Buah dan Sayur Untuk Sahur Sebagai Sumber Vitamin C

Buah dan Sayur Untuk Sahur Sebagai Sumber Vitamin C – Salah satu nutrisi yang penting dipenuhi saat puasa yaitu vitamin C. Anda bisa mendapatkan kebutuhan vitamin C ini saat sahur. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, ada beberapa buah dan sayur yang bisa anda konsumsi. Lantas buah dan sayur apa yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur untuk memenuhi kebutuhan vitamin C? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Buah dan Sayur Untuk Sahur

Fungsi Vitamin C Untuk Tubuh

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa fungsi vitamin C untuk tubuh.

  • Vitamin C akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta bermanfaat untuk proses pemulihan. Keluhan seperti batuk pilek bisa dicegah jika kita memenuhi kebutuhan vitamin C, terlebih lagi pada saat tubuh kelelahan dan mengerjakan aktivitas berat.
  • Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang akan membantu memperbaiki sel tubuh rusak.
  • Vitamin C juga bermanfaat untuk kulit dalam memproduksi kolagen, yakni suatu protein yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka, memperlambat penuaan dini, mencegah keriput dan mencerahkan kulit.
  • Vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada makanan, serta membantu agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan baik.
  • Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa vitamin C akan menjaga kesehatan gigi, tulang dan tulang rawan. Serta menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung sehingga stroke dan serangan jantung dapat dicegah.

Buah dan Sayur Untuk Sahur Sebagai Sumber Vitamin C

Vitamin C sangat penting bagi tubuh sebab bermanfaat sebagai antioksidan yang memiliki peran untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan karena paparan radikal bebas. Dimana radikal bebas itu sendiri berbahaya karena akan dapat menyebabkan penyakit serius.

Kebutuhan vitamin C untuk tubuh bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C, mengonsumsi suplemen dan lain sebagainya. Nah, agar kebutuhan vitamin C tetap terpenuhi saat puasa, anda bisa memasukan sayur dan buah berikut ini ke dalam menu sahur anda.

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C, baik itu apel merah ataupun apel hijau. Pada 100 gram buah apel terkandung vitamin C sebanyak 5 mg. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, anda bisa mengonsumsi buah apel ketika sahur. Buah yang satu ini bisa anda konsumsi sebelum makan utama saat sahur. Selain kaya akan kandungan vitamin C, buah yang satu ini juga memiliki rasa yang enak dan manis. Siapa saja pasti menyukai buah yang satu ini, bahkan anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Baik membelinya di pasar ataupun supermarket.

Jambu Biji

Selain buah apel, jambu biji juga menjadi salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Pada 100 gram jambu biji kandungan vitamin C bisa mencapai 108 mg vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C pada jambu biji ini lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk.

Pada jambu biji, kandungan vitamin C ini bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan bersifat sebagai zat antiinflamasi. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi jus saat mengonsumsi buah yang satu ini.

Stroberi

Buah berukuran kecil dengan warna merah terang ini memiliki rasa yang segar. Rasanya yang khas sangat cocok dimakan langsung ataupun diolah menjadi jus. Bahkan tak jarang buah yang satu ini dijadikan sebagai toping berbagai makanan.

Buah stroberi itu sendiri termasuk dalam kelompok buah beri. Terdapat 83 mg vitamin C pada 100 gram buah stroberi. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah stroberi ini bermanfaat untuk mencegah radikal bebas, membantu mengurangi risiko kanker dan mencegah terjadinya peradangan.

Pepaya

Buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan. Kandungan serat pada buah pepaya menjadikannya buah yang baik untuk sistem pencernaan. Buah ini akan membantu anda terhindar dari masalah sembelit.

Selain itu, buah pepaya juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Buah yang satu ini bisa anda konsumsi saat sahur sebagai pilihan buah dengan kandungan vitamin C. Pada 157 gram buah pepaya, kandungan vitamin C bisa mencapai 95,7 mg.

Buah Markisa

Selain pilihan buah di atas sebagai buah dengan kandungan vitamin C tinggi, anda juga bisa memilih buah markisa untuk dikonsumsi saat sahur. Pada buah ini terkandung vitamin C, kalori, serat dan protein. Kandungan vitamin C pada buah markisa itu sendiri cukup tinggi yaitu sebanyak 72 mg pada 100 gram buah markisa.

Selain dapat memenuhi kebutuhan vitamin C, buah markisa juga memberikan banyak manfaat lainya seperti sumber serat, mengandung vitamin A, tinggi akan kandungan antioksidan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menaikan fungsi insulin, menjaga agar jantung tetap sehat dan lain sebagainya.

Paprika Hijau

Paprika hijau biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan ataupun campuran salad. Pada paprika hijau terkandung nutrisi penting yang akan mendukung kesehatan tubuh. Terdapat sekitar 56,5 gram vitamin C pada 50 gram paprika hijau.

Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Sayuran ini memiliki bentuk seperti kembang kol dengan warna hijau yang menyegarkan. Sayuran yang satu ini biasanya dimasak sebagai tambahan sup atau lain sebagainya.

Pada sayur brokoli terdapat kandungan vitamin C sebanyak 49 mg dalam 100 gram brokoli. Kandungan vitamin C pada sayur brokoli sangat bagus untuk membantu mencegah kanker dan sebagai antioksidan untuk tubuh.

Baca juga : Menu Buka Puasa yang Harus Dihindari Agar Tidak Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Kembang Kol

Selain brokoli, sayuran lainnya yang mengandung vitamin C yaitu kembang kol. Kembang kol bisa kita olah menjadi berbagai masakan yang nikmat. Selain rasanya yang lezat dan bisa diolah menjadi sajian sehat yang menggugah selera, pada sayur kembang kol sebanyak 100 gram terkandung vitamin C sebanyak 26 mg.

Vitamin C yang terkandung pada kembang kol bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda, melawan bakteri dan kuman yang menyebabkan infeksi, serta menjaga kekebalan tubuh.

Labu Kuning

Labu kuning mengandung vitamin C yang berperan untuk melawan radikal bebas, mengurangi efek penuaan dini dan membantu mencegah kanker. Pada labu kuning sebanyak 100 gram terkandung 23 mg vitamin C. Labu kuning juga bisa anda konsumsi saat sahur untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

Itulah beberapa buah dan sayur untuk sahur yang mengandung vitamin C. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh, anda sebaiknya memasukan buah dan sayur di atas sebagai menu sahur. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply