8 Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan yang Aman dan Mudah

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan yang Aman dan Mudah – Ketika hamil dan setelah melahirkan, seorang ibu akan mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Setelah melahirkan, otot perut akan menjadi kendur, lemak pada bagian perut dan kulit bergelambir yang membuat ibu merasa tidak percaya diri. Namun, kondisi tersebut bisa diatasi dengan cara yang aman dan sederhana. Nah, berikut ini beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan supaya kembali seperti semula.

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan yang Aman dan Mudah

Seiring dengan berjalannya waktu, sebenarnya ukuran serta lemak yang terdapat pada perut anda dengan sendirinya akan menyusut. Hanya saja, itu semua tidak akan terjadi dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha untuk mengecilkan atau melangsingkan perut setelah anda melahirkan. Nah, berikut ini beberapa cara sederhana dan mudah yang bisa anda lakukan untuk melangsingkan perut setelah melahirkan.

Baca juga : Perawatan Sederhana Meredakan Ambeien Saat Hamil

Memilih Sumber Makanan Sehat

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Memilih makanan sehat sangat penting untuk dilakukan. Memilih makanan sehat tertentu selain akan membantu mengurangi lemak yang terdapat pada perut juga akan menyumbangkan nutrisi pada ASI. Sehingga dengan begitu si kecil akan mendapatkan ASI yang bernutrisi dan kaya akan kandungan gizi. Sebagai cara melangsingkan perut setelah melahirkan, anda tidak perlu diet menurunkan berat badan ketika menyusui. Gantinya anda harus mengonsumsi makanan yang rendah lemak, serta kaya akan kandungan gizi.

  • Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi aneka jenis makanan seperti sumber karbohidrat, vitamin, protein, lemak sehat dan mineral.
  • Sumber makanan tersebut bisa meliputi sayuran, buah-buahan, telur, susu, dan daging merah tanpa lemak, daging ayam tanpa lemak dan aneka jenis makanan lainnya.
  • Selain itu, pastikan anda juga memenuhi kebutuhan serat yang akan dapat membantu membuat kerja sistem pencernaan menjadi lancar.

Olahraga

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Rutin berolahraga juga dapat dilakukan sebagai upaya untuk mengecilkan perut. Karena anda dalam kondisi pemulihan, maka olahraga yang bisa anda pilih yaitu olahraga ringan. Pastikan anda juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas fisik untuk mengetahui apakah aktivitas tersebut aman untuk dilakukan sesuai kondisi anda atau tidak. Aktivitas fisik biasanya boleh dilakukan setelah anda melakukan pemeriksaan kesehatan. Tanyakan waktu yang tepat pada dokter kapan anda boleh melakukan aktivitas fisik. Adapun beberapa jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan untuk mengecilkan perut seperti berikut ini.

Berjalan Santai Bersama Buah Hati

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Berjalan santai sambil mencari udara segar dapat menjadi pilihan olahraga ringan yang tepat. Anda dapat melibatkan buah hati dan mengajaknya jalan santai di sekitar rumah.

Anda bisa mencoba aktivitas ini dengan berjalan-jalan di sekitar rumah sambil mendorong kereta bayi. Perhari kurang lebih 1,5 km. Dimana dengan jarak tersebut dapat membantu membakar kalori sekitar 100 kalori.

Melatih Otot Perut

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Melakukan latihan ini akan dapat membantu memperkuat dan mengencangkan otot. Adapun cara melatih otot perut sebagai langkah mengecilkan perut seperti berikut ini:

  • Silakan anda duduk tegak, kemudian tarik napas sedalam-dalamnya.
  • Setelah itu, dengan menggunakan kedua tangan silakan pegang perut. Lalu anda bisa merasakan kontraksi pada perut ketika bernapas.
  • Anda bisa menahan gerakan ini selama 8 hingga 10 detik. Lalu dengan perlahan-lahan hembuskan nafas anda.
  • Anda bisa mengulangi gerakan ini selama beberapa kali.

Senam Kegel

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Senam kegel juga merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Selain membantu mengecilkan perut, latihan ini akan membuat otot kandung kemih kencang. Di bawah ini cara melakukan senam kegel yang bisa anda ikuti.

  • Silakan siapkan matras. Lalu anda bisa berbaring dengan santai di atas matras. Posisikan kedua lutut menekuk setengah ke atas.
  • Kemudian tarik napas anda dan secara perlahan silakan angkat panggul anda.
  • Bagian punggung anda usahakan agar tidak menyentuh lantai sekitar 15 detik.
  • Jika sudah 15 detik, anda bisa langsung menurunkan panggul.
  • Anda bisa mengulangi berakan ini sebanyak 8 hingga 10 kali, beberapa sesi atau bisa disesuaikan dengan kemampuan anda.

Melatih Otot Panggul

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Latihan ini selain dapat membantu mengecilkan perut setelah melahirkan, juga dapat membantu meredakan sakit punggung. Nah, berikut ini cara melakukan latihan otot panggul yang bisa anda ikuti.

  • Silakan posisikan tubuh anda seperti akan merangkak menggunakan kedua tangan lurus ke bawah untuk menyangga tubuh, serta menyentuh lantai.
  • Pastikan posisi punggung tegak dan lurus.
  • Kemudian silakan tarik napas dengan perlahan sambil menarik bokong ke depan. Lalu salah satu panggul miringkan dan putar ke samping.
  • Posisi tersebut tahan selama 3 hitungan. Lalu anda bisa kembali ke posisi awal.
  • Lakukan langkah yang sama untuk bagian panggul lainnya.

Menyusui Buah Hati

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Menyusui buah hati juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Ketika menyusui buah hati, maka kalori akan terbakar. Menyusui si kecil pada bulan-bulan pertama setelah melahirkan akan membantu membuat berat badan turun cepat.

  • Berikan ASI pada si kecil setiap ia menginginkannya.
  • Pastikan si kecil menyusui dengan benar, baik itu posisi ataupun perlekatannya. Menyusui bayi dengan posisi yang baik dan benar akan membuat anda dan si kecil nyaman.

Cukupi Waktu Tidur

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang wajib kita penuhi. Tidak hanya bagus untuk kesehatan saja, tidur dengan waktu yang cukup juga akan memberikan dampak positif dalam menjaga berat badan. Hanya saja, setelah melahirkan biasanya para ibu kurang mendapatkan waktu tidur, terutama saat usia si kecil kurang dari 1 tahun. Banyak hal yang membuat ibu harus menunda waktu tidur atau bahkan harus terbangun saat malam hari.  Namun, anda jangan khawatir karena ada trik yang bisa dilakukan agar anda bisa mencukupi waktu tidur. Simak di bawah ini.

  • Bayi baru lahir jam tidur dan kebutuhan tidurnya dapat mencapai 14 jam lebih dalam setiap harinya.
  • Pada saat si kecil tidur, anda sebaiknya ikut tidur bersama si kecil bersamaan.
  • Ketika bayi tidur usahakan untuk ikut istirahat, hindari melakukan berbagai kegiatan.

Lihat juga : Cara Membedakan Kontraksi Asli dan Palsu 

Cukupi Kebutuhan Cairan

Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Anda harus menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi seharian. Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum yang cukup akan membantu kulit tetap elastis dan membantu melancarkan penurunan berat badan. Dengan begitu, secara tidak langsung cara ini akan membantu melangsingkan perut anda.

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan setidaknya minum 8 gelas air mineral dalam setiap harinya.
  • Saat sedang menyusui anda membutuhkan lebih dari itu.

Memiliki perut langsing tentu menjadi dambaan banyak orang, termasuk ibu yang telah melahirkan. Sebagai upaya melangsingkan atau mengecilkan perut setelah melahirkan, pastikan anda menerapkan cara yang aman dan tepat. Maka dari itu, perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

Leave a Reply