Membiasakan Hidup Sehat dengan Minum Susu

Kandungan kalsium dapat memainkan peran penting dalam otot anda (dalam fase kontraksi pada khususnya) serta aliran darah. Pada dasarnya tubuh anda bekerja ekstra untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam aliran darah yang berfungsi untuk menjaga ‘homeostasis’. Kalsium mempunyai peranan dalam kontraksi pembuluh darah dan juga  ekspansi. Jika kadar kalsium kurang di dalam tubuh maka akan mendapatkan kecukupan kalsium dari tulang untuk mengisi tingkat dalam darah tapi jika Anda mengkonsumsi kalsium yang cukup dalam menu sehari hari maka hal tersebut tidak terjadi dan anda dapat mempertahankan kalsium darah dan menjaga kesehatan tulang.

Mengkonsumsi susu dengan teratur akan membantu anda dalam mempertahankan berat badan yang ideal. Penelitian menunjukkan bahwa minum susu merupakan kebiaasaan yang dilakukan oleh satu keluarga di rumahnya. Hal ini berkaitan dengan asupan nutrisi makanan yang tercukupi dan juga terkontrol di dalam rumah. Dengan demikian dapat membantu anda dalam menjaga berat badan yang ideal. Anda dapat mengonsumsi tiga gelas susu tanpa lemak atau rendah lemak sehari untuk mendapatkan 100 persen kalsium. Hal ini juga dapat membantu anda untuk memenuhi Vitamin D yang membantu penyerapan kalsium, protein berkualitas tinggi untuk kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin B12.

Membiasakan hidup sehat dengan minum susu bisa anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

1.  Lengkapi sarapan dengan susu, tambahkan susu di pagi hari dengan campuran sereal atau oatmeal. Bagi anda yang tidak terbiasa dengan sarapan sereal anda dapat mengkonsumsi sarapan biasa dan setelah itu mengkonsumsi susu satu gelas di pagi hari.

2.  Minum susu sebagai camilan ketika menjelang siang atau sore hari. Keseimbangan protein dan karbohidrat sangat baik untuk menambah energi untuk aktivitas anda. Anda memilih susu rendah lemak untuk tetap menjaga berat badan dan mendapatkan energi jika diperlukan dalam membantu diet.

3.  Minum susu untuk dessert. Susu bisa dijadikan salah satu bahan utama atau pelengkap dessert anda. Kandungan yang terdapat pada susu dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anda. Beberapa tambahan rasa bisa ditambahkan untuk dessert anda, selain memiliki variasi rasa juga membuat anda tidak bosan dalam mengkonsumsi susu.

4.  Susu adalah minuman pasca-latihan yang sangat baik. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa keseimbangan nutrisi dalam susu dapat membantu mengisi energi otot setelah latihan. Minum susu yang mendukung anda dalam latihan anda, diantaranya contoh beberapa susu tersedia khusus untuk laki-laki, khusus untuk wanita diet atau khusus untuk remaja.

5.  Minum susu sebelum tidur. Kurang tidur dapat mengganggu metabolisme dan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis. Denagn meminum secangkir kecil susu hangat sebelum tidur akan membantu anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply