Tips Ajarkan Anak Pakai Baju Sendiri Agar Mandiri

Tips Ajarkan Anak Pakai Baju Sendiri  – Memakai baju sendiri menjadi kegiatan yang cukup menantang untuk anak-anak. Selain menggunakan motorik, namun memakai baju juga membutuhkan konsentrasi. Selain itu, keterampilan memakai baju sendiri akan sangat bermanfaat untuk kemandirian.

Kemandirian harus diajarkan pada anak. Jika tidak belajar, si kecil tidak akan tahu bagaimana ia harus membantu dirinya sendiri. Jika anak tidak dilatih kemandirian sejak dini, maka ia bisa menjadi orang yang selalu bergantung pada orang lain hingga dewasa kelak.

Dalam kehidupan sehari-hari, anda bisa mengajarkan kemandirian pada anak  dengan melakukan berbagai hal, termasuk memakai bajunya sendiri. Walaupun tidak mudah, namun anda bisa dengan perlahan mengajarkan anak  memakai bajunya sendiri.

tips ajarkan anak pakai baju sendiri

Usia Berapa Anak Bisa Memakai Baju Sendiri?

Memakai baju adalah kegiatan yang sederhana, namun tidak begitu untuk anak-anak. Si kecil perlu belajar agar terbiasa memakai bajunya sendiri. Lantas usia berapa tahun anak bisa memakai bajunya sendiri? Berikut tahapan perkembangannya.

Usia 1 Tahun . Ketika anak berusia 1 tahun, minat pada pakaian akan terlihat. Namun, pada usia ini masih kecil untuk bisa memakai bajunya sendiri. Di usia ini si kecil sudah bisa mengangkat tangan untuk dimasukan ke lengan baju, kemudian menjulurkan kaki untuk memakai sepatu.

Usia 1,5 Tahun. Di usianya yang ke 18 bulan si kecil akan mulai pandai membuka pakaiannya sendiri. Ia dapat membuka topinya sendiri, melepas sepatu, kaus kaki dan lain sebagainya. Namun, hanya bisa membuka saja, namun belum bisa menggunakannya sendiri.

Usia 2-3 Tahun. Di usia ini secara eksponensial, motorik si kecil sudah berkembang. Di rentang usia ini, anak akan belajar melakukan berbagai hal seperti menyimpan sepatunya sendiri, membuka resleting atau memakai topi. Meskipun begitu, di usia ini si kecil masih belum sepenuhnya siap untuk memakai bajunya sendiri.

Usia 4 Tahun. Keterampilan motorik  untuk memakai dan membuka pakaiannya sendiri di usia ini seharusnya sudah dikuasai si kecil. Di usia ini anak mungkin masih membutuhkan bantuan dalam melakukan beberapa hal yang sulit dilakukan sendiri, seperti mengikat pita, memakai kancing di belakang dan lain sebagainya.  Namun, apabila di usia ini si kecil belum lancar melakukannya, bukan berarti ia tidak bisa melakukannya, karena perkembangan anak biasanya berbeda.

Tips Ajarkan Anak Pakai Baju Sendiri

Ketika usia si kecil dua atau tiga tahun, anda dapat mulai mengajarkan pada anak cara memakai baju sendiri. Mengajarkan si kecil memakai pakaiannya sendiri mungkin menjadi tantangan untuk anda. Namun, jika anda sabar mengajarkan anak, lambat laun si kecil  akan bisa melakukannya. Nah, simak tips mengajarkan anak pakai baju sendiri di bawah ini.

Mulai dengan Pakaian Sederhana

Anda bisa memulai mengajarkan si kecil dari pakaian yang sederhana. Pilihlah pakaian yang tidak membutuhkan kemampuan khusus ketika digunakan. Hal ini akan membuat si kecil mudah dalam belajar menggunakan bajunya. Anda bisa memilih beberapa pakaian seperti kaos longgar ataupun celana bahan yang memiliki karet longgar pada pinggangnya.

Anda bisa memberitahu si kecil bagaimana seharusnya baju tersebut digunakan. Beri tahu pada anak bagian baju mana yang seharusnya ada di depan ataupun di belakang. Anda bisa memberitahu anak bahwa bagian kaos  yang harus ada di depan yaitu kaos bergambar, dan label pada kaos berada di belakang. Kemudian biarkan si kecil memasukan kepalanya melalui lubang leher pada baju, lalu diikuti dengan memasukan tangannya pada lubang tangan.

Jika anak sudah paham caranya memakai kaos, anda bisa lanjut mengajarkan anak memakai celana. Anda bisa memasukan kaki si kecil pada ke dua lubang celananya, kemudian celana ditarik hingga ke pinggang. Agar si kecil lebih mudah saat memakainya, anda bisa menyarankannya sambil duduk agar badannya seimbang dan tidak terjatuh. Jika anak sudah mulai bisa memakai baju sederhana sendiri, anda bisa kembali mengajarkan anak memakai pakaian yang sedikit rumit seperti pakaian yang terdapat resleting dan kancing.

Baca juga : Tips Mendidik Anak Agar Percaya Diri

Menjadi Contoh Untuk Anak

Anak-anak biasanya akan lebih mudah belajar dengan melihat contoh dari orang lain. Dalam mengajarkan anak memakai pakaiannya sendiri, anda bisa menjadi contoh untuk si kecil. Anda bisa memakai pakaian di depan si kecil. Kemudian anda bisa membiarkan anak untuk menirunya. Anda bisa melakukannya dengan perlahan-lahan sambil menjelaskan langkah demi langkahnya agar anak bisa lebih mudah memahaminya.

Simpan Pakaian Anak Pada Tempat yang Mudah Dijangkau

Ketika mengajarkan anak memakai pakaiannya sendiri, anda sebaiknya menyimpan pakaiannya pada tempat yang mudah untuk dijangkau. Hal ini akan memudahkan proses belajar si kecil untuk memakai bajunya sendiri. Anda bisa meletakan pakaiannya pada kursi atau tempat yang mudah dijangkau. Selain itu, anda bisa meletakan pakaian si kecil pada laci rendah agar ia lebih mudah saat membawa pakaiannya sendiri.

Biarkan Anak Memakai Baju Pilihannya Sendiri

Setelah belajar dan kemampuan anak memakai bajunya sendiri mulai meningkat, anak mungkin memiliki keinginan untuk memakai pakaian pilihannya sendiri. Si kecil mulai tertarik dengan jenis pakaian yang ada, bahkan ingin menambahkan aksesoris pada pakaiannya. Anak sudah mulai memiliki seleranya sendiri.

Anda jangan melarang si kecil atau mengaturnya. Jika si kecil merasa nyaman sebaiknya biarkan dia untuk bereksperimen dengan pilihannya sendiri. Anda harus menghargai pilihan si kecil. Meskipun begitu anda tetap dapat menyarankan pakaian mana yang cocok sesuai dengan acara tertentu maupun cuaca.

Tetap Berikan Dukungan dan Semangat Pada Anak

Ketika belajar memakai bajunya sendiri, si kecil mungkin sering melakukan kesalahan, seperti  bajunya terbalik ataupun pemasangan kancing yang tidak benar. Jika seperti ini, anda jangan kecewa apalagi kesal pada si kecil. Anda bisa memperbaiki kesalahan yang si kecil lakukan dengan perlahan-lahan. Ketika sedang mengancingkan bajunya, anda bisa membantunya dengan menggerakan tangannya.

Anda harus menghargai usaha yang si kecil lakukan. Perkembangannya harus dihargai walaupun masih belum sempurna. Anda dapat memberikan anak dukungan, dengan begitu ia akan semakin semangat belajar memakai bajunya sendiri.

Nah, itulah beberapa tips ajarkan anak memakai baju sendiri yang bisa anda coba. Anda mungkin akan menemukan kesulitan ketika mengajarkan anak, mulai dari anak yang enggan di ajak belajar, selalu salah saat belajar mamakai bajunya dan lain sebagainya. Meskipun begitu, anda tetap harus sabar mengajarkannya.  Ajarkan si kecil dengan kelembutan dan jadikan kegiatan ini menyenangkan untuk si kecil. Selain itu, anda juga bisa selalu memberikan dukukan pada si kecil agar ia selalu bersemangat. Hargai setiap usaha atau perkembangan yang ditunjukan si kecil agar ia merasa bahagia dan bangga.

Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply