Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Jengkol dan Petai

Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Jengkol – Jengkol dan petai, meskipun memiliki aroma yang tidak sedap namun kedua makanan ini terasa nikmat untuk para pencintanya. Setelah mengonsumsi jengkol dan petai, mulut akan berbau tidak sedap. Kondisi ini tentu akan mengurangi rasa percaya diri anda, terlebih lagi ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Namun, anda jangan khawatir karena bau mulut tidak sedap akibat jengkol  dan petai bisa diatasi dengan cara alami, yaitu dengan membersihkan mulut ataupun mengonsumsi makanan yang dapat membantu menghilangkan bau mulut. Anda bisa simak beberapa cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petai di bawah ini.

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol

Penyebab Mulut Bau Setelah Makan Jengkol dan Petai

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa mengonsumsi petai akan menyebabkan mulut dan urin berbau tidak sedap. Pada petai terkandung zat yang dapat menyebabkan bau seperti tetrathiane, hexathionine, trithiolane, pentathiocane, pentathiopane, dan tetrathiepane. Asam amino yang tinggi juga terdapat pada petai dan dalam tubuh akan menghasilkan gas metana. Zat yang mengandung sulfur tersebut jika tertelan tidak berbahaya. Hanya saja, akan menimbulkan gas dan urin berbau.

Begitupun dengan mengonsumsi jengkol. Pada jengkol terkandung senyawa dengan kandungan sulfur, yakni asam jengkolat. Dimana asam akan mempangruhi aroma urin menjadi berbau. Mengonsumsi banyak jengkol akan menimbulkan efek samping, yakni kejengkolan. Ini merupakan kondisi ketika air kencing berbentuk kristal, pada saat dikeluarkan akan terasa nyeri.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Jengkol dan Petai

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol

Bau mulut yang tidak sedap setelah mengonsumsi jengkol dan petai bisa anda hilangkan dengan cara alami dan mudah. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petai.

Sikat Gigi

Cara efektif untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan menyikat gigi. Anda juga bisa melakukan cara ini untuk menghilangkan bau mulut setelah mengonsumsi makanan yang berbau, baik itu jengkol ataupun petai.

Setelah mengonsumsi jengkol atau petai, anda bisa menyikat gigi agar bau tidak sedap hilang. Anda bisa menggunakan pasta gigi yang di dalamnya terkandung fluor. Kandungan ini akan dapat membantu mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Ketika menyikat gigi anda harus melakukannya dengan baik dan benar, jangan asal sikat saja. Anda harus membersihkan gigi hingga ke bagian dalamnya supaya pada gigi tidak ada sisa petai dan jengkol yang tertinggal.

Sikat Lidah

Tidak hanya menyikat gigi saja, namun anda juga harus menyikat lidah agar bau jengkol dan petai pada mulut anda benar-benar hilang. Setelah makan, terkadang sari-sari makanan pada lidah masih menempel. Tidak akan hilang jika anda tidak membersihkannya.

Untuk mengatasinya, maka sebaiknya anda juga membersihkan lidah dengan menggunakan pembersih khusus. Selain itu, anda juga bisa menggunakan sikat gigi menggunakan pembersih lidah setelah anda mengonsumsi jengkol ataupun petai. Lakukan dengan benar agar bau tidak sedap pada mulut anda benar-benar hilang.

Flossing

Melakukan flossing juga perlu dilakukan untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Flossing yaitu membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Cara membersihkan gigi seperti ini juga sama pentingnya seperti menyikat gigi.

Melakukan flossing akan dapat membersihkan plak, serta sisa makanan yang masih terdapat pada sela-sela gigi anda atau bagian gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Dengan melakukan flossing maka gigi anda akan semakin bersih. Dengan cara  ini tidak akan ada sisa petai atau jengkol yang menyangkut pada sela-sela gigi anda.

Manfaatkan Obat Kumur

Langkah lainnya yang bisa anda lakukan yaitu berkumur dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur akan membunuh bakteri yang bersarang pada mulut anda. Anda bisa berkumur dengan menggunakan obat kumur khusus. Tidak hanya akan menghilangkan bakteri pada mulut saja, namun berkumur dengan obat kumur juga akan membuat napas anda menjadi lebih segar.

Minum Air Putih

Jika anda sudah membersihkan gigi dengan cara-cara di atas, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu minum air putih yang cukup. Air putih akan dapat membantu melarutkan zat yang dapat menyebabkan bau mulut setelah mengonsumsi jengkol ataupun petai. Tidak hanya itu, dengan minum air putih juga, sisa makanan yang masih tersangkut pada gigi akan dibersihkan.

Kunyah Permen Karet

Selain itu, anda juga bisa mengunyah permen karet. Pilihlah permen karet dengan rasa dan aroma mint. Permen karet ini akan dapat membersihkan mulut dari bau jengkol dan petai yang tidak sedap.

Makanan yang Dapat Menghilangkan Bau Mulut

Selain membersihkan gigi dan mulut dengan cara di atas untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petai, anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang diketahui dapat membantu menghilangkan bau mulut. Anda bisa mengonsumsi makanan  ini jika tidak sempat menyikat gigi. Berikut ini makanan yang dapat menghilangkan bau mulut.

Buah Apel dan Pir

Buah apel dan pir adalah buah-buahan yang mengandung air yang banyak. Mengonsumsi buah-buahan akan dapat meningkatkan produksi air liur. Hal ini akan membuat kondisi alami  mulut anda seimbang. Cara ini akan dapat membantu mengurangi atau menutupi bau mulut yang tidak sedap akibat konsumsi petai dan jengkol.

Kacang

Makanan selanjutnya yang dapat membantu menghilangkan bau mulut akibat konsumsi petai dan jengkol yaitu kacang. Seperti buah-buahan dan sayuran, kacang seperti almond mengandung serat. Serat memiliki peran sebagai sikat gigi alami. Kandungan serat diketahui dapat menghilangkan aroma tidak sedap sementara waktu.

Susu

Susu diketahui sebagai minuman yang bersifat netral. Aroma mulut yang tidak sedap setelah mengonsumsi jengkol bisa anda netralkan dengan minum susu. Pada susu terkandung senyawa yang disebut allyl sulfida metil yang dapat menghilangkan bau tidak sedap setelah mengonsumsi jengkol.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang dapat menghilangkan bakteri, termasuk bakteri yang terdapat pada mulut, yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Anda bisa minum teh hijau hangat supaya bau petai dan jengkol tidak menyengat. Setelah minum teh hijau, anda bisa  membersihkan gigi dan mulut dengan menyikatnya.

Wortel, Seledri dan Mentimun

Beberapa sayuran juga dapat membantu mengatasi  bau mulut yang tidak sedap, seperti wortel, seledri dan mentimun. Sayuran-sayuran ini akan meningkatkan produksi air liur, kemudian akan membilas bakteri pada mulut yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Nah, setelah mengonsumsi petai atau jengkol, anda bisa mengonsumsi mentimun sebagai lalapan. Mengonsumsi mentimun akan menetralisir bau mulut anda yang tidak sedap.

Yoghurt

Pada yoghurt terkandung bakteri yang baik untuk usus. Selain itu, pada yoghurt juga terkandung kultur aktif yang dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap. Jika anda sudah mengonsumsi makanan yang berbau, seperti jengkol atau petai, anda bisa mengonsumsi yoghurt untuk mengurangi baunya yang tidak sedap.

Leave a Reply