Tips Mendidik dan Mengasuh Anak

Temukan tips dan triks serta pengetahuan seputar cara mendidik dan mengasuh bayi, balita dan anak-anak disini. Tips-tips ini diharapkan mampu membuat bunda dan para orangtua dirumah terbantu dalam menjaga dan mendidik buah hati menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkualitas. 

10 Tips Pola Asuh Anak Untuk Membentuk Pribadi yang Peduli Terhadap Sesama

01

Untuk menanamkan pola pendidikan terhadap anak anda, maka sebaiknya dilakukan semenjak usia dini.

Kepribadian anak anda setelah dewasa tidak bisa lepas dari bagaimana pola pendidikan yang diterapkan orang tua kepada anak di usia dini. Dengan mengarahkannya semenjak usia dini, maka kemungkinan besar anak menjadi pribadi yang diharapkan oleh orang tua menjadi lebih besar, dan tentunya setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi pribadi yang sebaik-baiknya bahkan lebih dari orang tuanya.

Ada begitu banyak nilai-nilai kebaikan yang sebaiknya ditanamkan kepada diri anak, yakni kepedulian terhadap sesama. Seiring dengan berkembangnya waktu dan zaman, rasa kepedulian banyak manusia terhadap sesamanya mulai banyak berubah dan meluntur, sehingga dengan menanamkan rasa peduli terhadap sesamanya, maka di masa depan lingkungan anak anda tumbuh dan hidup tetap menjujung tinggi rasa kepedulian yang besar bagi sesama.

Berbicara lebih lanjut mengenai kepekaan serta rasa peduli terhadap sesama, maka berikut ini ada 10 tips yang bisa anda simak dan lakukan untuk

Continue Reading

Anak Anda Ceroboh? Simak Di Sini Cara Membantunya

02

Apakah anda termasuk kepada orang tua yang merasa jika anak anda masih termasuk ke dalam pribadi yang ceroboh?

Di dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan anak-anak kita terkadang melakukan hal-hal yang kita anggap sebagai sebuah kecerobohan. Dari mulai hal-hal yang sederhana dan tidak terlalu berefek besar seperti seringkali menjatuhkan pensil, menabrak benda dirumah seperti meja makan, padahal benda tersebut sudah berada di lokasi tersebut sejak beberapa waktu yang lama.

Kecerobohan yang terjadi dan dilakukan oleh anak-anak di usia balita memang cukup bisa ditoleransi, sebab di usianya tersebut perkembangan motorik halus yang berkembang dalam dirinya belumla terlalu sempurna, namun seiring dengan waktu yang terus berkembang sebaiknya anda harusnya patut mencurigai jika perkembangan motorik anak anda tersebut tidak berkembang dan terlalu sering mengulangi kecerobohannya.

Ada beberapa faktor yang turut memicu anak menjadi pribadi yang ceroboh, yang paling mendasar mungkin faktor genetik. Faktor genetik ini tentunya bukanlah sbuah hal yang bisa anda atur,

Continue Reading

Cegah Anak Cedera di Rumah dengan Perhatikan Beberapa Barang Berikut Ini

cegah anak cedera dirumah

Kegiatan mengasuh dan bermain bersama dengan balita memang menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Apalagi saat balita anda sudah mulai bisa berjalan, merangkak atau bahkan kini sudah mulai bisa berlarian kesana-kemari. Rasanya, rasa senang dari kejutan-kejutan baru yang diberikan oleh si kecil akan membuat kita orangtuanya semakin bangga dengan buah hati kita.

Akan tetapi, jangan sampai kegiatan menyenangkan ini berubah menjadi bencana ketika si kecil menjangkau beberapa perabotan atau properti yang berbahaya dirumah anda. Rumah yang seharusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk melakukan kegiatan mengasuh bayi, berubah menjadi mimpi buruk saat anda tak teliti menaruh beberapa peralatan rumah tangga yang akan beresiko untuk si buah hati.

Nah, jika sebelumnya kita sudah pernah membahas beberapa tempat dan sudut dirumah yang bisa berbahaya untuk si kecil di artikel "Daerah-Daerah Berbahaya" Di Rumah Bagi Balita, kali ini kita akan bahas beberapa peralatan yang bisa berbahaya untuk si kecil ketika mereka di rumah.

Continue Reading

Ketahui Dampak Buruk Sering Marahi Anak di Depan Umum

ketahui dampak buruk marahi anak depan umum

Diberkahi dengan buah hati dalam keluarga kecil yang kita miliki adalah anugerah besar yang Tuhan berikan dalam kehidupan kita.

Apalagi, jika keinginan ini sudah kita nantikan sejak dulu, namun baru saat ini Tuhan mendengar doa kita dan mengabulkan mimpi kita menimang buah cinta kita bersama dengan pasangan.

Ketika si anak baru lahir, melihat lugu wajahnya, polos matanya dan mungil tubuhnya, membuat kita begitu terpukau dan tersentuh sehingga rasa cinta kita kepada si buah hati teramat sangat besar. Berlanjut ke masa dimana si buah hati sudah bisa berjalan dan baru bisa melapalkan beberapa kosakata, rasa senang kita tak terbendung dan mengharapkan si anak segera besar agar kemampuannya semakin terasah dan tergali. Kemudian, si anak sudah mulai bisa berlarian kesana-kemari, ia pun kini sudah mulai bisa mengungkapkan rasa senang, sedih, kecewa bahkan kekesalannya terhadap kita. Salah sedikit saja, orangtua akan langsung dihadapkan pada kekesalan anak.

Perilaku yang ditunjukan oleh si buah hati

Continue Reading

Marah Pada Anak Tidak Selesaikan Masalah! Ibu Bijak Tahu Cara Mengatasinya

marah pada anak tak selesaikan masalah

Saat ini kita hidup di era yang serab sulit.

Yang mana, tekanan semakin besar dan terus saja bertambah dari hari ke hari. Mulai dari kenaikan harga kebutuhan pokok, lapangan pekerjaan yang semakin sulit, kemacetan yang tidak ada habisnya, bos yang pelit dan masih banyak lagi. Tekanan yang besar pada diri kita seolah memancing amarah semakin besar, pada akhirnya mood dalam diri menjadi begitu tak terkendali dengan amarah yang sering kali meledak. Belum lagi saat pulang kerumah dan melakukan tugas dan kewajiban sebagai orangtua.

Perilaku anak-anak yang sulit diatur dan tak bisa dinasihati, terkadang bisa saja membuat amarah kita terpancing dan terluapkan dengan begitu saja. Ya, dalam kehidupan sehari-hari, selalu ada saja hal-hal yang membuat kita sebagai orangtua dibuat stres dan frustasi. Di tengah-tengah kondisi yang memusingkan itu, muncul masalah dari si anak, mulai dari kehilangan kaus kakinya, atau mungkin teringat untuk membeli buku pelajaran yang diminta oleh si anak, sementara

Continue Reading

Tips Mempersiapkan Hari Pertama Anak Sekolah

tips mempersiapkan hari pertama anak sekolah

Saat usia anak sudah cukup untuk memasuki usia pendidikan, sudah saatnya orangtua mengirim mereka ke sekolah untuk medapatkan pendidikan dan mendapatkan bimbingan agar bakat dan kemampuan si kecil bisa dikembangkan dengan baik.

Hari pertama anak masuk sekolah adalah momen berharga yang sebagian dari anak-anak akan menjalanai momen ini dengan lancar, tanpa halangan dan berjalan baik-baik saja. Akan tetapi, tidak semua anak merasakan hal serupa dengan anak-anak lainnya. Momen hari pertama masuk ke sekolah bisa menjadi momen yang mendebarkan untuk si buah hati. Tak jarang, hal ini pun akan membuat si orangtua, khusunya ibu akan sedikit cemas dengan kondisi si anak. Hal ini mungkin wajar dirasakan oleh oragtua, pasalnya selama ini si anak pergi kemana-mana selalu ditemani oleh sang ibu dan sekarang si anak harus terspisah untuk sementara waktu karena harus belajar bersama dengan gurunya.

Akan tetapi, kecemasan pada orangtua ini tidak bisa dibiarkan demikian saja. Diperlukan usaha untuk segera mencari

Continue Reading

Sebelum Mendaftarkan Anak Pendidikan Usia Dini, Berikut Tips Persiapan yang Bisa Dilakukan

tips mempersiapkan anak sekolah usia dini

Bunda, si kecil sudah semakin besar ya sekarang.

Duh..duh...duh... ia juga sekarang sudah semakin cerewet serta rasa ingin tahunya menjadi sangat besar. Melihat teman-temannya yang berusia lebih besar darinya sudah bersekolah, kini ia pun seringkali merengek ingin ikut sekolah. Alasannya pun beragam dari mulai sudah adanya minat dan ketertarikannya dalam diri si kecil atau mungkin karena si buah hati seringkali merasa kesepian saat teman-temannya yang lain pergi ke sekolah. Nah, demikian tidak ada salahnya jika ditahun ajaran baru ini bunda memasukannya ke playgroup.

 

Tahun ajaran baru kini hampir tiba. Setelah anak-anak menjalani masa liburan semester yang begitu panjang, kini mereka akan kembali disibukkan dengan segala rutinitas pagi dan kegiatan sekolahnya. Si kakak yang biasanya bangun siang dan selalu ada dirumah menemani si adik bermain, kini ia harus kembali bangun pagi dan pergi ke sekolah. Tak ayal, kebiasaan si adik yang senantiasa bersama dengan si kakak dan bermain berdua,

Continue Reading

Tips Membangun Komunikasi yang Baik dan Efektif Bersama dengan Buah Hati

bangun komunikasi yang efektif dengan anak

Dikaruniai dengan keluarga yang utuh dan bahagia, tentu menjadi dambaan untuk setiap orang yang sudah menikah dan berkeluarga.

Betapa tidak, keluarga yang harmonis dan saling memahami serta saling mencintai satu sama lain didalamnya akan menumbuhkan kebahagiaan dan membuat siapa saja merasa betah tinggal dan berada dirumah. Rasanya, fungsi dari rumahku istanaku akan bisa didapatkan dari keluarga yang seperti ini.

 

Namun tentunya, sebuah keluarga yang bahagia dengan semua anggota yang merasa senang didalamnya, tidak didapatkan dengan mudah seperti membalikan kedua telapak tangan dari atas ke bawah. Hal ini memerlukan perjuangan dan kerja keras yang begitu panjang. Mulai dari pengorbanan, saling menghargai, saling memahami dan bahkan saling mencintai adalah beberapa kunci yang akan dapat menunjang sebuah keluarga yang bahagia. Apalagi sebuah keluarga terbentuk dari hubungan beberapa orang didalamnya seperti ayah, ibu, kakak dan adik, yang mana beberapa orang ini memiliki karakter dan kepribadian masing-masing yang berbeda.

Nah, untuk dapat mencapai

Continue Reading

Ketika Ada Masalah Di Sekolah, Siapa yang Harus Dipercaya? Anak atau Gurunya?

saat anak bermasalah disekolah percaya siapa

Bunda, pernahkan anda menjumpai kasus dimana bunda mendapatkan laporan yang berbeda dari buah hati anda yang bersekolah dengan laporan yang diberikan oleh gurunya?

Misalnya seperti ini, dihari itu, si guru melaporkan bahwa sikap anak kita begitu bandel, sulit diatur dan bahkan ia sampai melukai teman-temannya dan membuat onar satu kelas sehingga keadaan di sekolah menjadi gaduh dan tak kondusif. Akan tetapi, ketika anda mengkonfirmasi si anak, ia justru memberikan jawaban yang berbeda dengan apa yang disampaikan oleh gurunya. Sebaliknya, anak anda pulang dengan laporan yang berbeda yang disampaikan dengan laporan gurunya dihari yang sama, ia justru mengatakan bahwa gurunya memperlakukannya dengan galak, sampai menjewer, mencubit dan memarahinya dengan begitu besar. Atau bisa jadi si kecil pulang sekolah dengan membawa "oleh-oleh" yakni berupa sikap atau kata-kata baru yang buruk, dan ketika anda menegurnya, ia menjawab bahwa ibu guru yang mengajarkannya di sekolah. Dan sementara itu, ketika anda mengkonfirmasi guru yang bersangkutan,

Continue Reading

Bentuk Kepribadian yang Baik, Orangtua Perlu Berikan Kepercayaan Pada Anak

memberikan kepercayaan pada anak

Setiap anak yang lahir ke dunia, diberikan kekurangan dan kelebihan oleh Tuhan.

Yang mana kedua hal ini adalah untuk disyukuri dengan cara menerima kekurangan yang telah diberikan dan mengembangkan kelebihan yang telah Tuhan anugerahkan dalam kehidupan si anak.

 

Setiap anak memiliki potensi pada dirinya masing-masing, yang tentunya potensi antara satu anak dengan anak lainnya tidak akan sama persis. Namun tahukah anda, bahwa petensi yang diberikan ini sejatinya bergantung pada bagaimana orangtua mereka mengasuh dan mendidiknya?

Setiap anak yang dilahirkan ke dunia, datang dengan keadaan suci, polos dan tidak tahu apa-apa. Bak sebuah kertas putih yang bersih, anak-anak yang baru saja dilahirkan, belum dibekali kemampuan apa-apa selain kemampuan motorik untuk membuka kedua matanya dan menerima rangsangan yang diberikan oleh dunia luar, seperti sentuhan, ciuman, tiupan dan lain sebagainya.

Adalah tugas seorang orangtua dalam mengenalkan anak pada banyak hal dan memberikan pendidikan baru agar anda bisa belajar dengan lebih baik

Continue Reading

Ketahui Beberapa Cara Ungkapan Sayang dan Cinta Buah Hati Pada Anda

mengetahui cara anak ungkapkan sayang

Memiliki buah hati ditengah-tengah keluarga tercinta yang begitu anda banggakan, tentu menjadi kebahagian yang besar.

Apalagi kehadiran si buah hati ini adalah doa panjang yang lewat perjuangan keras baru saja anda dapatkan. Tentu saja, cinta anda kepada si buah hati akanlah sangat besar. Tak heran jika anda akan begitu sangat memperhatikan dan mengawasi si buah hati dengan sangat seksama. Cinta yang begitu besar kepada si buah hati inilah yang membuat anda akan merasa khawatir jika si kecil berada dalam bahaya atau ada suatu hal yang bisa mengancam keselamatannya.

 

Selain itu, sebagai orangtua, kita tentu ingin jika buah hati yang begitu kita kasihi juga memiliki rasa yang sama terhadap diri kita sebagaimana kita mencintai mereka dengan begitu besar. Akan tetapi, anak-anak terutama anak bayi tentu saja belum dapat mengungkapkan perasaan dan kasih sayangnya lewat kata-kata.

Nah, saat hal ini terjadi pernahkah terlintas dalam benak anda sebuah perasaan dimana anda

Continue Reading

Saat Anak Mengeluh Sakit dan Tak Mau Sekolah Apa yang Harus Dilakukan?

ketika anak tak mau sekolah

Bunda, pernahkah anda mendapati si buah hati mengeluhkan sakit kepala dan lantas menganjurkan diri agar ia tak masuk sekolah?

Atau barangkali, saat bunda tengah menyiapkan sarapan di dapur tiba-tiba si kecil merengek menghampiri dan mengeluhkan perutnya sakit dan manyatakan tak ingin pergi ke sekolah? Nah, setelah mendengar keluhan ini, lantas biasanya seperti apa sih respon bunda di rumah?

Ya, tidak sedikit anak-anak yang seringkali mencoba mencari alasan dengan menggali berbagai macam trik agar mereka bisa melewatkan pergi ke sekolah. Jangankan untuk alasan tertentu, untuk disuruh pergi ke sekolah saja, tiap pagi bunda seringkali dibuat kesusahan saat harus membangunkan si buah hati.

Berbagai alasan diungkapkannya supaya orangtua bisa memakluminya untuk tidak pergi ke sekolah. Ada yang menyatakan sakit seperti diatas, atau bahkan tiba-tiba si anak menunjukan sikap kepayahan disertai dengan batuk-batuk ringan. Dari sikap ini, tak jarang, ibu pun memakluminya untuk sekali waktu. Namun, bagaimana jika ternyata setelah alasan ini, esok

Continue Reading

Bantu dan Ajarkan Balita Atasi Masalahnya Sendiri

ajarkan balita atasi masalahnya sendiri

Ketika anak bertengkar bersama dengan teman-temannya dan anda mendapati mereka saling marah dan menjauhi satu sama lain.

Maka sebaiknya jangan terburu-buru untuk menghampiri anak dan menanyakan apa yang terjadi, lalu setelah itu melerai permasalahan antar keduanya.

Ya, seringkali sebagai orangtua dari anak balita, kita seringkali dibuat khawatir saat anak-anak terjebak pertentangan dan adu argumentasi, pada akhirnya anda akan langsung menyelesaikan masalahnya dan melerai pertengkaran tersebut dengan alasan anak-anak yang masih begitu kecil belum bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Bahkan beberapa mengatakan bahwa jangankan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, untuk mengurus dirinya sendiri saja anak-anak belum mampu.

Namun siapa bilang demikian? Ketika anak besar kelak, mereka dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah sendiri bukan? Nah, untuk itulah tidak ada salahnya jika hal tersebut diajarkan sejak mereka usia dini. Bukankah pengajaran sejak dini akan jauh lebih berguna dibandingkan saat mereka sudah besar kelak? Untuk itulah, saat anda sudah melihat anak-anak sudah memiliki kemampuan untuk berpikir

Continue Reading

Agar Aman dan Nyaman, Inilah Tips yang Bisa Dilakukan Ketika Bunda Harus Menitipkan Buah Hati

menitipkan anak

Sebaik-baiknya pengasuhan anak adalah pengasuhan orangtua di rumah.

Terutama dalam hal ini dilakukan oleh ibunya sendiri. Dengan pengasuhan yang langsung dilakukan oleh ibu, semua kebutuhan dan segala perawatan yang diinginkan akan bisa dilakukan dengan baik.

Akan tetapi, bagaimana jika keadaannya tidak memungkinkan seorang ibu untuk bisa menjaga si buah hati dirumah dengan sepenuhnya? Hal ini umumnya banyak dialami oleh ibu yang bekerja, wanita karir atau dalam keadaan dimana seorang ibu rumah tangga terdesak harus pergi keluar rumah yang dengan alasan tertentu tidak bisa membawa serta buah hatinya.

Inilah salah satu dilema yang banyak dialami beberapa wanita yang memiliki kesibukan diluar rumah. Meski rasa cintanya begitu besar kepada si buah hati, akan tetapi apa daya ketika kewajiban dan kebutuhan menuntut mereka untuk berada jauh dari rumah dan meninggalkan buah cintanya. Alhasil, menitipkan anak banyak dipilih sebagai solusi untuk menjaga keselamatan si buah hati.

Ibu yang memiliki kesibukan diluar rumah dan terpaksa

Continue Reading

Bunda, Si Kecil Pun Berhak Membela Dirinya, Ketahui Sikap yang Harus Dilakukan Orangtua

anak berhak membela diri

Bunda, apa yang biasanya bunda katakan pada si buah hati sata mereka disakiti atau dinakali oleh teman-temannya?

Ya, dunia anak adalah dunia bermain, bergembira bersama, tertawa riang, bermain berkelompok adalah hal yang amat disenangi anak-anak. Hal inilah yang akan membuat anak-anak ceria dan gembira. Tak pelak, wajah sumringah dan ekpresi bahagia seringkali tergambar di wajah si kecil saat mereka berada bersama dengan teman-temannya. Sampai senangnya, anak-anak akan merasa kehadiran orangtua yang mengawasi mereka membuat si anak merasa tak nyaman dan meminta kita untuk meninggal mereka bersama dengan teman-temannya.

Memang menyenangkan saat anak-anak bisa bermain dan ceria dengan teman-temanya. Hanya saja, waktu bermain dan kecerian ini hanya berlangsung beberapa menit dan tiba-tiba si anak akan pulang dengan wajah murung dan tangisan di wajahnya. Ketika ditanya apa penyebabnya, si anak akan menyatakan berbagai alasan mulai dari ditinggalkan oleh teman-temannya, dijauhi, dikatai atau bakan sampai disakiti. Nah, jika sudah begini tak jarang kita

Continue Reading

Tips Melatih Si Kecil Berganti Baju Sendiri

melatih anak berganti baju sendiri

Sejak lahir bayi membutuhkan bantuan ibunya.

Semua hal tidak dapat mereka lakukan sendiri tanpa bantuan dari orangtuanya. Mulai dari mengganti diaper, makan, mandi bahkan ketika berganti pakaian atau hendak memakai baju, semua hal ini dilakukan oleh orangtuanya. Akan tetapi, ketika anak memasuki usia yang sudah cukup matang, maka sudah saatnya si anak melakukan segala halnya sendiri. Hal ini tentunya dimaksudkan untuk memperkenalkan anak pada sesuatu hal yang baru dan membuat mereka belajar. Namun disamping itu, hal yang paling penting dalam hal ini adalah mengajarkan anak untuk bisa mandiri.

 

Penting sekali mengajarkan kemandirian pada anak, apalagi mengingat bahwa orangtua tidak akan selamanya berada disamping anak. Dengan demikian, mengajarkan kemandirian pada anak perlu sekali diajarkan sejak mereka berusia dini.

Ada banyak hal yang perlu diperkenalkan dan diajarkan pada anak sejak dini agar mereka bisa mandiri. Termasuk, mengajarkan anak untuk berpakaian dan berganti baju. Anak berusia 2-3

Continue Reading

Ibu Bijak Tunjang Kualitas Kepribadian Anak, Kenali Ciri Menjadi Ibu yang Bijak

jadi ibu bijak

Kecantikan seorang wanita bukan hanya dilihat dari seberapa indah paras yang dimilikinya, bukan pula seberapa putih dan mulus kulit tubuhnya.

Kecantikan sejati adalah kecantikan yang berasa dari hati. Kecantikan inilah yang tidak akan pudar atau luntur oleh waktu. Tugas seorang istri dalam rumah tangga bukan hanya mengurus dan melayani suami. Bagi para istri yang sudah dikaruniai buah hati dalam keluarga kecilnya, kini bertambah pula lah kewajiban anda yang baru, yakni mengasuh, membesarkan dan mendidik putra dan putrinya.

Sudah bukan rahasia, jika kegiatan mengasuh dan mendidik anak dalam rumah tangga bukanlah kegiatan yang mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Akan ada banyak rintangan dan tantangan yang akan dihadapi oleh orangtua, terutama dalam hal ini adalah seorang ibu. Untuk itulah, diperlukan sosok wanita sekaligus ibu yang hebat yang akan siap menghadapi dan menerima tantangan besar ini.

Banyak wanita yang merasa khawtir dan ketakutan menjadi seorang ibu. Segala kemungkinan buruk dan ketakutan akan

Continue Reading

Bantu Anak Atasi Stress Menjelang Ujian Sekolah

bantu anak atasi stres ujian sekolah

Tak terasa yah, rasanya seperti baru kemarin anak-anak sekolah diberikan libur semester yang panjang dan kini sudah mulai disibukan dengan quiz-quiz untuk mempersiapkan ujian sekolah.

Ya, semester pertama hampir habis dijalani anak-anak yang sekolah, yang mana ini berarti anak-anak akan kembali dihadapkan pada ujian baru yang harus mereka lampaui sebelum naik ke semester selanjutnya. Ini pula lah yang sering kali membuat anak-anak kerepotan mempersiapkan diri untuk ujian yang tinggal menghitung hari.

 

Nah, berbicara mengenai ujian sekolah, ibu, pernahkah anda dibuat khawatir dengan kondisi si buah hati yang terlihat sibuk dan bahkan cemas menghadapi ujiannya di esok hari? Perasaan cemas, takut dan tak karuan seringkali menjadi beberapa hal yang dinampakan pada diri anak-anak saat waktu ujian atau test di sekolah segera tiba. Tak jarang, hal ini juga membuat kita khawatir dan merasa kasihan dengan buah hati kita yang seolah keteteran mempersiapkan diri. Alhasil, tidak sedikit anak-anak yang tak tahan

Continue Reading

Kiat Hebat Mendidik Anak Laki-Laki Agar Tumbuh Menjadi Pria Hebat yang Mengagumkan

agar anak laki laki jadi pria mengagumkan

Dikarunia buah hati dalam keluarga tentu menjadi kebahagian yang teramat besar untuk para orangtua.

Apalagi mereka yang telah sekian lama menantikan memiliki buah hati yang dengan segala upaya dan usaha rela melakukan apa saja demi kehadiran si kecil di tengah-tengah keluarganya. Tentu saja, hal ini akan menjadi kebahagiaan yang begitu besar untuk sebuah keluarga. Dengan demikian, tak heran jika banyak orangtua akan melakukan hal apa saja dan mengupayakan banyak hal demi menjaga dan melindungi buah cinta yang mereka miliki.

Kehadiran anak-anak dalam keluarga menjadi tanggung jawab besar untuk orangtua. Sebab sudah menjadi kewajiban orangtua dalam melindungi dan mendidik buah hati yang mereka miliki. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar anak-anak tumbuh menjadi sosok yang memiliki kepribadian yang baik, sopan, santu dan juga meiliki moral dan martabat yang baik, yang mana hal ini adalah dambaan untuk setiap orangtua.

Anak-anak ibarat sebuah kertas putih yang masih kosong. Apa yang kita berikan dan

Continue Reading

Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Sewaktu Memberikan Larangan "Tidak" Atau "Jangan" Pada Si Kecil

hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengucapkan larangan

Setiap orangtua didunia tentu menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anak mereka.

Itulah mengapa, ada banyak upaya dan tindakan yang akan dilakukan para orangtua untuk bisa mengendalikan dan membimbing anak-anaknya pada jalan yang mereka kehendaki, tentunya jalan tersebut adalah jalan yang benar yang tidak akan menjerumuskan anak-anaknya.

Nah, dalam rangka mengarahkan dan membimbing anak inilah yang membuat orangtua banyak menerapkan peraturan dan arahan dalam kehidupan seorang anak. Hal ini tentu saja, semata-mata demi membatasi sikap anak agar tidak menyimpang dan berlebihan. Untuk itulah, dalam mendidik anak orangtua akan memberlakukan apa yang boleh dilakukan oleh anak dan apa yang tidak diperbolehkan anak-anak untuk dilakukan yang mana hal ini seringkali disebut dengan larangan.

Ketika buah hati mereka kedapatan melakukan sesuatu yang bisa membuat mereka dalam bahaya atau melanggar sebuah peraturan yang sudah dibuat, maka orangtua cenderung akan memberlakukan larangannya dengan mengatakan "tidak" atau "jangan" pada buah hati mereka.

Akan tetapi, dua kata larangan

Continue Reading

Agar Mendidik Anak Berhasil, Ajak Pengasuh Kerja Sama Disiplinkan Buah Hati

pengasuh mendisiplinkan anak anak

Sebagai orangtua tentunya kita menginginkan jika buah hati yang kita lahirkan bisa tumbuh menjadi orang yang sukses, memiliki kepribadian yang menyenangkan dan memiliki etika serta budi pekerti yang luhur.

Untuk itulah, segala hal dan upaya akan senantiasa kita lakukan demi memiliki buah hati yang telah kita impikan. Perkembangan buah hati dalam keluarga, tentu akan dapat berjalan dengan baik, jika peran orangtua dalam mendidik buah hati bisa diberikan secara penuh. Dalam hal ini, tentunya akan lebih mudah mendisiplikan dan mendidik mereka, jika orangtua berperan langsung dan mengambil andil secara penuh dalam membesarkan anak-anaknya.

Ketika orangtua, mengambil andil yang besar dalam kehidupan anak-anaknya, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk bisa mengatur, mengendalikan dan mendisiplinkan anak-anaknya. Akan tetapi, lebih sulit tentunya bagi orang tua yang memiliki kesibukan tersendiri, seperti misalkan orangtua karir.

Pada orangtua yang bekerja, maka akan sedikit sulit untuk mereka bisa menghabiskan waktu penuh bersama dengan anak-anaknya. Hal ini dikarenakan,

Continue Reading

Kenali Dampak Buruk Dari Pola Asuh Hyper Parenting Pada Anak

dampak buruk hyper parenting

Setiap orangtua tentu menginginkan hal-hal yang terbaik untuk buah hatinya.

Orangtua tentu menginginkan anak-anak yang mereka lahirkan ke dunia dapat tumbuh menjadi anak-anak yang sukses, cerdas dan menjadi pribadi yang menyenangkan untuk lingkungannya. Mereka ingin bahwa anak-anak mereka dapat hidup bahagia, memiliki karir yang bagus, berperilaku menyenangkan dan lain sebagainya.

Sayangnya, tidak semua orangtua memahami bahwa masing-masing anak memiliki kepribadian, karakter dan bahkan cita-cita yang berbeda. Sehingga, tidak bisa jika seorang orangtua memaksakan kehendaknya dan menerapkan pola pengasuhan yang sama rata pada semua anak dengan mengganggap bahwa pola pengasuhan sebelumnya telah berhasil mereka terapkan untuk anak-anaknya.

Seringkali kita sebagai orangtua memkasakan kehendak dan keinginan kita pada anak-anak tanpa mempertimbangkan kemampuan, kesiapan dan perasaan anak-anak dengan dalih ingin jika anak-anak kita mendapatkan hal yang terbaik untuk kehidupannya. Inilah yang terjadi pada orangtua yang menerapkan pola asuh hyper parenting.

Apa Itu Pola Asuh Hyper-Parenting?

Hyper-parenting merupakan pola pengasuhan yang dilakukan dengan kontrol

Continue Reading

Tips Mengajarkan Etika Bermain Sewaktu Si Kecil Berada di Rumah Temannya

etika anak bermain dirumah

Dunia anak adalah dunia bermain.

Memiliki banyak teman dan hari-hari yang diisi dengan penuh candaan dan gurauan bersama dengan sahabat kecilnya adalah hal yang menyenangkan untuk si kecil. Kegiatan inilah yang paling sering menjadi kegiatan yang paling ditunggu untuk si buah hati. Itulah mengapa, anak-anak akan cenderung lebih menikmati harinya jika ada begitu banyak teman-temannya dirumah maupun bermain diluar rumah.

