data-ad-format="auto"

Kesehatan Anak

Kategori artikel kesehatan anak berisi tentang seputar kesehatan anak, mulai dari gangguan kesehatan, dan cara pencegahannya

Apakah Anak Dapat Terserang Meningitis?

Pengertian meningitis yang dikutip dari wikipedia.org yaitu adanya radang pada bagian membran yang menyelubungi otak dan juga sumsum tulang belakang yang disebut menigen. Meningitis merupakan penyakit yang berbahaya dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Radang selaput otak atau meningitis tidak hanya saja menyerang dewasa akan tetapi dapat menyerang anak-anak. Untuk lebih mengenali Meningitis pada anak maka di artikel kali ini akan dijelaskan ciri anak yang mengidap menginitis, kapan anda harus khawatir dan memerlukan bantuan medis. Selain itu mengenai pencegahan dan pengobatan yang dilakukan untuk anak yang menderita menginitis.

Bagaimanakah penyakit meningitis pada anak?

Anak yang terserang meningitis kebanyakan berusia lima tahun. Anak yang menderita meningitis mengalami peradangan selaput dan membengkak. Beberapa kondisi penyakit ini akan membaik dengan sendirinya akan tetapi apabila dibiarkan maka seringkali menimbulkan komplikasi yang serius dan semakin parah pada anak yang menderita meningitis.

Meningitis pada anak dapat menular, hal ini dikarenakan mikroorganisme yang mudah menular. Apabila telat

Continue Reading

Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Penyakit jantung bawaan merupakan penyakit bawaan dengan angka kejadian yang cukup besar di Indonesia. Bahkan kejadian penyakit jantung bawaan lebih besar ketimbang penyakit bawaan lainnya seperti kelainan paru-paru, saluran cerna, ginjal dan anggota gerak lainnya. Data yang diperoleh dari artikel yang ditulis DR.dr.Mulyadi M.Djer,Sp.(K) pada situs heartcenter.co.id apabila diperkirakan 1 dari setiap kelahiran yang hidup dibandingkan dengan jumlah penduduk 288 juta dan angka kelahiran bayi 2,3% maka jumlah anak dengan penyakit jantung bawaan sebesar 50 ribu pertahun.

Masih dalam artikel yang sama dalam situs heartcenter.co.id tertulis bahwa penyakit jantung bawaan sebenarnya udah dapat diketahui sebelum lahir (di dalam kandungan). Pada trimester pertama kehamilan bayi dengan penyakit jantung bawaan sudah dapat terdeteksi karena jantung sudah mulai terbentuk pada usia kehamilan 8-12 minggu bahkan pada akhir trimester pertama jantung sudah terbentuk sempurna.

Meskipun penyakit jantung bawaan dapat dideteksi sebelum kelahiran akan tetapi masih sulit membedakan bayi yang lahir dengan jantung sehat

Continue Reading

Molluscum Contagiosum, Kutil Berkelompok Pemicu Penyakit Kulit

Kulit anak sangat sensitif sehingga mudah terserang berbagai jenis penyakit kulit. Penyakit kulit pada anak dimulai dari bentol hingga penyakit kulit yang parah. Infeksi kulit pada anak kebanyakan disebabkan kareba kebersihan anak yang kurang dijaga. Diantara masalah kulit yang timbul pada anak adalah bentol yang berkelompok. Pada awalnya tidak menimbulkan masalah pada kulit anak akan tetapi apabila dibiarkan akan menyebabkan ganguan kesehatan pada kulit anak. ( Baca : Impetigo, Penyakit Kulit Menular Pada Anak )

Anak seringkali mengalami bintil merah yang menyerupai mutiara berwarna coklat muda pada bagian kulit. Pada anak bintil terebut berjumlah banyak dan sering kali berkelompok berbentuk kubah, tubuh anak yang seringkali diserang adalah bagian dada dan punggung. Apabila dipencet maka seringkali mengeluarkan cairan yang berwarna putih kekuningan bertekstur seperti nasi. Ini merupakan gangguan kulit pada anak yang disebut Molluscum Contagiosum.
Pada artikel kali ini akan membahas penyakit kulit kutil berkelompok atau istilah medisnya adalah Molluscum

Continue Reading

Impetigo, Penyakit Kulit Menular Pada Anak

Impetigo seringkali menyerang bayi dan anak-anak. Impetigo merupakan penyakit kulit yang menular ditandai dengan luka merah pada bagian wajah, sekitar hidung ataupun mulut. Penyebab dari impetigo adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh anak melalui kulit yang terluka atau pada anak dengan kulit sehat. Meskipun Impetigo dapat sembuh dengan sendirinya akan tetapi untuk mengurangi resiko komplikasi maka diperlukan pengobatan pada anak yang mengalami impetigo.

Pada beberapa kasus anak yang mengalami Impetigo yaitu ditandai dengan luka seperti melepuh. Meskipun tidak membahayakan akan tetapi komplikasi pada anak yang mengalami Impetigo mungkin terjadi. Inilah pentingnya peranan orang tua dalam melakukan pencegahan dan pengobatan (apabila anak sudah terserang Impetigo). Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai jenis impetigo, ciri-ciri anak yang terserang impetigo, faktor yang menyebabkan anak terserang Impetigo, pencegahan yang bisa dilakukan dan tips pengobatan pada anak yang terserang Impetigo.

Jenis Impetigo

Impetigo merupakan penyakit yang sangat menular. Bahkan apabila mengenai luka

Continue Reading

Gangguan Pencernaan Pada Anak

Anak seringkali sakit dan mengalami penurunan berat badan? Salah satu penyebabnya dikarenakan terjadinya gangguan kesehatan anak yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Bahkan gangguan pencernaan pada anak akan menghambat kebutuhan nutrisi anak akibatnya akan terganggunya tumbuh kembang anak.

Penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anak dikarenakan 70-80% pembentukan sistem daya tahan tubuh anak dibentuk di dalam saluran cerna. Apabila anak mengalami gangguan pencernaan maka penyerapan nutrisi akan terhambat selain itu beresiko mengalami gangguan fungsi pencernaan. Untuk lebih mewaspadai gangguan pencernaan pada anak, artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian gangguan pencernaan pada anak, peran penting pencernaan pada anak, pencegahan yang harus dilakukan untuk tetap menjaga pencernaan anak yang sehat.

Pengertian Gangguan Pencernaan pada anak

Seringkali anak mengeluhkan rasa sakit pada bagian perut? Ini merupakan salah satu tanda awal terjadinya gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan disebut dispepsia yaitu kondisi ketidaknyamanan pada bagian perut. Meskipun gangguan pencernaan termasuk umum dialami oleh anak atau orang

Continue Reading

Pola Makan Anak Sehat

Anak yang gemuk seringkali menggemaskan, inilah yang menyebabkan sebagian orang tua membiarkan anak mengkonsumi makanan berlebih tanpa memperdulikan pola makan yang sehat. Pola makan yang tidak sehat tidak hanya berhubungan dengan anak yang sulit makan akan tetapi pada anak yang sering makan. Nah, untuk mengetahui pola makan yang sehat pada artikel ini akan dibahas mengenai pola makan anak sehat. Pola makan anak dibentuk semenjak usia dini untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal. Pola makan yang benar maka akan membentuk anak yang sehat dan perkembangan sesuai dengan usianya.

Pengertian Pola Makan Sehat

Pola makan berhubungan dengan pengaturan makanan yang seimbang dengan asupan gizi yang dibutuhkan. Gizi yang dibutuhkan tubuh dihasilkan dari sari makanan untuk menjaga kesehatan. Dengan demikian pola makan yang sehat berhubungan dengan aneka ragam makanan yang dapat memenuhi zat gizi yang diperlukan sesuai dengan usia anak. Kelebihan atau kekurang gizi akan menyebabkan masalah pada kesehatan anak.

Pola Makan

Continue Reading

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Kekebalan tubuh atau imun sangat penting dalam menjaga kesehatan. Imun berasal dari bahasa latin yang berasal dari immunitas yang memiliki arti kekebalan. Sistem imun yaitu di dalam tubuh yang terdiri dari sel dan zat yang dihasilkan bekerja secara kolektif untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Peran penting kekebalan tubuh atau sistem imun yaitu memberikan perlindungan dari pengaruh luar (infeksi bakteru dan virus ) melibatkan sel dan organ pada organisme. Apabila kekebalan tubuh melemah maka perlindungan akan melemah dan menyebaban virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh dan berkembang. Pada anak-anak sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga rentan terkena penyakit meskipun demikian ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Dalam artikel cara meningkatkan kekebalan tubuh anak akan dijelaskan mengenai pentingnya imun, cara meningkatkan imun pada anak dan pencegahan terhadap penyakit yang menyerang sistem imun pada anak.

Pentingnya Imun Pada Anak

Continue Reading

Waspadai Hepatitis B Pada Anak

Penyebaran virus hepatitis harus tetap diwaspadai. Meskipun setiap jenis virus hepatitis berbeda dalam memberikan gejala dan kondisi pada pasien akan tetapi apabila tidak dideteksi dini akan menyebabkan pengembangan virus yang serius. Terdapat 7 jenis virus hepatitis yaitu hepatitis A , hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, hepatitis E, hepatitis F dan hepatitis G. Dari ketujuh jenis hepatitis yang paling berbahaya adalah jenis hepatitis B dan C karena akan beresiko penderita mengalami kanker hati.

Jenis Virus hepatitis yang akan dibahas kali ini adalah virus hepatitis B yang dapat menyerang anak. Pada proses penyebaran baik secara vertikal dan horizontal pada anak di Indonesia sangat tinggi. Bahkan Indonesia digolongkan ke dalam kelompok negara yang dihimbaui oleh WHO dalam melaksanakan pencegahan hepatitis B. Bagaimana penyebaran virus hepatitis B? Apa saja gejala yang dialami oleh anak yang menderita hepatitis B? Bagaimana solusi dan pencegahan yang harus dilakukan untuk menghindari penyebaran hepatitis B? Semua akan dijawab

Continue Reading

Mengapa Anak Sering Sakit?

Orangtua mana yang tidak cemas ketika anaknya seringkali sakit. Beberapa hari setelah sembuh, anak kembali sakit. Bahkan anak hampir setiap bulan sakit meskipun tidak berlangsung lama dan dalam kategori sangat ringan akan tetapi jelas ini akan mengganggu aktivitas anak anda.

Kondisi anak yang sakit ketika usianya masih muda (0-2 tahun ) apakah harus dianggap wajar atau dicurigai terjadinya gangguan pada tubuh anak? Dalam artikel ini kami akan membahas mengapa anak sering sakit, apakah merupakan tanda penyakit dan apa yang menyebabkan anak sering sakit sehingga pencegahan dan solusi yang tepat pada anak yang sering sakit? Berikut ini adalah penjelasannya untuk anda.

Apakah wajar anak sering sakit?

Seorang anak dapat dikategorikan sakit yang dianggap wajar apabila sakit minimal 4-8 kali dalam setahun. Sakit pada anak dinilai wajar dikarenakan sistem imun yang berkembang sempurna sehingga rentan terkena virus dan bakteri. Apabila dalam satu tahun anak anda maksimal mengalami 8 kali sakit masih

Continue Reading

Waspadai Hepatitis A Pada Anak

Anak anda seringkali mengalami lemas, lesu disertai dengan mual dan muntah? Hati-hati dikhawatirkan terkena indikasi hepatitis. Penyakit hepatitis dapat menyerang anak-anak sehingga peranan orang tua penting dalam bersikap dan antisipatif mengamati perubahan kondisi anak. Dengan bersikap dini maka dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya pengembangan dari penyakit yang diderita.

Hepatitis pada anak dapat berakibat fatal karena akan menganggu fungsi organ. Meskipun demikian pencegahan dapat dilakukan sehingga mengurangi resiko hepatitis A pada anak. Kali ini melalui artikel waspadai hepatitis A pada anak akan diuraikan pengertian hepatitis A pada anak, gejala dan penyebab hepatitis A pada anak serta pencegahan dan pengobatan hepatitis A.

Pengertian Hepatitis A pada anak

Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan cara disebarkan oleh kotoran atau tinja yang melalui makanan (fecal-oral)bukan melalui interaksi aktivitas atau melalui darah. Virus Hepatitis A jenis virus yang sangat mudah menyerang anak-anak. Penyebaran yang paling sering pada anak-anak melalui makanan dan minuman yang

Continue Reading

Penyakit Leukemia Pada Anak

Kanker darah atau dikenal dengan leukemia merupakan penyakit yang menyerang sel darah dan juga sumsum tulang belakang. Leukemia bukan satu-satunya kanker darah ada kanker lymphoma yang menjangkit sistem limfa ataupun myeloma yang dapat menyerang sel plasma dalam tubuh akan tetapi leukemia merupakan kanker darah yang membahayakan. Leukemia merupakan jenis kanker yang menjangkit manusia dari semua ras dan juga etnis. Bahkan sepertiga kematian anak yang berusia dibawah 15 tahun disebabkan karena leukimia.

Leukimia tidak mengenal usia bahkan kebanyakan penderita leukimia adalah anak-anak. Lebih mengkhawatirkan lagi penyakit leukemia sulit dikenali gejalanya bahkan belum diketahui pasti penyebabnya. Di Indonesia anak-anak yang menderita leukimia mencapai 60 persen bahkan mereka baru diketahui setelah memasuki stadium lanjut. Dari kasus tersebut, orang tua harus dapat mengenali perubahan kesehatan yang menjadi gejala terjadinya leukemia pada stadium dini untuk membantu dalam pengobatan sehingga harapan pulih lebih besar. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai penyakit leukemia pada anak,

Continue Reading

Epilepsi Pada Anak

Kondisi kesehatan anak penting untuk diperhatikan sebagai orang tua yang cermat dalam mengamati perubahan kondisi anak baik secara fisik maupun psikis. Perubahan yang terjadi dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan baik dalam skala ringan maupun berat meskipun tidak semuanya membahayakan akan tetapi penting untuk anda mengetahui perubahan awal kondisi kesehatan untuk memberikan penanganan dini dalam masalah kesehatan anak.

Perubahan kondisi fisik dan psikis anak tidak dapat disimbulkan dengan satu perubahan, misalnya saja ketika anak kejang. Apakah kejang anak pada suhu normal atau ketika anak anda dalam suhu badan yang tinggi (demam) atau ketika anak anda seringkali mengeluhkan bagian tubuhnya. Inilah yang harus anda ketahui sebagai ciri ciri anak anda mengalami masalah kesehatan.

Seringkali kejang yang dialami anak dikhawatirkan anak mengidap epilepsi. Padahal masih ada gejala-gejala epilepsi pada anak yang harus anda perhatikan. Pada kesempatan kali ini, artikel kami akan membahas mengenai epilepsi pada anak. Pengertian epilepsi pada anak, gejala

Continue Reading

Macam-Macam Batuk Pada Anak

Anak seringkali terserang penyakit dikarenakan sistem pertahanan tubuhnya belum sempurna. Anak lebih mudah terserang bakteri, virus dan mikoorganisme akibat dari sistem imunitas tubuh yang masih lemah. Gangguan kesehatan yang seringkali menyerang anak-anak adalah flu dan batuk.

Meskipun gangguan kesehatan anak seperti batuk tidak membahayakan akan tetapi harus tetap diwaspadai dan juga dilakukan pengobatan. Taukah anda bahwa batuk pada anak memiliki banyak macamnya dan obat yang berbeda? Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai macam-macam batuk pada anak dan solusi pencegahan batuk pada anak.

Pengertian Batuk

Batuk bukan merupakan suatu penyakit, batuk adalah pertahanan yang dilakukan oleh tubuh untuk menjaga saluran pernapasan. Batuk juga dapat dikatakan reaksi tubuh ketika menghadapi iritasi tenggorokan terhadap makanan, debu, asap dan juga lendir. Batuk pada anak dapat dibedakan menjadi dua yaitu batuk akut dan batuk kronis. Batuk akut merupakan batuk yang terjadi dari 14 hari. Sedangkan batuk kronis adalah batuk yang lebih dari

Continue Reading

Perawatan Penyakit Asma Pada Anak

Anak anda sering mengalami batuk bahkan hingga menahun dan juga disertai dengan dada yang semakin sesak. Waspadai gejala asma yang menyerang usia bayi hingga balita. Lakukan perawatan penyakit asma pada anak anda dengan tepat. 

Asma tidak hanya menyerang orang dewasa, bisa juga menyerang anak-anak. Penyakit asma merupakan penyakit yang kronis yang susah sembuh secara tuntas. Bahkan anak yang menderita asma seringkali timbul karena alergi yang menyebabkannya.

Asma merupakan kondisi rangsangan yang mencetuskan saluran pernapasan dan membuatnya sempit hingga kesulitan bernafas untuk sementara waktu. Bahkan asma merupakan penyakit peradangan yang dapat menahun apalagi pada anak yang usia 5 tahun. Penyakit asma merupakan salah satu alergi yang bersifat turunan dari keluarga. Apabila orang tua menderita asma, resiko 25% anak akan menderita asma.

Penyebab penyakit asma diantaranya adalah faktor genetik, terjadi karena saluran napas, terjadi karena dipengaruhi oleh lingkungan seperti polusi dan asap rokok. Beberapa kondisi seperti jamur, polen, hewan peliharaan dan jamur

Continue Reading

Penyebab Kejang Demam Pada Anak

Perubahan kondisi kesehatan anak kerap kali membuat orang tua cemas tidak terkecuali pada situasi badan anak mengalami demam. Meskipun demam seringkali dikatakan biasa akan tetapi apabila disertai dengan ciri (demam) yang berbahaya anda harus waspada untuk memberikan pertolongan pertama.

Kali ini kami akan membahas tentang penyebab kejang demam pada anak, seperti yang pernah di posting sebelumnya pertolongan apabila anak kejang saat demam, bahwa kejang demam harus mendapatkan pertolongan yang tepat. Kali ini kami akan memberitahu apa penyebab dan solusi bagi anda yang tiba-tiba mendapati kondisi anak kejang demam.

Kejang Demam

Kejang demam atau stuip merupakan kondisi dimana sikecil mengalami perubahan suhu tubuh dari kondisi normal (36-37,2 derajat celcius) ke suhu yang lebih tinggi. Kejang demam sering terjadi pada anak-anak bahkan pada 2-5% terjadi pada anak berusia 6 bulan hingga usia 5 tahun. Kejang demam pada anak yaitu ditandai dengan kondisi dimana anak mengalami suhu tubuh di atas 38 derajat celcius.

Continue Reading

Bahayakah Migrain Pada Anak-Anak?

Migrain tidak hanya dialami oleh orang dewasa, anak -anak sekalipun seringkali mengalaminya. Kondisi anak yang mengalami migran akan mengganggu aktivitas sehingga anak tampak murung, lemas dan kurang bersemangat. Penyebab anak mengalami migrain beranekaragam terkadang dari masalah yang ringan hingga tanda penyakit yang berbahaya. Untuk mengetahui penyebab anak sering migran, kali ini kami akan membahasnya untuk anda.

Migrain adalah jenis penyakit sakit kepala yang sangat umum dialami. Migrain atau dikenal dengan sakit kepala sebelah, sehingga penderita hanya merasakan pada satu sisi saja. Migrain banyak dialami oleh wanita dewasa meskipun demikian laki-laki dewasa berpotensi mengalami migrain, bahkan anak-anak dapat mengalami migrain.

Migrain yang diderita oleh anak-anak dapat disebabkan karena beberapa faktor. Salah satu yang menyebabkan migran pada anak-anak adalah kebiasaan makan, gangguan kepribadian anak, masalah mata, mengalami infeksi sinus dan juga kebiasaan gaya hidup. Gaya hidup dari lingkungan yang tidak sehat seperti paparan asap rokok dan juga makanan yang dapat memicu

Continue Reading

Gejala Kanker Darah Pada Anak

Kanker darah atau leukemia adalah penyakit kanker yang paling banyak ditemui pada anak-anak. Penyakit kanker sangat membahayakan dan mengancam nyawa penderitanya apabila telat mendapatkan pengobatan. Bagaimanakah orang tua dapat mengidentifikasi gejala kanker darah pada anak?

Kanker merupakan penyakit yang mengancam penderitanya tidak terkecuali anak-anak. Kanker dibagi menjadi dua kelompok yaitu kanker darah cair dan kanker padat. Kanker darah termasuk pada kelompok kanker bentuk cair. Kanker darah berhubungan dengan sumsum tulang. Sumsum tulang merupakan tempat dibentuknya sel darah merah, sel darah putih dan juga kepingan darah.

Pada anak yang menderita leukemia maka akan ditemukan masalah dimana kadar darah merah menjadi lebih rendah, lambat laun pada bagian trombosit yang ikut menjadi rendah. Sehingga apabila sudah pada stadium yang membahayakan akan mengganggu otak, kulit, gusi, hati, tulang,testis dan juga limpa.

Penderita leukemia terdapat produksi sel darah putih yang berlebihan sehingga akan masuk ke perifer dan membuat penderita leukemia menjadi terinfeksi, kurang darah, anemia

Continue Reading

Bahayakah Demam Pada Anak Disertai Mimisan

Kondisi demam pada anak dapat membuat setiap orang tua khawatir. Apalagi bila demam anak tidak dapat pulih dalam waktu lebih dari tiga hari. Kondisi demam yang dialami oleh anak anda sebaiknya mendapatkan pemeriksaan dokter. Sehingga dapat diketahui penyebab demam sebagai tanda adanya masalah kesehatan pada anak.

Berbeda dengan kondisi dimana anak mengalami demam yang disertai dengan tanda yang berbahaya yaitu ketika anak anda demam disertai dengan kejang atau demam anak anda yang disertai dengan mimisan, maka harus segera diperiksakan ke dokter meskipun belum tiga hari mengalami demam. Demam dengan kondisi mimisan bisa menjadi pertanda anak anda menderita penyakit tertentu, kondisi kesehatan dan pemeriksaan lanjut sangat diperlukan untuk mendiagnosa anak. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai demam yang disertai mimisan pada anak.

Mimisan

Mimisan atau istilah kedokteran epikstasis merupakan kondisi dimana hidung anak mengeluarkan darah. Penyebab terjadinya mimisan beraneka ragam ada yang disebabkan karena perlukaan pembuluh darah pada

Continue Reading

Bahayakah Demam Naik Turun Pada Anak?

Anak yang mengalami gangguan kesehatan seringkali membut orang tua khawatir, tidak terkecuali demam yang umum dialami oleh anak. Meski demam adalah salah satu kondisi kesehatan yang umum dan seringkali dialami oleh anak-anak, tapi jangan diabaikan apalagi bila mengalami demam sudah lebih dari 3 hari. Begitu pula dengan kondisi demam anak yang naik turun, ketidakstabilan suhu badan anak yang terkadang membuat orang tua khawatir. Kali ini kami akan membahasnya demam pada anak yang naik turun. Bahayakah apabila terjadi demam naik turun pada anak?

Pengertian Demam

Demam tidak selamanya mengidentifikasi sesuatu yang serius, demam dapat menjadi pertanda bahwa kondisi tubuh sedang melawan infeksi. Demam pada umumnya disebabkan karena infeksi virus ringan atau virus berbahaya seperti virus dengue yang menyebabkan Demam Berdarah Dengue (DBD). Demam ditandai dengan suhu tubuh diatas normal, pada kondisi normal suhu tubuh pada posisi 37,5 derajat celcius. Peningkatan suhu tubuh dapat disebabkan karena peningkatan molekul kecil disebut pirogen

Continue Reading

Obesitas Pada Anak Meningkatkan Resiko Penyakit Darah Tinggi

obesitas pada anak

Memiliki anak yang gemuk seringkali menjadi pujian orang yang melihatnya.Badannya yang berisi dan pipinya yang tembem membuatnya semakin lucu. Meskipun demikian anak yang terlalu gemuk atau dikenal istilah obesitas akan menimbulkan banyak masalah kesehatan anak. Problema ini membuat orang tua cemas, dilain sisi kegemukan pada anak umumnya diwarisi dari gen orang tua bahkan pada usia anak yang akan melakukan diet harus dipertimbangkan karena masa pertumbuhan yang membutuhkan nutrisi.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai obesitas pada anak yang akan memicu terjadinya gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang berhubungan dengan obesitas pada anak salah satunya adalah penyakit darah tinggi pada usia muda. Kondisi ini yang akan menghambat aktivitas anak dan tidak menutup kemugkinan akan menimbulkan masalah kesehatan yang baru. Sehingga sebagai orang tua harus melakukan pencegahan untuk tetap mengontrol berat badan anak.

Berikut ini adalah penjelasan dan cara mengatasi obesitas yang akan memicu penyakit tekanan darah tinggi pada anak:

Pengertian

Continue Reading

Bahaya Obesitas Pada Anak

Senangnya, ketika anak anda menjadi fokus utama lingkungan sekitar salah satunya dikarenakan anak anda gemuk dan chubi. Hal ini menjadi sangat menyenangkan sekali bahkan banyak yang mencubit, mencium karena gemas melihatnya. Meskipun demikian anda jangan senang dulu, apabila anak terlalu gemuk atau obesitas malah akan membuat kondisi anak mudah terserang penyakit. 

 

Masalah yang berhubungan dengan obesitas anak tidak kalah pentingnya bahkan mendapatkan perhatian serius karena akan menimbulkan gangguan kesehatan pada anak. Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai bahaya obesitas pada anak, berikut uraiannya yang dapat membantu anda.

Obesitas Pada Anak

Kelebihan berat badan yang dialami oleh anak dapat disebabkan karena faktor keturunan. Resiko obesitas pada anak akan lebih tinggi dialami oleh anak dari orang tua yang mengalami obesitas. Selain dari faktor keturunan, faktor yang akan berperan dan membahayakan obesitas pada anak adalah pola makan. Pada anak yang mengalami obesitas tidak akan kesulitan soal makan, dia akan terus nafsu makan sehingga sulit mengontrol rasa lapar di

Continue Reading

Betulkah Demam Pada Anak Berbahaya?

Demam merupakan gangguan kesehatan yang seringkali dialami oleh anak-anak. Kondisi demam pada anak ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh anak diatas normal. Dalam memudahkan anda mengetahui anak anda terkena demam adalah ketika anak anda mengalami peningkatan suhu tubuh yaitu lebih dari 38 derajat celcius. Kondisi demam seringkali dijumpai oleh anak-anak, apa yang membuatnya menjadi berbahaya? Berikut ini adalah penjelasan demam pada anak yang membahayakan sehingga anda harus mewaspadainya. 

Kondisi suhu tubuh diatas normal pada anak anda seringkali membuat anda risau. Kondisi suhu tubuh meningkat dikarenaka di dalam badan anak sedang mengalami perlawanan pada mikrooganisme yang tidak dikenali oleh tubuh anak, beberapa diantaranya dikarenakan infeksi virus atau bakteri. Selain itu kondisi demam pada anak dapat disebabkan karena gangguan pada telinga, gangguan pada salur buang air kecil, mengalami masalah pernapasan seperti bronkiolitis dan pneumonia. 

Dalam mengetahui suhu tubuh anak, anda dapat menggunakan termometer. Sehingga mengetahui suhu tubuh anak anda dan mengantisipasi terjadinya peningkatan suhu tubuh anak. Demam merupakan pertanda bahwa anak mengalami infeksi

Continue Reading

Kenali Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Perubahan cuaca berpengaruh pada kesehahatan anak yang paling umum adalah terjadi demam. Demam merupakan salah satu reaksi tubuh karena adanya infeksi bakteri ataupun virus sehingga tubuh melakukan pertahanan dan menyebabkan suhu tubuh meningkat dari keadaan normal.

Keadaan demam pada anak ada yang dinilai biasa ada pula yang berbahaya, salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Gejala yang bervariasi pada anak akan menyulitkan dalam mendeteksi terserang demam berdarah dengue atau penderita tidak mengalami gejala yang umum dialami ketika terserang demam berdarah dengue.

Demam yang terjadi pada penderita demam berdarah dengue adalah demam yang membutuhkan pengamatan lebih seksama mengingat demam berdarah dapat terjadi secara tiba-tiba. Jangan menganggap demam berdarah pada anak adalah penyakit biasa dikarenakan demam berdarah pada anak dapat menjadi pendarahan yang hebat dan syok.

Kenali Gejala Demam Berdarah

Untuk mengetahui apakah anak mengalami demam biasa atau Demam Berdarah Dengue (DBD) maka anda dapat mengenali melalui gejala yang sering timbul pada anak yang mengalami demam berdarah :

1. Demam

Continue Reading

Waspada Penyakit Menular Yang Sering Menyerang Anak

Ibu akan mengalami cemas ketika anak mengalami gangguan kesehatan. Terlebih apabila sudah beberapa hari disertai dengan suhu tubuh diatas normal, yaitu diatas 37 derajat celcius. Anak sangat rentan terkena beberapa penyakit karena ketahanan suhu tubuh yang masih rentan dan juga lingkungan bermain yang beragam yang mudah menyerang anak anda.

Penyakit menular yang sering menyerang anak tidak dapat dihindari, anda dapat melakukan pencegahan dan juga penanganan apabila anak sudah terserang penyakit menular. Di artikel kali ini terdapat beberapa penyakit menular yang seringkali dialami oleh anak anda.

 

Berikut ini adalah beberapa penyakit menular yang seringkali menyerang anak :

 

1. Salesma

 

Penyakit ini ringan akan tetapi akan mengganggu aktivitas anak anda bahkan hingga pada jangka waktu yang lama. Salesma adalah penyakit yang paling mudah menyerang anak-anak dan mudah pula menyebar diantara teman bermain anak atau orang dewasa disekitarnya. Salesma memiliki gejala-gejala yang khas diantaranya adalah mengalami demam, batuk, ingusan dan mengalami sakit kepala. Peningkatan daya tahan tubuh anak

Continue Reading