Cara Mengatasi Bau Mulut Mengganggu dengan Efektif

1/5 (1)

Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Efektif – Memiliki  mulut yang sehat dengan napas yang segar tentunya menjadi dambaan setiap orang. Kondisi napas yang segar akan membuat kita merasa lebih percaya diri ketika berbicara dengan banyak orang. Hanya saja, terkadang masalah bau mulut tidak dapat dihindari. Beberapa hal tanpa kita dasari dapat menyebabkan bau mulut.

Bau mulut menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang dari berbagai usia. Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius, namun bau mulut akan membuat penderita dan orang di sekitarnya merasa tidak nyaman. Nah, jika anda mengalami masalah bau mulut, maka untuk mengembalikan rasa percaya diri, anda harus memahami cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Berikut ini beberapa penyebab bau mulut dan cara mengatasi bau mulut dengan efektif.

Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut yaitu karena bakteri pada mulut menghasilkan senyawa kimia berbau. Dimana masalah gigi pada mulut dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri. Masalah gigi tersebut diantaranya yaitu gigi berlubang, plak gigi, akar gigi yang tertinggal, sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi, mengalami peradangan pada rongga mulut atau gigi palsu yang kebersihannya tidak terjaga. Tidak hanya itu, keadaan lidah kotor juga akan menyebabkan aroma tidak sedap pada mulut. Dimana kebersihan gigi yang buruk akan menimbulkan masalah bau mulut.

Selain masalah kebersihan gigi yang dapat menyebabkan bau mulut, ada beberapa faktor risiko lainnya yang dapat menyebabkan bau mulut salah satunya kondisi mulut kering. Apabila mulut dalam keadaan kering maka plak gigi akan lebih mudah terbentuk. Mulut kering dapat disebabkan karena tidur dalam waktu beberapa jam, ini adalah hal normal. Mulut kering juga dapat disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan tertentu atau stres. Selain itu, mengonsumsi makanan berbau, makanan pedas dan makanan manis, serta minuman dengan kandungan kafein, minuman beralkohol, merokok juga beberapa penyakit tertentu memiliki potensi menyebabkan bau mulut. ( Baca juga : Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Diabaikan )

Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Efektif

Cara Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut yang tidak diatasi tentu akan mengganggu kenyamanan dan rasa percaya diri. Maka dari itu, anda harus segera mengatasinya. Beberapa cara dapat anda lakukan untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Nah, di bawah ini cara mengatasi bau mulut dengan efektif.

Menyikat Gigi

Cara paling efektif untuk mengatasi bau mulut yaitu dengan menyikat gigi. Penyebab umum bau mulut yaitu karena kondisi gigi dan mulut yang kotor. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihan mulut sangat penting dilakukan untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

Anda harus menyikat gigi dengan rutin, yaitu sebanyak dua kali dalam sehari ketika pagi dan malam hari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Fluorida itu sendiri dapat melindungi gigi agar tidak rusak.

Membersihkan atau menyikat gigi tekniknya harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ketika menyikat gigi sebaiknya anda tidak menyikat gigi terlalu keras. Pasalnya menyikat gigi dengan keras bukan menjadikan gigi anda semakin bersih, justru akan membuat enamel gigi terkikis, yang kemudian akan menjadikan gigi anda sensitif.

Selain itu, anda juga harus rutin mengganti sikat gigi anda setiap 3 atau 4 bulan sekali. Kondisi sikat gigi yang sudah lama tidak akan dapat dengan efektif membersihkan gigi anda karena biasanya kondisi sikat sudah tipis.

Bersihkan Sela-Sela Gigi

Menyikat gigi saja mungkin  tidak cukup untuk membersihkan gigi anda secara keseluruhan. Biasanya masih terdapat sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Nah, untuk membersihkan bagian sela-sela gigi anda bisa menggunakan benang gigi. Dengan benang gigi, sisa makanan yang masih menempel pada sela gigi yang tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi akan dapat terangkat.

Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur juga menjadi  cara yang efektif untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat. Tidak hanya membantu menghilangkan bau mulut saja, namun dengan berkumur menggunakan obat kumur akan membersihkan mulut anda secara keseluruhan dari sisa makanan yang masih menempel serta plak pada gigi. Anda sebaiknya berkumur dengan menggunakan obat kumur dengan rutin sebanyak 2 kali dalam sehari setelah anda menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi.

Jangan asal menggunakan obat kumur. Anda harus memperhatikan kandungan dari obat kumur yang anda gunakan. Sebaiknya jangan membeli obat kumur dengan kandungan alkohol. Pasalnya kandungan alkohol akan menjadikan mulut anda semakin kering dan membuat bau mulut yang anda alami semakin parah.

Anda juga harus memperhatikan dosis penggunaan obat kumur. Hindari menggunakan obat kumur dengan berlebihan. Jika menggunakan obat kumur dengan berlebihan maka akan berdampak buruk untuk tubuh.

Minum Air Putih yang Cukup

Kondisi mulut yang kering akan dapat menyebabkan bau mulut. Kondisi mulut kering disebabkan karena sedikitnya produksi air liur. Dimana air liur yang sedikit akan membuat kebersihan mulut terpengaruh. Produksi air liur yang sedikit akan membuat bakteri yang menyebabkan bau mulut lebih mudah berkembang. Bakteri yang menyebabkan napas tidak segar akan tumbuh dengan cepat ketika mulut dalam keadaan kering.

Bakteri-bakteri pada mulut ini akan menghasilkan sulfur dengan aroma yang tidak sedap. Oleh karena itu, untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap disarankan untuk minum air putih yang cukup. Jika kebutuhan cairan cukup maka akan membuat produksi air liur meningkat. Sehingga mulut akan menjadi lebih lembab dan napas anda akan lebih segar.

Perlu anda perhatikan, yang perlu diperbanyak adalah minum air putih bukan minuman manis ataupun minuman yang mengandung kafein.

Bersihkan Lidah dengan Benar

Cara Mengatasi Bau Mulut

Selain kebersihan gigi, kebersihan lidah juga perlu anda perhatikan. Tidak kita sadari, pada lidah terdapat bakteri atau plak yang dapat menyebabkan bau mulut. Jika bakteri dan plak tidak dibersihkan dan semakin menumpuk, maka lama kelamaan akan menyebabkan bau napas tidak sedap.

Hanya dengan berkumur menggunakan obat kumur tidak akan dapat membersihkan plak dan bakteri secara keseluruhan pada lidah. Ketika anda berkumur dengan menggunakan obat kumur maka hanya lapisan luar plak saja yang akan hilang. Sedangkan bakteri yang terdapat di bawahnya tetap ada. Olah karena itu, anda juga harus memperhatikan kebersihan lidah anda. Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah anda sehingga bau mulut dapat diatasi.

Caranya yaitu dengan menggosok lidah dari pangkal lidah bagian dalam hingga ujung dengan perlahan-lahan memakai sikat gigi. Jika sudah, anda bisa berkumur menggunakan air bersih. Sehingga dengan begitu lidah anda akan kembali segar dan bersih kembali.

Selain dengan menggunakan sikat gigi, untuk membersihkan lidah anda bisa menggunakan alat khusus untuk membersihkan lidah. Alat khusus untuk membersihkan lidah ini akan dapat membersihkan sisa makanan, bakteri serta sel kulit mati pada lidah. Setelah anda beres menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dan berkumur menggunakan obat kumur, kemudian anda dapat membersihkan lidah.

Berhenti Merokok

Mereka yang perokok aktif lebih mudah mengalami masalah mulut dan gigi, serta memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah gusi. Dimana masalah gusi itu sendiri akan dapat menyebabkan bau napas tidak sedap. Nah, agar terhindar dari masalah bau mulut anda sebaiknya berhenti merokok.

Berkumur dengan Menggunakan Air Jahe

Jahe memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Jahe juga dapat membantu menetralkan aroma napas kita yang tidak sedap.

Anda dapat mencoba menghilangkan bau mulut tidak sedap dengan menggunakan jahe. Caranya dengan memarut jahe. Lalu campurkan parutan jahe tersebut dengan air untuk mendapatkan air perasan jahe. Kemudian air perasan jahe dicampurkan ke dalam air hangat. Dimana campurannya ini bisa anda gunakan untuk berkumur. Anda dapat melakukan cara ini setelah selesai makan.

Hindari Mengonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Agar terhindar dari masalah bau mulut, maka anda harus menghindari konsumsi makanan penyebab bau mulut. Adapun beberapa makanan yang menyebabkan bau mulut yaitu durian, bawang putih, jengkol dan petai. Anda harus bijak memilih makanan untuk menghindari, serta mengatasi masalah bau mulut.

Konsumsi Makanan yang Dapat Menghilangkan Bau Mulut

Selain beberapa cara di atas, untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap anda juga bisa mengonsumsi makanan penghilang bau mulut. Terdapat beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi bau mulut seperti berikut ini.

  • Buah Apel

Cara Mengatasi Bau Mulut

Apel memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Buah apel kaya akan kandungan serat sehingga baik untuk membuat metabolisme lebih lancar, serta membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Aktivitas bakteri pada mulut yang menyebabkan napas tidak sedap dapat dihambat dengan buah apel karena mengandung polifenol. Selain itu, kandungan polifenol pada buah apel akan dapat menghilangkan senyawa tidak sedap pada mulut.

Mengetahui seperti itu, mengonsumsi buah apel bagus untuk membantu mengatasi bau mulut. Teksturnya yang renyah ketika kita mengunyah buah apel juga dapat membantu menghilangkan sisa makanan yang masih menempel pada gigi. Tidak hanya itu, dengan mengunyah buah apel maka air liur akan diproduksi lebih banyak.

  • Permen Karet

Mengunyah permen karet juga dapat menjadi cara alternatif untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Dengan mengunyah permen karet maka produksi air liur akan meningkat. Dimana air liur tersebut akan membersihkan sisa plak yang masih terdapat pada gigi.

Tidak semua permen karet memiliki manfaat yang sama. Anda sebaiknya memilih permen karet tanpa kandungan gula dengan rasa mint. Sebab aroma mint pada permen karet akan dapat membantu menghilangkan aroma bau mulut yang tidak sedap.

Permen karet tanpa gula juga diketahui lebih aman bagi mulut sebab tidak mengandung bakteri. Dimana gula itu sendiri sangat disukai oleh bakteri. Nah, saat mengonsumsi makanan bercita rasa manis, maka asam akan dihasilkan oleh bakteri. Dimana asam ini akan dapat menyebabkan gigi rusak dan bau mulut tidak sedap.

  • Yogurt

Makanan lainnya yang dapat membantu mengatasi bau mulut yang tidak sedap yaitu yogurt. Yogurt mengandung probiotik yang akan dapat membasmi bakteri jahat pada mulut. Selain itu, kandungan pada yogurt tersebut juga akan mengurangi hidrogen sulfida yang diproduksi oleh bakteri penyebab bau mulut. Dimana hidrogen sulfida itu sendiri akan dapat menyebabkan munculnya aroma khas pada mulut.

Anda sebaiknya memilih yogurt tanpa rasa untuk membantu menghilangkan bau mulut yang anda alami. Hindari memilih yogurt berasa karena akan menarik bakteri.

  • Makanan dengan Kandungan Vitamin C

Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C juga dapat membantu mengatasi bau mulut tidak sedap. Beberapa buah-buahan seperti buah stroberi, jeruk, anggur dan jambu akan menghasilkan asam di mulut. Sama halnya dengan beberapa  jenis sayuran seperti brokoli, kubis dan kembang kol.

Asam yang dihasilkan oleh makanan tersebut akan mencegah perkembangbiakan bakteri jahat pada mulut. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C juga akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Apabila sistem imun tubuh kuat maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Sistem imun tubuh akan melawan bakteri yang menjadi penyebab penyakit, termasuk bakteri yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

  • Susu

Setelah anda mengonsumsi makanan dengan aroma yang menyengat, seperti misalkan bawang merah atau bawang putih, anda dapat meminum susu. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa  pada susu terdapat kandungan yang dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap karena mengonsumsi makanan dengan bau yang menyengat. Tidak hanya susu saja, aneka produk olahan dari susu juga dapat membantu menghilangkan bau mulut.

  • Teh Hijau

Teh hijau mengandung zat antibakteri dan antioksidan, serta terbukti dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

Anda dapat menambahkan daun mint ke dalam teh hijau supaya rasanya semakin sedap. Seperti halnya teh hijau, daun mint juga dapat membantu mengatasi aroma mulut yang tidak sedap.

  • Wortel, Seledri dan Mentimun

Beberapa sayuran seperti wortel, mentimun dan seledri juga diketahui dapat membantu mengatasi masalah bau mulut. Sebab sayuran-sayuran tersebut akan mendorong produksi air liur yang dapat membilas bakteri pada mulut.

Melakukan Konsultasi Pada Dokter

Tahukah anda? Kondisi bau mulut juga dapat menjadi pertanda dari keadaan medis tertentu. Jika anda sudah melakukan berbagai cara namun bau mulut tetap tidak mau hilang, maka anda sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan pada dokter gigi. Apabila penyebab dari bau mulut yang anda alami sudah diketahui, dokter akan menyarankan perawatan yang tepat untuk mengatasinya sesuai dengan penyebabnya.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan bau mulut. Agar anda dapat lebih waspada, ketahui beberapa kondisi kesehatan yang dimaksud seperti berikut ini.

  • Penyakit gusi
  • Diabetes
  • Kanker
  • Alergi
  • Gagal ginjal
  • Penyakit liver
  • Candida albicans
  • Helicobacter pylori
  • Refluks asam lambung kronis
  • Sindrom Sjögren

Untuk kesehatan gigi dan mulut, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan gigi dan mulut rutin setidaknya 6 bulan sekali. Dengan melakukan pemeriksaan rutin masalah mulut yang anda alami akan dapat terdeteksi dengan lebih cepat dan masalah mulut yang anda alami akan dapat di atasi. ( Lihat juga : Mengapa Mulut Terasa Pahit Saat Hamil? )

Selain mengganggu kepercayaan diri, bau mulut yang tidak segera diatasi juga akan menyebabkan gigi rapuh atau mudah tanggal. Mengetahui seperti itu, sangat penting untuk mengatasi masalah bau mulut dengan segera. Semoga beberapa tips yang kami hadirkan untuk anda seperti di atas dapat membantu.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel