Tips Mudik dengan Anak Agar Nyaman dan Tidak Rewel

Tips Mudik dengan Anak Agar Nyaman dan Tidak Rewel – Lebaran sebentar lagi dan momen mudik pun sudah tiba. Orang yang merantau tentunya akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta. Ini tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu dalam setiap tahunnya. Saudara jauh akan berdatangan untuk merayakan hari Raya Idul Fitri bersama.

Berbeda dengan pulang kampung di hari-hari biasanya, mudik menjadi momen yang khas setiap menjelang lebaran. Jalanan yang macet karena arus kendaraan yang padat menjadi ciri khas saat mudik. Meskipun lelah, namun itu akan terbayarkan setelah bertemu orang tua atau keluarga di kampung halaman.

Sebelum mudik, anda tentunya sudah merencanakan dari jauh-jauh hari, apa yang harus dipersiapkan dan apa yang harus di bawa, termasuk menentukan alat transportasi yang digunakan. Untuk mengantarkan ke tempat tujuan berbagai transportasi digunakan. Pemilihan transportasi itu sendiri biasanya disesuaikan dengan jarak tempuh dari tempat tinggal ke kampung halaman. Baik dengan menggunakan pesawat, bus, kapal laut, motor atau bahkan membawa kendaraan pribadi.

Apapun transportasi yang digunakan, persiapan mudik tetap harus anda lakukan. Ini dilakukan agar selama di perjalanan anda merasa lebih nyaman dan aman hingga sampai di tempat tujuan. Terlebih lagi untuk anda yang memiliki anak kecil, anda harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Pasalnya, ketika di perjalanan si kecil bisa saja rewel atau menangis karena bosan. Oleh karena itu, penting mengetahui apa saja tips mudik dengan anak agar nyaman dan si kecil tidak rewel seperti berikut ini.

Tips Mudik dengan Anak

Tips Mudik dengan Anak Agar Nyaman dan Tidak Rewel

Mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum bersama si kecil tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk anda dan keluarga. Selama di perjalanan bisa saja si kecil bosan dan rewel karena lelah, padatnya arus mudik dan lain sebagainya. Nah, supaya mudik anda dan keluarga menyenangkan, serta si kecil bisa menikmati perjalananya, berikut ini kami hadirkan beberapa tips mudik dengan anak agar nyaman.

Periksa Kondisi Kendaraan

Untuk anda yang hendak mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebelum mudik anda harus memastikan bahwa kondisi kendaraan anda dalam keadaan baik. Dengan memastikan kondisi kendaraan akan menjamin keselamatan anda dan keluarga saat di perjalanan.

Selain itu, jika kondisi mobil anda dalam keadaan baik akan membuat perjalanan anda saat mudik dengan keluarga menjadi lebih nyaman, begitupun untuk si  kecil. Sebelum mudik hendaknya anda pergi ke bengkel untuk servis mobil anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin terjadi seperti mobil mogok ataupun ban bocor. ( Baca juga : 10 Tips Mudik Dengan Menggunakan Bus )

Perhatikan Kesehatan Si Kecil

Saat mudik anda harus memastikan bahwa si kecil dalam kondisi yang sehat. Sehingga sebelum mudik alangkah lebih baik jika anda cek kesehatannya. Perjalanan mudik bisa saja menguras tenaga si kecil yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan.

Anda dapat menyiapkan obat-obatan yang diperlukan selama mudik. Siapkan obat-obatan untuk si kecil dan keluarga yang lainnya seperti misalkan obat alergi, obat sakit kepala, obat untuk mabuk perjalanan, obat maag, obat anti diare dan lain sebagainya. Menyediakan obat-obatan bermanfaat untuk pertolongan pertama ketika anda mudik.

Memilih Waktu Mudik yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk mudik juga harus anda perhatikan, terlebih lagi jika mudik dengan si kecil. Memilih waktu mudik yang tepat akan mencegah kemungkinan si kecil rewel. Anda sebaiknya memilih waktu mudik di jam istirahat si kecil. Seperti misalkan, di waktu tidur siang si kecil. Mudik di siang hari selain mencegah anak rewel, juga bisa berkendara dengan fokus. Sedangkan mudik di malam hari kemungkinan akan membuat anda mudah mengantuk yang akan membahayakan saat berkendara.

Menyiapkan Perlengkapan Anak

Hendaknya perlengkapan untuk mudik disiapkan dari jauh-jauh hari agar tidak ada barang yang tertinggal. Jika memungkinkan anda bisa membuat catatan mengenai perlengkapan yang dibutuhkan selama di perjalanan ataupun di tempat tujuan. Sebaiknya anda membawa baju atau celana si kecil dalam jumlah yang lebih banyak, termasuk pampersnya.  Selain itu, anda juga harus mempersiapkan selimut, peralatan mandi, obat-obatan hingga mainan si kecil.

Masukan semua perlengkapan si kecil ke dalam tas. Simpan di tempat yang bisa anda jangkau dengan lebih muda. Agar si kecil merasa lebih nyaman saat di mobil, tidak ada salahnya anda membawa car seat. Lengkapi dengan selimut dan bantal supaya anak semakin nyaman ketika di perjalanan.

Membawa Makanan atau Cemilan Anak

Berbeda halnya dengan orang dewasa, ketika lapar anak-anak biasanya akan menangis. Jika si kecil rewel atau menangis, tentunya anda akan merasa kerepotan ketika di jalan. Nah, sebaiknya anda membawa makanan atau cemilan si kecil untuk di perjalanan. Bawa makanan kesukaannya, namun pastikan anda membawa makanan yang sehat dan bergizi.

Anda sebaiknya membawa makanan yang praktis seperti biskuit, sereal dan buah-buahan. Selain itu, dampingi dengan air putih dan susu untuk mencegah agar si kecil tidak dehidrasi.

Bawa Mainan Anak

Saat mudik arus kendaraan biasanya padat. Karena kepanasan atau bosan di dalam kendaraan, si kecil biasanya akan rewel. Untuk menenangkannya, salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan memberikannya mainan. Oleh karena itu, mainan kesukaan si kecil harus anda pastikan masuk ke dalam daftar perlengkapan yang harus dibawa. Anda bisa menyimpan mainan kesukaan si kecil di dekatnya, seperti mobil-mobilan, boneka, buku cerita dan lain sebagainya. Hanya memberikannya cemilan atau makanan tidak akan cukup untuk mengalihkan pikiran si kecil.

Jika si kecil sudah bosan dengan mainannya tersebut, anda bisa mencari cara lain untuk mengalihkan pikirannya. Seperti memutar lagu kesukaan si kecil dan mengajaknya bernyanyi sambil menikmati pemandangan di luar. Dengan begitu perhatian si kecil dapat teralihkan dan anda bersama keluarga dapat mudik dengan nyaman.

Sebagai Orang Tua Anda Jangan Mudah Panik

Di perjalanan selama berjam-jam akan membuat si kecil bosan. Rasa bosan tersebut bisa saja membuat si kecil rewel atau bahkan menangis. Sebagai orang tua tentunya anda harus bisa mengatasi kondisi ini dengan baik. Jangan mudah panik ataupun marah pada si kecil. Dari pada marah-marah lebih baik tenangkan diri anda dan cari cara yang tepat untuk dapat menenangkannya. Namun, anda harus tahu apa penyebab si kecil rewel.

Si kecil rewel bisa saja disebabkan karena ia lapar, bosan dan lain sebagainya. Apabila si kecil lapar, maka anda bisa memberikannya makanan atau cemilan kesukaan si kecil. Anda harus memastikan ia makan hingga kenyang. Sedangkan apabila anak rewel karena bosan, anda bisa membuat suasana baru untuk menghiburnya. Misalkan dengan memberikannya mainan, bernyanyi bersama dan lain sebagainya. Sementara jika si kecil rewel disebabkan karena ngantuk, sebaiknya anda membantunya agar bisa tidur.

Persiapan Jika Anak Mabuk Perjalanan

Di perjalanan si kecil bisa saja mengalami mabuk perjalanan. Dibandingkan dengan orang dewasa anak-anak lebih rentan mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan menimbulkan beberapa gejala seperti pusing, mual, keluar keringat dingin, sakit kepala, muntah, letih, pucat dan bertambahnya produksi air liur. Anda harus mempersiapkan kondisi ini sebelum mudik. Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan membawa kantong plastik. Jangan simpan di tempat yang susah dijangkau, anda bisa menyimpannya di samping pintu maupun di belakang kursi.

Membawa Stroller

Stroller juga bisa anda masukan ke dalam daftar perlengkapan si kecil. Ini sangat berguna jika anda hendak keluar atau istirahat sebentar. Anda bisa berjalan-jalan sebentar untuk menghilangkan rasa bosan si kecil selama di perjalanan. Pastikan anda membawa stroller dengan ukuran yang tidak terlalu besar, bisa dilipat dan lebih mudah dibawa.

Mencari Informasi

Sebelum anda berangkat mudik, anda dapat mencari informasi mengenai jalur mudik yang akan anda lewati. Cari juga informasi tentang penginapan, tempat makan, tempat istirahat dan lain sebagainya yang sekiranya dibutuhkan saat perjalanan mudik. Apabila anak sudah mulai tidak betah atau bosan dalam kendaraan, anda bisa mengajaknya istirahat. Disarankan untuk beristirahat setiap 2 atau 3 jam untuk beristirahat supaya anak tidak mudah bosan dan lelah. Istirahat juga bermanfaat untuk membuat tenaga ayah dan ibu kembali.

Menggunakan Tirai Khusus Untuk Mobil

Sebelum mudik anda harus mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kondisi kendaraan anda. Sebisa mungkin anda harus membuat kendaraan anda nyaman. Nah, anda bisa melengkapi kendaraan dengan menggunakan tirai khusus untuk mobil. Hal ini dilakukan agar si kecil dan keluarga anda tidak terpapar oleh sinar matahari yang akan dapat membuat kepanasan dan tidak nyaman.

Istirahat di Tempat yang Aman dan Nyaman

Apabila si kecil terus menerus rewel meskipun sudah ditenangkan dengan berbagai cara, untuk mengatasinya anda bisa mengajak si kecil istirahat sejenak. Selain membuat si kecil tenang, juga akan memberikan waktu bagi anda untuk bisa istirahat dan mengembalikan energi. Anda bisa beristirahat di rest area, tempat makan atau pom bensin. Jika memang tidak memungkinkan, sebaiknya anda jangan terburu-buru untuk sampai di tempat tujuan.

Jangan melanjutkan perjalanan jika kondisi anda tidak memungkinkan. Jika dibutuhkan anda bisa istirahat di penginapan untuk mengembalikan energi yang habis terkuras. Nah, setelah kondisi anda dan keluarga kembali nyaman, serta si kecil sudah tidak rewel anda bisa kembali melanjutkan perjalanan.

Atur Posisi Duduk Si Kecil dengan Tepat

Saat mudik, anda sebaiknya menempatkan si kecil di kursi belakang baris kedua. Hindari menempatkan si kecil di kursi paling depan ketika anda hendak melakukan perjalanan mudik. Jika si kecil bosan dan rewel, konsentrasi pengemudi bisa terganggu. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya. Maka dari itu, pastikan ia duduk di baris kedua.

Menggunakan Car Seat

Tips Mudik dengan Anak

Agar si kecil lebih aman dan nyaman, anda dapat menggunakan car seat. Dengan car seat si kecil akan merasa lebih nyaman. Terlebih lagi jika si kecil usianya baru beberapa tahun. Di mobil anak akan belajar duduk. Pastikan car seat yang anda gunakan sesuai usia si  kecil. Anda harus membaca petunjuk dalam menggunakan car seat dengan baik.

Tips Agar Anak Tidak Mabuk Perjalanan

Dibutuhkan persiapan khusus apabila anda mudik dengan anak. Jika si kecil biasanya suka mabuk saat di perjalanan, maka sebagai orang tua anda harus bisa mengantisipasinya. Anda harus bisa membuat si kecil tetap merasa nyaman. Nah, supaya perjalanan mudik bisa anak nikmati dengan nyaman dan tenang, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan. Berikut ini beberapa tips agar anak tidak mabuk perjalanan.

  • Pastikan Anak Mendapatkan Waktu Tidur yang Cukup

Sebelum berangkat mudik, pastikan si kecil cukup mendapatkan waktu tidurnya. Jika anda hendak melakukan perjalanan saat siang hari, maka malam sebelum anda mudik pastikan anak cukup tidur. Waktu di perjalanan juga bisa dimanfaatkan oleh si kecil untuk tidur. Sehingga ketika sudah sampai di tempat tujuan si kecil bisa lebih bugar.

  • Jangan Sampai Perut Si Kecil Kosong

3 jam sebelum berangkat biarkan si kecil makan terlebih dahulu. Jangan biarkan perut anak kosong. Anda bisa memberikan cemilan pada anak sebelum mulai perjalanan. Jika anak makan sebelum perjalanan, gejala mabuk kendaraan dapat dicegah. Namun, pastikan anda tidak memberikan makanan yang bisa membuat perut anak kembung.

  • Buat Perjalanan Lebih Menyenangkan

Apabila selama di perjalanan si kecil tidak bisa tidur, untuk mencegahnya bosan dan mengalami mabuk perjalanan anda bisa membuat perjalanan lebih menyenangkan. Bantu si kecil lebih aktif sehingga ia akan teralihkan dari gejala mabuk perjalanan, seperti mual. Anda bisa mengajak si kecil bernyanyi atau kegiatan lainnya untuk menghindarinya dari mabuk perjalanan. Selain itu, Anda bisa menunjukan berbagai hal menarik saat di jalan, seperti pemandangan gunung, sawah, pepohonan dan lain sebagainya. Hanya saja, apabila si kecil terus menguap, keringat dingin keluar dan mual-mual, anda sebaiknya membantu si kecil untuk beristirahat atau mendapakan angin segar.

  • Sebelum Berangkat Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Stres bisa menjadi penyebab mabuk perjalanan. Nah, agar si kecil tidak stres, sebelum perjalanan anda bisa menciptakan suasana yang menyenangkan. Anda bisa menceritakan bagaimana menyenangkannya suasana ketika mudik. Apabila si kecil semangat untuk mudik, maka ia akan menjadi lebih rileks saat di perjalanan sehingga tidak akan mudah mabuk.

  • Obat Anti Mabuk

Untuk anda yang berencana memberikan obat anti mabuk pada anak, pastikan anda mendapatkan resep dari dokter. Terlebih dahulu anda berkonsultasi pada dokter apakah seusia anak anda sudah bisa mendapatkan obat anti mabuk atau tidak. Anda harus memperhatikan aturan minum dari obat mabuk yang diresepkan dokter agar si kecil bisa mendapatkan manfaatnya dengan optimal.

  • Posisikan Anak Menghadap Ke Depan

Saat di mobil pastikan anda memposisikan anak duduk mengarah ke depan, serta cukup tinggi. Ini dilakukan supaya si kecil bisa melihat pemandangan. Tempatkan juga si kecil di kursi baris tengah. Pasalnya, di tempat ini goncangannya lebih sedikit. Selain itu, anda harus memastikan kondisi kendaraan anda memiliki sirkulasi udara, serta sistem ventilasi yang baik. Jika kendaraan menggunakan AC, sesekali anda bisa membuka jendela supaya si kecil tidak mual.

Nah, demikian beberapa tips mudik dengan anak agar anak nyaman dan tidak rewel sehingga perjalanan mudik anda lebih menyenangkan. Pastikan anda memperhatikan kondisi kesehatan si kecil dan anggota keluarga anda yang lainnya supaya sesampainya di tempat tujuan kondisi anda dan keluarga dalam keadaan fit. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel