data-ad-format="auto"

5 Persiapan Penting Untuk Tips Mudik Dengan Bayi

Saat mudik tanpa anak mungkin menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tanpa perlu repot mempersiapkan ini itu, akan tetapi setelah memiliki anak justru akan membuat Anda sedikit lebih repot dari biasanya. Bagaimanapun juga, saat mudik dan bermacet-macetan dengan kendaraan lain tentu menjadi hal yang tidak terlalu dipikirkan. Namun, setelah memiliki anak, kondisi tersebut menjadi hal yang patut untuk kita persiapkan. Terlepas dari keamanan dan juga kenyamanan saat berkendara tentu menjadi hal terpenting saat mudik dengan si kecil.

Pada umumnya, setelah memiliki anak apalagi masih bayi, tentu membutuhkan berbagai persiapan yang cukup matang. Hal ini dikarenakan bayi akan cenderung rewel saat menemukan sesuatu yang tidak membuat nyaman dirinya seperti kemacetan misalnya. Tidak heran jika kondisi ini membuat para orang tua sering kesusahan dan juga stres saat melakukan perjalanan mudik. Untuk itu, jika Anda menginginkan mudik lebaran tahun ini berhasil, maka alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memutuskan untuk berangkat mudik.

Persiapan dan Tips Mudik Dengan Bayi

Bagi bayi tentunya bermacet-macetan ditambah dengan suasana panas kerap membuatnya rewel dan juga mudah menangis. Hal ini dikarenakan suasana yang membuat mereka tidak nyaman. Mudik dengan bayi tentunya menjadi salah satu momen yang terbilang lebih repot dibandingkan sebelum memiliki bayi. Akan tetapi, repot atau tidak, hal tersebut tentunya akan selalu Anda lakukan. Kondisi ini tentunya menuntut kita untuk lebih mempersiapkan berbagai hal agar dapat dengan mudah mudik dengan membawa bayi. Berikut ini kami sajikan beberapa persiapan dan tips jika Anda mudik dengan membawa bayi, diantaranya:

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Atur jadwal tidur

Saat melakukan perjalanan mudik, hal yang harus Anda lakukan ialah dengan mengatur jadwal tidur terlebih dahulu. Biasakan si kecil untuk tidur tepat waktu pada jam yang biasanya. Hal ini tentunya untuk menghindari si kecil agar tidak kelelahan dan rewel saat melakukan perjalanan mudik. Jika Anda tidak mengatur jadwal tidur, maka dapat dipastikan Anda dan pasangan serta bayi akan mengalami jadwal tidur yang berantakan. Kondisi ini tentunya akan membuat Anda merasa lebih lelah dan juga mengantuk saat melakukan perjalanan mudik, terlebih dalam jarak yang cukup jauh. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda memberi dan mengatur jadwal tidur seperti biasanya. Tips ini tentunya akan menghindarkan diri Anda dari rasa lelah dan jugarasa pusing saat si kecil rewel.

Hindari jadwal penuh

Saat mendekati waktu yang telah Anda putuskan untuk melakukan perjalanan mudik, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari berbagai jadwal apapun. Jadwal penuh sebelum mudik tentunya akan berdampak pada persiapan yang kurang matang saat melakukan perjalanan mudik. Daripada menghabiskan waktu untuk hal-hal yang terbilang tidak begitu penting, maka alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan segala sesuatu yang akan Anda bawa saat mudik. Selain itu, jika Anda sudah sampai di tempat tujuan atau kampung halaman Anda setelah lebaran, maka pergunakan waktu sebaik mungkin untuk melakukan kunjungan kepada keluarga dan juga kerabat. Bagilah waktu kunjungan Anda, jangan sampai waktu mudik balik sudah tiba, Anda belum mengunjungi semua kerabat sehingga Anda akan mengulur waktu untuk melakukan perjalanan mudik balik. Alangkah baiknya jika Anda membagi waktu sebaik mungkin untuk berkunjung kepada keluarga Anda dan sempatkan waktu satu hari untuk beristirahat secara full sehari sebelum melakukan perjalanan mudik balik.

Jangan tunda packing

Setelah Anda mengatur jadwal tidur anak dan juga berbagai barang yang sudah Anda persiapkan, tentunya jangan sampai Anda menunda packing. Dari jauh-jauh hari, sebaiknya Anda mulai mengumpulkan barang-barang apa saja yang akan Adna bawa saat mudik lebaran. Persiapkan barang-barang bawaan tersebut jauh dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan waktu berjalan tidak akan terasa hingga waktu untuk mudik sudah tiba. Untuk menghindari jika banyak barang yang tertinggal, maka alangkah baiknya jika Anda mulai packing dari jauh-jauh hari sebelumnya. Hal yang perlu Anda lakukan yakni jangan lupa untuk melengkapi segala macam kebutuhan si kecil. Kumpulkan terlebih dahulu beberapa pakaian bayi yang cukup besar dan longgar untuk menemani mudik lebaran Anda. 

Bawa barang favorit

Selain barang utama yang sangat dibutuhkan, tentunya Anda juga jangan lupa untuk membawa berbagai barang favorit si kecil. Baik guling, bantal dan juga mainan favorit si kecil tentunya harus diselipkan saat melakukan perjalanan mudik. Hal ini tentunya untuk mengalihkan perhatian si kecil jika rewel saat bermacet-macetan di perjalanan mudik. Pada umumnya, trik ini cukup berhasil dan si kecil akan anteng saat melakukan perjalanan mudik. Selain itu, isi mainan di kecil yang mampu mengalihkan perhatian seperti beragam video dan lagu anak-anak, buku, permainan dan juga aplikasi lainnya yang mendidik untuk sementara dan juga berjaga-jaga saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Persiapkan berbagai hal yang penting

Mudik lebaran memang menjadi momen dimana mengharuskan kita untuk mempersiapkan berbagai hal yang akan kita bawa saat mudik nanti. Saat mudik dengan si kecil, tentu banyak sekali berbagai persiapan yang akan Anda bawa seperti pakaian lengkap, makanan, susu, tisu basah, popok dan juga lain sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang kita perlukan dari mulai obat nyeri, salep hingga inhaler yang kemungkinan besar akan kita butuhkan saat melakukan perjalanan mudik. Untuk itu, persiapkan berbagai barang apapun yang dibutuhkan oleh si kecil dan juga pasangan. Alangkah lebih baik jika Anda melakukan persiapan dari jauh hari dibandingkan menyesel karena barang yang dibutuhkan tidak Anda bawa.

Siapkan cemilan

Cemilan memang menjadi cara yang paling mudah untuk dikonsumsi saat kita ataupun si kecil sedang lapar. Jika Anda membawa bayi tentunya siapkan berbagai jenis cemilan bayi yang cukup bervariasi. Pilihlah cemilan yang tidak membutuhkan berbagai persiapan tertentu dan juga mudah untuk dimakan. Bawa cemilan sehat untuk si kecil seperti biskuit, buah-buahan dan juga cemilan sehat lainnya yang disukai oleh si kecil.

Bawa stroller

Anda mungkin akan butuh waktu istirahat di perjalanan saat mudik. Untuk membuat si kecil nyaman, jika memungkinkan alangkah baiknya jika Anda membawa stroller yang dapat Anda gunakan saat berhenti di pusat perbelanjaan dan juga jalan-jalan di tempat Anda transit. Hal tersebut tentunya menjadi waktu yang cukup tepat bagi Anda untuk membawa si kecil berjalan-jalan untuk melepas kelelahan saat berkendara.

Momen mudik memang hanya dilakukan satu tahun sekali, meskipun Anda harus menghadapi kemacetan dan juga panas-panas saat melakukan perjalanan. Akan tetapi, Anda harus tetap menikmati momen tersebut. Jika Anda rasa perjalanan mudik menjadi hal yang menyenangkan, maka momen tersebut akan membuat perasaan Anda bahagia dan juga senang saat aakn berkumpul dengan keluarga di kampung halaman Anda. Itulah beberapa persiapan dan tips mudik dengan bayi yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!