Bermain bersama dengan teman-teman dan lingkungannya banyak memberikan hal yang positif untuk si buah hati. Dengan bermain, ia akan belajar sendiri bagaimana berinteraksi dengan lingkungan dan teman-temannya. Selain itu, kemampuan anak untuk dapat bersosialisasi akan dapat diasah disini. Anak-anak yang memiliki banyak teman akan cenderung lebih aktif dan ceria, pasalnya mereka akan dapat belajar untuk berbagi dan saling memahami. Selain itu, kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan bersosialisasi membuat mereka belajar sejak dini untuk dapat mengasah kemampuannya berinteraksi dengan lingkungannya. Bukan hanya itu, ada lebih banyak hal positif yang akan didapatkan

Continue Reading

Ciptakan Keluarga Lebih Rukun, Berikut Cara Mengatasi Rasa Cemburu Kakak Beradik

menghidnari cemburu kaka beradik

Ada begitu banyak perasan yang terdapat dalam diri manusia, salah satunya adalah perasaan cemburu.

Kecemburuan ini bisa muncul dalam beberapa kasus, seperti salah satunya adalah kecemburuan yang muncul dalam sebuah hubungan. Rasa cemburu yang terjadi dalam hubungan keluarga dapat muncul karena timbulnya perasaan bahwa orang tersebut merasa tidak cukup dengan apa yang ia dapatkan dibandingkan dengan apa yang dimiliki oleh saudaranya, seperti cemburu akan kasih sayang, perhatian dan bahkan cinta dari keluarganya. Perasaan cemburu bukan hanya dirasakan oleh orang dewasa, hal serupa juga bisa dirasakan anak-anak dalam keluarga seperti kakak beradik.

Perasaan cemburu yang tidak terselesaikan pada anak-anak yang masih kecil dikhawatirkan hal in akan berdampak saat merkea tumbuh dewasa kelak. Dampak yang ditimbulkan dari perasaan cemburu ini bukan haya akan tertuju pada adik dan kakak saja, namun juga kelak ketika mereka dewasa, perasaan yang lebih mendalam akan meluas pada keluarga besar dan masyarakat.

Perasaan cemburu tentu bukanlah sebuah perasaan

Continue Reading

Agar Tidak Stres Atasi Tantrum Si Kecil yang Meledak-Ledak

agar tak stres hadapi tantrum anak

Banyak orangtua yang mengeluhkan betapa susah dan sulitnya mengasuh anak dimasa saat ini.

Apalagi pola pikir orangtua saat ini sudah mengalami perkembangan yang lebih pesat, dimana mereka tidak hanya menginginkan anak-anak yang pintar, namun juga mengharapakan buah hati mereka memiliki perilaku yang terpuji dan akhlak yang baik.

Hambatan yang dihadapi orangtua dalam mendidik anak, bukan hanya terpaku pada sikap anak yang lebih berani dan "agak" sulit untuk diatur. Namun juga, tantangan globalisasi budaya, informasi dan tekhnologi yang turut andil dalam mewarnai sikap anak-anak, membuat orangtua semakin kelawahan dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya. Ibaratkan, membangun sebuah istana pasir di dekat pantai, sapuan ombak yang besar seringkali tak terhindarkan yang pada akhirnya membuat bangunan yang telah dengan susah payah kita buat, ambruk dan hancur tak tersisa. Keadaan inilah yang pada akhirnya membuat stres pada orangtua tak lagi dapat dibendung.

Repot, kelelahan dan kesulitan adalah beberapa hal yang seringkali dikeluhkan para orangtua, terutama

Continue Reading

Tips Agar Anak-Anak Tak Berebut Barang

agar anak tak berebut barang

Si adik dan si kakak adalah dua buah hati ibu yang tercinta.

Sewaktu akhir pekan, ketika semuanya berkumpul dirumah adalah kegiatan yang menyenangkan bisa bercengkrama dan berkumpul bersama dengan semua anggota keluarga. Apalagi, jarang sekali mendapatkan momen seperti ini ketika si ayah harus bekerja dan si kakak sudah mulai masuk sekolah dasar. Dirumah, ibu hanya ditinggal berdua bersama dengan si adik yang masih balita. Itulah mengapa, kegiatan berkumpul bersama-dama menjadi momen jarang yang sangat menggembirakan.

Akan tetapi, ketika si kakak dan si adik disatukan dalam sebuah ruangan dan bermain bersama, selalu ada saja perselisihan yang terjadi. Hal tersebut terjadi tak jarang karena disulut dengan saling berebut barang yang masing-masing bersih kukuh ingin memilikinya. Si kakak yang masih kecil dan si adik yang terlalu kecil, seringkali susah untuk mengatur mereka dan meminta salah satunya mengalah. Alhasil, rumah yang tadinya begitu hangat dengan kebersamaan, berubah menjadi kegaduhan dan pecah seketika dengan perselisihan

Continue Reading

Jadi Orangtua Pintar, Kenali Beberapa Anggapan Keliru Anak Pada Pola Asuh Orangtua

anggapan anak yang keliru pada pola asuh orang tua

Sebagai orangtua, sudah tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati kita.

Tidak ada orangtua yang rela jika buah hati yang telah dengan susah payah mereka lahirkan kedunia tidak mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang besar dari kedua orangtuanya. Untuk itulah, orangtua akan dengan rela mengusahakan segala cara dan upaya untuk bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tak peduli susah, tak menghiraukan kesulitan, dan mengabaikan rasa letih adalah pengorbanan besar yang diberikan orangtua sebagai wujud kasih sayang yang tiada tara untuk buah hati yang mereka cintai. Segala pengorbanan dan perjuangan mereka lakukan semata-mata demi sang anak agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah.

Akan tetapi, perjuangan berat yang begitu panjang ini bukan berarti dijalani oleh orangtua dengan tanpa ada rintangan dan halangan. Selalu ada saja hambatan dan halangan yang menghiasi perjuangan itu. Namun demikian, hal tersebut tak serta merta membuat upaya orangtua dalam memberikan

Continue Reading

Tips Penting Latih dan Ajarkan Si Kecil Hargai Perbedaan Fisik

ajarkan anak hargai perbedaan fisik

Bunda, pernahkah anda membawa si kecil ke sebuah tempat dan ketika anda mendatangi tempat tersebut ada seorang kerabat, teman ataupun saudara anda yang memiliki keterbatasan fisik?

Lalu bagaimanakah reaksi si kecil sewaktu melihat perbedaan fisik dirinya dengan orang yang ia lihat?

Ya, seringkali ketika tak sengaja ketika si kecil dipertemukan atau bertemu dengan seseorang yang memiliki keterbatasan fisik, mereka akan memberikan respon yang spontan dengan memberikan opini yang mengejutkan. Terkadang opini ini dilontarkan dengan nada lantang dan blak-blakan yang membuat kita sebagai orangtuanya merasa tak enak hati dengan orang tersebut. Ya namanya juga anak-anak, kepolosan mereka sewaktu mendapatkan sesuatu hal yang baru, termasuk saat mereka menjumpai orang-orang yang memiliki perbedaan fisik dengan mereka, maka akan secara spontan mereka memberikan respon yang tanpa beban denagn tanpa mempertimbangkan apa yang mereka ucapkan.

Umumnya, perbedaan ini akan mulai ditangkap oleh anak-anak dari usia 4 tahun ke atas. Di usia ini, anak-anak sudah bisa

Continue Reading

Ketahui Nilai Lebih Saat Anak Laki-Laki Lebih Dekat dengan Ibunya

kelebihan anak laki laki dekat dengan ibu

Anak laki-laki yang cenderung menjalin kedekatan yang lebih bersama dengan ibunya dibanding dengan ayah mereka, seringkali dijuluki dengan "anak mama".

Predikat "anak mama" pada anak laki-laki seringkali diidentikan dengan sesuatu yang kurang indah. Lain halnya dengan julukan "anak papa". Julukan ini umumnya sering tergambar sebagai seseorang yang hebat, maskulin, berjiwa tangguh seperti sering bermain dan menghabiskan waktu dengan ayahnya yang membuat mereka terlihat seolah benar-benar hebat.

Akan tetapi, ketika anak laki-laki mendapatkan julukan "anak mama", julukan ini seringkali digambarkan sebagai sesuatu yang kurang menyenangkan. Anak laki-laki yang cenderung lebih dekat dengan ibunya dan meniru segala pekerjaan ibunya dirumah, seperti halnya belajar memasak, mencuci pakaian sendiri atau bermain peran dengan boneka. Tak sedikit orang yang akan mengeryitkan dahinya dan merasa seolah anak laki-laki seperti ini dianggap kurang maskulin.

Apalagi sewaktu si ibu seringkali dibuat khawatir ketika anak laki-lakinya berada jauh dari si ibu. Tak pelak, akhirnya si ibu sering mengunjungi si

Continue Reading

Sudah Tepatkan Pola Mendidik Anak Kakak yang Harus Selalu Mengalah?

tepatkah pola didikan kakak mengalah pada adik

Memiliki dua anak atau lebih yang masih kecil dalam sebuah rumah seringkali menjadi hal yang menyenangkan.

Selain rumah menjadi begitu hangat, kehadiran dua malaikat kecil ini seringkali menjadi kebahagiaan dan pelipur lara yang begitu mujarab. Aplagai saat mereka terlihat kompak sewaktu melakukan segala halnya bersama dan mau berbagi hal bersama-sama.

Akan tetapi, semua bayangan indah ini seketika menghilang dan berubah menjadi kegaduhan, ketika si kakak yang masih berusia 7 taun dan si adik yang berusia 4 tahun berkelahi dan berebut sesuatu. Mulai dari suasana hingar bingar, tawa, tangis atau bahkan suara teriakan yang bercampur aduk dengan suara mainan yang terus berbunyi terdengar disetiap pojok ruangan. Rumah tak ubahnya seperti kapal pecah, semua peralatan dan perabotan berserakan dan terporak-poranda dimana-mana. Ketika sudah begini, meskipun ibu sudah memperingati untuk menghentikan perkelahian tersebut, tetap saja rasanya suara peringatan ibu kalah kencang dari teriakan dan histerisnya suara anak-anak.

Meskipun keduaanya sama-sama anak perempuan, namun

Continue Reading