri lagi, selama bulan puasa biasanya makanan yang diolah dengan cara digoreng banyak disajikan di meja makan. Namun, perlu kita ketahui mengolah dengan cara digoreng merupakan memasak yang perlu dihindari, terlebih lagi ketika anda hendak menyajikan makanan untuk buka puasa maupun sahur.

Cara terbaik selain anda harus mengolah makanan degan cara digoreng yaitu merebus, dibakar dengan menggunakan alat pemanggang. Jika anda ingin menyajikan menu berbahan dasar daging untuk buka puasa, anda bisa membakar atau memanggang daging tersebut.

Terapkan Pola Makan Seimbang

Mengkonsumsi makanan manis saat berbuka adalah kebiasaan. Agar mendapatkan manfaat puasa, anda harus menghindari makanan terlalu manis. Anda bisa mengganti makanan tersebut dengan beberapa buah kurma atau jus sehat.

Ketika makan saat berbuka, anda tetap harus mengedepankan dan menerapkan pola makan yang seimbang. Anda harus memasukan makanan seperti buah, sayur, nasi atau roti, daging atau ikan, susu dan sedikit makanan mengandung lemak serta gula ke dalam menu makan anda. Ketika makan malam saat berbuka, anda bisa mengkonsumsi kaldu yang dilengkapi dengan sayuran dan daging ayam. Untuk nasi, anda bisa mengkonsumsi nasi merah dengan ikan yang diolah dengan cara  dipanggang serta sayuran yang diolah dengan menggunakan sedikit minyak atau ditumis. Agar cairan tubuh anda kembali setelah menjalankan puasa selama seharian, dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih. Hindari beberapa minuman yang mengandung kafein karena hanya akan membuat tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat.

Apabila nutrisi belum anda lengkapi saat berbuka puasa, maka anda bisa melengkapinya pada saat sahur. Makanan tertentu harus anda hindari baik saat berbuka maupun saat sahur. Beberapa makanan yang dimaksud yaitu, makanan kalengan atau instan, makanan tersebut mengandung karbohidrat olahan, seperti kandungan gula. Kandungan gula tersebut akan cepat diserap oleh tubuh sehingga akan menyebabkan meningkatnya kadar gula di dalam darah. Biskuit, cokelat, cemilan manis pun perlu anda hindari.

Konsumsi Makanan yang Lambat Dicerna

Banyak orang melewatkan waktu sahurnya dengan alasan masih ngantuk atau malas. Pada kenyataannya makan pada waktu sahur saat bulan puasa sama pentingnya dengan makan saat kita berbuka. Ketika sahur alangkah lebih baik menkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks serta makanan yang kaya akan serat, yang mana makanan tersebut tidak akan membuat kenyang secara berlebihan. Makanan mengandung karbohidrat kompleks merupakan makanan yang lambat dicerna dan tidak mudah diurai. Sehingga dengan begitu, akan melepaskan energi dengan perlahan dan sangat baik saat tubuh berpuasa. Ketika sahur anda bisa menkonsumsi makanan sehat seperti roti yang ditambah dengan selai dan keju dan makanan lainnya seperti kismis dan kacang tanpa diasinkan terlebih dahulu. Selain menu makan tersebut, anda juga bisa mengkonsumsi gandum dan susu yang dilengkapi dengan buah apel atau pisang.

Demikian tips diet sehat selama bulan puasa. Hindari segala sesuatu yang berlebihan baik itu ketika makan atau minum. Sebaiknya terapkan pola makan yang sehat dan seimbang agar manfaat puasa bisa didapatkan.

Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Ketika puasa banyak masalah yang mungkin akan dialami, dimana salah satunya yaitu bau mulut. Bau mulut yang muncul ketika puasa adalah hal wajar. Namun, keadaan tersebut akan membuat tidak nyaman, baik bagi penderitanya maupun orang-orang yang ada di sekitarnya. Bahkan karena malu, tidak jarang jika penderitanya merasa minder dan sulit bergaul.

Bau mulut yang sering terjadi ketika puasa disebabkan karena produksi air liur menurun sehingga akan menjadi lebih kering. Namun, bau mulut juga bisa disebabkan karena gangguan tertentu, seperti menderita penyakit lambung, liver, ginjal akut atau saluran pernafasan. Adanya masalah pada gigi atau mulut pun bisa saja menjadi penyebab munculnya bau mulut ketika menjalankan puasa.

Selain itu, ketika kita menjalankan puasa maka pola makan mengalami perubahan yang mana ketika itu kita kekurangan asupan karbohidrat, tubuh pun akan kekurangan cadangan makanan. Karena kurangnya karbohidrat di dalam tubuh, sebagai pengganti energi tubuh akan membakar lemak. Proses pembakaran atau pemecahan lemak ini akan menghasilkan sebuah zat. Zat tersebut dinamakan sebagai ketone. Yang mana zat inilah yang akan menjadi penyebab bau mulut.

Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Rajin Bersihkan Lidah

Membersihkan lidah merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya bau mulut saat puasa. Setelah anda membersihkan gigi, anda juga harus membersihkan lidah. Untuk membersihkannya anda bisa menyikatnya dengan lembut. Kegiatan menyikat lidah ini sangat penting, karena dengan cara seperti ini maka sisa makanan yang terdapat pada sela-sela lidah atau papil bisa diangkat.  Biasanya bakteri dalam mulut dan sisa makanan kebanyakan terdapat pada bagian pangkal lidah.

Berkumur

Berkumur bisa anda lakukan agar bau mulut tidak datang. Anda bisa berkumur dengan memanfaatkan obat kumur. Ketika berkumur dengan menggunakan obat kumur, maka proses melekatnya glikoprotein saliva yang sudah ditumbuhi oleh bakteri bisa dicegah.

Konsumsi Yoghurt

Berdasarkan penelitian, rutin mengkonsumsi yoghurt setiap hari bisa mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Bakteri yang menjadi penyebab bau mulut bisa teratasi dengan yoghurt. Selain itu, yoghurt juga bisa membantu kita untuk mengurangi penyakit gusi dan plak pada gigi. Pilihlah yoghurt tanpa gula agar lebih sehat.

Konsumsi Sayur dan Buah

Beberapa jenis sayuran dan buah seperti wortel, seledri dan apel mampu menghilangkan dan mencegah bau mulut yang tidak sedap. Ketika mengkonsumsinya, anda bisa mengkombinasikan jenis sayur dan buah tersebut menjadi jus. Selain sayur dan buah yang sudah disebutkan tadi, buah dan sayur yang kaya akan serat sebenarnya bisa mencegah dan mengatasi bau mulut.

Konsumsi Vitamin C

Makanan, baik buah atau sayur yang kaya akan vitamin C sangat efektif dalam menangkal bau mulut yang tidak sedap. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin C yaitu buah melon, stroberi dan jeruk. Makanan mengandung vitamin C juga bisa mencegah gangguan gusi yang menjadi salah satu penyebab datangnya bau mulut.

Minum Banyak Air Putih

Minum banyak air putih bisa anda lakukan untuk mencegah bau mulut datang ketika puasa. Anda bisa mengatur waktu minum air putih dari pertama berbuka puasa hingga sahur. Minum air putih sebanyak 8 gelas perhari sangat dianjurkan. Hal ini juga dilakukan agar tubuh anda tetap terhidrasi.

Periksa Gigi Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan gigi dengan rutin bisa mencegah timbulnya permasalahan mulut yang menjadi penyebab datangnya bau mulut. Hal ini sangat baik dilakukan terutama menjelang bulan Ramahdan.

Demikian beberapa tips mencegah bau mulut saat puasa. Semoga bermanfaat.

Tips Agar Tidak Pusing Saat Puasa

Pada saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan, tubuh kita menyesuaikan dengan pola makan yang baru. Keadaan ini mungkin saja akan mengakibatkan datangnya beberapa gangguan, gangguan yang sering muncul saat puasa yaitu pusing dan mual.

Datangnya pusing dan mual ketika puasa pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Stres dan tertekan saat menjalankan puasa, kurangnya waktu tidur dan istirahat atau adanya perubahan pola tidur merupakan beberapa hal yang menyebabkan datangnya pusing dan mual. Mual dan pusing biasanya datang pada siang hari, terlebih lagi jika cuaca ketika itu sangat terik.

Jika anda mengalami pusing atau mual ketika menjalankan puasa, bukan berarti anda harus batal puasa. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar anda tidak merasakan pusing atau mual saat puasa. Berikut ini tips agar tetap bugar dan tidak pusing saat puasa.

Tips Agar Tidak Pusing dan Mual Saat Puasa

Cukupi Kebutuhan Cairan

Bagi mereka yang biasa minum minuman berkafein mungkin akan merasa pusing ketika menjalankan puasa, hal ini disebabkan karena konsumsi kafein dihentikan. Untuk mengatasinya, maka alangkah lebih baik jika anda menghindari atau menghentikan minum minuman berkafein. Hal ini juga bagus untuk kesehatan anda. Namun, jika anda sudah kecanduan, maka anda bisa mengatasinya dengan minum air putih. Minumlah air putih yang cukup, karena selain membuat tidak pusing mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih akan membuat tubuh tetap terhidrasi. Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda ketika berbuka puasa maupun sahur.

Jaga Gula Darah Agar Tetap Stabil

Hipoglisemia atau kadar gula darah rendah merupakan salah satu penyebab timbulnya pusing atau sakit kepala pada saat berpuasa. Untuk mengatasi atau menghindarinya, anda harus menjaga kadar gula darah tetap stabil. Agar kadar gula dalam darah tetap stabil ketika buka puasa atau sahur anda harus mengurangi konsumsi makanan manis. Selain itu, anda juga harus bisa mengendalikan diri anda. Persediaan makanan di meja maka ketika buka mungkin akan banyak. Namun, anda harus tetap bisa mengontrol diri anda untuk tidak makan secara berlebihan. Makanlah dengan porsi yang wajar dan hindari konsumsi makanan berlemak serta kurangi makanan manis. Untuk menghindari dehidrasi, maka sebaiknya anda penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Perbanyak minum air putih saat sahur maupun buka puasa. Hindari minuman yang mengandung kafein. Intinya, pada saat mejalankan puasa di bulan Ramadhan anda harus bisa menerapkan pola makan yang benar dan sehat agar resiko meningkatnya kadar gula darah menjadi rendah.

Cukupi Waktu Isitirahat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kurang tidur atau istirahat merupakan salah satu penyebab pusing saat puasa. Untuk mengatasinya maka anda harus mencukupi waktu istirahat atau tidur anda. Usahakan untuk tidur lebih awal ketika malam hari atau anda sempatkan waktu tidur di siang hari 20-30 menit. Jangan tidur siang terlalu lama karena justru akan menyebabkan pusing.

Konsultasi Pada Dokter

Jika anda memiliki riwayat penyakit atau gangguan kesehatan lainnya, maka segeralah untuk berkonsultasi pada dokter. Karena bukan tidak mungkin jika pusing yang anda rasa adalah gejala munculnya penyakit yang anda alami. Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sebelum menjalankan puasa alangkah lebih baik jika melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter. 

Demikian tips agar tidak pusing selama menjalankan puasa. Ketika puasa pola hidup dan pola makan akan berubah. Untuk itu, tetaplah terapkan pola hidup dan pola makan yang baik agar tubuh tetap sehat dan puasa yang dijalankan tetap lancar. Semoga bermanfaat.

  • 1
  • 2
Loading...

Follow us