6 Tips Sehat Saat Mudik Balik Lebaran

Libur lebaran Idul Fitri baru saja berakhir. Inilah saatnya bagi setiap orang untuk kembali beraktivitas seperti biasanya. Begitupula dengan sebagian besar orang yang pulang kampung dimana mereka harus kembali melakukan perjalanan mudik balik ke tempatnya masing-masing. Pada umumnya, keramaian arus mudik balik terjadi pada H+3. Namun,  tidak sedikit pula orang yang melakukan perjalanan mudik balik bahkan dari H+1. Hal ini tentunya bahwa aktivitas setiap orang berbeda-beda.

Terlepas dari ramai atau tidaknya perjalanan saat melakukan mudik balik. Tentu saja bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik balik diharuskan untuk memperhatikan beberapa hal agar perjalanan mudik balik Anda berjalan dengan lancar. Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi arus balik hampir sama dengan perjalanan mudik sebelum lebaran. Tentu, tidak heran jika banyaknya kendaraan hampir sama dengan saat Anda melakukan perjalanan mudik balik. Maka dari itu, bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik balik, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini!

Tips Sehat Saat Mudik Balik

Bagi Anda yang sedang berencana untuk melakukan perjalanan mudik balik, tentunya ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan dan juga lakukan agar mudik balik Anda berjalan dengan lancar. Persiapan saat melakukan perjalanan mudik balik tentunya sama saat Anda akan melakukan mudik H- lebaran. Persiapan saat mudik balik tentunya tidak cukup dengan kondisi kendaraan dan juga perlengkapan yang dibutuhkan saat mudik. Namun, Anda juga tetap harus memperhatikan kondisi kesehatan Anda. Berikut ini ada beberapa tips sehat saat mudik balik yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

Siapkan diri Anda dengan baik

Tips sehat pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan mempersiapkan diri Anda dengan baik. Tentu saja saat Anda melakukan perjalanan mudik, tubuh Anda akan merasa lelah. Tidak dapat dipungkiri saat sudah lebaran, tubuh Anda akan sedikit lebih lelah karena melakukan berbagai aktivitas seperti bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Tentu Anda harus ingat bahwa saat melakukan perjalanan mudik balik, beratnya hampir sama dengan saat Anda melakukan perjalanan mudik. Untuk itu, hal terpenting bagi Anda yakni dengan mempersiapkan diri dan juga tubuh Anda dengan baik, terlebih bagi pengemudi. Selain itu, para penumpang juga harus menjaga agar tubuh Anda tetap segar saat akan melakukan perjalanan arus mudik balik.

Cek kendaraan Anda

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengecek kendaraan yang akan Anda gunakan dengan sebaik-baiknya. Tips ini tentunya sangat penting untuk Anda lakukan karena bagaimanapun juga kendaraan memang nomor satu saat melakukan perjalanan. Arus balik memang sama dengan arus mudik lebaran. Maka dari itu, Anda harus mengecek kendaraan Anda sebelum berangkat. Tentu Anda harus ingat bahwa kecelakaan lalu lintas bisa saja terjadi. Maka, dengan mengecek setiap bagian dari kendaraan tentunya Anda dapat menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak Anda inginkan. Berikut ini beberapa bagian yang harus Anda cek, diantaranya:

– Kendaraan harus ada dalam kondisi yang mulus dan juga baik. Jika ada suatu bagian yang tidak baik tentunya Anda harus melakukan cek dan juga servis kendaraan dengan sebaik-baiknya.

– Pengemudi saat melakukan perjalanan mudik tentunya tidak boleh ada dalam keadaan mengantuk, lelah, marah, kurang berkonsentrasi dan juga tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

– Keadaan cuaca harus mendukung karena faktor cuaca juga menentukan kelancaran saat Anda melakukan perjalanan mudik.

– Situasi jalan juga harus mendukung dimana Anda harus tetap mewaspadai kondisi jalan ataupun tol.

Hindari kontak dengan orang batuk dan pilek

Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya bahwa ISPA ialah salah satu jenis penyakit yang paling utama menyerang para pemudik selama beberapa tahun terakhir. Tidak heran jika Anda berada diantara kerumunan banyak orang yang sedang batuk pilek tentunya sedikitnya Anda akan terserang batuk pilek. Maka dari itu, Anda harus mencari cara agar dapat terhindar dari berbagai virus yang dapat menyebabkan Anda terserang suatu penyakit.

Cara yang bisa Anda lakukan agar tidak terserang dari suatu virus ataupun penyakit, tentunya Anda diharuskan untuk menggunakan masker, sapu tangan, ataupun lengan baju yang panjang dan juga jaket. Oleh karena itu, Anda harus sebisa mungkin menghindari kontak dengan mereka yang sedang batuk pilek.

Makan secara teratur

Saat Anda akan melakukan perjalanan mudik balik tentunya Anda diharuskan untuk menjaga pola makan Anda tetap teratur. Tidak dapat dipungkiri saat Anda lebaran di kampung halaman, pola makan Anda tidak teratur. Banyak konsumsi lemak atapun makanan yang manis-manis ataupun pedas justru akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, alangkah baiknya sebelum Anda melakukan perjalanan mudik, Anda melakukan beberapa langkah sehat diantaranya:

– lakukanlah olahraga secara teratur

– Atur pola makan yang normal kembaliu agar tubuh Anda tetap sehat dan juga seimbang. Untuk itu, Anda harus tetap memperhatikan asupan 50% karbohidrat bagi tubuh Anda

– Jika diperlukan tentunya Anda harus melakukan cek kesehatan/laboratorium. Hal ini patut Anda lakukan untuk mengetahui beberapa kemungkinan akibat kelelahan setelah mudik. Aturlah pola makan Anda agar terkontrol dengan mengurangi asupan makanan yang tinggi lemak dan juga gula.

Bawalah perbelakan dari rumah

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan membawa perbekalan dari rumah seperti misalnya makanan dan juga minuman. Bagaimanapun juga, baik makanan ataupun minuman tentunya sangat kita butuhkan selama melakukan perjalanan mudik balik lebaran. Hal ini tentunya untuk menghindari kemungkinan Anda kesulitan untuk mendapatkan makanan di perjalanan atau tidak memungkinkannya bagi Anda untuk beristirahat di rest area.

Akan tetapi, jika Anda tidak membawa perbekalan dari rumah, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda membeli makanan di perjalanan, diantaranya:

– sehat atau tidakkah makanan ataupun minuman yang akan Anda beli

– Higienis tidakkah makanan tersebut

– lihatlah bagaimana cara memasak atau menyajikan makanan tersebut

– apakah makanan tersebut dicuci terlebih dahulu ataukah tidak

– bagaimanakah tempat penyajian makanan tersebut

– bagaimana kondisi tempat membuang makanan tersebut

– budayakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi makanan tersebut, jika memungkinkan selalu gunakan sabun saat mencuci tangan

Bagaimanapun melakukan perjalanan mudik lebaran tentu menjadi hal yang benar-benar harus Anda perhatikan, terlebih jika tempat yang akan Anda tuju berjarak sangat jauh. Maka dari itu, menyiapkan berbagai perlengkapan ataupun melakukan beberapa tips yang sudah kami sebutkan di atas tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Ingatlah bahwa keselamatan diri Anda menjadi satu hal yang terpenting. Demikianlah beberapa tips sehat saat mudik balik lebaran yang wajib Anda perhatikan. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply