data-ad-format="auto"

10+ Tips Persiapan Mudik Lebaran Dengan Kapal Laut

Saat mudik tentunya berbagai jenis alat transportasi baik darat, laut ataupun udara pastinya akan selalu dipenuhi oleh pemudik. Tidak hanya kendaraan darat yang dipenuhi oleh pemudik, akan tetapi kendaraan laut menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh pemudik. Mudik dengan menggunakan kapal laut tentunya dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin membawa cukup banyak barang bawaan saat mudik. Selain itu, mudik dengan menggunakan kapal laut dapat sedikitnya terhindar dari risiko kecelakaan.

Meskipun perjalanan di tempuh dengan menggunakan kapal laut membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan alat transportasi yang lainnya. Akan tetapi, pelabuhan tetap dipenuhi oleh pemudik jika momen mudik lebaran sudah tiba. Selain memiliki kesempatan yang lebih bebas untuk membawa barang dibandingkan dengan pesawat terbang, kapal laut bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan laut.

Terlepas dari hal tersebut, mudik dengan menggunakan jalur laut akan memberikan risiko yang lebih besar untuk masalah fisik tubuh Anda. Hal ini tentu tidak bisa lepas dari adaptasi tubuh saat melakukan perjalanan laut. Agar persiapan mudik dengan menggunakan kapal laut Anda lancar, alangkah baiknya jika Anda melakukan berbagai persiapan yang harus Anda tempuh saat mudik menggunakan kapal laut.

Tips Persiapan Mudik Lebaran Dengan Kapal Laut

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Seperti yang kita tahu bahwa mudik dengan kapal laut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai tempat tujuan dibandingkan dengan alat transportasi lainnya. Kondisi ini tentunya membuat Anda harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya agar mudik Anda berjalan dengan baik. Selain itu, mudik dengan menggunakan kapal laut membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga persiapan sebelum mudik harus benar-benar Anda lakukan. Berikut ini beberapa tips persiapan mudik dengan kapal laut yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

Atur jadwal

Persiapan pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengatur jadwal terlebih dahulu. Jadwal ini tentunya mencakup jadwal keberangkatan dan juga jadwal kepulangan. Lamanya melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kapal laut. Alat transportasi laut tentunya tidak berbeda jauh dengan transportasi darat. Akan tetapi, waktu yang ditempuh oleh kapal laut memang lebih lambat dibandingkan dengan kendaraan darat. Setelah kita mengetahui jarak yang akan kita tempu, tentunya ini saatnya bagi kita untuk mengatur jadwal keberangkatan dan juga kepulangan. Hal ini tentunya untuk menghindarkan Anda agar tidak terlalu lama menunggu kapal laut berlabuh.

Jangan konsumsi makanan pemicu mabuk laut

Tips ini tentunya benar-benar harus Anda lakukan yakni dengan menghindarkan diri dari makanan yang dapat memicu mabuk laut. Usahakan Anda untuk mengisi perut sebelum melakukan perjalanan dengan kapal laut dengan memakan makanan yang sehat, namun jangan sampai kekenyangan. Hindari makanan junk food dan juga makanan-makanan pedas sebelum melakukan perjalanan mudik dengan kapal laut. Untuk itu, usahakan Anda sahur dengan makanan yang bergizi dan juga bernutrisi saat melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kapal laut. Selain itu, Anda harus menghindari minuman seperti kopi, soda, teh dan juga minuman yang bersifat deuretik. Jenis minuman tersebut tentunya akan menyebabkan Anda ingin buang air kecil sehingga akan memicu terjadinya dehidrasi.

Siapkan obat anti mabuk

Tidak hanya menyiapkan perut Anda dengan makanan yang sehat dan juga seimbang, akan tetapi Anda juga harus menyiapkan obat anti mabuk laut. Obat anti mabuk ini tentunya untuk berjaga-jaga jika kemungkinan Anda mengalami yang namanya mabuk laut. Hal ini dikarenakan mabuk laut tidak dapat Anda prediksi sebelumnya. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika Anda mempersiapkan terlebih dahulu obat anti mabuk agar perut Anda tidak merasa terkocok-kocok saat melakukan perjalanan mudk dengan menggunakan kapal laut.

Hindari bawa uang yang terlalu banyak

Saat sedang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kapal laut tentunya tidak heran jika pelabuhan dipenuhi oleh banyak orang. Kondisi ini tentunya memberikan kesempatan kepada orang yang berniat untuk berbuat jahat. Untuk itu, jangan sampai saaat Anda melakukan perjalanan mudik terlalu banyak membawa uang. Selain itu, beberapa fasilitas kapal laut menawarkan berbagai fasilitas yang terbilang cukup mahal. Jika Anda tidak mengontrol diri untuk tidak membawa uang yang banyak, maka sedikitnya pengeluaran Anda akan lebih besar. Maka dari itu, cukupkan saja membawa kebutuhan selama melakukan perjalanan di dalam kapal laut. Alangkah baiknya jika Anda menyisihkan uang hanya untuk keperluan cemilan dan juga kopi saja.

Jangan menggunakan perhiasan yang berlebih

Selain membawa uang yang terlalu banyak, alangkah baiknya jika Anda tidak menggunakan perhiasan yang sangat berlebihan. Hal ini tidak lain ialah untuk menghindarkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi selama melakukan perjalanan mudik. Jika Anda tidak ingin membawa perhiasan yang berlebihan, maka alangkah baiknya jika Anda menyimpan perhiasan di dalam tempat tertentu yang sangat aman di dalam rumah. Kunci tempat tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cari tempat duduk yang paling nyaman

Agar perjalanan Anda berkesan, tentunya hal selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan mencari tempat duduk yang paling nyaman di kapal laut. Bagi Anda yang pertama kali mudik dengan menggunakan kapal laut tentu harus menghindari dalam memilih tempat duduk di depan dan juga bagian belakang. Hal ini dikarenakan tempat duduk yang paling terbaik dan juga paling nyaman ialah bagian tengah. Selain itu, Anda juga bisa mencari tempat duduk yang dekat dengan jendela agar Anda dapat menghirup udara yang segar dan juga lebih mudah.

Pelajari safety tips dari awak kapal laut                                                    

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan mempelajari safety tips dari awak kapal. Pada umumnya sebelum melakukan perjalanan, awak kapal akan memberikan petunjuk secara langsung kepada penumpang. Untuk itu, pastikan Anda untuk mengetahui tempat pelampung serta jalur evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi kondisi yang darurat. Ingat bahwa keselamatan saat melakukan perjalanan mudik menjadi prioritas utama bagi Anda.

Jaga tubuh agar tidak mudah dehidrasi

Selama melakukan pejalanan tentunya Anda harus mengusahakan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan juga terhindar dari dehidrasi. Banyak mengonsumsi air putih tentunya menjadi cara yang dapat Anda lakukan agar tidak dehidrasi.

Pelajari fasilitas yang ada di kapal

Banyak sekali fasilitas yang mungkin Anda belum tahu di kapal laut. Untuk itu, mempelajari berbagai fasilitas yang disediakan oleh kapal laut menjadi hal yang harus Anda lakukan.

Bawa buku, MP3 player dan juga gadget

Melengkapi bawaan Anda dengan barang-barang favorit tentunya ide yang cukup bagi Anda. Hal ini untuk mengalihkan jika pada saat perjalanan mudik di kapal laut, Anda akan merasa bosan. Untuk itu, Anda bisa mengalihkan perhatian Anda dengan membaca buku, mendengarkan musik dan juga menonton film.

Jika Anda melakukan beberapa tips persiapan mudik lebaran dengan kapal laut yang telah kami sebutkan di atas, maka mudik Anda akan menjadi momenyang lebih berkesan. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us