Penyebab Kolesterol Naik Saat Puasa yang Wajib Diketahui

Penyebab Kolesterol Naik Saat Puasa yang Wajib Diketahui – Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang wajib dikerjakan oleh seluruh umat islam di dunia ini. Puasa dilaksanakan mulai dari waktu subuh sampai maghrib. Pada waktu tersebut tubuh tidak menerima asupan makanan ataupun minuman apapun.

Menurut berbagai penelitian menyatakan bahwa puasa akan dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat membantu mengendalikan kolesterol. Kolesterol itu sendiri yaitu suatu substansi lemak yang bermanfaat untuk mendukung fungsi sel dan juga produksi hormon. Jika kadar kolesterol tinggi maka akan dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Meskipun puasa bermanfaat untuk mengendalikan kolesterol, namun tetap saja ada yang mengalami kolesterol naik saat puasa. Lantas apa penyebabnya? Nah, untuk mengetahuinya anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Kolesterol Naik Saat Puasa

Baca juga : Menu Buka Puasa yang Harus Dihindari

Perbedaan HDL dan LDL

Dalam tubuh kolesterol tidak bisa larut dalam darah. Agar kolesterol dapat ditransportasikan ke sel atau dari sel, dibutuhkan sel pengangkut yakni lipoprotein. Zat pengangkut tersebut yaitu HDL dan LDL. Lantas apa perbedaan kolesterol HDL dan LDL? Simak di bawah ini.

Kolesterol HDL merupakan kolesterol baik yang memiliki peran untuk menangkap kolesterol bebas pada pembuluh darah, kemudian akan dibawa ke hati, lalu diproses lebih lanjut. Jika HDL jumlahnya tinggi makan baik untuk tubuh.

Kolesterol LDL yaitu kolesterol yang dapat dengan mudah menempel pada dinding pembuluh darah. Dimana hal ini akan dapat menimbulkan plak aterosklerosis yang bisa menyebabkan terjadinya stroke dan serangan jantung. Oleh karena itu, LDL dikenal dengan kolesterol jahat. LDL yang jumlahnya tinggi dalam tubuh tentu tidak baik.

Penyebab Kolesterol Naik Saat Puasa

Berdasarkan sebuah penelitian menyatakan bahwa menjalankan puasa di bulan Ramadhan akan dapat meningkatkan kolesterol baik, serta kolesterol jahat kadarnya akan menurun. Lantas mengapa saat puasa masih ada yang mengalami kenaikan kadar kolesterol? Nah, untuk mengetahui penyebabnya anda bisa simak di bawah ini.

Pola Makan yang Tidak Baik

Penyebab utama kenapa kolesterol mengalami kenaikan saat puasa yaitu karena pola makan yang tidak dijaga, terutama saat buka puasa. Oleh karena itu, saat buka puasa ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda hindari, terlebih lagi jika anda menderita kolesterol tinggi.

Saat puasa, anda tentu tidak akan makan dan minum hingga waktu berbuka puasa. Saat itu pula anda harus menahan rasa lapar dan haus. Ketika berbuka puasa, tak sedikit orang yang balas dendam dengan mengonsumsi banyak makanan. Mulai dari minuman manis hingga makanan dengan kandungan lemak jenuh dan lemak trans. Bahkan tanpa disadari anda pun mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi kolesterol.

Walaupun seharian menjalankan puasa, namun bukan berarti saat buka anda bisa mengonsumsi aneka makanan tanpa memperhatikan kandungannya. Anda harus menghindari makanan yang akan dapat menyebabkan kolesterol naik. Pastikan anda juga mengonsumsi makanan sehat yang tidak akan menyebabkan naiknya kadar kolesterol.

Kekurangan Taurin

Taurin yaitu jenis asam amino yang memiliki peran sebagai pengendali kadar kolesterol jahat pada darah dan liver. Ketika menjalankan puasa, bisa saja anda mengalami kekurangan taurin. Dimana taurin itu sendiri bisa anda peroleh dari vitamin A dan zat seng (zinc).

Adapun sumber makanan dengan kandungan taurin tinggi yaitu sayuran seperti brokoli, bayam dan jamur. Karena anda sepanjang hari tidak mendapatkan asupan nutrisi vitamin A dan zat seng, maka tubuh akan mengalami kekurangan taurin sehingga berakibat tidak terkendalinya kadar kolesterol.

Oleh karena itu, untuk menghindari kondisi ini sangat disarankan untuk mengonsumsi aneka makanan sehat dan sayuran yang tinggi akan kandungan taurin.

Sindrom Metabolik

Penyebab kolesterol naik lainnya saat puasa yaitu terjadinya sindrom metabolik, yaitu kondisi medis yang akan dapat menyebabkan risiko penyakit jantung meningkat, termasuk penyakit jantung koroner, serangan jantung dan berbagai penyakit jantung yang lainnya.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan tekanan darah yang naik, gula darah naik hingga dalam tubuh lemak mengalami kelebihan, terutama pada bagian pinggang, hingga kolesterol dan trigliserida kadarnya menjadi tidak normal.

Kondisi tersebut bisa terjadi ketika puasa, terutama saat perut dalam keadaan kosong dan tidak mendapatkan makanan selama seharian, kemudian tiba-tiba diisi dengan aneka makanan tidak sehat.

Jika ketika buka puasa anda melanggar pantangan kolesterol tinggi, bisa saja mengalami sindrom metabolik yang akan dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol. Oleh karena itu, agar kadar kolesterol tetap normal saat puasa, anda sebaiknya menghindari hal-hal yang menjadi pantangan kolesterol tinggi.

Makan dengan Porsi Berlebihan

Makan dengan porsi yang berlebihan akan dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol saat puasa. Terlebih lagi jika makanan yang dikonsumsi asalnya dari protein hewani yang mengandung banyak lemak, makanan kemasan dengan kandungan lemak trans atau gorengan.

Kurang Mengonsumsi Buah dan  Sayuran

Saat buka puasa, menyantap aneka makanan manis dan gorengan memang terasa nikmat hingga anda melupakan konsumsi buah-buahan dan sayuran. Jika asupan buah dan sayur kurang maka bisa saja dapat memicu naiknya kadar kolesterol. Oleh karena itu, selama bulan puasa anda harus memperhatikan asupan buah dan sayur.

Malas Beraktivitas

Saat puasa, tubuh mungkin terasa lemas karena tidak adanya asupan makanan ataupun minuman selama seharian. Namun, hal itu tak lantas membuat anda tetap diam dan malas beraktivitas.

Nah, ketika buka puasa mungkin banyak orang yang makan dengan tidak terkendali, serta membuat diri malas untuk bergerak. Namun, malas beraktivitas atau bergerak justru akan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk berjalan-jalan sebentar untuk menggerakan tubuh dan mencegah terjadinya kolesterol naik.

Lihat juga : Mengatasi Sakit Maag Saat Berpuasa

Mencegah Kolesterol Naik Saat Puasa

Agar kadar kolesterol tetap normal atau tidak mengalami kenaikan saat puasa, anda bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Saat sahur dan buka puasa, anda harus menerapkan pola makan rendah gula dan rendah kolesterol.
  • Sebaiknya anda memperbanyak konsumsi makanan yang akan dapat mengendalikan kolesterol saat buka puasa atau sahur. Beberapa contoh makanan yang dimaksud yaitu ikan salmon dan oatmeal.
  • Ketika sahur atau buka puasa, pastikan anda menjaga porsi makan.
  • Saat puasa anda harus tetap rutin melakukan olahraga. Olah raga yang bisa anda lakukan yaitu olahraga ringan.
  • Apabila anda mengalami kelebihan berat badan, saat puasa sebaiknya anda mengendalikan berat badan.

Itulah beberapa penyebab kolesterol naik saat puasa dan tips mencegahnya. Penting juga untuk menjaga kadar kolesterol saat lebaran agar tetap stabil, mengingat di hari raya banyak aneka makanan tersaji dengan kandungan tinggi lemak.

Leave a Reply