Bolehkah Minum Kopi Saat Bulan Puasa? | Ketahui Faktanya Berikut Ini!

Ketika kita sedang melaksanakan ibadah puasa, inilah saatnya bagi kita untuk menjaga asupan makanan dan juga minuman. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan juga bernutrisi tentunya menjadi menu pilihan bagi sebagian besar orang ketika berpuasa. Bagaimanapun juga, ketika berpuasa tubuh kita membutuhkan asupan gizi dan juga nutrisi yang lebih banyak dibandingkan ketika tidak berpuasa. Namun, tidak sedikit orang yang tetap saja mengonsumsi makanan dan juga minuman yang tidak sehat.

Seperti misalnya kebiasaan dalam mengonsumsi kafein yang ada di dalam kopi. Tidak dapat dipungkuri bahwa kopi memang menjadi salah satu jenis minuman yang banyak digemari oleh sebagian besar orang Indonesia. Sehingga tidak heran jika sebagian besar orang Indonesia tidak bisa lepas dari konsumsi kopi setiap harinya. Sayangnya ketika sedang bulan puasa, kebiasaan minum kopi tidak dapat dilakukan seperti biasanya.

Meskipun kopi termasuk ke dalam salah satu jenis minuman yang banyak mengandung kafein dan dapat membuat pikiran lebih rileks. Akan tetapi, Anda harus tetap bisa menjaga asupan kopi ketika sedang berpuasa. Hal ini dikarenakan kopi dapat berdampak buruk bagi tubuh Anda, terlebih ketika sedang berpuasa. Namun, terdapat pula sebagian besar orang yang tetap mengonsumsi kopi ketika berbuka dan juga sahur. Lantas, bolehkah mengonsumsi kopi saat bulan puasa?

Bolehkah Konsumsi Kopi Saat Bulan Puasa?

Pertanyaan tersebut tentunya menjadi perbincangan hangat diantara pencinta kopi. Hal ini dikarenakan ketika sedang berpuasa, kita tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi kopi secara sembarangan karena akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Jika kita tidak mengontrol diri kita dalam mengonsumsi kopi, tentu saja kesehatan perut dan juga  tubuh  kita akan terancam, terlebih ketika sedang berpuasa.

Larangan mengenai boleh atau tidaknya dalam mengonsumsi kopi saat berpuasa tentunya tidak selamanya menjadi hal yang mutlak. Meminum kopi saat berbuka atau sahur tentunya tetap diperbolehkan dengan catatan Anda memperhatikan asupan kopi selama berpuasa. Jika Anda memenuhi aturan dalam mengonsumsi kopi tentunya tidak memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, selama diperbolehkan mengonsumsi kopi selama bulan puasa, Anda tetap harus memperhatikan jumlah asupan kopi bagi tubuh Anda.

Bagaimanapun juga, bagi orang yang terbiasa mengonsumsi kopi akan mengalami efek yang cukup parah jika berhenti meminum kopi secara tiba-tiba. Bagi sebagian besar orang mengonsumsi kopi tentunya memberikan efek yang baik dimana kopi dapat meningkatkan kewaspadaan, fokus otak saat bekerja serta menghindarkan dari rasa kantuk yang berlebihan. Disamping itu, kopi memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein dimana sebagai zat yang bersifat stimulan yang dapat mempengaruhi sistem kerja saraf pusat.

Tentunya, hal tersebut tidak heran jika orang yang terbiasa mengonsumsi kopi akan mengalami beberapa efek samping jika diharuskan tidak meminum kopi sama sekali. Dampak buruk yang muncul saat Anda tidak mengonsumsi kopi akan sama saat Anda mengonsumsi kopi dengan jumlah yang cukup banyak. Hal yang akan Anda alami ketika dengan tiba-tiba berhenti minum kopi yakni Anda akan merasakan sakit kepala dan juga badan yang cukup lemas serta mudah lelah. Selain itu, fokus otak dan juga konsentrasi Anda akan terganggu saat bekerja.

Efek samping saat Anda mengonsumsi kafein yang terlalu banyak yakni akan menyebabkan kadar gula di dalam darah semakin naik. Hal ini dikarenakan kopi mengandung gula tambahan yang dapat membuat darah naik secara drastis saat berpuasa. Pada sebagian orang mungkin kopi akan menyebabkan asam lambung meningkat sehingga penyakit maag akan kambuh.

Terlepas dari efek samping dari konsumsi kopi, tentunya Anda tidak ingin kondisi seperti itu Anda alami saat berpuasa. Maka dari itu, saat berpuasa Anda diharuskan untuk memperhatikan asupan kafein. Tidak hanya pada kopi, kafein juga akan Anda dapatkan dengan mudah dari jenis minuman lainnya tanpa Anda sadari seperti soft drink ataupun teh. Nah, itulah sebabnya Anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi kopi saat berpuasa. Cukup hanya 2 gelas perhari saat berbuka dan juga sahur.

Tips Sehat Dalam Minum Kopi Saat Berpuasa

Terlepas dari diperbolehkannya meminum kopi selama puasa, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi kopi. Hal ini tentunya tidak bisa lepas dari tips dan juga panduan sehat dalam mengonsumsi kopi selama berpuasa. Beberapa tips sehat tersebut tentunya sangat penting bagi Anda, terutama bagi pencinta kopi. Lantas, tips apa saja yang harus dilakukan ketika mengonsumsi kopi saat berpuasa? Yuk kita langsung simak saja berikut ini!

Pilih jenis kopi

Tips pertama yang harus Anda lakukan yakni dengan memilih jenis kopi. Hal ini dikarenakan berbagai jenis kopi tentu memiliki efek dan juga khasiat yang berbeda. Jenis kopi yang Anda konsumsi tentunya menentukan dampak yang akan Anda alami. Seperti yang Anda tahu bahwa saat ini sudah banyak tersedia kopi decaf yakni kopi tanpa kandungan kafein. Lebih tepatnya yakni kopi yang mengandung lebih sedikit kafein yakni sekitar 98% kafein di dalam jenis kopi decaf tersebut telah dihilangkan.

Untuk itu, saat bulan puasa, Anda disarankan untuk memilih jenis kopi yang satu ini. Kandungan kafein di dalam kopi decaf tentunya berbeda-beda karena tergantung dari biji-bijian yang digunakan untuk kopi tersebut. Seperti yang dilansir dalam Hufftington Post yakni sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli dari University of Florida pada tahun 2006 menyatakan bahwa Anda perlu mengonsumsi kopi sebanyak 5-10 cangkir kopi decaf untuk merasakan efek yang sama seperti kopi berkafein tinggi pada umumnya. Maka dari itu, jumlah yang sangat banyak tersebut sangat lazim jika dikonsumsi selama puasa.

Kurangi asupan kopi saat bulan puasa

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi kopi berjenis decaf, maka tips selanjutnya yang wajib Anda lakukan yakni dengan membatasi asupan kopi pada tubuh Anda. Dalam mengurangi asupan kopi saat bulan puasa, Anda tidak diharuskan secara langsung untuk membatasinya. Namun, lakukanlah secara perlahan agar dampak buruk tidak akan Anda alami secara langsung.

Mengurangi asupan kopi alangkah baiknya jika dilakukan pada hari pertama puasa. Akan tetapi jika Anda tidak sempat melakukannya, maka Anda dapat mengurangi asupan kafein saat mulai berpuasa. Namun, kondisi ini akan membuat Anda sedikit kesulitan karena kebiasaan tersebut Anda ubah secara tiba-tiba. Untuk itu, menghentikan kebiasaan meminum kopi jangan dilakukan secara tiba-tiba, namun harus dilakukan secara perlahan. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir efek samping yang kemungkinan akan Anda alami.

Seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic Abu Dhabi dimana dosis aman kafein untuk satu hari yakni sekitar 400 mg untuk orang dewasa. Jumlah tersebut setara dengan 2-3 cangkir kopi hitam. Akan tetapi, jumlah tersebut direkomendasikan bagi orang dengan jadwal makan yang teratur selama 3 kali bukan untuk orang yang sedang berpuasa. Jika Anda sedang berpuasa, maka langkah terbaik yang harus Anda lakukan yakni dengan mengurangi asupan kafein hingga 200-300 mg perharinya.

Jika Anda terbiasa mengonsumsi asupan kopi dalam sehari, maka saat berpuasa tentu Anda harus mencari alternatif agar dapat bertahan dengan secangkir kopi dalam sehari. Cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan menggunakan cangkir yang berukuran lebih kecil. Dengan begitu jumlah kopi yang Anda konsumsi dapat berkurang. Baiknya jumlah kopi yang dikonsumsi yakni 2 cangkir dengan ukuran cangkir yang lebih kecil untuk sahur dan juga berbuka.

Pilihlah waktu yang tepat

Jika saat berpuasa waktu yang Anda gunakan untuk mengonsumsi kopi bebas dan kapan saja baik pagi, sore dan juga malam. Hal ini berbeda saat bulan puasa dimana Anda diharuskan untuk mengonsumsi kopi pada waktu-waktu tertentu. Anda hanya bisa meminum kopi saat berbuka dan juga sahur. Perlu Anda tahu bahwa kopi memiliki sifat stimulan dan juga diuretik. Sifat tersebut tentunya dapat menyebabkan produksi urin menjadi lebih banyak sehingga dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Jika Anda mengonsumsi kopi saat sahur, maka rasa kopi yang kental pada mulut akan membuat mulut Anda merasakan haus lebih cepat. Sifat diuretik yang ada di dalam kopi juga dikhawatirkan dapat membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Maka dari itu, mengonsumsi kopi saat sahur menjadi waktu yang kurang tepat untuk Anda.

Waktu terbaik yang kami rekomendasikan untuk mengonsumsi kopi selama bulan puasa yakni satu atau dua jam setelah berbuka puasa. Jika Anda meminum kopi secara langsung saat berbuka puasa, maka dikhawatirkan dinding perut Anda akan mengalami iritasi karena ada dengan kondisi perut yang kosong. Untuk itu, sebelum Anda mengonsumsi kopi, maka pastikan terlebih dahulu Anda mengisi perut Anda dengan nasi atau makanan berat lainnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat bulan puasa, Anda dilarang untuk mengonsumsi kopi jam-jam setelah tarawih atau dua jam sebelum tidur. Tentu kita semua tahu bahwa kopi akan membuat rasa kantuk kita hilang. Jika Anda mengonsumsi kopi pada jam-jam sebelum Anda tidur, maka dapat dipastikan Anda tidak akan merasa ngantuk. Jika kondisi ini terjadi, maka akan membuat siklus tidur Anda menjadi terganggu sehingga akan membuat waktu tidur Anda menjadi lebih sedikit. Padahal waktu tidur yang dibutuhkan saat puasa menjadi lebih singkat dibandingkan sebelum berpuasa.

Kurangi sugesti tentang kopi

Bagi orang yang sudah lama mengonsumsi kopi tentunya kopi jarang memberikan efek seperti hilangnya rasa kantuk ataupun tubuh menjadi lebih bugar. Untuk sebagian besar orang kopi memang sering disugestikan dapat menghilangkan rasa kantuk sehingga ketika orang tersebut mengonsumsinya, maka tidak akan merasa kantuk. Terlepas dari sugesti atau bukan, tentunya jangan sampai Anda terlalu memikirkan bahwa ternyata kopi tidak akan menghilangkan rasa kantuk. Saat mengonsumsi kopi tentu Anda akan berpikir kopi akan menghilangkan rasa kantuk padahal sebenarnya Anda mengantuk. Terlebih ketika sedang berpuasa, Anda disarankan untuk lebih memperbanyak istirahat agar dapat lebih bugar saat berpuasa.

Membatasi asupan kopi saat berpuasa tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Hal ini tidak lain agar Anda tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa meskipun dengan tidak menghentikan kebiasaan Anda dalam mengonsumsi kopi. Demikianlah beberapa hal mengenai bolehkah konsumsi kopi saat bulan puasa serta tips cerdas dalam mengonsumsi kopi saat berpuasa. Semoga bermanfaat!

 

 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel