data-ad-format="auto"

Inilah Menu Takjil Andalan Bagi Program Diet

Tidak dapat dipungkiri bahwa puasa menjadi satu moment yang paling penting bagi Anda sebagai umat muslim. Tidak hanya sebagai waktu yang tepat untuk menjalankan ibadah, puasa juga menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Ketika berpuasa tentunya Anda akan membatasi asupan makanan dan juga minuman. Saat asupan makanan dan juga minuman dibatasi tentunya Anda akan lebih mudah mengendalikan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.

Terlepas dari hal tersebut, Anda juga tidak boleh sembarang dalam memilih menu untuk buka dan juga sahur. Hal ini dikarenakan jika menu buka dan juga sahur tidak sesuai yang dianjurkan atau dapat dibilang mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Mak, hal tersebut juga tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan menghambat program diet yang Anda lakukan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan makanan dan juga minuman baik untuk sahur ataupun berbuka.

Meskipun sedang menjalankan program diet, Anda tentunya wajib memilih menu makanan dan juga minuman yang nikmat saat berpuasa. Dengan catatan Anda tetap mengedepankan menu makanan dan juga minuman yang sehat bagi tubuh Anda. Jika pada awalnya Anda berbuka dengan takjil yang kurang sehat seperti berbagai macam minuman dingin. Namun berbeda dengan menu takjil yang harus Anda konsumsi saat program diet. Lantas, menu apa saja yang harus Anda konsumsi ketika menjalankan program diet? Yuk kita langsung simak saja berikut ini!

 Menu Takjil Andalan Bagi Program Diet

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Takjil memang menjadi salah satu menu yang paling utama bagi orang yang sedang berpuasa. Berbagai jenis makanan dan juga minuman tentunya dapat dijadikan sebagai menu untuk takjil. Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari gorengan, kolak dan juga minuman dingin lainya sebagai menu takjil andalan. Namun, beberapa menu takjil tersebut tentunya harus dihindari oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

Tidak heran jika menu takjil masyarakan Indonesia tidak bisa lepas dari makanan yang manis-manis. Untuk itu, bagi Anda yang sedang program diet harus pintar dalam memilih menu untuk takjil agar program diet yang Anda jalankan dapat berhasil. Pilihlah menu andalan takjil yang kaya akan karbohidrat dan protein yang seimbang sehingga Anda dapat merasa keyang meskipun makan hanya sedikit.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, tentunya tidak perlu merasa bingung karena beberapa menu takjil dapat menjadi andalan Anda saat berbuka puasa. Berikut ini beberapa menu andalan takjil yang bisa Anda konsumsi serta aman bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, diantaranya:

Bubur kacang hijau

Menu andalan pertama yang bisa Anda konsumsi ialah bubur kacang hijau. Seperti yang kita tahu bahwa bubur kacang hijau merupakan sumber protein utama yang kaya akan serat serta antioksidan. Kacang hijau tentunya dapat menjadi pilihan utama yang bisa Anda gunakan sebagai menu andalan untuk takjil. Kacang hijau juga tidak kalah pentingnya dengan menu takjil yang lain serta sangat aman bagi timbangan berat badan Anda.

Seperti yang diterbitkan dalam sebuah penelitian dengan judul Journal of Nutrition yang menyatakan bahwa makanan yang mengandung kacang-kacangan menghasilkan kolesistokinin hingga dua kali lipat dibandingkan dengan jenis makanan yang lainnya. Perlu Anda tahu bahwa koleistokinin merupakan sebuah hormon pemicu rasa kenyang sehingga perut Anda akan merasakan cepat kenyang setelah makan kacang.

Hormon tersebut juga terdapat di dalam kacang hijau dimana setiap 100 gram kacang hijau mengandung setidaknya 14 gram protein dan juga 15 gram serat yang dapat membantu Anda mengurangi asupan makanan serta berpeluang besar menurunkan berat badan. Oleh karena itu, bubur kacang hijau dapat menjadi alternatif bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Selain dapat menambah energi, bubur kacang hijau juga dapat membuat perut menjadi kenyang lebih lama.

Es buah

Es buah tentunya berbeda dengan minuman yang lain seperti soft drink ataupun sirup. Meskipun memiliki sensasi dingin tentunya es buah kaya akan vitamin yang terdapat di dalam buah-buahan. Namun, Anda juga tetap harus memperhatikan jenis buah-buahan yang memiliki andil dalam menurunkan berat badan. Jenis buah-buahan yang dapat Anda pilih tentunya harus rendah gula, namun tetap kaya akan serat. Beberapa jenis buah-buahan tersebut yakni alpukat, pepaya, dan juga apel akan membuat perut Anda kenyang lebih lama dikarenakan kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya.

Seperti yang kita tahu bahwa buah alpukat menjadi jenis buah yang mengandung lemak sehat, namun tidak menyebabkan berat badan Anda naik. Sedangkan, pepaya segar termasuk ke dalam jenis buah yang rendah kalori sehingga akan membuat Anda lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Ketiga jenis buah-buahan tersebut tentunya dapat menjadi andalan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Anda juga harus tetap membatasi asupan gula dan juga susu kental manis. Alangkah baiknya jika Anda tidak menggunakan atau mengurangi susu kental manis dengan es buah. Bagaimanapun juga, susu kental manis dapat membuat tubuh Anda menjadi sangat mudah untuk naik. Sebenarnya Anda tidak membutuhkan tambahan gula karena rasa manis sudah bisa Anda dapatkan dari buah-buahan tersebut.

Kolak pisang tanpa santan

Jika pada umumnya kolak pisang menggunakan santan sebagai pelengkap yang membuat rasa kolak menjadi lebih nikamt. Namun, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, alangkah baiknya jika Anda tidak menggunakan santan untuk kolak. Hal ini dikarenakan satan dapat memicu naiknya gula darah dan juga kadar kolesterol. Untuk itu, santan memang benar-benar harus Anda hindari bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Agar lebih sehat dan tidak membuat tubuh Anda menjadi gemuk tentunya Anda bisa membuat kolak versi Anda sendiri yakni dengan menggunakan yogurt ataupun susu skim rendah lemak untuk mengganti santan. Dengan menggunakan yogurt sebagai pengganti santan tentunya Anda dapat memasukkan probiotik yang cukup baik untuk kesehatan usus Anda. Bagaimanapun juga, kesehatan usus akan membuat bakteri di dalam usus bekerja lebih optimal untuk membantu sistem metabolisme tubuh Anda.

Oleh karena itu, usaha Anda untuk menurunkan berat badan akan menjadi lebih efektif dengan bakteri baik yang ada di dalam perut Anda. Selain itu, jangan lupa pula untuk menyajikan kolak pisang dengan irisan labu dan juga irisan pisang yang tinggi akan serat. Hanya dengan mengonsumsi semangkuk kolak pisang tanpa santan tentunya dapat membuat perut Anda menjadi kenyang lebih lama.

Kurma

Menu takjil yang satu ini tentunya menjadi menu andalan yang melegenda dan juga harus ada saat berbuka puasa. Kurma tentunya dapat menjadi salah satu jenis buah-buahan kering yang paling tepat untuk disajikan sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Hal ini dikarenakan kurma memang kaya akan serat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan sehingga tidak heran jika kurma dapat menjadi menu takjil andalan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Seperti yang dilansir dari Healthline menunjukan sebuah penelitian yang telah diterbitkan pada The American Journal of Clinical Nutrition  2007 yang menyatakan bahwa menambahkan lebih banyak serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan serta dapat mengecilkan ukuran pinggang. Untuk itu, banyak sekai manfaat yang bisa  Anda dapatkan dari mengonsumsi kurma sekitar 100 gram karena mengandung 277 kalori dan juga 7 gram serat. 

Meksipun kandungan yang ada di dalam kurma terlihat tinggi, namun jumlah kalori dan juga serat dapat membuat perut Anda menjadi lebih cepat kenyang. Maka dari itu, Anda tidak perlu makan berlebihan lagi saat malam hari. Dengan catatan, jangan terlalu banyak mengonsumsi kurma saat berbuka puasa karena bagaimanapun juga kurma kaya akan gula. Untuk itu, Anda cukup mengonsumsi tiga buah kurma saja sebagai menu takjil saat berbuka puasa.

Pilih ikan sebagai menu buka puasa

Dibandingkan dengan daging, alangkah baiknya jika Anda memilih ikan sebagai lauk saat berpuasa. Perlu Anda tahu bahwa ikan menjadi menu andalan bagi Anda yang sedang menjalankan program diet yang sehat. Anda tentunya bisa memilih jenis ikan yang baik untuk diolah menjadi menu yang lezat saat bulan puasa. Kami menyarankan Anda untuk memilih jenis ikan seperti salmon dan juga tuna sebagai lauk saat berbuka puasa. Hal ini dikarenakan kedua jenis ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengurangi kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah.

Namun, Anda tentu tetap harus memperhatikan cara dalam memasak ikan. Saat Anda sedang menjalankan program diet, alangkah baiknya jika Anda memasak ikan dengan cara dibakar, direbus ataupun dipanggang tanpa digoreng. Selain ikan salmon dan juga tuna, tentunya Anda bisa memilih jenis ikan yang lain sebagai penggantinya yakni ikan gurami sebagai menu andalan Anda saat berbuka.

Pilih nasi merah

Saat menjalankan program diet, alangkah baiknya jika Anda mengganti menu nasi putih dengan nasi merah. Hal ini dikarenakan nasi merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan akan lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Nasi merah juga akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama meskipun porsi nasi merah Anda sedikit. Namun sebaliknya dengan nasi putih dimana nasi putih  akan mudah dicerna oleh tubuh serta mengandung kalori yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan risiko kadar glukosa di dalam darah menjadi tinggi.

Dengan mengkombinasikan nasi merah dengan  olahan ikan saat berbuka puasa, tentu akan menjadi menu diet yang sehat dan juga sempurna. Untuk itu, pilihlah nasi merah sebagai menu utama saat berpuasa agar program diet yang Anda jalankan dapat berhasil dengan mudah.

Menu takjil andalan bagi program diet memang menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan bulan puasa menjadi waktu yang paling tepat bagi Anda untuk menjalankan diet yang sempurna. Dengan makan secara teratur pada waktu-waktu tertentu serta mengurangi asupan makanan hanya akan Anda dapatkan saat berpuasa. Itulah beberapa menu takjil andalan bagi program diet saat berbuka yang dapat Anda masukkan ke dalam menu harian. Selamat mencoba!

Loading...

Follow us