Menjelaskan Virus Corona Pada Anak, Bagaimana Cara yang Tepat?

Menjelaskan Virus Corona Pada Anak – Virus Corona atau COVID-19 adalah masalah kesehatan yang serius dan membutuhkan kewaspadaan. Karena wabah virus ini banyak aktivitas yang harus ditunda sementara, baik itu kegiatan sekolah, perkuliahan hingga perkantoran.

Selain itu, banyak berita dan informasi mengenai virus Corona di televisi, media online, media cetak, media sosial bahkan hampir semua orang membicarakan virus Corona. Hal-hal ini tentunya akan membingungkan untuk anak-anak dan membuatnya cemas. Agar anak tidak bingung dan panik, maka sebagai orangtua anda harus dapat menjelaskan virus Corona dengan tepat pada si kecil.

menjelaskan virus Corona pada anak

Cara Menjelaskan Virus Corona Pada Anak

Orangtua harus memberikan atau menyampaikan informasi pada si kecil tentang virus Corona dengan benar dan bisa dipahami oleh anak berdasarkan usianya. Jika tidak dilakukan dengan benar, penjelasan mengenai virus Corona justru akan membuat si kecil sedih, takut dan stres. Nah, berikut ini cara menjelaskan virus Corona pada anak.

Membekali Diri dengan Informasi yang Akurat

Sebelum anda menjelaskan virus Corona pada buah hati, tentunya anda harus tahu dan paham dulu tentang virus Corona. Anda harus memastikan bahwa informasi yang akan anda berikan untuk si kecil adalah informasi yang akurat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari informasi dari berbagai sumber yang terpercaya.

Mencari Tahu Apa yang Anak Ketahui Tentang Virus Corona

Anda bisa memulai membicarakan virus Corona bersama anak dengan menanyakan apa yang sudah si kecil ketahui mengenai virus yang satu ini. Sehingga anda akan tahu seberapa banyak pemahaman anak mengenai virus ini, serta anda dapat mencari tahu apakah informasi yang didapatkannya benar atau salah.

Apabila usia si kecil masih balita, maka anda tidak perlu menjelaskan mengenai virus ini pada si kecil. Anda cukup mengingatkan pada si kecil untuk selalu menjaga kebersihan, tidak bermain di luar rumah dan sering mencuci tangan.

Jelaskan dengan Bahasa yang Ringan dan Mudah Dimengerti Anak

Agar anak dapat memahami apa yang anda jelaskan mengenai virus Corona, anda harus menjelaskannya dengan menggunakan kalimat sederhana serta kata-kata yang akan dengan mudah dipahami si kecil sesuai dengan usianya. Jangan menjelaskan terlalu rumit dan mendetail karena kemungkinan si kecil tidak akan mengerti.

Anak-anak biasanya akan lebih mudah mengerti dan paham apabila dijelaskan dengan gambar atau cerita yang menarik. Anda juga bisa mengajak si kecil melihat tayangan video yang memang dibuat khusus untuk menjelaskan seputar virus Corona pada anak-anak. Namun sebelum itu anda harus memastikan bahwa informasi yang terdapat pada video ini memang akurat.

Apabila kemudian si kecil bertanya mengenai sesuatu yang tidak anda ketahui dan pahami, maka sebaiknya jangan menjawab pertanyaan si kecil dengan sembarangan dan menebak-nebak. Anda bisa mencari tahu jawabannya yang tepat pada sumber yang terpercaya.

Tenangkan Anak dan Jangan Menakut-Nakutinya

Anak-anak pada umumnya akan fokus terhadap cerita yang menakutkan. Anda bisa menjelaskan kepada si kecil dengan tenang agar si kecil tidak khawatir dengan virus yang satu ini. Alih-alih menakuti anak dengan virus Corona, lebih baik orangtua menghibur anak. Misalkan, ketika sekolah terpaksa diliburkan, anda bisa menjelaskan pada si kecil bahwa itu adalah cara sekolah untuk menjaga agar semua orang tetap sehat.

Anak-anak akan cenderung mencontoh sikap orangtua ketika menanggapi sesuatu. Jika anda memperlihatkan sikap tenang ketika menghadapi wabah virus ini, maka si kecil juga akan lebih tenang.

Ketika anda memberikan informasi pada si kecil mengenai virus Corona, anda harus fokus terhadap hal yang positif, serta memberikan harapan, misalkan penyakit COVID-19 dapat dicegah, serta disembuhkan. Hindari menakut-nakuti anak dengan informasi yang akan membuat si kecil khawatir, misalkan banyaknya korban jiwa akibat virus Corona.

Ajarkan Anak Cara Mencegah Virus Corona dengan Tepat

Anda dapat menekankan pada si kecil bahwa virus Corona bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.  Anda juga dapat mengajarkan anak tentang pencegahan virus Corona seperti berikut ini.

  • Anda dapat mengajak si kecil untuk rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air. Tunjukan pada si kecil bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar untuk mencegah virus Corona.
  • Ingatkan pada anak untuk tidak menyentuh wajah dengan menggunakan tangan kotor atau tangan belum dicuci.
  • Anda dapat mengajarkan anak etika batuk dan bersin, yakni menutup mulut dan hidung menggunakan tisu, lengan bagian bawah atau melipat siku saat bersin atau batuk. Kemudian segera membuang tisu yang telah digunakan pada tempat sampah.
  • Ajarkan si kecil untuk menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan rutin melakukan olahraga.
  • Ingatkan juga anak untuk tetap di rumah dan jangan main di luar rumah selama wabah virus Corona.
  • Anda juga dapat mengajak anak untuk menjaga kebersihan rumah. Anda bisa melibatkan si kecil ketika membersihkan rumah.
  • Apabila harus terpaksa pergi ke luar rumah, anda dapat mengingatkan si kecil untuk menggunakan masker, serta menjaga jarak dari orang lain minimal 1 meter. Karena anak mungkin tidak tahu dan paham, anda bisa memberikannya contoh sejauh apa jarak 1 meter itu.
  • Ketika anak merasa tidak enak badan, sakit tenggorokan, demam atau sulit bernapas, anda bisa meminta anak untuk memberi tahu anda.
  • Anda harus memberikan contoh yang benar pada anak agar si kecil mau mengikutinya. Selain itu, anda juga harus meyakinkan anak bahwa dengan melakukan cara pencegahan seperti di atas, si kecil dapat melindungi diri dan orang lain dari paparan virus Corona.

Akhiri Pembicaraan dengan Tepat

Anda harus mengakhiri pembicaraan bersama si kecil dengan tepat. Namun, sebelumnya anda harus memperhatikan respons si kecil. Apabila si kecil terlihat ketakutan dan cemas, anda bisa menenangkannya. Ucapkan kata-kata yang membuat si kecil tenang. Selain itu, anda juga bisa merangkul dan memeluk si kecil agar ia merasa lebih tenang.

Selain itu, anda juga bisa memberikan semangat pada si kecil. Misalkan dengan menjanjikan pada si kecil untuk pergi berlibur setelah wabah virus Corona ini selesai.

Supaya si kecil tidak bosan berada di rumah dalam jangka waktu yang lama, anda bisa menciptakan suasana rumah nyaman. Anda juga bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama si kecil seperti menonton televisi, menggambar, bermain musik, bernyanyi, memasak bersama si kecil, berkebun, melakukan olahraga sambil berjemur, menonton film favorit, bermain dan lain sebagainya. Melakukan kegiatan yang menyenangkan akan membuat si kecil betah di rumah meskipun dalam jangka waktu yang lama.

Memang tidak mudah menjelaskan mengenai virus Corona pada si kecil. Anda harus menjelaskannya dengan hati-hati dan dengan cara yang tepat. Anda bisa mencoba menerapkan cara di atas untuk menjelaskan tentang virus Corona pada buah hati. Memberikan informasi dengan cara yang tepat tidak akan membuatnya takut, justru si kecil akan memahaminya.

Leave a Reply