data-ad-format="auto"

Yuk Lakukan Langkah & Panduan Terbaik Untuk Calon Ibu

Menjadi seorang ibu memang menjadi salah satu profesi yang hampir diinginkan oleh setiap wanita. Hal ini dikarenakan menjadi seorang ibu dapat dikatakan sebagai fase yang paling sempurna bagi setiap kaum wanita. Tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi seorang ibu memang memiliki peranan yang cukup penting dimana ibu menjadi salah satu tumpuan untuk melahirkan generasi bangsa. Namun tentunya menjadi seorang ibu bukanlah menjadi sebuah profesi yang mudah. Dengan banyaknya tugas yang harus ibu kerjakan mulai dari hamil, melahirkan, mengurus dan juga mendidik buah hati. Tugas tersebut tentunya bukanlah tugas yang sepele dan juga gampang untuk dilakukan.

Terlebih bagi wanita yang baru saja memasuki kehidupan rumah tangga. Kondisi ini akan menjadi sesuatu yang awan untuk dijalani. Terbilang wajar memang dimana wanita dari single harus beralih posisi dengan tugas-tugas baru di dalam rumah tangga. Menjadi seorang ibu tentunya tidak lepas dari proses yang harus dilalui yakni hamil, melahirkan dan juga mengurus anak. Untuk itu, banyak beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk bisa menjadi seorang ibu yang sukses. Berikut kami sajikan panduan terbaik untuk calon ibu yang harus Anda lakukan sekarang juga!

Panduan Terbaik Untuk Calon Ibu

Untuk menjadi seorang ibu tentunya Anda akan melewati satu fase pertama yakni kehamilan. Fase ini menjadi awal dari seorang wanita untuk menjadi seorang ibu. Pastinya, Anda bertanya-tanya bagaimana proses kehamilan yang harus dilewatinya. Apakah berat ataukah tidak, pertanyaan tersebut tentunya menjadi pertanyaan yang sering diungkapkan oleh sebagian besar wanita.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Jika saat ini Anda tengah merencanakan untuk mempunyai keturunan. Tentunya, ini menjadi hal yang cukup penting untuk Anda pikirkan dengan sangat baik. Hal pertama yang harus Anda pikirkan ialah mengenai kehamilan yang akan Anda jalani sesegera mungkin. Untuk kehamilan pertama tentunya Anda membutuhkan informasi dan juga tips yang harus dilakukan agar kehamilan dapat dijalani dengan sangat baik dan juga lancar. Informasi mengenai kehamilan pada poin di bawah ini seyogianya dapat membantu Anda menambah pengetahuan yang bisa menjadi pegangan Anda dalam menghadapi kehamilan.

Baca juga: Membiasakan Hidup Sehat dengan Minum Susu

Informasi Dasar Mengenai Kehamilan

Bagi Anda yang baru saja masuk dalam dunia pernikahan dan rumah tangga, tentunya menjadi sebuah hal yang tabu mengenai kehamilan. Hal ini dikarenakan Anda belum mempunyai pengalaman dan juga dasar dalam menjalani kehamilan. Agar masa kehamilan Anda menjadi satu proses yang cukup menyenangkan, akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai dasar-dasar kehamilan. Ketika Anda hamil tentunya Anda akan mengalami beberapa tanda dan juga fase sebagai berikut:

Tentukan kehamilan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah menentukan di usia berapa Anda akan hamil. Ini memang sangat penting dimana Anda usia kehamilan memang sangat menentukan. Tentunya, jika Anda benar-benar ingin menjadi seorang ibu, menunda kehamilan menjadi hal yang harus Anda hindari. Jika Anda menunda kehamilan akan berisiko rahim mengalami kekeringan sehingga akan sulit dan harus menunggu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kehamilan.

Tanda-tanda Anda hamil

Hal kedua yang harus Anda ketahui ialah mengenai tanda-tanda ketika Anda mengalami kehamilan. Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa jika Anda hamil tentunya Anda tidak akan mengalami yang namanya menstruasi. Jika Anda tidak mengalami siklus menstruasi, dipastikan Anda hamil terlebih jika Anda mengalami siklus menstruasi yang teratur. Ini akan menjadi salah satu tanda yang cukup mudah dalam mengindikasi bahwa Anda memang benar-benar hamil. Selain itu, tanda-tanda lain akan menyusul seperti payudara yang bengkak, mual, muntah, mudah lelah dan juga sering buang air kecil. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segeralah membeli test pack untuk memastikan kehamilan Anda.

Mengetahui usia kehamilan

Setelah Anda mengetahui bahwa Anda benar-benar hamil, tentunya ini menjadi hal yang penting bagi Anda. Menentukan usia kehamilan memang menjadi cara yang cukup sulit karena dokter dan juga tenaga medis sekalipun tidak mengetahui dengan pasti kapan Anda mengandung janin. Akan tetapi, dokter dan bidan selalu akan selalu menentukan kapan hari pertama Anda mengalami menstruasi yang terakhir sebelum hamil. Tanggal tersebut biasanya digunakan untuk menentukan tanggal kelahiran bayi Anda. Untuk itu, Anda disarankan untuk selalu mengingat ataupun mencacat hari pertama pada menstruasi terakhir agar dapat dengan mudah menentukan usia kehamilan jikalau pada akhirnya Anda mengalami kehamilan.

Lihat juga: Makanan Anti Tekanan Darah Tinggi Yang Terbukti Paling Ampuh

Memeriksa kehamilan

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah Anda mengetahui usia kehamilan Anda ialah periksakan kehamilan Anda setiap bulannya. Ini tentunya bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan juga pertumbuhan janin di dalam kandungan. Pada umumnya, usia kehamilan pada satu sampai tujuh bulan akan dilakukan pemeriksaan satu bulan sekali. Setelah delapan bulan akan Anda harus melakukan pemeriksaan kehamilan dua minggu sekali. Jika setelah sembilan bulan tentunya Anda harus memeriksakan kehamilan Anda setiap satu minggu sekali. Pada beberapa usia kehamilan, ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui dengan jelas pertumbuhan dan juga perkembangan bayi di dalam kandungan Anda.

Atasi morning sickness

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika Anda mengalami kehamilan terlebih kehamilan pertama, tentunya Anda akan mengalami yang namanya morning sickness. Kondisi ini ditandai dengan mual dan juga muntah di setiap pagi hari. Morning sickness ini kerap terjadi pada usia kehamilan trimester pertama. Akan tetapi, banyak juga wanita yang mengalami morning sickness selama kehamilan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan yaitu sebagai berikut:

- Konsumsi makanan yang tinggi akan protein dan juga karbohidrat serta makanan yang mudah dicerna. Dengan mengonsumsi minuman jahe hangat tentunya dapat menjadi cara yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengatasi morning sickness.

- Setiap pagi sebelum Anda beranjak dari tempat tidur, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi cemilan terlebih dahulu seperti biskuit tawar.

- Makan dan juga minum yang sering meski dengan takaran yang sedikit.

- Hindari mengonsumsi makanan yang berbau cukup tajam karena akan menambah kondisi mual dan juga muntah Anda menjadi lebih parah.

- Pastikan Anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar kondisi morning sickness menjadi lebih baik.

Jika Anda mengalami morning sickness yang cukup parah, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter dan juga tenaga kesehatan lainnya agar mendapatkan pertolongan. Kondisi ini memang banyak dialami oleh wanita hamil yang mengharuskan dirinya untuk dirawat di rumah sakit.

Makanan yang harus dihindari

Ketika hamil tentunya Anda harus menghindari makanan dengan rasa yang tajam. Selain itu, Anda juga harus menghindari olahan makanan dengan daging yang masih mentah seperti sushi, daging steak dan juga telur setengah matang. Makanan yang masih mentah tentunya dapat berdampak buruk bagi kehamilan Anda. Jangan mengonsumsi buah dan juga sayuran yang belum dicuci untuk menghindari adanya zat pestisida di dalam sayur dan juga buah-buahan tersebut. Anda juga sebaiknya menghindari makanan laut yang mengandung banyak merkuri.

Hubungan seks saat hamil, amankah?

Banyak orang yang bertanya akan bahaya atau amankah berhubungan seks saat hamil. Terlepas dari jawaban bahaya atau aman tentunya dapat kembali lagi pada bagaimana kondisi kehamilan Anda. Jika Anda mengalami kehamilan yang cukup normal, melakukan hubungan seksual tentunya tidak akan berdampak buruk pada janin. Namun, jika kondisi kehamilan Anda tidak baik seperti mengharuskan Anda untuk bedrest, alangkah baiknya jika Anda menghindari terlebih dahulu untuk melakukan hubungan seksual. Jikalau Anda terbilang aman untuk melakukan hubungan seksual, lakukanlah secara hati-hati. Hal ini untuk menghindari Anda mengalami pendarahan, ketuban bocor, serviks terbuka lebar dan juga keguguran.

Tentukan posisi tidur

Ketika hamil tentunya Anda akan mengalami yang namanya sulit tidur karena posisi sudah tidak nyaman. Seiring dengan bertambah besarnya perut Anda, Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda akan mengalami posisi tidur yang serba salah. Hindari untuk melakukan posisi tidur yang tengkurap dan juga terlentang. Ada baiknya jika Anda tidur dengan posisi tidur menghadap ke kiri. Selain membuat posisi tidur lebih nyaman, tidur menghadap ke kiri dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan juga aliran gizi dan nutrisi kepada bayi Anda. Ketika posisi tidur menyamping, tentunya Anda dapat meletakkan bantal di bawah perut dan juga belakang punggung.

Tanda-tanda bahaya pada kehamilan

Ketika Anda mengalami kehamilan pertama tentunya Anda belum mengetahui dengan jelas akan bahaya kehamilan yang tiba-tiba akan muncul pada kehamilan Anda. Jika Anda mengalami beberapa bahaya kehamilan seperti pada di bawah ini, segeralah periksakan diri Anda ke dokter kandungan:

- Sakit ketika buang air kecil

- Pendarahan pada vagina cukup parah

- Mual dan juga muntah yang berlebih

- Gangguan penglihatan, nyeri perut, sakit kepala yang terus menerus

- Pembengkakan yang terjadi pada salah satu bagian tubuh secara tiba-tiba

- Janin dirasa tidak aktif bergerak seperti biasanya

Kehamilan menjadi momen yang tidak bisa dilupakan oleh seorang wanita. Untuk itu, Anda harus menjaga kehamilan Anda agar terhindar dari segala sesuatu yang tidak kita inginkan.

Tips Agar Tetap Tampil Cantik Saat Hamil

Ketika hamil tentunya wanita akan sedikit berbeda dari sebelum hamil. Perubahan secara fisik memang sangat mendominasi perubahan yang terjadi pada wanita hamil. Bobot tubuh yang semakin membesar, kulit yang menghitam dan juga perut yang membengkak akan sangat mungkin dirasakan oleh setiap wanita hamil. Hal ini tentunya akan membuat Anda tampak lebih kusam dan juga kehilangan rasa percaya diri.

Terlepas dari kondisi Anda sedang hamil seperti mengalami morning sickness dan juga fisik yang berubah. Menjaga penampilan tetap cantik dan juga mempesona memang menjadi sebuah keharusan bagi wanita. Janganlah Anda menganggap diri Anda tidak menarik ketika sedang mengalami masa kehamilan. Segeralah ubah pola pikir Anda, bagaimanapun penampilan wanita memang menjadi hal yang paling penting.

Berikut beberapa tips dan juga cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tampilan Anda tetap cantik dan juga menarik meski sedang hamil, diantaranya:

Olahraga

Tips pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan melakukan olahraga. Meskipun sedang hamil, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakukan olahraga. Menggerakkan tubuh seperti berjalan, berenang, yoga dan senam hamil tentunya dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar.

Manjakan dengan spa

Jika memang memungkinkan, tentunya Anda dapat meluangkan waktu sesekali untuk melakukan spa. Hal ini tentunya bertujuan untuk menenangkan pikiran dan juga merileksasi tubuh. Namun tentunya, Anda dapat memilih tempat spa terbaik yang tentu aman bagi ibu hamil. Tetap tampil stylish

Meskipun sedang hamil, kenapa tidak untuk tetap tampil stylish seperti yang biasa Anda lakukan sebelum hamil. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan busana yang fashionable, namun tetap membuat Anda merasa nyaman. Anda juga tentunya dapat mulai mengganti daster dengan memakai baby doll dengan motif dan juga desain-desain yang lucu. Selain itu, Anda disarankan untuk memilih model baby doll dengan model kerah V agar dapat memberi efek pada garis tubuh yang lebih panjang lagi.

Selalu berpikir positif

Satu hal yang tetap harus Anda lakukan ialah selalu berpikir positif terhadap segala apapun. Untuk membuat Anda tetap tampil cantik dan juga menarik, Anda harus memulai dengan hal yang membuat Anda bahagia. Pastikan pikiran positif tersebut ikut menentukan aktivitas sehari-hari yang Anda jalani.

Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat

Setelah kita mengetahui beberapa hal mengenai kehamilan dan juga kemungkinan bahaya yang akan timbul. Ketika hamil tentunya Anda tidak bisa menghindari untuk menjalani proses persalinan. Tidak dapat dipungkiri bahwa melahirkan merupakan salah satu proses yang cukup panjang dan juga sangat melelahkan. Bagi Anda yang baru saja mengalami kehamilan tentunya Anda akan bertanya-tanya mengenai persalinan apakah sudah dekat ataukah masih lama. Jika dilihat dari segi fisik, ada beberapa hal yang akan Anda rasakan, diantaranya:

- Sulit untuk tidur di malam hari

- Frekuensi buang air kecil yang lebih banyak dan juga meningkat. Hal ini dikarenakan bayi sudah turun ke tulang panggul sehingga akan membuat kondisi rahim bersandar lebih sering pada kantung kemih.

- Merasakan nyeri pada perut, punggung dan juga kram seperti saat PMS.

- Keluarnya lendir yang bercampur dengan darah dari dalam vagina. Ketika hamil tentunya serviks Anda akan ditutupi oleh lendir yang cukup kental. Nah, ketika memasuki masa persalinan, lendir akan membesar dan membuat jalan lendir keluar melalui vagina. Warna yang dihasilkan tentunya berbeda-beda bisa bening, merah muda dan juga sedikit berdarah. Selain itu, lendir bisa keluar ketika Anda melakukan hubungan seksual ketika hamil.

- Air ketuban pecah memang menjadi tanda umum dari seorang wanita yang akan mengalami persalinan. Banyak wanita yang merasakan kontraksi sebelum air ketuban pecah. Ketika hal tersebut terjadi biasanya persalinan akan menyusul dengan segera. Akan tetapi, sangat berbahaya jika air ketuban sudah pecah, namun tidak diikuti oleh kontraksi. Dipastikan bayi akan terserang infeksi dan juga keracunan air ketuban.

- Merasakan kontraksi palsu sering dialami oleh wanita yang akan mengalami persalinan. Hal ini biasanya disebut dengan tanda awal dari ibu hamil yang akan mengalami kontraksi. Pada umumnya, kontraksi tersebut terjadi di daerah panggul dan juga perut, sedangkan kontraksi yang sesungguhnya berada di bagian punggung bawah, lalu berpindah ke bagian depan perut.

- Serviks akan mengalami perubahan ketika menjelang persalinan. Serviks akan membesar sekitar 1-2 cm sebelum persalinan terjadi.

Beberapa pengetahuan dasar kehamilan dan juga persalinan memang menjadi panduan terbaik untuk calon ibu. Mengetahui dasar-dasar pengetahuan tersebut tentunya bertujuan untuk memberikan pencerahan bagi calon ibu. Demikianlah panduan terbaik untuk calon ibu yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us