data-ad-format="auto"

16 Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi Dengan Anak Kecil

Momen mudik akan segera tiba hanya beberapa hari ke depan. Tidak heran jika saat ini jalanan sudah dipenuhi oleh banyaknya kendaraan yang tengah melakukan perjalanan mudik. Berbagai alat transportasi kerap digunakan untuk mengantar perjalanan mudik Anda. Baik maskapai penerbangan, kapal laut, kendaraan umum, motor dan juga mobil pribadi ikut menyemarakan momen mudik lebaran Anda. Tentu saja, dari jauh-jauh hari Anda sudah memutuskan untuk menggunakan jenis alat transportasi tertentu. Tidak heran jika saat ini banyak orang yang sudah booking tiket ataupun mempersiapkan kendaraan pribadi yang akan mereka gunakan untuk mudik lebaran.

Terlepas dari jenis alat transportasi yang akan gunakan, tentunya dibutuhkan berbagai persiapan yang cukup matang sebelum melakukan perjalanan mudik. Jika saat ini Anda berencana untuk melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan mobil pribadi, maka Anda diharuskan untuk mempersiapkan beberapa hal yang akan mendukung Anda untuk melakukan perjalan mudik. Apa saja tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan mudik? Yuk kita simak saja pemaparan kami berikut ini!

Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi Dengan Anak Kecil

Tentunya, banyak sekali orang yang akan melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan mobil pribadi. Alat transportasi pribadi memang terbilang praktis serta mendukung penuh saat Anda mudik lebaran. Hal yang cukup mudah jika Anda mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi karena segala sesuatu dapat Anda persiapkan dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi, terdapat juga beberapa orang yang memiliki kendaraan pribadi justru tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan cepat sehingga perjalanan mudiknya terganggu.

Meskipun Anda memiliki kendaraan pribadi bukan berarti Anda tidak harus mempersiapkan segala sesuatu saat Anda akan mudik lebaran. Kendaraan pribadi bahkan lebih riskan dibandingkan dengan kendaraan umum. Mulai dari pengecekan mesin kendaraan dan juga barang-barang yang harus Anda bawa saat melakukan perjalanan mudik. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat memiliki anak kecil, momen mudik lebaran mungkin akan lebih repot sehingga membutuhkan persiapan yang cukup matang sebelum melakukan perjalanan mudik.

 Jika tidak ingin momen mudik Anda terganggu dikarenakan berbagai kemungkinan yang akan terjadi saat diperjalanan terlebih saat membawa anak kecil, maka dari itu ikutilah tips yang harus Anda lakukan sekarang juga, diantaranya:

Utamakan membawa perlengkapan anak

Tips pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengutamakan membawa perlengkapan anak. Berbagai jenis barang yang pasti harus dibawa diantaranya tissue kering, tissue basah, botol air refill, botol air minum, dan juga mainan favoritnya. Hal ini tentunya bertujuan agar mereka dapat mengalihkan perhatian agar tidak bosan dan rewel selama melakukan perjalanan mudik. Selain itu, Anda juga bisa memperbanyak koleksi buku bacaan dan juga referensi-referensi games yang dapat dimainkan selama melakukan perjalanan mudik. Seperti misalnya mengoleksi lagu-lagu anak dan juga video lagu anak sehingga akan membuat mereka tetap nyaman saat melakukan perjalanan mudik.

Sediakan ruang gerak untuk anak

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan menyediakan ruang gerak yang cukup luas untuk si kecil di dalam mobil. Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup saat diperjalanan. Mobil tipe sedan tentunya kurang disarankan digunakan untuk mudik lebaran dengan membawa anak terlebih pada tempat yang cukup jauh. Hal ini dikarenakan mobil sedan memang memiliki head room yang cukup rendah sehingga anak-anak tidak terlalu bebas untuk bergerak. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan jenis mobil untuk digunakan saat mudik lebaran.

Tempatkan anak di kursi belakang

Saat menyediakan space untuk si kecil, apapun jenis mobil yang akan Anda gunakan, maka sebaiknya anak-anak diharuskan untuk menduduki kursi belakang demi keselamatannya. Jangan pernah membiarkan anak-anak untuk duduk di baris depan terlebih saat melakukan perjalanan mudik dengan jarak yang cukup jauh. Hal ini dikarenakan mereka akan cepat bosan sehingga akan mengganggu konsentrasi Anda saat berkendara. Selain itu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan car seat khusus untuk anak dan tempatkan di baris kedua.

Persiapan saat anak mabuk perjalanan

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan ialah dengan mempersiapkan segala sesuatu saat kemungkinan si kecil mabuk saat perjalanan. Pastikan Anda selalu menyiapkan kantung plastik yang ditempatkan di tempat-tempat yang sangat mudah untuk dijangkau oleh anak-anak seperti misalnya di samping pintu ataupun di belakang kursi pengemudi yang memiliki space untuk kantung plastik. Hal ini tentunya agar Anda tidak repot saat si kecil mabuk perjalanan.

Light packing

Setelah Anda menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh si kecil saat melakukan perjalanan, tentunya Anda harus memastikan semua barang-barang bawaan tersebut dikemas dan juga dirapikan di bagasi dengan rapi dan juga aman sehingga tidak membatasi ruang gerak si kecil saat berada di dalam kabin mobil. Seperti misalnya di beberapa sela seperti misalnya kolong kursi pada baris kedua dan juga ketiga sebagai tempat untuk menyimpan barang.

Gunakanlah kaca film yang cukup berkualitas

Untuk melindungi si kecil dari sinar matahari tentu tidak ada salahnya jika mobil Anda dilengkapi dengan tirai khusus mobil. Tirai ini tentunya memang sangat penting agar anak-anak tidak akan terpapat sinar matahari secara langsung. Anda tentunya dapat menghindari dari kain yang dapat Anda selipkan di kaca mobil. Selain berbahaya tentunya hal tersebutu juga menjadi kurang estetis. Namun, lebih baik lagi jika mobil yang Anda gunakan sudah dilengkapi dengan kaca film anti UV. Hal tersebut agar Anda dapat menghindari cahaya yang berasal dari luar.

Koleksi film anak-anak

Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran tentunya Anda dapat melengkapi koleksi film-film favorit keluarga ataupun film kartun. Jika mobil Anda sudah dilengkapi dengan fasilitas DVD, maka hal tersebut sangat membantu Anda. Saat anak-anak tentunya permainan dan juga nyanyian tidak ada salah nya dengan memutarkan berbagai lagu dan juga film-film kartun favoritnya.

Batasi penggunaan gadget

Tidak dapat dipungkiri bahwa menggunakan gadget selama melakukan perjalanan dapat membuat fokus kita saat berkendara menjadi terganggu. Meskipun digunakan untuk GPS, akan tetapi Anda perlu membatasi penggunaan gadget saat melakukan perjalanan. Hal ini tentunya bertujuan untuk memanfaatkan perjalanan panjang untuk lebih banyak berinteraksi dengan keluarga dan juga anak-anak.

Manfaatkan fitur keselamatan dalam berkendara

Pastikan jendela belakang di mobil Anda dapat dikontrol dengan mudah dari kemudi depan sehingga Anda dapat dengan mudah mengaktifkan child lock. Untuk itu, pastikan semua beroperasi dengan sempurna sebelum Anda melakukan perjalanan mudik.

Pastikan kendaraan Anda sehat

Dalam hal ini kendaraan memang menjadi salah satu perlengkapan yang paling inti untuk melakukan perjalanan mudik ialah kendaraan. Untuk melakukan perjalanan yang cukup panjang tentunya Anda dapat mengkondisikan kendaraan Anda ada dalam kendaraan yang prima. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan mudik, maka pastikan Anda untuk memeriksa terlebih dahulu keadaan kendaraan Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan diri dari keadaan mobil yang tiba-tiba mogok di tengah perjalanan.

Pilih rest area yang nyaman

Dalam melakukan perjalanan mudik tentunya Anda sudah dapat menentukan tempat rest area yang menurut Anda paling nyaman. Selain itu, Anda tentunya jangan lupa untuk membekali minuman dan juga cemilan agar dapat dengan mudah dikonsumsi saat lapar. Hal ini dapat Anda lakukan saat Anda merasa lapar dan masih jauh dari tempat rest area. Selain itu, hindari untuk jajan  yang  tidak sehat saat ditengah perjalanan karena ditakutkan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Jangan lupa membawa peralatan mandi

Saat melakukan perjalanan mudik tentunya Anda jangan lupa untuk membawa peralatan mandi si kecil. Biasanya Anda singgah di suatu tempat dan kemudian mandi dengan menggunakan peralatan yang sudah Anda bawa dari rumah. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot untuk membeli peralatan mandi agar dapat lebih nyaman untuk membersihkan tubuh dari bau dan juga keringat.

Lengkapi P3K

Dalam melakukan perjalanan mudik tentunya Anda dapat melengkapi bawaan Anda dengan membawa obat-obatan seperti penurun panas, termometer, minyak telon, vitamin dan juga plaster luka. Hal ini tentunya dapat menjaga tubuh si kecil agar tetap memiliki imun tubuh yang kuat saat merasa kelelahan selama melakukan perjalanan mudik.

Siapkan MPASI

Makanan pendamping ASI tentunya harus Anda persiapkan saat memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik. Botol minum, botol susu, wadah anti bocor dan juga pemanas portable harus Anda persiapkan agar semua makanan dapat dengan mudah dan juga segar untuk diolah di dalam mobil saat mudik. Pakaian dan juga popok tentunya benar-benar harus Anda persiapkan untuk melakukan perjalanan mudik yang cukup panjang. Selain itu, Anda juga dapat membuat daftar pakaian dan juga perlengkapan yang wajib di bawa untuk menghindari agar tidak tertinggal di rumah.

Kasur angin

Melakukan perjalanan mudik tentunya menjadi hal yang paling berkesan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda membawa tikar yang cukup nyaman dan juga kasur angin yang dapat Anda gunakan untuk menidurkan si kecil atau alas saat berada di rest area. Selain itu, Anda juga dapat tetap mengawasisi saat bermain. Namun, pastikan pula Anda berada di tempat parkir yang aman dan juga nyaman agar tidak terlalu banyak orang yang berlalu lalang.

Alas tidur yang nyaman

Saat melakukan perjalanan mudik, tentunya Anda harus benar-benar menyediakan berbagai persiapan seperti misalnya alas tidur. Perlengkapan ini tentunya harus Anda gunakan selama melakukan perjalanan mudik. Alas tidur ini minimalnya dapat digunakan sebagai alat agar anak-anak dapat bersender dan tidak sampai terbentur hingga pintu ataupun jendela. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantal yang paling nyaman serta selimut yang cukup tipis agar tidak terlalu memakan tempat yang banyak. Selain itu, pastikan pendingin kendaraan Anda dapat berfungsi dengan sangat baik agar anak-anak tidak kepanasan saat melakukan perjalanan mudik.

Sebenarnya dalam melakukan perjalanan mudik, Anda diharuskan untuk memilih waktu yang paling tepat untuk keberangkatan. Pelajarilah wakktu terbaik untuk berangkat mudik seperti misalnya setelah sahur atau bahkan sahur di jalan jika waktu dan jarak tempuh Anda cukup jauh. Hal ini tentunya untuk menghindari jalanan yang macet serta cuaca panas. Itulah beberapa tips mudik menggunakan mobil pribadi dengan anak kecil. Semoga bermanfaat!

Author: Nina Astuti

Follow us