5 Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil Agar Kehamilan Tetap Sehat

Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil – Mencukupi waktu tidur sangat penting dilakukan untuk kehamilan yang sehat, serta tumbuh kembang janin menjadi optimal. Hanya saja, terkadang ibu hamil sulit tidur saat malam. Hal ini biasanya disebabkan karena sakit punggung, ukuran perut yang makin besar, perubahan tubuh dan lain sebagainya.

Namun, masalah tidak bisa tidur bisa diatasi. Sebagai langkah mengatur waktu tidur agar tetap berkualitas, beberapa tips ini bisa anda coba.

Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil

Baca juga : Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil Agar Kehamilan Tetap Sehat

Menjaga kehamilan agar tetap sehat sangat penting dilakukan oleh ibu hamil, salah satu caranya dengan mencukupi waktu istirahat. Nah, sebagai langkah mengatur waktu tidur ibu hamil agar tetap berkualitas, beberapa tips ini bisa dilakukan.

Tidur Siang

Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil

Banyak orang yang mengalami masalah insomnia atau tidak bisa tidur saat malam hari. Bahkan banyak orang yang merasa sulit tidur tidak hanya saat malam hari saja, namun juga saat siang hari. Namun, kondisi ini berbeda pada ibu hamil yang biasanya sepanjang hari merasa lelah.

Untuk mensiasatinya anda bisa tidur siang. Anda bisa tidur dan istirahat sejenak saat siang hari antara pukul 1 hingga 3 sore. Di waktu ini ada alarm alami pada ritme sirkadian. Menurut penelitian menyatakan bahwa meluangkan waktu tidur siang efektif untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan akan membuat cepat mengantuk ketika malam hari.

Hindari Stres

Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil

Setiap orang tentu pernah mengalami stres, termasuk ibu hamil. Berbagai hal dapat membuat ibu hamil merasa gelisah dan cemas. Kondisi ini jika tidak diatasi dengan baik akan menyebabkan insomnia semakin parah.

  • Agar terhindar dari stres, anda bisa melakukan olahraga ringan yang akan menenangkan seperti yoga atau meditasi. Kegiatan ini akan menjadikan pikiran lebih rileks dan tenang sebelum tidur.
  • Selain itu, jalan santai dan berenang juga dapat menjadi pilihan agar anda bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.
  • Namun, jika stres yang anda alami tidak kunjung hilang hingga menyebabkan terganggunya waktu tidur, anda jangan segan untuk melakukan konsultasi pada dokter.

Aktif Bergerak

Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil

Saat hamil hormon akan mengalami perubahan yang akan membuat ibu hamil malas untuk bergerak. Padahal, minimnya aktivitas akan menyebabkan anda sulit tidur ketika malam hari.

Oleh karena itu, anda harus aktif bergerak. Misalkan dengan melakukan hobi yang menyenangkan seperti membaca buku, merajut ataupun berjalan santai di depan rumah.

Melakukan Rutinitas Tidur

Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil

Selama kehamilan tidur tenang dan nyenyak bisa anda dapatkan. Salah satu cara untuk mendapatkannya yaitu dengan membuat rutinitas tidur menjelang waktu anda beristirahat.

  • Anda bisa melakukan aktivitas menarik saat malam hari sebelum tidur, misalkan mandi menggunakan air hangat, melakukan pijatan ringan atau membaca buku.
  • Selain itu, anda juga bisa menyediakan cemilan sehat seperti sereal gandum atau kacang dengan susu yang dapat menjadi pilihan tepat agar tidur anda menjadi berkualitas.

Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Tips Mengatur Waktu Tidur Ibu Hamil

Selain mencukupi waktu istirahat, nutrisi juga menjadi hal penting agar kehamilan tetap sehat dan nyaman.

  • Kebutuhan nutrisi harian harus anda cukupi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, kaya akan kandungan vitamin, mineral dan asam folat.
  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang akan membuat sulit tidur, misalkan kopi ataupun makanan bercita rasa pedas sebab akan memicu reaksi pada bayi dalam kandungan.

Lihat juga : Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Itulah beberapa cara mengatur waktu tidur agar kehamilan tetap sehat dan nyaman. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply