9 Tips Menyuburkan Kandungan Agar Cepat Hamil dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Tips Menyuburkan Kandungan Agar Cepat Hamil – Setelah menikah, setiap pasangan tentu menantikan kehamilan. Kehadiran seorang anak dalam keluarga akan menambah kebahagiaan. Sehingga untuk meningkatkan peluang hamil berbagai cara dilakukan, termasuk mengonsumsi makanan sehat penyubur kandungan.

Dengan makan tubuh kita akan berenergi. Namun, selain itu makanan akan menutrisi tubuh dan beberapa makanan dapat membantu meningkatkan kesuburan. Saat anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, anda harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Begitupun dengan suplemen ataupun vitamin yang dokter rekomendasikan.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menyuburkan kandungan agar cepat hamil. Untuk mengetahui apa saja makanan yang dimaksud, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Tips Menyuburkan Kandungan

Baca juga : Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil

Tips Menyuburkan Kandungan Agar Cepat Hamil dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Makanan yang anda konsumsi akan dapat membantu anda agar cepat hamil. Cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan ini untuk meningkatkan peluang hamil.

Mengonsumsi Karbohidrat Kompleks

Tips Menyuburkan Kandungan

Mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menyuburkan kandungan. Selama ini makanan berkarbohidrat yang anda konsumsi mungkin hanya produk padi yang sudah disuling ataupun karbohidrat olahan seperti roti tawar putih dan nasi putih. Namun, untuk membantu menyuburkan kandungan agar cepat hamil, anda sebaiknya ganti dengan produk dari biji-bijian atau karbohidrat kompleks.

  • Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa anda dapatkan pada roti tawar gandum, nasi merah atau sereal biji-bijian utuh. Makanan yang berasal dari biji-bijian utuh mengandung nutrisi yang bagus bagi kesuburan seperti zat besi, antioksidan dan vitamin B. Dimana pada karbohidrat olahan nutrisi tersebut telah hilang.
  • Sebagai langkah menyuburkan kandungan, anda dapat memperbanyak konsumsi makanan karbohidrat kompleks tersebut.

Mengonsumsi Daging

Tips Menyuburkan Kandungan

Makanan penyubur kandungan selanjutnya yaitu daging. Olahan daging menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Ternyata selain rasanya enak, juga bermanfaat untuk kesuburan. Namun, pastikan anda memilih jenis daging yang tepat.

  • Anda harus memilih daging ayam dan daging sapi rendah lemak. Tidak hanya banyak mengandung protein, namun juga kaya akan kandungan nutrisi yang bagus untuk kandungan yakni zat besi.
  • Namun, pastikan anda tidak mengonsumsinya lebih dari 3 porsi dalam setiap harinya. Pasalnya, sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi protein hewani dengan berlebihan justru akan dapat membuat kesuburan menurun.

Mengonsumsi Ikan

Tips Menyuburkan Kandungan

Asam lemak omega-3 merupakan salah satu zat yang bagus untuk reproduksi. Dimana anda bisa menemukan zat tersebut pada ikan. Beberapa ikan yang mengandung zat tersebut yaitu sarden, salmon, ikan lele dan tuna. Hanya saja, banyak pasangan yang khawatir saat hendak mengonsumsi ikan. Mereka takut ikan telah terkontaminasi oleh merkuri, yaitu zat yang dapat berbahaya untuk kandungan.

  • Sebagai cara aman mengonsumsi ikan, anda disarankan agar tidak mengonsumsinya lebih 340 gram dalam seminggu.
  • Apabila anda tetap masih khawatir atau bahkan tidak menyukai ikan, anda bisa mencari alternatif lain yaitu dengan mengonsumsi jenis makanan lainnya yang mengandung omega 3 seperti kenari, almond dan telur.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zinc

Tips Menyuburkan Kandungan

Zinc merupakan salah satu zat yang sangat penting jika anda ingin segera hamil. Zat ini akan dapat membantu melancarkan siklus menstruasi anda dan membantu supaya produksi sel telur berkualitas.

  • Untuk mendapatkan zinc, anda bisa menemukannya pada tiram.
  • Jika anda tidak menyukainya, anda bisa mendapatkan zinc pada beberapa jenis makanan seperti telur, biji-bijian utuh, produk susu, ayam dan daging sapi meskipun kadarnya sedikit.

Mengonsumsi Produk Susu

Tips Menyuburkan Kandungan

Produk olahan susu tidak hanya bagus untuk kesehatan tulang, namun juga bagus untuk membantu menyuburkan kandungan.

  • Produk olahan susu yang dapat anda konsumsi di antaranya yaitu keju, susu, yoghurt.
  • Pilihlah produk olahan susu yang rendah akan kandungan lemak ataupun bebas lemak.

 Mengonsumsi Tumbuhan Berprotein

Tips Menyuburkan Kandungan

Alternatif makanan berprotein lainnya yang bisa anda jadikan pilihan dan cocok untuk seorang vegetarian yaitu dengan mengonsumsi tumbuhan berprotein.

  • Pilihlah tumbuhan berprotein seperti kedelai yang bisa anda dapatkan pada tahu atau tempe, kacang tanah ataupun kacang polong. Tidak hanya harganya yang murah, namun makanan ini juga rendah akan kandungan lemak, serta kalori. Efeknya berat badan anda tetap akan terjaga.
  • Olah makanan tersebut dengan tepat dan sehat agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan optimal.

Mengonsumsi Serat

Tips Menyuburkan Kandungan

Untuk menyuburkan kandungan agar cepat hamil, serat  termasuk salah satu nutrisi yang diperlukan. Serat bermanfaat untuk membantu tubuh membuang hormon berlebih, serta menjaga supaya gula darah tetap stabil.

  • Konsumsilah makanan dengan kandungan serat tinggi. Dimana anda bisa menemukannya pada buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran.
  • Konsumsilah serat sesuai yang direkomendasikan yaitu sebanyak 25 gram per hari bagi wanita dan 31 gram bagi pria.

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Tips Menyuburkan Kandungan

Beberapa sayuran hijau diketahui dapat membantu meningkatkan kesuburan.

  • Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli sampai sayuran dengan warna daun gelap. Dimana sayuran tersebut mengandung asam folat, serta vitamin B yang akan dapat membantu meningkatkan ovulasi.
  • Sayuran hijau tersebut bisa anda olah menjadi makanan yang lezat. Pastikan anda mengolahnya dengan cara yang sehat.

Mengonsumsi Buah Alpukat

Tips Menyuburkan Kandungan

Salah satu buah-buahan yang bagus untuk meningkatkan kesuburan kandungan yaitu alpukat. Buah yang satu ini kaya akan kandungan mineral, serat dan vitamin. Selain itu, buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin E. Dimana menurut peneliti memiliki  manfaat yang bagus untuk membantu memperbaiki lapisan rahim, serta implantasi embrio.

  • Buah alpukat bisa anda nikmati dengan berbagai cara. Anda bisa mengonsumsinya langsung. Rasanya khas dan lezat.
  • Anda juga bisa menjadikan buah alpukat sebagai campuran sandwich atau campuran smoothies.

Lihat juga : Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil

Untuk asupan tambahan anda bisa mengonsumsi vitamin yang berperan untuk menutupi asupan nutrisi yang kurang dari makanan yang anda konsumsi. Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan vitamin yang tepat. Selain itu, anda juga bisa bertanya pada dokter lebih jauh mengenai makanan yang dapat membantu meningkatkan peluang anda hamil.

Saat program hamil, pastikan anda menerapkan gaya hidup dan pola makan yang tepat. Hindari makanan-makanan yang justru akan dapat membuat peluang hamil menurun. Beberapa jenis makanan yang harus dihindari di antaranya yaitu makanan mentah, kafein, makanan dengan kandungan lemak jenuh, serta produk susu sapi yang tidak melalui pasteurisasi terlebih dahulu.

Itulah beberapa makanan yang dapat anda konsumsi sebagai tips menyuburkan kandungan supaya cepat hamil. Selain dengan mengonsumsi makanan tersebut, anda juga tentu harus melakukan tips-tips lainnya yang akan meningkatkan peluang anda hamil.

Leave a Reply