Perkembangan Janin Perminggu

Memiliki buah hati tentu menjadi dambaan untuk setiap orangtua. Untuk itu, yuk kenali dan ketahui perkembangan janin ibu dalam rahim dari minggu ke minggu disini. 

Perkembangan Janin Usia 40 Minggu

perkembangan janin minggu 40

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah masuk pada usia pekan ke 40.

Atau mungkin gelar janin sudah tidak lagi pas diberikan pada si buah hati. Karena pada faktanya si buah hati sudah siap untuk dilahrikan. Dengan demikianlah ia kini mungkin sudah bergelar menjadi seorang bayi yang akan siap untuk dilahirkan ke dunia.

Pada usia pekan ini perkembangan yang terjadi dengan buah hati anda dalam kandungan mungkin sudah masuk dalam masa penyelesaian atau masa penyempurnaan. Sebab semua organ tubuh pada si bayi baik organ dalam maupun organ luarnya sudah terbentuk dengan hampir sempurna. Dengan demikianlah beberapa perkembangan yang terjadi mungkin hanyalah bagian dari perkembangan guna menyempurnakan tubuh si bayi sebelum ia siap untuk dilahirkan ke dunia.

Pada sebagian besar ibu hamil usia kehamilan periode terakhir ini seringkali membuat mereka nervous atau gugup terutama mereka para calon ibu yang baru saja mendapatkan pengalaman pertamanya hamil. Momen ini mungkin akan membuat

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 39 Minggu

perkembangan janin minggu 39

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah memasuki pekan ke 39.

Atau yang dalam hitungan bulan kini anda sudah berada diakhir bulan ke 9 atau periode terakhir dari masa trimester kehamilan. Untuk itu, kami ucapkan selamat yang sebasar-besarya ya bunda. Kami memahami bahwa perjalanan panjang yang bunda lewati hingga sampai pekan ini tidaklah dijalani dengan mudah seperti membalikan telapak tangan. Untuk itulah besar apresiasi dan penghargaan kami dari setiap perjuangan dan ketidak putus asaan bunda untuk menyerah dengan semua "tantangan" yang diberikan pada usia kehamilan minggu dan bulan-bulan sebelumnya.

Untuk itu, tetaplah jaga asupan nutrisi dan gizi yang bunda konsumsi agar senantiasa mendukung dan membantu tumbuh kembang si buah hati yang tak lama lagi akan hadir ke dunia agar tetap terjaga dan berlangsung dengan baik. Selain itu, tetap terapkan pola hidup yang baik dan sehat. Karena dukungan dan kasih sayang bunda yang besar inilah yang membuat si kecil dalam

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 38 Minggu

perkembangan janin minggu 38

Usia perkembangan janin anda kini sudah memasuki usia ke 38 pekan dihitung dari perkiraan hari pertama haid terakhir anda pada waktu yang lalu.

Seiring dengan perkembangan usia kehamilan ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan bayi dan juga diri anda sendiri. Usia kehamilan pekan ke 38 atau yang bila dihitung berdasarkan hitungan bulan kini usia kehamilan anda sudah memasuki bulan ke 9 atau trimester akhir dari periode kehamilan.

Usia kehamilan ini tentu menjadi masa yang mendebarkan untuk sebagian besar wanita. Betapa tidak tak selang beberapa saat lagi mereka akan dihadapkan dengan momen besar yakni melahirkan. Untuk wanita yang mendapatkan kehamilan pertama hal ini tentu akan menjadi momen yang membuat mereka panik dan bahkan dicampuri dengan perasaan takut akan masa kelahiran yang sebentar lagi. Minimnya pengalaman dan perasaan ingin tahu yang besar mungkin membuat banyak perasaan berkecamuk dalam benak mereka.

Untuk itulah dalam hal ini dukungan dan perhatian dari orang-orang terdekat

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 37 Minggu

perkembangan janin minggu 37

Usia perkembangan janin dalam perut anda kini sudah memasuki pekan ke 37.

Atau yang dalam hitungan bulan usianya kini sudah mulai menginjak bulan ke 9 yang mana ini sama dengan anda sudah memasuki trimester akhir masa kehamilan anda. Untuk itu kami ucapkan selamat yang sebesar-besarnya ya bunda. Tak terasa seperti baru saja kemarin bunda mengetahui kehamilan yang tengah begitu dinanti-nanti selama ini. Perjuangan dan tantangan demi tantangan telah bunda lewati dengan penuh perjuangan.

Meski beberapa kali bunda merasakan jenuh, kesal dan merasa jengkel dengan beberapa tantangan kehamilan seperti tanda kehamilan pada awal-awal masa kehamilan yang cukup menyiksa. Namun rupanya hal tersebut bisa bunda lewati dengan baik meski dengan penuh perjuangan.

Berkat dukungan bunda dan asupan makanan, serta gizi yang baik yang bunda berikan untuk si buah hati sehingga saat ini tumbuh kembangnya dalam rahim bunda tidak mengalami kendala atau gangguan yang serius yang membuat kondisi si buah hati dan bunda

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 36 Minggu

perkembangan janin minggu 36

Selamat bunda! pada akhir pekan ini kehamilan anda sudah mulai dapat digolongkan pada kehamilan yang matang.

Ya, usia kehamilan pekan ke 36 adalah masa-masa yang cukup untuk memungkinkan si bayi bisa lahir ke dunia. Dengan demikian usia kehamilan pekan ini si bayi mungkin akan bisa lahir kapan saja meski usia perkiraan kelahirannya terntara lebih cepat dari usia perkiraan kelahiran seharusnya. Namun si bayi akan tetap dapat lahir dengan kemungkinan selamat lebih besar.

Bayi yang lahir pada usia kehamilan dibawah pekan ke 37 akan memungkinkan si bayi lahir dalam keadaan prematur dan pra-premature. Sementara itu untuk mereka yang lahir pada usia kehamilan pekan ke 42 maka bisa disebut dengan pasca-matur atau pasca-matang. Setiap ukuran tubuh dan berat pada bayi usia pekan ke 37 pada umumnya ukurannya akan berbeda-beda. Hanya saja ukuran general pada berat tubuhnya biasanya berkisar antara 2.8 kg.

Pada usia kehamilan pekan ini bayi anda masih terus meningkatkan berat

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 35 Minggu

perkembangan janin minggu 35

Bunda, kini usia kehamilan yang tengah anda jalani sudah memasuki usia ke 35 pekan atau yang dalam hitungan bulan kini anda sedang menjalani usia kehamilan 8 bulan.

Usia kehamilan pekan ini membuat perkembangan dan pertumbuhan banyak terjadi dengan si kecil dalam perut anda. Salah satunya adalah kini si buah hati sudah mulai aktif menendang dan melakukan banyak pergerakan dalam rahim ibu. Bila pada usia kehamilan pekan sebelumnya pergerakan si kecil mengalami proses yang cukup lambat akibat pertumbuhan lemak tubuhnya yang membuat ia kesulitan untuk dapat bergerak dengan aktif, pada bulan ini si kecil sudah mulai bisa kembali bergerak dengan bebas dan semakin hari akan semakin aktif.

Hal ini mungkin sudah mulai bunda rasakan. Tak sedikit para wanita hamil di usia pekan ini mengalami perubahan emosional yang cukup besar diantaranya adalah mereka merasa terharu dan bahagia karena kini mereka mulai menyadari bahwa diri mereka tengah benar-benar hamil dengan segala perubahan yang

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 34 Minggu

perkembangan janin minggu 34

Usia kehamilan anda kini sudah memasuki pekan ke 34 bunda yang mana ini artinya perkembangan bayi dalam kandungan anda tentu akan terus berlanjut dan bertumbuh dengan pesat sampai akhirnya ia tumbuh dengan begitu sempurna dan siap dilahirkan ke dunia.

Perjalanan panjang perkembangan janin dan usia kehamilan yang terus berlanjut dari waktu ke waktu ini adalah momen yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Betapa tidak jika kita menarik waktu ke belakang saat pertama kali anda mengetahui kehamilan anda, merasakan tanda dan gejala awal kehamilan yang menyiksa seperti mual, muntah, pusing, lemas dan gejala lain yang menyiksa, kemudian berlanjut pada perkembangan si bayi yang sudah mulai nampak di mesin USG hingga sampai saat ini bayi anda sudah mulai dapat bergerak-gerak dan tak sabar menanti kelahiran tiba tentu menjadi serangkaian perjalanan panjang yang begitu menegangkan sekaligus menyenangkan.

Tak terasa, seperti seolah baru kemarin anda dan pasangan membicarakan mengenai perencanaan kehamilan dan kini anda sudah akan

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 33 Minggu

perkembangan janin minggu 33a

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda, kini sudah memasuki usia pekan ke 33 atau yang setara dengan bulan ke 8 masa kehamilan.

Pada usia kehamilan ini, janin dalam kandungan anda mungkin sudah akan lebih banyak bergerak dan menendang dengan begitu aktif. Dengan demikian pada usia kehamilan ini, tidak ada salahnya jika anda mulai rajin memberikan mereka stimulasi guna melatih responnya agar semakin baik. Beberapa stimulasi yang bisa diberikan kepada si buah hati dalam kandungan diantaranya adalah berupa sentuhan, mengajaknya untuk berbicara, memperdengarkannya musik dan bahkan membacakannya sebuah cerita.

Tahukah anda, sebuah studi menjelaskan bahwa stimulasi terbaik yang dapat diberikan pada si buah hati dalam kandungan selain daripada sentuhan diantaranya adalah membacakan mereka sebuah bacaan. Sebab disadari atau tidak hal ini akan dapat berpengaruh pada perkembangan otak si bayi menjadi lebih cerdas pada saat ia dilahirkan nantinya.

Nah, untuk itulah tidak ada salahnya lakukan banyak stimulasi pada buah hati anda. Selain

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 32 Minggu

perkembangan janin minggu 32

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah memasuki pekan ke 32 atau yang dalam hitungan bulan, pekan ini terhitung sudah memasuki bulan ke 8.

Pada kehamilan bulan ke 8, janin dalam kandungan anda mungkin sudah mulai menampakan pergerakan yang cukup aktif seperti halnya menendang, meninju atau bahkan bergerak dengan intensitas yang lebih sering.

Jika pada bulan sebelumnya si buah hati dalam kandungan mengalami pergerakan yang lebih lambat karena berkembangnya lemak dalam tubuhnya, pada pekan atau memasuki bulan ke 8, pergerakannya akan semakin aktif dan mungkin anda sudah mulai menyadari pola pergerakan si buah hati dalam waktu-waktu tertentu. Kini, pada usia pekan ke 32, lemak dalam tubuh si bayi akan tetap berkembang dan menambah energi berat badannya. Itulah mengapa mulai saat ini perkembangan berat tubuhnya akan lebih pesat dibandingkan dengan perkembangan yang terjadi dengan panjang tubuhnya.

Nah, berbicara mengenai perkembangan berat dan panjang tubuhnya, di pekan ini ukuran berat tubuh

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 31 Minggu

perkembangan janin minggu 31

Perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah mencapai usia pekan ke 31.

Yang mana, usia pekan ini tentu akan membuat bayi dalam perut ibu hamil mengalami perkembangan yang cukup pesat dan terus berlanjut sampai usia si janin dalam kandungan memasuki tahap terakhir dan akan siap dilahirkan ke dunia.

Penting untuk diketahui, bahwasanya saat ini anda tidak lagi memanggil buah hati dalam perut anda sebagai janin. Karena kini, gelarnya sudah meningkat menjadi seorang bayi. Hal ini dikarenakan semua organ tubuh dalam bayi beserta dengan organ internalnya sudah terbentuk dengan hampir sempurna.

Selain itu, usia pekan ke 31 pekan atau yang setara dengan masa kehamilan 7 bulan akhir adalah periode yang penting dalam kehamilan. Pada usia ini, usia kehamilan anda sudah masuk dalam tahapan yang cukup matang. Organ-organ vital pada si bayi, seperti jantung dan paru-parunya sudah mulai terbentuk dengan baik dan bekerja dengan semestinya.

Dengan demikian, meski ternyata usia kelahiran bayi

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

perkembangan janin minggu 30

Usia perkembangan janin dalam perut anda, kini sudah memasuki usia pekan ke 30.

Nah, dari usia ini, perkembangan yang pesat akan terus terjadi dengan tubuhnya sampai akhirnya nanti si bayi akan siap dilahirkan ke dunia.

Serangkaian perkembangan yang panjang dan cukup melelahkan ini, tentu tidak terjadi dengan mudah dan bisa dilalui dengan cepat. Besar pengorbanan anda sebagai seorang calon ibu, membuat si bayi dalam kandungan anda bisa terjaga setiap perkembangannya dengan begitu baik.

Meski ada begitu banyak rintangan dan halangan, dari mulai munculnya gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa seperti halnya, mual, muntah, lemas dan lain sebagainya. Akan tetapi, kondisi tersebut bisa bunda lewati dengan baik.

Kami menyadari bahwa hal tersebut semata-mata mampu dan berhasil bunda lewati karena besarnya cinta bunda untuk si calon buah hati. Untuk itulah, kami ucapkan selamat yang sebesar-besarnya ya bund. Tetap jaga asupan nutrisi dan gizi ibu hamil yang diperlukan oleh si bayi dalam kandungan.

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 29 Minggu

perkembangan janin minggu 29

Usia kehamilan 29 pekan atau yang juga berarti telah masuk kedalam usia kehamilan 7 bulan, merupakan periode kehamilan yang cukup sakral.

Pada usia ini, bisa dibilang usia kehamilan ibu hamil sudah memasuki usia yang matang dan bila si bayi rupanya lahir lebih cepat dari prediksi hari kelahirannya, yakni pada pekan ini, maka pada dasarnya si bayi masih akan dapat bertahan hidup. Hanya saja, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan pada si bayi jika saja mereka membutuhkan perawatan intens dari tim medis.

Hamil pada usia bulan ke 7 ini merupakan kehamilan yang sakral untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya adat ini dijunjung tinggi oleh orang-orang Jawa. Mereka memiliki keyakinan bahwa usia kehamilan pada pekan-pekan ini adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan puji dan syukur kepada sang Khalik seraya meminta doa resthu agar kehamilan yang dijalani oleh si ibu hamil dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Oleh karen itulah, tak heran bila

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 28 Minggu

perkembangan janin minggu 28

Selamat bunda, usia kehamilan anda kini sudah memasuki pekan ke 28 atau yang mana kini, usia kehamilan anda sudah memasuki bulan ke 7.

Tahukah anda? Usia kehamilan 7 bulan merupakan periode masa kehamilan yang sakral bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, terutama untuk orang-orang Jawa. Saking sakralnya, momen kehamilan usia 7 bulan seringkali membuat orang-orang Jawa mengadakan ritual syukuran dan doa yang dipanjatkan pada Tuhan dengan maksud meminta resthu atau ridho agar kehamilan yang dijalani oleh si ibu hamil dapat berjalan dengan baik tanpa adanya halangan dan rintangan.

Ritual ini seringkali disebut dengan ritual "mitoni". Menurut kepercayaan orang Jawa jaman dahulu, periode masa kehamilan ini adalah masa dimana keluarga dan ibu hamil sudah mulai mempersiapkan perlengkapan untuk si calon bayi yang akan lahir. Seperti halnya mempersiapkan popok dan perlengkapan lainnya yang akan dibutuhkan oleh si bayi nantinya.

Dan memang, dalam kenyatannya pada usia kehamilan 7 bulan, bila ternyata si bayi

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 27 Minggu

perkembangan janin minggu 27

Usia kehamilan anda, kini sudah masuk dalam tahapan minggu ke 27.

Pada tahapan ini, ada begitu banyak perkembangan yang menakujubkan yang terjadi dengan si buah hati dalam kandungan anda. Selain itu, ukuran berat tubuhnya dari waktu ke waktu, terus mengalami peningkatan dan perubahan yang begitu signifikan. Yang mana tentunya, kondisi perkembangan ini tidak akan dapat berjalan dengan lancar bila tidak ada dukungan atau kerja sama dari si ibu hamil dalam mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi lewat konsumsi makanan sehat yang dibutuhkan okeh si bayi dalam kandungan ibu.

Untuk itulah, kami ucapkan selamat ya bund, terus jaga selalu pola makan yang baik dan barengi dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena dengan begini, ibu akan dapat terus mendukung perkembangan si bayi dalam kandungan agar tetap berjalan dengan sehat dan lancar.

Selain itu, perjuangan ibu pada usia kehamilan ini rasanya sudah tak lagi seberat waktu-waktu sebelumnya. Pasalnya, jika pada pekan-pekan sebelumnya ibu dibuat

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 26 Minggu

perkembangan janin minggu 26

Perkembangan dari pekan ke pekan kini telah anda lewati.

Tak terasa ya, kini kehamilan bunda sudah menginjak pekan ke 26. Rasanya, seperti baru kemarin bunda mengalami banyak keluhan dari gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa. Jika kita tarik kembali kebelakang, rasanya begitu banyak perjuangan da rintangan yang telah bunda lewati dengan sepenuh hati. Dari mulai momen mengetahui kehamilan, merasakan gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa seperti halnya mual dan muntah, pusing, lemas dan lain sebagainya dan sampai kini bunda sudah mulai dibuat "lebih tenang" dengan kondisi kehamilan pada pekan ini.

Ya, berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya, pada usia kehamilan pekan ke 26 minggu atau yang masih berada pada tahapan 6 bulan, perasaan bunda akan lebih nyaman dan lebih tenang menjalani masa kehamilan saat ini. Hal ini, dikarenakan berbagai gejala dan tanda awal kehamilan sudah tak lagi bunda rasakan.

Sehingga demikian, saat ini bunda akan lebih cenderung menikmati perkembangan si buah hati

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 25 Minggu

perkembangan janin minggu 25

Selamat bunda, kini usia kehamilan anda sudah masuk dalam tahapan trimester ke 2 periode kehamilan.

Ya, usia kehamilan yang telah memasuki usia 25 minggu atau setara dengan bulan ke 6 adalah periode trimester ke dua dari 3 periode trimester pada kehamilan. Perjalanan panjang yang telah ibu lalui ini, tentu menjadi hal yang luar biasa dan patut diapresiasi dengan begitu besar. Betapa tidak, tak mudah tentunya menjalani serangkaian momen dan waktu yang cukup menenggangkan dan sebagian mungkin membuat anda dibuat tak tahan menghadapi banyak gejala, terutama gejala yang muncul pada awal-awal periode kehamilan.

Akan tetapi, rupanya berkat rasa cinta ibu yang begitu besar dan cinta kasih ibu yang tak terukur untuk si calon buah hati, nyatanya ibu masih tetap bisa menjalani momen-momen kehamilan yang sedikit banyak menguras tenaga ibu.

Untuk itulah, kami ucapkan selamat ya bu. Tetap jaga asupan nutrisi dan gizi yang ibu konsumsi. Selain itu, pola hidup yang sehat

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 24 Minggu

perkembangan janin minggu 24

Pada usia kehamilan 24 minggu atau yang mulai menginjak bulan ke-6, biasanya anda akan mulai berbelanja keperluan untuk bakal si calon buah hati anda nantinya.

Sebab pada bulan ini, dokter pada umumnya sudah mulai dapat memastikan jenis kelamin anda melalui scan test atau yang dikenal dengan test USG. Jadi demikian, anda sudah tak lagi perlu memperkirakan ciri-ciri bayi anda apakah berjenis kelamin perempuan atau laki-laki.

Kegiatan yang satu ini atau kegiatan berbelanja kebutuhan si calon buah hati, biasanya menjadi hal yang sangat menyenangkan, terutama untuk calon ibu baru. Selain dapat difungsikan untuk mencari peralatan dan perlengkapan untuk si buah hati, hal ini pun pada umumnya seringkali dijadikan pelepas penat guna mengusir kebosanan sekaligus perasaan cemas selama masa kehamilan.

Untuk itulah, bagi anda yang hendak membeli atau berbelanja perlengkapan untuk si calon buah hati, tidak ada salahnya ajak serta sang suami atau pasangan anda agar turut serta memilih setiap perlengkapan yang

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 23 Minggu

perkembangan janin minggu 23

Menginjak usia ke 23 minggu periode kehamilan anda, kini si bayi dalam kandungan tengah mengalami perkembangan yang begitu pesat dan luar biasa.

Yang mana tentunya, perkembangan ini tak semata-mata didapatkan dengan mudah tanpa perjuangan panjang dan menguras banyak waktu dan tenaga. Untuk itulah, atas segala rangkaian perjuangan panjang yang cukup melelahkan hingga sampai saat ini, kamu ucapkan selamat ya bund. Terus jaga pola hidup yang sehat dan perhatikan asupan makanan yang ibu konsumsi untuk tetap mendukung perkembangan si bayi agar tetap sehat dalam rahim bunda. Selain itu, pola hidup yang sehat akan tentu saja menjaga kondisi tubuh ibu agar tetap fit dan bugar selama menjalani masa kehamilan.

Sebagai seorang calon ibu yang saat ini tengah menanti dengan begitu tak sabar akan kehadiran buah hatinya. Kami memahami, bahwa besar rasa ingin tahu bunda akan perkembangan si janin dalam rahimnya. Sehingga tak heran bila sebagian besar bunda, akan senantiasa menanti dan tak

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 22 Minggu

perkembangan janin minggu 22

Usia kehamilan 22 minggu kini telah anda hadapi, dari serangkaian perkembangan yang begitu panjang, akhirnya anda bisa sampai dalam tahap perkembangan ini.

Kami menyadari bahwa setiap perkembangan yang anda alami selama masa kehamilan bukanlah kondisi yang gampang dan mudah untuk dilalui. Ada begitu banyak tantangan dan mungkin keluhan yang anda rasakan yang mana mungkin, ada kalanya anda merasa tersiksa dengan berbagai kondisi yang demikian.

Akan tetapi, karena besarnya cinta dan kasih sayang ibu terhadap si calon buah hati, membuat ibu mengesampingkan lelah dan mengabaikan sakit yang ibu rasakan. Untuk itulah, kami ucapkan selamat untuk semua perjuangan dan usaha ibu hingga sampai saat ini.

Usaha ibu yang begitu besar dan perjuangan yang tak kenal lelah, membuat si janin dalam rahim ibu dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Tetap jaga asupan makan dan selalu terapkan pola hidup yang sehat seperti ini ya bu, agar demikian kesehatan si buah hati dan ibu akan

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 21 Minggu

perkembangan janin minggu 21

Usia kehamilan anda, kini telah memasuki usia ke 21 minggu, yang mana ini artinya pertumbuhan si bayi dalam kandungan akan terus mengalami perkembangan hingga sampai akhirnya tiba hari kelahirannya.

Perjalanan panjang yang cukup melelahkan ini, tentu tidak akan semata-mata bisa ibu lalui tanpa besarnya kasih sayang dan rasa cinta ibu kepada si buah hati yang begitu tak terkira. Meski selama periode kehamilan ada begitu banyak pantangan, cobaan dan bahkan kondisi-kondisi yang cukup menguras tenaga harus ibu jalani, akan tetapi kondisi ini tetap bisa ibu jalani dengan sepenuh hati berkat besarnya cinta ibu kepada si kecil.

Untuk itulah, kami ucapkan selamat yang sebesar-sebesarnya ya bu, semoga perjuangan ibu saat ini bisa membuahkan hasil pada saat waktunya nanti dan semoga si janin dalam kandungan ibu beserta kesehatan ibu senantiasa terjaga.

Nah, pada usia kehamilan 21 minggu atau 5 bulan ini, kini perkembangan janin dalam rahim ibu telah mengalami perkembangan yang begitu pesat.

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 20 Minggu

perkembangan janin minggu 20

Usia kehamilan anda kini sudah memasuki usia ke 20, yang mana ini artinya bulan ke 5 kehamilan sudah mulai anda masuki.

Pada usia kehamilan ini, bukan hanya perkembangan janin yang mulai mengalami banyak perubahan dan pertumbuhan yang pesat. Namun ada banyak hal yang mulai terjadi dengan ibu hamil.

Diusia kehamilan pekan ini, anda mungkin sudah memerlukan pakaian hamil, sebab saat ini perut anda sudah mulai membesar. Bila anda masih penasaran dan belum percaya dengan perubahan perut ini, maka cobalah untuk berdiri di depan kaca dan posisikan berdiri menyamping, kini perut anda akan terlihat buncit dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan anda sebelumnya. Selain itu, anda pun bisa melakukan pengukuran ini dengan menggunakan meteran lingkar (pita meteran). Ketika menggunakan pengukur ini, sebelumnya anda harus memiliki ukuran normal anda, sehingga ukuran tersebut bisa dijadikan pembanding untuk ukuran anda saat ini.

Perkembangan perut yang mulai membesar ini, tentu menjadi kabar gembira untuk anda

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 19 Minggu

perkembangan janin minggu 19

Pada perkembangan janin usia 19 minggu, kini ada banyak perkembangan yang terjadi dengan janin dalam rahim anda.

Kabar ini tentu menjadi hal yang akan menggembirakan setiap orangtua, terutama para calon ibu yang telah mendambakan untuk dapat menimang buah hati mereka yang sudah tak sabar mereka nantikan.

Perjalanan panjang yang dilalui oleh ibu pada awal-awal masa kehamilan, mungkin cukup membuat ibu dibuat tersiksa. Belum lagi, beberapa gejala kehamilan seperti perasaan mual, muntah, kram, lemas, mudah lelah dan peningkatan emosi, membuat sebagian besar wanita hamil dibuat frustasi dengan kondisi yang demikian.

Namun, sebenarnya kondisi tersebut wajar, hal ini dikarenakan adanya kenaikan hormon yang melonjak yang terjadi pada ibu hamil, membuat emosi mereka cenderung tak stabil dan menjadi lebih sensitif dibandingkan pada wanita yang tidak hamil. Selain itu, pada dasarnya beberapa gejala yang dialami yang dampaknya cukup menyiksa adalah bentuk dari penyesuaian tubuh dengan kondisi anda yang hamil.

Namun tak perlu khawatir, kabar

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 18 Minggu

perkembangan janin minggu 18

Usia kehamilan anda kini sudah masuk pada usia 18 minggu, yang mana pada usia ini, janin anda akan terus mengalami perkembangan yang pesat.

Serangkaian perjalanan panjang yang telah anda jalani sebelumnya, termasuk mengalami banyak gejala kehamilan yang cukup menyiksa dan menganggu, mungkin tak akan lagi anda alami pada usia kehamilan di minggu ini. Sebab pada minggu ini, tubuh sudah mulai beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi kehamilan anda.

Jika pada usia kehamilan sebelumnya anda mengalami mual, muntah, kram, lemas dan pusing. Pada usia kehamilan minggu ini, beberapa gejala diatas mungkin akan mulai menghilang.

Pada usia kehamilan ini, ibu hamil mungkin sudah mulai merasa bahagia dan berbagi kabar kehamilannya ini bersama dengan orang lain, seperti sahabat, rekan, keluarga dan mungkin teman-teman kantornya. Dari sinilah, kabar kehamilan akan mulai menyebar dan ucapan selamat dari ponsel, email atau komentar di facebook akan mulai berdatangan.

Usia kehamilan 18 minggu atau yang setara dengan hitungan

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

perkembangan janin minggu 17

Setelah melewati berbagai tantangan dan rintangan pada kehamilan sebelumnya, usia kehamilan anda kini sudah memasuki usia ke 17 minggu.

Yang mana ini artinya, periode trimester ke 2 masa kehamilan anda, tengah anda jalani saat ini. Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bu.

Perjalanan panjang yang ibu tempuh saat ini memang menjadi serangkaian usaha yang keras dan penuh dengan perjuangan. Betapa tidak, minggu-minggu awal yang ibu jalani, pada umumnya terlihat begitu dramatis. Belum lagi, penyesuaian diri yang baru dengan keadaan hamil, membuat ibu mungkin dibuat kesulitan untuk bisa beradaptasi dengan kondisi yang baru.

Diperparah lagi dengan gejala morning sickness atau mual dan muntah yang cenderung lebih sering dirasakan pada pagi hari, membuat ibu kesulitan untuk bisa memiliki nafsu makan seperti biasa dan mungkin segala aktivitas yang anda jalani menjadi terhalang karena kendala bau yang lebih sensitive, cenderung lebih membuat ibu merasa tak nyaman.

Namun, akhirnya perjuangan panjang dan kerja keras itu,

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

perkembangan janin minggu 16

Kini usia kehamilan anda sudah memasuki usia minggu ke 16.

Yang mana ini artinya anda sudah memasuki trimester ke dua masa kehamilan anda sebelum nantinya akan berlanjut ke bulan berikutnya sampai masuk ke trimester ke 3 atau trimester akhir periode kehamilan. Serangkaian perjalanan panjang dari masa kehamilan ini tentu akan menjadi masa yang melelahkan bila anda tidak menjalaninya dengan lapang dada. Akan tetapi, nyatanya tidak demikian, buktinya saat ini anda masih bisa menjalani setiap masa yang baru usia kehamilan anda.

Dengan semangat dan usaha anda yang keras, usia kehamilan 16 minggu ini masih anda jalani. Selain itu, kami percaya rasa cinta anda yang besar terhadap si buah hatilah yang membuat anda terus bertahan dan berjuang.

Betapa tidak, buah hati tercinta yang telah sekian lama anda nantikan ini, akhirnya bisa hadir dalam rahim anda yang akan terus bertumbuh menjadi seorang bayi yang akan siap dilahirkan, sehingga rasanya lengkaplah sudah kebahagiaan anda

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 15 Minggu

perkembangan janin minggu 15

Perkembangan janin dalam rahim anda, kini telah masuk pada usia 15 minggu menurut perhitungan hari pertama haid terakhir anda.

Perjalanan panjang kehamilan yang sudah anda jalani selama ini, tentu menjadi serangkaian proses yang mendebarkan sekaligus membahagiakan. Dapat menyaksikan sendiri bagaimana perkembangan si buah hati dari momen ke momennya tentu menjadi hal yang sangat mengharukan, segaligus menyenangkan untuk terus disimak.

Betapa tidak, kehadiran si calon buah hati dirumah anda tentu sudah begitu anda nantikan selama ini. Bahkan mungkin saat ini, anda sudah mempersiapkan dan merangkai sebuah kamar mungil yang khusus anda persembahkan untuknya nanti.

Selain itu, perlengkapan lain seperti popok-popok kain yang lucu dan mainan gantung mungkin sudah terpasang di kamarnya yang telah anda dekorasi dengan begitu cantik. Wajar saja, semua ini hanya akan anda persembahkan untuk si buah hati tercinta yang tak selang berapa lama lagi, ia akan hadir kedunia dan mengisi ruang kosong yang telah anda buat untuknya.

Dengan

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 14 Minggu

perkembangan janin minggu 14

Selamat bunda, usia kehamilan anda kini sudah masuk pada minggu ke 14.

Yang mana ini artinya anda sudah masuk pada periode trimester ke 2 dari 3 trimester pada periode kehamilan. Kini, perkembangan janin dalam rahim anda sudah mengalami perkembangan begitu pesat. Hal ini tentunya tak semata-mata lepas dari dukungan besar bunda yang tak lelah memberikan mereka asupan nutrisi dan gizi yang baik.

Selain itu, peran bunda dalam menjaga pola hidup sehat dan menjalankan pola makan yang baik, membuat perkembangan janin dalam rahim bunda tidak mengalami kendala besar. Untuk itulah, sekali lagi kami ucapkan selamat ya bunda. Teruslah menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat agar si janin dalam rahim bunda bisa terus berkembang dengan pesat dan tanpa adanya halangan.

Sebagai seorang calon ibu yang tengah menanti-nanti hadirnya si buah hati ke dunia, kami memahami bahwa setiap momen perkembangan yang terjadi dengan si buah hati adalah momen berharga untuk anda

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 13 Minggu

perkembangan janin minggu 13

Usia si janin yang tengah berkembang dalam perut anda, kini usinya telah menginjak minggu ke 13.

Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bunda. Berkat bunda, tumbuh kembang si buah hati dalam rahim, kini dapat mengalami perkembangan yang pesat dan begitu luar biasa. Semua ini adalah kerja keras dan usaha bunda dalam memberikannya dukungan untuk bisa tumbuh dengan baik.

Asupan nutrisi dan gizi yang bunda berikan untuknya, membuat si kecil bisa tumbuh dengan begitu pesat. Berkat pola hidup sehat yang bunda jalankan pula, perkembangan si janin dalam rahim tidak mengalami kendala. Untuk itu, sekali lagi kami ucapkan selamat ya bund. Semoga perjuangan bunda ini bisa menghasilkan buah yang dapat bunda petik saat hari kelahiran nanti. Tetap jalankan pola hidup sehat dan jaga asupan gizi dan nutrisi untuk si buah hati ya bun, agar si buah hati dan bunda bisa senantiasa sehat dan perkembangannya bisa berjalan dengan tanpa kendala.

Nah, berbicara mengenai

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

perkembangan janin minggu 12

Usia kehamilan anda kini telah memasuki minggu ke 12, begitupun dengan perkembangan janin dalam rahim anda yang semakin membesar.

Pada perkembangan usia minggu ini, si janin terus mengalami perkembangan yang pesat sebelum terbentuk menjadi bayi yang akan siap untuk dilahirkan ke dunia.

Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bunda atau perkembangan sehat si jabang bayi dalam rahim bunda, selamat juga karena selama ini bunda tetap menjaga asupan makanan sehat dan menjalankan pola hidup yang baik demi menjaga kesehatan dan keselamatan si jabang bayi yang bunda kandung. Semoga, kondisi ini tetap bunda jaga dan bunda lakukan sampai nanti hari kelahiran tiba ya bunda.

Perkembangan Janin Usia Minggu Ke-12

Nah, berbicara mengenai perkembangan janin dalam perut bunda pada usia ini, kini si janin sudah mulai bisa bergerak-gerak dan menendang-nendang.

Meskipun rasanya terlalu dini untuk bunda bisa merasakan gerakan si bayi dalam rahim, namu nyatanya pada minggu ke-12 inilah si bayi mulai dapat

Continue Reading

Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

perkembangan janin minggu 11

Saat ini usai kehamilan anda telah masuk pada periode trimester pertama dari 3 terimester periode kehamilan.

Kami ucapkan selamat ya bund, perkembangan janin dalam rahim ibu berkembang dengan begitu pesat. Yang mana tentunya, setiap detiknya si kecil dalam rahim ibu akan terus berkembang dan bertumbuh seiring dengan dukungan asupan nutrisi dan gizi yang ibu berikan untuk mereka.

Pada kehamilan usia 11 minggu, kini bayi anda telah secara resmi bergelar janin dan bukan lagi embrio. Sebab pada usia ini, organ-organ pada si bayi dalam kandungan sudah terbentuk seperti manusia kecil. Hal ini tentu berbeda dari masa sebelumnya, dimana bentuk atau rupa si kecil lebih mirip berudu dibandingkan dengan manusia. Ekor yang membentangnya pun kini sudah menghilang. Mata, telinga, hidung dan semua organ internal pada si kecil sudah mulai terbentuk dengan perlahan.

Bayi anda saat ini sudah benar-benar terbentuk dengan sepenuhnya. Kini, jari-jari pada tangan dan kakinya sudah mulai terpisah dan selaput

Continue Reading

  • 1
  • 2