data-ad-format="auto"

10 Tips Mudik Dengan Menggunakan Bus

Tidak dapat dipungkiri bahwa bus memang menjadi salah satu alat transportasi yang digunakan oleh khalayak umum. Seperti yang kita tahu bahwa bus kerap digunakan sebagai kendaraan untuk digunakan mudik ke kampung halaman. Meskipun memiliki waktu tempuh yang lambat dibandingkan dengan pesawat atau kereta, namun ternyata bus masih menjadi primadona bagi mereka yang tengah melakukan perjalanan  mudik lebaran. Jika dilihat dari segi harga tentunya bus dirasa lebih hemat sehingga inilah alasan mengapa banyak pemudik yang melakukan perjalanan dengan menggunakan bus.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini lebaran hanya tinggal terhitung selama beberapa hari lagi. Untuk itu, inilah saatnya bagi Anda untuk mempersiapkan berbagai hal yang harus Anda lakukan menjelang mudik lebaran. Satu hal yang harus Anda lakukan ialah dengan memilih salah satu jenis alat transportasi yang akan Anda gunakan untuk mudik lebaran. Banyak sekali orang yang lebih memilih melakukan perjalanan mudik lebaran dengan menggunakan bus. Akan tetapi, ada hal yang mesti Anda perhatikan saat Anda mudik dengan menggunakan bus.

Tips Mudik Dengan Menggunakan Bus

Mudik dengan menggunakan bus tentunya menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda saat ingin melakukan perjalanan mudik terutama dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Saat mudik dengan menggunakan bus tentunya sama saja dengan melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan lainnya. Anda tentu harus mempersiapkan perjalanan mudik dengan melakukan hal.Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan saat mudik dengan menggunakan bus, diantaranya:

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Beli tiket resmi

Tips pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan membeli tiket resmi terlebih dahulu. Saat membeli tiket tentunya Anda diharuskan untuk membeli tiket resmi di terminal. Hindari untuk membeli tiket menggunakan jasa calo karena akan mendapatkan harga dua kali lipat dari harga aslinya. Sebelumnya, Anda tentu harus memastikan untuk mencari tahu kredibilitas dan juga armada yang layak jalan untuk mudik lebaran. Hal ini dikarenakan banyak bus yang tidak layak jalan, namun dipaksakan untuk melakukan perjalanan. Pada umumnya, harga tiket bus akan lebih mahal saat lebaran. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda membeli tiket dengan harga yang sedikit mahal daripada harga yang murah karena untuk keselamatan Anda.

Bawa barang yang Anda perlukan

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan membawa barang seperlunya. Memang tidak ada batasan maksimal akan barang yang Anda bawa saat melakukan perjalanan mudik. Akan tetapi, jika Anda membawa barang yang terlalu berlebihan tentu akan membuat Anda sedikit repot. Hal tersebut juga dapat menyebabkan barang yang Anda bawa akan  memakan tempat orang lain dan juga membuat bus penuh sesak. Kondisi ini tentunya akan membuat  Anda sedikit tidak nyaman saat melakukan perjalanan mudik. Alangkah baiknya jika Anda membawa dua tas besar dan juga satu tas kecil yang dapat Anda bawa dengan mudah kemana-mana.

Berhenti di halte tujuan

Saat Anda melakukan perjalanan mudik tentunya Anda diharuskan untuk mengetahui rute perjalanan Anda dimana Anda harus turun. Ketika melakukan perjalanan mudik, tentunya Anda dapat mengatakan kepada kondektur untuk memberitahunya saat sudah sampai di halte yang Anda tuju. Terlebih jika Anda tidak turun langsung ditempat tujuan Anda.

Bawa obat-obatan pribadi

Saat melakukan perjalanan mudik tentunya Anda diharuskan untuk membawa obat-obatan pribadi, terlebih bagi Anda yang memiliki penyakit khusus. Sebaiknya, obat-obatan pribadi dibawa dengan tas kecil yang bisa Anda bawa dengan mudah. Hal ini tentunya sangat membantu kita agar tidak merepotkan orang lain.

Siapkan baju hangat

Saat siang hari mungkin Anda akan merasa hangat dan juga panas, namun pada malam hari Anda akan merasa kedinginan sehingga Anda diharuskan untuk membawa baju hangat. Terlebih jika bus Anda dilengkapi dengan AC, maka Anda diharuskan untuk menyiapkan baju hangat seperti cardigan, sweater dan juga jaket untuk menjaga tubuh tetap terasa hangat.

Pakailah baju yang nyaman

Saat melakukan perjalanan mudik tentunya Anda diwajibkan untuk memakai pakaian yang nyaman. Sebaiknya Anda melipat dan juga menyimpan pakaian di dalam koper ataupun tas. Saat melakukan perjalanan yang cukup panjang tentunya Anda cukup memakai kaus dan juga celana kain yang dapat memudahkan Anda agar dapat bergerak dengan bebas.

Siapkan perbekalan makanan

Tips ini tentunya harus Anda lakukan dimana Anda diwajibkan untuk menyiapkan berbagai perbekalan saat melakukan perjalanan mudik. Hal ini dikarenakan saat melakukan perjalanan, kita belum bisa memprediksi kapan kita akan sampai di tempat tujuan sehingga penting bagi Anda untuk membawa bekal dari rumah. Pastikan Anda melengkapi perbekalan Anda dikhawatirkan Anda akan berbuka di jalan. Ditambah lagi bus dengan tujuan yang cukup jauh akan jarang berhenti sehingga cukup sulit bagi Anda untuk bisa jajan ataupun makan. Dengan membawa perbekalan dari rumah tentunya Anda dapat melengkapi makanan, minuman dan juga cemilan yang sehat.

Siapkan uang kecil

Uang kecil memang kerap Anda butuhkan saat melakukan perjalanan. Hal ini dikarenakan Anda dapat menggunakan uang kecil untuk membeli perlengkapan yang Anda butuhkan. Seperti misalnya membeli air minum ataupun adanya pengamen dadakan yang tiba-tiba masuk ke dalam bus. Anda tentunya dapat menyelipkan uang kecil di tas kecil ataupun di kantung celana.

Pisahkan barang-barang yang berharga

Alangkah baiknya saat Anda melakukan perjalanan, Anda memisahkan barang yang berharga di dalam koper ataupun bagasi. Semua barang berharga tentunya dapat Anda pisahkan di dalam sebuah tas kecil yang dapat Anda bawa kemana-mana. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari meninggalkan barang berharga yang ada di dalam bus saat Anda turun untuk buang air kecil/air besar ataupun saat meregangkan tubuh Anda.

Siapkan powerbank

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan menyiapkan powerbank. Seperti yang kita tahu bahwa powerbank berfungsi mengisi ulang kembali saat baterai Anda kosong. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat melakukan perjalanan jauh tentunya kita membutuhkan alat komunikasi. Jika alat komunikasi yakni hp kita tidak terisi dengan baterai yang cukup penuh, maka kita akan cukup sulit untuk menghubungi kelurga.

Jangan lupa untuk berdoa

Setelah kita menyiapkan berbagai hal yang kita perlukan saat melakukan perjalanan mudik, tentunya Anda jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan mudik. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memberanikan diri agar perjalanan mudik lebaran Anda berjalan dengan lancar dan juga terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Jika supir bus Anda sedikit ngebut, tentunya Anda harus memberanikan diri untuk menegurnya karena bagaimanapun juga keselamatan Anda nomor satu.

Menyiapkan segala hal yang perlu Anda bawa saat melakukan perjalanan mudik tentu menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Untuk itu Anda harus menjaga agar perjalanan mudik Anda berjalan dengan lancar. Itulah beberapa tips mudik dengan menggunakan bus yang bisa Anda lakukan saat mudik lebaran. Semoga perjalanan Anda lancar!

Loading...

Follow us