data-ad-format="auto"

7 Cara Tetap Makan Sehat Di Hari Raya

Saat hari raya tentunya kita diharuskan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Bagaimanapun juga, lebaran memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap umat muslim. Dikarenakan momen tersebut menjadi waktu yang paling tepat bagi kita untuk berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Tidak heran jika banyak sekali hidangan-hidangan yang sangat menggugah selera. Tentu saja, hidangan pada hari raya tidak semuanya sehat bahkan banyak sekali yang ada dalam kategori yang tidak sehat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat hari raya, makan menjadi salah satu momen yang wajib untuk dilakukan. Berbagai sajian tentunya ikut menyemarakan meja makan di hari raya. Hal yang wajar jika kita merasa lapar mata dan serasa ingin menikmati hari raya tersebut dengan makan besar. Akan tetapi, jika Anda sedang menjalankan program diet yang sehat tentunya Anda harus menahan dari makanan yang menggoda. Tentu, hal tersebut terasa sangat sulit, namun komitmen Anda dalam menjalankan program sehat di hari raya harus Anda jalankan.

Cara Tetap Makan Sehat Di Hari Raya

Mengonsumsi berbagai hidangan di hari raya tentu menjadi agenda yang wajib untuk dilakukan oleh setiap muslim yang merayakan hari kemenangan setelah selama kurang lebih satu bulan melaksanakan puasa. Inilah saatnya bagi Anda untuk berkumpul dengan keluarga dan menikmati berbagai hidangan yang tersedia. Namun, jika Anda diharuskan untuk menjaga asupan makanan, tentunya memakan berbagai hidangan yang kurang sehat menjadi hal yang tidak boleh Anda lakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sangat mudah sekali untuk makan berlebih saat hari raya, namun jika Anda sedang program diet ataupun memiliki riwayat penyakit tertentu, maka sebaiknya Anda menghindari untuk makan berlebih saat hari raya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Meskipun terbilang cukup susah, namun tetap saja Anda harus melakukan beberapa tips dan juga cara agar tetap makan sehat di hari raya. Maka dari itu, berikut kami sajikan beberapa tips dan cara tetap makan sehat di hari raya, diantaranya:

Jangan lapar mata

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan cara menahan mata agar tidak tergoda dengan berbagai hidangan yang ada. Tidak heran jika pada saat hari raya persediaan makanan berlimpah dan Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis makanan baik yang sehat ataupun tidak sehat. Kondisi ini tentunya bisa menyebabkan Anda lapar mata sehingga Anda ingin makan berbagai jenis makanan dalam porsi yang lebih. Mensiasati agar Anda tidak tergoda, tentunya dengan menghabiskan waktu bersilaturahmi dengan keluarga. Makanlah secukupnya dan usahakan untuk makan yang akan membuat perut Anda kenyang lebih lama. Makan saat hari raya memang menjadi pelengkap, untuk itu jadikan hari raya sebagai momen terbaik untuk berkumpul dan mengobrol berbagai hal dengan sanak saudara.

Buat target yang masuk akal

Jika Anda ada dalam kondisi yang khusus seperti penyembuhan penyakit dan juga program diet, tentunya Anda disarankan untuk membuat target yang masuk akal. Jika Anda sedang dalam penyembuhan suatu penyakit tentunya Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi protein, lemak dan juga karbohidrat. Bukan tidak boleh sama sekali, namun Anda diwajibkan tetap mengurangi asupan makanan. Untuk sementara saat hari raya Anda boleh mengesampingkan dulu program penurunan berat badan Anda, namun Anda bisa fokus pada menjaga berat badan agar tetap stabil. Terlalu ketat pada diri sendiri juga tidak dibenarkan. Anda harus tetap menjaga porsi makan Anda, jangan sampai terlalu kekenyangan. Namun, bagi Anda yang sedang dalam proses penyembuhan suatu penyakit, maka memperhatikan asupan makanan dan juga minuman memang menjadi satu hal yang mesti Anda perhatikan.

Penuhi piring Anda dengan sayuran

Saat mengambil makanan, tentunya anda diwajibkan untuk memenuhi piring Anda dengan berbagai macam sayuran. Sudah dapat dipastikan bahwa sayuran menjadi asupan yang paling penting bagi setiap orang. Seperti yang kita tahu bahwa sayur dapat membuat perut kita menjadi lebih cepat kenyang sehingga akan mencegah kita untuk tidak makan secara berlebihan. Untuk itu, pilihlah berbagai jenis sayur yang tidak mengandung santan. Jika Anda tidak bisa, maka Anda harus mengurangi jumlah kuah santan yang Anda konsumsi. Santan alami memang tidak mengandung kolesterol , namun tetap memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Hindari minuman yang mengandung gula

Minuman yang manis dan juga berwarna memang sangat menggoda, namun ternyata jenis minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan Anda. Seperti misalnya sirup dan juga soda menjadi jenis minuman yang paling umum disajikan, namun Anda harus membatasi konsumsi minuman manis dan juga berwarna tersebut karena biasanya jenis minuman tersebut memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Di dalam saytu senok makan sirup setidaknya mengandung 53 kalori yang hampir seluruhnya memiliki kandungan karbohidrat. Selain itu, di dalam satu sendok makan sirup mengandung setidaknya 10 gram gula pasir. Begitupun dengan soda dimana mengandung pemanis buatan sebagai pengganti gula. Oleh karena itu, batasi konsumsi jenis minuman tersebut agar Anda dapat mencegah timbunan kalori tanpa Anda sadari.

Kontrol perut saat sudah kenyang

Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus mengurangi porsi makan di hari raya. Mungkin kita tahu bahwa saat hari raya meski perut sudah kenyang, namun tetap saja tergoda dengan berbagai jenis makanan yang terhidang. Saat hari raya, makan termasuk aktivitas yang akan dilakukan oleh hampir setiap orang. Kondisi ini mungkin saja menyebabkan Anda tidak dapat menanggapi sinyal kenyang yang diberikan oleh otak kita sehingga Anda sulit untuk mengontrol diri untuk tidak berhenti makan. Sebelum makan, cobalan Anda untuk mengisi piring tersebut dengan makanan yang benar-benar ingin Anda konsumsi. Hal ini tentunya membatasi Anda untuk tidak makan terlalu kenyang.

Hindari daging yang berlemak

Menghindari makanan yang berlemak di hari raya tentunya menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai jenis hidangan di hari raya seperti daging sapi, daging kambing berlemak dan juga daging ayam menjadi hidangan yang wajib disajikan. Meskipun memang daging tidak dilarang, tentunya Anda tetap harus mensiasatinya dengan mengonsumsi daging tanpa lemak. Misalnya Anda dapat mengonsumsi daging ayam tanpa kulit ataupun juga daging sapi tanpa lemak. Hal ini dikarenakan lemak memiliki kandungan yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

Menjaga asupan makanan dan juga minuman saat hari raya menjadi hal yang tetap harus Anda lakukan.  Hal ini dikarenakan saat hari raya berbagai hidangan makanan yang tidak sehat. Untuk itu, Anda diharuskan untuk mengontrol diri Anda untuk tidak mengonsumsi makanan yang berlebih. Bagaimanapun juga, makanan yang tidak sehat akan berdampak buruk pada tubuh Anda, terlebih jika Anda sedang menjalankan program diet ataupun penyembuhan suatu penyakit. Itulah beberapa cara tetap makan sehat di hari raya. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us