Dukung Tumbuh Kembang Anak Dengan Rumah Idaman yang Harmonis

Rumah Idaman – Tumbuh kembang anak menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh setiap orangtua. Semua orangtua tentunya ingin anaknya bisa berkembang dan tumbuh dengan baik. Tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang buruk dan tidak bermoral. Oleh karena itu, orangtua sebisa mungkin akan mendidik anaknya dengan baik.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan supaya tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Selain memenuhi asupan nutrisi dan gizi yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak, penting bagi orangtua untuk memperhatikan kebahagiaan anak. Kebahagiaan akan berpengaruh terhadap kecerdasan sosial dan emosional anak.

Suasana lingkungan rumah memiliki pengaruh yang besar terhadap tumbuh kembang anak. Gagal menciptakan suasana rumah idaman yang harmonis akan membawa dampak negatif bagi anak.

Rumah Idaman

Pengaruh Suasana Harmonis Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Keluarga dan anak merupakan anugerah yang paling indah. Setelah 9 bulan melewati kehamilan dan setelah anak lahir, banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipikirkan oleh orang tua. Mulai dari kesehatan, pendidikan hingga menciptakan tempat tinggal yang nyaman. Tempat tinggal yang nyaman penting agar anak-anak merasa nyaman saat di rumah. Suasana rumah yang baik akan membuat tumbuh kembang anak menjadi baik. Tempat tinggal memiliki peran penting untuk tumbuh kembang anak. ( Baca juga : Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern )

Apabila anak-anak tumbuh di lingkungan yang penuh kritikan, maka anak akan belajar menyalahkan orang lain. Jika tumbuh dilingkungan yang memalukan, anak akan membawa beban batin. Jika tumbuh dilingkungan yang tidak bersahabat, anak akan belajar berkelahi. Jika tumbuh di lingkungan yang penuh dengan dorongan dan semangat, anak akan belajar menjadi anak yang percaya diri. Jika anak tumbuh di lingkungan atau rumah yang aman, anak akan percaya pada orang lain.

Selain itu, lingkungan keluarga dapat menentukan hubungan saat anak dewasa nanti.  Berdasarkan para peneliti, lingkungan yang harmonis dan baik akan membentuk emosi dan mengajarkan anak dalam mengatur emosinya. Kemampuan anak dalam mengatur tekanan maupun emosi memiliki pengaruh terhadap pengembangan emosinya saat ia dewasa nanti atau di masa yang akan datang.

Penelitian lain menyatakan, kemampuan mengatur emosi yang anak dapatkan dari lingkungan keluarga harmonis sejak ia kecil, memiliki kaitan dengan sifat, serta fungsi interpersonal anak.

Apabila lingkungan keluarga kurang harmonis maka akan membuat anak mudah tertekan, membuat anak membangun kebiasaan atau perilaku yang tidak baik, serta emosinya akan menjadi tidak stabil.

Tips Menciptakan Keluarga Harmonis Untuk Tumbuh Kembang Anak

Keberhasilan terhadap tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh lingkungan, baik dari lingkungan keluarga sampai masyarakat di sekitar. Dalam membentuk keluarga yang harmonis, peran keluarga khususnya orangtua sangat penting. Berikut ini tips menciptakan keluarga harmonis bagi tumbuh kembang anak:

Rumah Idaman Adalah Rumah yang Penuh Kasih Sayang

Suasana rumah idaman yang harmonis akan didapatkan apabila suasana rumah saling mengasihi dan penuh kasih sayang. Jika anak tumbuh dalam lingkungan rumah yang penuh kasih sayang, ia pun akan memiliki sifat penyayang. Ini tentu bermanfaat untuk hubungan sosialnya di luar rumah. Berbeda halnya jika anak tumbuh dalam keluarga yang kurang harmonis. Tumbuh kembang anak akan kurang baik, anak akan memiliki banyak tekanan dalam hidupnya.

Anak-anak yang kekurangan kasih sayang dari orangtuanya akan tumbuh menjadi anak yang agresif. Karena menginginkan perhatian dari orang terdekatnya, emosinya akan mudah terpicu. Setelah dewasa nanti, anak akan memiliki beban psikologis.

Perilaku orang-orang yang ada di sekitarnya akan mempengaruhi kecerdasan dan kemampuan berpikir anak. Anak-anak yang mendapatkan kasih sayang, serta perhatian yang cukup akan lebih paham tentang sebab akibat, kestabilan, serta resiko.

Kasih sayang yang diberikan orangtua kepada anaknya akan membuat anak merasa lebih optimis, percaya diri dan ceria. Selain itu, anak akan mampu membedakan mana yang benar salah. Karena kebanyakan anak yang kurang kasih sayang dari orangtuanya akan kesulitan dalam membedakan mana yang benar ataupun salah.

Menciptakan Suasana yang Menyenangkan Dalam Rumah

Dalam keluarga kebahagiaan menjadi salah satu hal yang harus ada agar tercipta keluarga yang harmonis. Hanya saja, setiap orang memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda sehingga kesenangan dan kegembiraan tidak akan bisa terwujud setiap saat. Seiring berjalannya waktu, terlebih lagi jika masing-masing anggota keluarga sibuk, menciptakan kegembiraan dalam keluarga mungkin akan sulit. Namun, bukan berarti anda tidak bisa menciptakannya. Demi tumbuh kembang anak, menciptakan suasana harmonis penting dilakukan. Untuk menciptakan suasana yang harmonis sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan. Anda dapat berusaha menciptakan suasana baru dalam setiap harinya.

Menciptakan Lingkungan Rumah yang Kondusif

Sebagai orangtua, anda harus mampu menciptakan lingkungan rumah yang kondusif dan aman. Dengan lingkungan rumah seperti itu, akan membuat si kecil senang bermain, ia akan mengeksplorasi sampai menemukan hal-hal baru. Dengan demikian akan meningkatkan level perkembangan kognitif, emosional dan sosial si kecil.

Hindari Bertengkar Dihadapan Anak

Level emosi setiap orang berbeda-beda, begitupun dengan anda dan pasangan. Jika tidak bisa mengendalikannya, sisi emosional ini bisa meledak sehingga terjadilah pertengkaran. Selain akan mempengaruhi keharmonisan keluarga, pertengkaran juga akan berdampak pada anak. Terlebih lagi, jika anak menyaksikan pertengkaran orangtuanya. Anak-anak tidak akan mampu sepenuhnya memproses keadaan soasial yang kompleks di sekitarnya. Ledakan emosional atau pertengkaran dapat memberikan kenangan buruk jangka panjang untuk anak. Selain itu, anak yang menyaksikan pertengkaran orangtuanya rentan mengalami gangguan kecemasan atau depresi. Anak yang hidup dalam keluarga yang penuh pertengkaran cenderung stres dan akan mudah sakit dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal dengan keluarga yang harmonis. Oleh karena itu, agar mental si kecil sehat maka sebaiknya hindari pertengkaran di depan anak.

Berikan Perhatian Penuh Pada Anak

Berikan perhatian yang penuh kepada anak-anak anda. Sesibuk apapun anda dan pasangan, penting untuk selalu menyisihkan waktu bagi anak-anak. Waktu yang anda berikan untuk anak-anak sangat berarti bagi mereka. Dengan memberikan perhatian pada buah hati, maka suasana rumah idaman, rumah yang penuh keharmonisan akan dapat terwujud.

Makan Bersama Keluarga

Makan di meja makan bersama keluarga ternyata mampu mendukung perkembangan emosi anak. Berdasarkan ahli nutrisi, anak yang rutin makan dengan keluarganya akan mendapatkan rasa aman, ia pun akan merasa menjadi bagian dari keluarga. Perasaan nyaman ini diperlukan si kecil supaya terbiasa berkomunikasi dengan anggota keluarganya, serta akan membantu perkembangan emosinya sehingga akan menjadi lebih stabil.

Selain itu, makan bersama juga akan membantu mengembangkan kemampuan komunikasi anak. Anda dapat mengajak anggota keluarga untuk saling mengobrol. Dengan begitu, kemampuan komunikasi si kecil di lingkungan sosialnya akan semakin meningkat. Kepercayaan diri anak akan bertambah jika ia memiliki kemampuan komunikasi yang baik. ( Lihat juga : Ciri-Ciri Anak Indigo Berdasarkan Fisik dan Psikologi )

Dengan demikian, untuk mendukung tumbuh kembang anak, maka sebagai orangtua anda harus mampu menciptakan rumah idaman, suasana rumah harmonis untuk seluruh keluarga terlebih anak-anak. Semoga bermanfaat.

Artikel ini di review oleh Bidan Pevi Revina sTR.Keb

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel