Tips Sabar dan Ikhlas Menjadi Ibu Dalam Merawat Anak

Semua masalah dalam hidup mengenalkan kita berbagai perasaan. Semua bisa diatasi dengan ikhlas menerima takdir Allah dan yakin ada maksud di baliknya.

Sabar bukan berarti pasrah dan menyerah. Melainkan menjaga fikiran tetap tenang dan mencari solusi untuk semua masalah. Karena seperti kata-kata bijak ulama, Allah tidak akan memberikan cobaan yang tidak bisa siatasi oleh hambaNya.

Ada beberapa kata-kata sabar dan ikhlas ketika menjadi ibu dalam merawat anak.

Berikut adalah beberapa tips sabar dan ikhlas bagi seorang ibu dalam merawat anak:

 sumber: https://pixabay.com/vectors/boy-child-family-female-guardian-1300397/

1.        Berfikiran Positif

Kala jatuh dan dihadapi masalah bertubi-tubi, sangat sulit berfikir positif. Anda bisa kehilangan lebih banyak bila terus-menerus mengeluh. Jadikan kata-kata bijak islami, penyejuk hati dan motivasi sebagai pedoman, khususnya dari kata-kata ulama.

2.        Menghindari Marah

Dalam rumah tangga, penting untuk sabar dalam menghadapi suami, sabar menghadapi istri dan sabar menjalani hidup. Di sanalah sumber pahala bagi orang yang sabar dan ikhlas. Menghadapi semua hal dengan kepala dingin adalah awal yang tepat.

Untuk menhindari marah, bacalah istigfar selalu dan ingat kepada sang Maha Esa bahwa Dia akan memberikan lebih baik nanti daripada sekarang.

3.        Memaafkan

Kecewa dengan takdir atau anak adalah perasaan yang dialami seseorang kalau berharap dari orang lain. Berharaplah hanya pada Sang Khalik dan sabar dalam menghadapi pasangan, anak, orang tua. Karena manusia adalah tempatnya salah.

4.        Berkegiatan Positif

Ikhlas dalam beribadah, berdoa dan percaya akan dikabulkan. Adalah segelintir hal yang bisa dicoba adalah aktifitas yang positif. Selain itu ikhlas dalam beramal dan bekerja akan lebih cepat membukakan masalah finansial. Apakah kegiatan positif yang Anda lakukan?

5.        Beribadah dan Relaksasi

Jangan salah, bekerja juga termasuk ibadah. Ikhlas dalam bekerja dan memperkaya pengetahuan dengan kata-kata bijak islami akan menjadi motivasi. Bahkan ibadah bisa jadi kegiatan untuk melepas beban fikiran dan berpasrah diri. Anda akan lebih santai dan lebih positif menghadapi hidup.

6.        Waspadai Penyakit Akibat Masalah Emosi

Tidak ada kata-kata sabar dan ikhlas dalam hidup yang lebih mujarab dari pada kata mutiara islami penyejuk hati. Waspada dengan berbagai penyakit hati yang menganggu kesehatan. Oleh karena itu tidak pemarah adalah hal penting untuk menjaga kestabilan emosi.

7.        Managemen Stress

Hadapi berbagai problematika dengan mengetahui cara menanggulanginya. Orang kadang larut dalam amarah dan jadi sumber stres.  Tips dalam menghadapi anak juga sama dengan menanggani masalah hidup lainnya. Diperlukan kesabaran dan keiklasan.

8.        Yakin Sang Pencipta Tidak Berpaling

Bersabarlah dengan apa yang diminta, karena bila belum dikabulkan mungkin memang adalah hal terbaik. Rahasia Ilahi adalah sebaik-baiknya Sang Pencipta adalah sesuai dengan perasangka hambaNya. Oleh karena itu ikhlas dan sabar dalam hidup.

9.        Kuatkan Niat

Bila ingin sukses maka ikhlaslah dalam segala sesuatu yang dilakukan. Ikhlas dalam bekerja, beribadah dan bersedekah. Segerakan bila sudah niat dan jangan khawatir. Memasrahkan diri pada Allah setelahmengerahkan semua daya upaya.

10.    Dekatkan Diri Dengan Keluarga

Tips dalam menghadapi anak, suami dan istri adalah menerima mereka apa adanya. Berharap orang lain berubah, sementara mereka diharuskan menerima Anda adalah suatu hal yang tidak Adil. Perlakukan orang lain terutama keluarga seperti Anda dingin diperlakukan.

11.    Kelilingi Diri Dengan Orang Baik

Sebaik-baiknya teman adalah yang memberikan pengaruh positif. Selain menerima nasehat dari kata-kata bijak ulama, teman yang positif dapat menjadi sarana untuk melatih diri untuk jadi orang yang sabar dan ikhlas.

Demikianlah beberapa tips sabar dan ikhlas dalam hidup yang mudah dipahami dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Ikhlas menerima takdir Allah juga disertai dengan sabar dalam menghadapi istri, suami, anak dan berbagai problematika dunia. Mulai dari hal mudah dan sekarang juga untuk menjadi orang yang lebih sabar dan ikhlas.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply