Penyebab Anak Sulit Tidur Ketika Malam Hari

Penyebab Anak Sulit Tidur – Saat waktunya untuk tidur, ada beberapa anak yang tidak bisa tidur. Masalah tidur yang dialami oleh anak menjadi hal yang harus diperhatikan oleh orangtua. Jika anak susah tidur, maka akan menyebabkan waktu tidurnya berkurang dan akan mempengaruhi kesehatan maupun aktivitasnya.

Diketahui ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan anak sulit tidur. Untuk mengetahui penyebab anak sulit tidur saat malam hari, anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

penyebab anak sulit tidur

Penyebab Anak Sulit Tidur Ketika Malam Hari

Tidur yang cukup tentunya dibutuhkan oleh semua orang, termasuk anak-anak agar kondisi tubuh tetap fit. Hanya saja, terkadang masalah tidur dialami yang mengganggu waktu tidur, salah satunya tidak bisa tidur.

Sebagai orangtua sangat penting mengetahui penyebab anak sulit tidur sehingga anda dapat mengatasinya dengan cepat. Berikut ini beberapa penyebab anak sulit tidur saat malam hari.

Mimpi Buruk

Mimpi buruk dapat menyebabkan anak sulit tidur. Ketika anak pernah mengalami mimpi buruk ia akan takut untuk tidur. Mimpi buruk dapat dialami si kecil karena ia sebelumnya menonton tayangan seram ataupun membaca cerita horor.

Jika anak suka menonton atau membaca buku, maka sebaiknya anda merekomendasikan film dan buku yang menarik dan tidak menakutkan untuk anak. Jika benar si kecil sulit tidur karena mimpi buruk, anda bisa memintanya untuk memikirkan hal-hal yang membahagiakan.

Stres dan Cemas

Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan anak sulit tidur yaitu karena stres pada anak atau kecemasan yang dialami oleh si kecil. Ketika stres, maka hormon  stres akan meningkat dalam tubuh, yang akan menyebabkan anak tidak ingin tidur. Perasaan cemas dan stres bisa disebabkan karena kondisi lingkungannya, contohnya karena pelajaran, masalah dengan temannya dan lain sebagainya.

Anda dapat membantu si kecil mengurangi stres dan perasaan cemas yang dialaminya. Anda bisa membiarkan anak untuk bercerita mengenai masalah atau apapun yang ia pikirkan, kemudian anda dapat memberikan saran yang baik untuk si kecil, serta mengajaknya untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Televisi

Berdasarkan penelitian menunjukan, terlalu banyak menonton televisi baik pada saat siang ataupun malam hari memiliki hubungan dengan masalah waktu tidur, misalkan tertundanya waktu tidur, kecemasan, serta anak tidak ingin tidur.

Selain itu, menurut penelitian yang lainnya menunjukan, anak yang melihat tayangan dewasa, seperti berita siang, akan dapat menyebabkan gangguan tidur anak serta durasi tidur anak mengalami penurunan. Selain televisi, ada beberapa alat elektronik lainnya yang dapat menyebabkan anak mengalami masalah tidur seperti komputer, video game, serta handphone.

Salah Waktu Tidur

Salah waktu tidur juga akan menyebabkan anak sulit tidur. Biasanya kebanyakan orangtua menyuruh anak untuk tidur lebih cepat, sebelum tubuh anak siap tidur. Jika anak disuruh tidur lebih cepat, tubuhnya belum cukup memproduksi hormon melatonin. Anak yang belum waktunya tidur namun sudah disuruh tidur akan merasa bosan, kemudian akan memicu si kecil untuk memikirkan hal-hal yang dapat membuat si kecil takut yang pada akhirnya akan membuat si kecil semakin sulit tidur.

Suasana Kamar yang Kurang Nyaman

Ciptakanlah suasana kamar yang nyaman untuk membuat si kecil lebih mudah tidur. Ketika malam hari anda bisa membuat ruangan lebih gelap. Kemudian ganti baju si kecil dengan pakaian yang nyaman. Selain itu, buatlah kamar sepi. Suasana kamar yang kurang nyaman untuk anak akan membuatnya kesulitan untuk tidur.

Takut Tidur Terpisah Dari Orangtua

Ketika anak kecil tidur terpisah dari orangtuanya, biasanya ia akan mengalami kecemasan, sehingga ia akan sulit tertidur. Anak-anak biasanya akan takut tidur sendirian, serta tidur dalam suasana kamar gelap. Pada akhirnya menganggap waktu tidur adalah waktu yang menakutkan baginya. Jika anak sulit tidur karena takut tidur sendirian, maka anda dapat membantunya untuk tertidur.

Temani si kecil hingga ia tertidur lelap. Jika tidak, anda bisa membuat suasana kamarnya menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa meletakan mainan yang disukai oleh si kecil di kamar. Selain itu, suhu kamar sebaiknya anda atur agar si kecil lebih nyaman, tidak kepanasan ataupun kedinginan. Seiring dengan usia anak yang semakin bertambah, rasa takut ketika tidur akan menghilang.

Ritme Tidur Sikardian Mengalami Masalah

Ritme sirkadian merupakan waktu tubuh yang akan mengatur kapan anda untuk tidur dan kapan harus bangun. Setiap orang memiliki ritme sirkadian yang berbeda-beda. Jika anda mendapati si kecil kesulitan tidur saat malam hari, atau ketika siang hari sulit terjaga, maka bisa saja ritme sirkadian anak mengalami gangguan.

Tentunya kondisi ini jangan anda biarkan. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa dengan bertahap untuk menyesesuaikan jam biologis si kecil dengan lingkungannya. Ketika siang hari anda bisa mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Jika sudah malam dan si kecil sudah waktunya tidur, anda bisa mematikan barang elektronik, termasuk lampu. Barang elektronik, misalkan televisi, serta lampu akan dapat membuat produksi hormon melatonon tertekan sehingga anak akan mengalami kesulitan untuk tidur jika suasananya terang.

Mengulur-Ngulur Jam Tidur

Kebiasaan anak yang suka mengulur-ngulur waktu tidur akan menyebabkannya sulit tidur. Ketika disuruh untuk tidur, si kecil selalu memberikan alasan agar tidak tidur.

Apabila usia si kecil sudah cukup besar, anda bisa membuat kesepakatan dengannya mengenai waktu atau jam tidurnya. Sedangkan jika usia anak masih kecil, anda bisa mengamati waktu si kecil mulai lelah. Anda dapat membuat rutinitas sebelum ia tertidur dan buat suasana rumah yang dapat menunjukan waktu tidurnya, seperti tidak bermain gadget, mematikan TV serta tidak melakukan aktivitas pada waktu tidur anak.

Mengalami Masalah Pernapasan Ketika Tidur

Kondisi yang satu ini memang lebih jarang terjadi. Terganggu saluran pernapasan disebabkan karena saluran udara terhalangi. Biasanya karena pembesaran kelenjar gondok ataupun amandel.  Ketika anak mengalami masalah pernapasan saat tidur, anak tidurnya biasanya mendengkur, tidurnya gelisah dan sesak napas. Dimana gangguan seperti ini jarang terjadi atau hanya 1 dari 100 anak yang bisa dialami oleh anak berusia 3 hingga 7 tahun. Jika penyebabnya karena masalah ini, maka sebaiknya anda segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Tidak Ada Barang Kesayangannya di Kamar

Tidak adanya benda kesayangan di kamar bisa saja membuat si kecil tidak terbiasa dan menjadi sulit tidur. Beberapa barang yang biasanya disukai si kecil yaitu empeng, boneka ataupun selimut. Saat si kecil tidak bisa tidur anda bisa menghadirkan benda kesayangannya tersebut di kamar.

Demikian beberapa penyebab anak sulit tidur yang harus diketahui orangtua agar bisa diatasi dengan cepat. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply