Cara Menjaga Kesehatan Anak Supaya Tidak Mudah Sakit

Cara Menjaga Kesehatan Anak – Sebagai orangtua anda tentu ingin anak selalu bahagia dan sehat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan anak sangat penting untuk dilakukan supaya pertumbuhan si kecil menjadi optimal. Banyak virus dan bakteri yang mengintai anak-anak. Dimana pada anak umumnya penyakit disebabkan karena virus dan bakteri.

Mengetahui seperti itu, anda harus dapat mencegah berbagai penyakit agar tidak menyerang si kecil. Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit seperti berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Anak

Cara Menjaga Kesehatan Anak Supaya Tidak Mudah Sakit

Orangtua tentu akan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk memberikan perlindungan terhadap kesehatannya. Melakukan beberapa cara berikut ini akan dapat membantu menjaga kesehatan si kecil agar tidak mudah sakit. Mari simak cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit di bawah ini.

Biarkan Anak Aktif Sepanjang Hari

Agar anak tidak mudah sakit, anda bisa membiarkan anak aktif sepanjang hari. Berdasarkan sebuah studi menunjukan, anak yang melakukan olahraga ringan dalam setiap harinya dapat membantu menurunkan risiko anak terserang oleh penyakit, salah satunya flu. Kekebalan tubuh dapat meningkat jika metabolisme tubuh aktif. Dimana kekebalan tubuh itu sendiri bermanfaat untuk mencegah atau melawan infeksi virus. Oleh karena itu, agar si kecil tidak mudah sakit alangkah lebih baik jika anda membiarkan anak aktif sepanjang hari. Ini merupakan cara mudah untuk menjaga kesehatan anak agar ia tidak mudah sakit.

Ajarkan Anak Untuk Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan rutin sangat penting untuk dilakukan. Anda dapat mengajarkan kebiasaan mencuci tangan pada si kecil. Dengan rajin mencuci tangan tentunya akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan si kecil.

Dengan menerapkan kebiasaan mencuci tangan, risiko anak mengalami penyakit sistem pernapasan dan pencernaan akan menurun, seperti misalkan diare dan pilek. Anda bisa mengajarkan si kecil untuk selalu mencuci tangannya dengan sabun baik sebelum ataupun setelah selesai makan. Selain itu, sarankan juga anak untuk mencuci tangannya setelah pulang menjalankan aktivitas dari luar, serta setelah ia selesai dari kamar mandi.

Memberikan Asupan Nutrisi yang Seimbang Untuk Anak

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan anak anda harus memberikan asupan nutrisi yang seimbang bagi si kecil. Perhatikan makanan yang dikonsumsinya. Pastikan makanannya sehat dan bergizi. Makanan yang anak konsumsi harus mengandung gizi yang seimbang, seperti misalkan karbohidrat, lemak, protein dan vitamin,

Selain itu, bantu si kecil untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Memberikan cairan yang cukup sesuai yang dianjurkan akan dapat membantu anak agar terhindar dari masalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Anda bisa mengingatkan anak untuk banyak minum air putih.

Melakukan Vaksinasi

Untuk melindungi tubuh anak dari virus yang menyebabkan penyakit, cara efektif yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan imunisasi atau vaksinasi. Antigen virus terkandung pada vaksin yang memiliki peran sebagai antibodi. Dimana dengan antigen virus ini infeksi virus yang terjadi pada tubuh akan menjadi melemah. Anda dapat mengikuti vaksinasi yang dijadwalkan di pusat kesehatan terdekat.

Pastikan Anak Mendapatkan Waktu Tidur yang Cukup

Agar kesehatan anak terjaga, waktu tidurnya harus tercukupi. Anak balita rata-rata memerlukan waktu tidur 11 hingga 13 jam dalam setiap harinya. Jika si kecil sudah aktif sepanjang hari, ketika malam hari si kecil akan menjadi lebih mudah terlelap. Akan tetapi, jika waktu tidurnya tidak cukup risiko si kecil terserang penyakit akan meningkat. Oleh karena itu, supaya si kecil tidak mudah sakit anda harus memastikan waktu tidurnya tercukupi.

Jangan Biarkan Anak Memegang Wajahnya

Virus akan masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata dan mulut. Sebagai langkah untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh sebaiknya anda membiasakan si kecil untuk tidak menyentuh wajahnya. Tangan anak-anak biasanya lebih mudah terkontaminasi virus dari  benda-benda yang dipegangnya. Dengan membiasakan si kecil tidak memegang wajahnya dapat membantu mencegah agar si kecil tidak mudah sakit.

Biasakan Si Kecil Untuk Sarapan Bergizi

Pastikan si kecil selalu sarapan bergizi sebelum melakukan aktivitasnya. Perut kosong sebelum melakukan aktivitas atau sebelum berangkat ke sekolah akan menyebabkan konsentrasi belajarnya berkurang. Selain itu, juga akan membuat si kecil mudah sakit. Anda juga harus memastikan bahwa menu makanan si kecil sehat dan bergizi. Pasalnya sarapan penting untuk kesehatan tubuhnya.

Jauhkan Anak Dari Asap Rokok

Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif juga akan mendapatkan efek buruknya. Asap rokok yang menempel pada pakaian dan tubuh akan menyebabkan si kecil batuk-batuk. Bahkan apabila terlalu sering akan bisa menyerang paru-paru. Apabila sudah seperti ini maka akan menyebabkan anak rentan mengalami berbagai masalah kesehatan dari yang ringan sampai masalah yang berat.

Menjaga Kebersihan Rumah

Anda harus menjaga kebersihan di rumah anda. Pasalnya waktu anak sebagian besarnya dihabiskan di rumah. Sehingga kondisi rumah harus selalu dalam keadaan bersih. Bakteri yang terdapat dalam rumah harus bisa diatasi dengan benar, caranya yaitu dengan rajin membersihkan rumah anda. Hindari  juga memasukan sepatu atau sandal ke dalam rumah.

Mengelola Stres Anak dengan Baik

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami stres. Ketika anak stres maka pola makan dan pola tidurnya akan terganggu. Kondisi ini akan berdampak terhadap kekebalan tubuhnya. Anak-anak bisa stres akibat pelajaran di sekolahnya atau karena adanya masalah dengan teman-temannya. Sebagai orang tua anda harus dapat membantu anak untuk mengelola stresnya dengan baik. Ajarkan juga pada anak cara untuk menyelesaikan sendiri masalahnya.

Mengonsumsi Makanan yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun

Anda dapat memberikan makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan sistem imun si kecil. Beberapa kandungan pada makanan dapat meningkatkan sel darah putih, serta T-sel yang berperan dalam melawan penyakit, di antaranya yaitu vitamin A, vitamin C,  vitamin E, vitamin D, omega-3 dan zinc. ( Baca juga : Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak)

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin A dari beberapa jenis makanan seperti bayam, wortel, melon dan ubi. Vitamin C bisa didapatkan  dari brokoli, jeruk dan buah beri-berian. Vitamin E bisa didapatkan dari kacang-kacangan, berdaun hijau dan biji-bijian. Untuk vitamin D didapatkan dari susu, ikan,  serta cahaya matahari langsung dari jam 10 sampai jam 2 siang. Untuk zinc didapatkan dari daging unggas, daging sapi, serta kacang-kacangan. Sedangkan omega 3  bisa anda dapatkan dari yoghurt, ikan laut dan biji-bijian.

Anak sehat dan bahagia, orangtua pun akan ikut bahagia. Menjaga kesehatan anak bisa diupayakan dengan menerapkan beberapa cara di atas. Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi pada dokter mengenai cara terbaik untuk menjaga kesehatan si buah hati. Nah, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda.

 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply