data-ad-format="auto"

10 Tips Mudik Keluarga Yang Aman dan Nyaman 2018

Setelah kurang lebih 30 hari lamanya kita berpuasa, maka tiba saatnya bagi kita untuk menyambut hari raya besar Idul Fitri. Tentu, hampir setiap orang Islam menyambut hari raya ini dengan penuh suka cita. Tidak heran jika hari-hari menjelang lebaran menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh umat Islam. Tentu kita semua tahu bahwa saat menyambut lebaran, mudik menjadi tradisi yang dilakukan oleh sebagian besar orang terutama yang merantau di luar kota ataupun luar pulau. Banyak dari mereka yang bekerja dan juga belajar di luar kota sehingga mengharuskan mereka untuk pulang kampung pada saat hari raya idul Fitri telah tiba.

Terlepas dari tradisi mudik tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan. Hal ini dikarenakan mudik menempuh jarak yang tidak dekat sehingga membutuhkan beberapa persiapan. Beberapa persiapan tersebut baik kendaraan dan juga kondisi pemudik harus benar-benar disiapkan. Jangan sampai mudik Anda menjadi tidak berhasil dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak prima. Ditambah dengan angka kecelakaan di jalan saat mudik terus bertambah dari tahun ke tahun. Kondisi ini seyogianya menjadi hal yang patut Anda waspadai.

Bagi Anda yang sibuk tentunya menyiapkan berbagai persiapan harusnya dilakukan dari jauh-jauh hari. Cara ini bertujuan agar segala sesuatu yang akan Anda bawa mudik tidak lupa. Dengan mempersiapkan di jauh-jauh hari juga dapat meminimalisir kondisi darurat yang akan kemungkinan akan terjadi pada saat di jalan. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa tips mudik keluarga yang aman dan nyaman 2018 yang harus Anda perhatikan. Yuk kita langsung simak saja sebagai berikut:

Tips Mudik Keluarga Yang Aman dan Nyaman 2018

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Mudik keluarga menjadi momen yang paling berharga saat menyambut hari raya Idul Fitri. Tentunya, momen berharga tersebut harus benar-benar dipersiapkan agar Anda tidak kehilangan momen tersebut. Untuk itu, mempersiapkan berbagai perlengkapan sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran menjadi hal yang harus Anda lakukan. Tentunya, ada beberapa tips mudik keluarga aman dan nyaman agar mudik Anda berkesan seperti yang kami sajikan di bawah ini:

Siapkan kondisi prima

Tips pertama yang harus Anda lakukan yakni dengan mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap prima. Bagaimanapun juga, mudik membutuhkan perjalanan yang cukup jauh dan juga memakan waktu yang cukup lama bahkan hingga beberapa hari. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan berbagai asupan gizi dan juga nutrisi serta pola tidur Anda. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan harian Anda dengan mengonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh dapat dengan mudah melawan kuman ataupun virus yang berasal dari luar. Tentunya, saat mudik, Anda tidak ingin kalau puasa Anda batal di tengah perjalanan.

Untuk menjaga tubuh tetap prima tentunya Anda perlu memperhatikan waktu istirahat Anda setiap harinya, jangan sampai Anda sering bergadang yang nantinya akan merugikan kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan jika tubuh sering bergadang, maka akan sangat mudah bagi kita untuk merasa lelah dan juga ngantuk. Jika kondisi terus terjadi, maka hal ini akan mengakibatkan Anda kehilangan fokus saat mengendarai mobil dan juga motor. Anda juga dapat mengonsumsi vitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan Anda agar tidak gampang sakit. Tidurlah dengan waktu yang cukup agar tubuh Anda lebih sehat dan juga bugar dikarenakan perjalanan Anda cukup jauh.

Persiapkan segala perlengkapan Anda

Setelah kita menjaga kondisi tubuh tetap prima, tentunya inilah saatnya bagi kita untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan saat mudik. Agar perjalanan mudik kita tetap aman, alangkah baiknya jika kita menggunakan waktu dari jauh-jauh hari sebelum hari H lebaran untuk mudik. Maka dari itu, mulailah untuk melakukan pemesanan tiket atau cek kendaraan terlebih dahulu jika Anda berniat mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bagi Anda yang menggunakan jasa transportasi umum, maka sebaiknya pesan tiket 1 bulan sebelum lebaran karena menjelang lebaran tiket akan cepat habis.

Jika Anda berniat untuk menggunakan kereta api, maka sebaiknya Anda booking terlebih dahulu 3 bulan sebelumnya. Sedangkan untuk tiket pesawat, Anda dapat membooking 1/2 bulan sebelum mudik. Hal ini dikarenakan jika kita booking pada waktu yang berdekatan, maka jangan heran jika tiket sudah habis dengan harga yang cukup mahal dari pada biasanya. Maka, memilih jenis kendaraan yang akan Anda gunakan untuk mudik menjadi satu persiapan yang harus dilakukan dari jauh-jauh hari.

Terlepas dari hal tersebut, booking yang dilakukan pada jauh hari akan lebih menghemat pengeluaran kita karena harga tiket masih terjangkau dengan jumlah yang masih banyak. Bagi Anda yang berencana mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka periksakan terlebih dahulu paling tidak 2 atau 1 minggu sebelum berencana untuk mudik. Jangan lupa pula untuk membawa surat-surat kendaraan serta jangan sampai kendaraan yang akan Anda gunakan untuk mudik melebihi kapasitas yang diharuskan.

Usahakan perbekalan

Perbekalan memang menjadi hal yang paling penting yang harus Anda siapkan. Selama melakukan perjalanan mudik tentunya Anda diharuskan untuk mempersiapkan berbagai perbekalan seperti obat pribadi, perlengkapan mandi dan juga perlengkapan lainnya. Bawalah berbagai barang-barang yang diperlukan saja misalnya beberapa pasang baju serta berapa lama kira-kira waktu mudik Anda. Tentunya, Anda dapat memisahkan barang-barang yang akan dipakai selama dalam melakukan perjalanan. Hal ini tentunya dapat memudahkan Anda untuk mengambil barang-barang yang cukup darurat untuk digunakan. Pastikan Anda menggunakan beberapa barang yang perlu Anda bawa seperti dompet, obat pribadi, hp-charger dan juga tiket.

Siapkan perjalanan Anda

Jika waktu mudik telah tiba, maka Anda harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Selain itu, bawalah makanan yang cukup untuk bekal selama melakukan perjalanan. Jika Anda melakukan perjalanan yang cukup panjang, maka bawalah uang tunai dari rumah untuk menghindari jikalau tidak ada atm yang tersedia selama melakukan perjalanan.  Selain itu, Anda juga harus menyiapkan dan juga memperhitungkan berbagai biaya yang akan Anda keluarkan saat melakukan perjalanan mudik baik untukbensin, parkir dan juga biaya lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan selama melakukan perjalanan mudik Anda, diantaranya:

Patuhi lalu lintas

Tips berkendara saat melakukan perjalanan mudik ialah dengan selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Meskipun Anda ingin cepat sampai tujuan, akan tetapi mematuhi peraturan ialah hal yang harus Anda lakukan. Untuk itu, gunakan helm, sabuk pengaman serta lengkapi surat-surat kendaraan Anda.

Aktifkan GPS

Dengan mengaktifkan GPS saat berkendara tentunya Anda dapat dengan mudah menemukan tempat tujuan dan juga jalan alternatif jika kemungkinan terjadi kemacetan yang cukup parah.

Beristirahat saat lelah

Tips berkendara yang selanjurnya ialah pastikan Anda untuk selalu beristirahat  saat tubuh Anda sudah mulai lelah. Hal ini dikarenakan perjalanan yang cukup lama akan membuat tubuh Anda sangat lelah dan capek.

Saat melakukan perjalanan tentunya Anda harus tetap siaga karena kemungkinan yang terjadi saat di perjalanan belum bisa kita prediksi. Jagalah keluarga Anda dengan patuh dalam berkendara. Itulah beberapa tips mudik keluarga yang aman dan nyaman 2018. Semoga bermanfaat!