data-ad-format="auto"

Penting! Waspadai Bahaya Suntik Putih Secara Permanen Bagi Tubuh

Siapapun tentunya ingin memiliki kulit yang putih bersih dan juga terawat. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan apapun demi mendapatkan kulit yang putih dan juga cerah. Berbagai cara dan juga alternatif tentunya menjadi hal yang harus ditempuh. Mulai dari perawatan kulit dengan menggunakan produk yang beredar di pasaran bahkan perawatan salon yang memakan biaya yang sangat mahal.

Terlepas dari cara yang dilakukan untuk mendapatkan kulit yang putih dan juga cerah. Banyak orang yang saat ini lebih memiliki untuk melakukan suntik putih. Cara yang paling mudah dan juga instan ini dianggap sebagai cara yang terbaik untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga putih. Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan khusus ke dalam pembuluh darah sehingga akan tersebar secara merata ke seluruh badan. Tidak heran jika cara kerja suntik putih ini memang memasukkan zat asing ke dalam tubuh. Maka dari itu, memang tidak disarankan untuk melakukan suntik putih secara sembarangan yang tidak sesuai dengan petunjuk dokter.

Metode pemutihan kulit dengan cara suntik ini memang menjadi kontroversi. Sebagian ahli ada yang membolehkan untuk melakukan suntik putih, sedangkan ada juga yang melarang untuk melakukan suntik putih. Boleh atau tidaknya suntik putih tentunya tergantung dari proses yang dilakukannya. Untuk itu, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu komposisi cairan yang digunakan untuk melakukan suntik putih tersebut seperti yang akan kami sajikan pada poin di bawah ini!

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Komposisi Cairan Untuk Suntik Putih

Suntik putih tentunya mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk memutihkan kulit tubuh. Bagi yang melakukan suntik putih tentunya tidak hanya berpengaruh pada wajah saja, namun seluruh bagian tubuh. Selain itu, suntik putih memang mengandung beberapa bahan yang dikombinasikan dengan bahan lain. Berikut ini beberapa komposisi yang ada pada cairan untuk suntik putih, diantaranya:

Vitamin C

Vitamin C memang menjadi cara yang paling efektif untuk merawat kulit wajah dan juga tubuh. Selain itu, vitamin C memiliki peranan yang cukup penting dalam mencerahkan dan juga memutihkan kulit wajah. Vitamin C tentunya kaya akan antioksidan yang cukup tinggi untuk meningkatkan produksi kolagen yang ada di dalam tubuh. Vitamin C juga tentunya membuat kulit wajah dan juga tubuh menjadi lebih sehat dan juga bersih terawat. Selain mencerahkan kulit wajah tentunya vitamin C juga dapat membuat kulit awet mudah dan juga dapat menghilangkan bekas luka dengan cukup maksimal.

Kolagen

Komposisi kedua yang ada di alam cairan suntik putih ialah kolagen. Zat ini tentunya memiliki fungsi dalam memutihkan, mencerahkan dan juga menjaga kekenyalan kulit wajah dan tubuh. Kolagen tentunya diproduksi oleh tubuh, akan tetapi bisa menurun dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Hal ini tentunya menyebabkan elastisitas kulit wajah dan juga tubuh menjadi menurun sehingga akan mulai muncul jejak-jejak garis halus pada wajah Anda. Inilah alasan mengapa banyak orang yang melakukan suntik putih.

Glutathione

Zat ini memang memiliki peranan yang sama dengan kolagen dimana zat ini diproduksi oleh tubuh secara alami. Akan tetapi, dengan seiring bertambahnya usia seseorang, produksi glutathione menjadi semakin menurun. Keberadaan glutathione di dalam tubuh tentunya bisa menghambat produksi melanin di dalam tubuh. Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak melanin di dalam kulit seseorang, maka semakin gelap juga warna kulitnya. Selain itu, glutathione memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga menangkal radikal bebas yang kemungkinan akan tiba-tiba datang menyerang tubuh Anda.

Itulah beberapa komposisi yang ada pada cairan untuk suntik putih. Memang komposisi tersebut sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembapan dan juga elastisitas tubuh. Namun, tentunya dalam menyuntikkan cairan ini, lakukanlah sesuai dengan prosedur dan juga petunjuk dokter. Lihat juga: Kebiasaan Buruk yang Tanpa Disadari Mampu Menguras Energi

Hindari Penggunaan Dosis Yang Terlalu Banyak

Pada umumnya, segela sesuatu yang dilakukan dan juga diberikan secara berlebihan akan memberikan dampak yang cukup buruk. Ketiga komposisi tersebut memang memiliki manfaat sendiri untuk kulit wajah dan juga tubuh. Terlebih pada dua komposisi memang diproduksi oleh tubuh secara alami. Akan tetapi, Anda jangan menganggap bahwa dosis yang cukup besar juga memiliki keberhasilan yang cukup besar pula. Anggapan tersebut memang sepenuhnya salah.

Penggunaan dosis cairan pada komposisi untuk suntik putih dengan jumlah yang cukup besar justru akan menimbulkan risiko dan juga dampak yang cukup buruk bagi kesehatan Anda. Pada umumnya, dosis yang digunakan untuk suntik putih ialah satu ampul suntik putih sebanyak 5 ml dan ini terbilang menjadi dosis yang sangat tinggi yaitu sekitar 1000-1800 mg. Padahal jika harus kita tahu lebih dalam bahwa tubuh orang dewasa hanya membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40 mg saja setiap harinya. Untuk itu, dapat dipastikan bahwa mengonsumsi vitamin C atau memberikan asupan vitamin C pada tubuh hingga lebih dari 1000 mg akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan Anda. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan suntik putih mengalami gangguan kesehatan seperti sakit perut, sakit kepala, diare, mual, insomnia, batu ginjal dan juga perut kembung.

Selain itu, dengan penggunaan gluthatione dalam dosis yang sangat tinggi terutama melalui metode suntikan akan memiliki dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan tubuh manusia. Kadar glutathione yang sangat tinggi memang memiliki efek antioksidan, akan tetapi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut akan memicu penyakit yang lebih serius dan juga berat. Maka dari itu, dosis mengenai pemberian cairan pada tubuh untuk suntik putih harus benar-benar dipertimbangkan dengan sangat baik.

Baca juga: Tahukah Anda Bahwa Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kronis

Bahaya Suntik Putih Permanen

Setelah kita mengetahui akan komposisi dan juga dosis yang dianjurkan untuk melakukan suntik putih. Tentunya, kita tidak bisa lepas begitu saja dari bahaya dan juga efek buruk dari bahaya suntik putih. Meskipun memang sangat populer saat ini sebagai alternatif yang terbaik untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga putih. Akan tetapi, kita juga tidak bisa mengabaikan akan dampak buruk dan juga bahaya suntik putih tersebut.

Melakukan suntik putih secara permanen tentunya menjadi cara yang paling banyak dipilih. Hal ini dikarenakan dengan suntik permanen, kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan suntik putih secara berkala. Jangka waktu yang sangat panjang dan juga penggunaan komposisi yang berlebih, tidak dapat kita abaikan begitu saja efek sampingnya. Agar lebih jelas, berikut kami sajikan beberapa bahaya suntik putih secara permanen yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan suntik putih.

Perut kembung

Efek samping pertama yang mungkin akan Anda alami dalam melakukan suntik putih ialah mengalami yang namanya perut kembung. Hal ini dikarenakan suntik putih mengandung vitamin C yang jika diberikan secara berlebih akan memicu timbulnya penyakit lain seperti maag. Selain itu, vitamin C juga dapat menimbulkan perut kembung dikarenakan kandungan gas akibat asam pada vitamin C tersebut. Dampak yang memungkinkan terjadi tentunya akan membuat perut dan juga lambung menjadi lebih rusak dalam jangka waktu yang terbilang cukup lama.

Diare

Selain perut kembung, kandungan vitamin C dengan dosis yang sangat banyak akan memicu masalah pencernaan sehingga tidak heran jika Anda mengalami diare. Hal ini tentunya perut tidak dapat lagi merespon kandungan sensitif yang ada di dalam vitamin C secara berlebihan.

Hormon yang tidak stabil

Selain itu, dampak buruk yang ditimbulkan jika Anda melakukan suntik putih yaitu keadaan hormon tubuh yang tidak stabil. Bisa saja Anda mengalami penambahan berat badan yang berlebih sehingga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih gemuk. Hormon yang tidak stabil tentunya memiliki pengaruh yang cukup buruk pada siklus menstruasi. Tidak heran wanita banyak yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Menurunnya pembentukan melanin

Sesuai dengan fungsinya bahwa suntik putih untuk mengurangi produksi melanin di dalam tubuh seseorang yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Namun, jika diberikan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tentunya dapat benar-benar mengurangi bahkan menghilangkan kadar tembaga dalam pembentukan melanin. Hal ini tentunya melanin sangat dibutuhkan dalam meregenerasi sel dan juga membentuk jaringan sel.

Mempengaruhi fungsi ginjal

Selain mengurangi pembentukan melanin, suntik putih juga tentunya dapat mempengaruhi kinerja ginjal. Terlebih bagi mereka yang telah memiliki riwayat akan penyakit ginjal tentunya memiliki peluang yang cukup besar masalah kesehatan tersebut terjadi. Dalam jangka panjang tentunya akan memicu kambuhnya batu ginjal akibat adanya pengkristalan vitamin C dan juga kerusakan ginjal.

Kerusakan hati

Seperti halnya ginjal, hati juga tentunya akan mengalami kerusakan akibat suntik putih. Hal ini dikarenakan gangguan hati yang terjadi akibat komposisi cairan dalam dosis yang cukup banyak. Bagi penderita liver memang alangkah baiknya jika Anda tidak melakukan suntik putih bagaimanapun keadaanya.

Kerusakan pada kulit

Dikarenakan fungsi dan juga kinerja suntik putih terjadi pada pembentukan melanin. Tidak heran jika suntik putih yang dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat kondisi kulit menjadi lebih rusak. Hal ini bisa saja kerusakan pada kulit akibat dari adanya berbagai syndrome dari jenis-jenis gangguan kulit.

Rambut rontok

Selain merusak kulit, suntik putih juga memiliki dampak yang cukup buruk terhadap kerontokan rambut. Bagi yang melakukan suntik putih, lalu mengalami rambut rontok yang tidak biasa, tentunya ini menjadi salah satu indikasi dari dampak buruk dari suntik putih. Hal ini terjadi akibat penolakan respon tubuh terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh dengan cara yang dipaksakan.

Kulit menjadi belang

Akibat respon tubuh yang tidak bisa menerima zat asing dalam dosisi yang berlebih masuk ke dalam tubuh. Tidak heran jika pada akhirnya kulit akan mengalami putih namun sebagian. Hal ini dapat menjadi tanda adanya kegagalan pada suntik putih yang Anda lakukan. Suntik putih yang gagal dan tidak sesuai dengan prosedur dapat menyebabkan kulit menjadi belang belang. Untuk mendapatkan kulit yang bersih, cerah dan juga putih mungkin hanyalah mimpi karena bukannya cantik melainkan kulit bertambah rusak.

Kondisi ini terjadi karena penyerapan vitamin C tidak sepenuhnya dilakukan oleh tubuh. Hal ini tentu vitamin C yang dimasukkan secara terpaksa akan terlebih dahulu diserap oleh organ penting di dalam tubuh. Dikarenakan kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, dapat dipastikan bahwa suntik putih tersebut dapat berakhir gagal jika tidak berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang memang ahli di dalam bidang kesehatan dan kecantikan kulit.

Ketergantungan

Hal ini memang sangat wajar dimana ketergantungan menjadi salah satu dampak dari suntik putih. Melakukan suntik putih tentunya tidak cukup dilakukan satu kali ataupun dua kali. Suntik putih tentunya membuat seseorang menjadi ketergantungan dan ingin terus diberi asupan vitamin C pada tubuh agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Setelah kita mengetahui beberapa efek samping dari suntik putih tersebut, lantas muncul pertanyaan. Apakah kita boleh melakukan suntik putih ataukah tidak? Jawaban akan pertanyaan tersebut tentunya akan di jawab pada poin selanjutnya.

Bolehkan Melakukan Suntik Putih?

Terlepas dari boleh atau tidaknya tentunya tidak ada yang bisa menyimpulkan. Banyak orang yang memang membenarkan untuk melakukan suntik putih, namun tidak sedikit juga yang berkata TIDAK pada suntik putih. Namun tentunya ada beberapa tips yang harus Anda lakukan dan ini terbilang aman untuk melakukan suntik putih, diantaranya:

Pilihlah dokter yang berkualitas

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan memilih dan menunjuk dokter ahli yang berkualitas dalam melakukan suntik putih. Ini menjadi faktor terpenting bagi Anda untuk hanya memilih dokter yang profesional dan ahli untuk melakukan suntik putih. Untuk itu, hindari untuk melakukan suntik putih pada salon-salon kecantikan jika memang tidak didukung oleh dokter yang ahli di dalam bidang kecantikan.

Tes kesehatan Anda

Setelah kita memutuskan dokter mana yang akan kita pilih, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan melakukan tes kesehatan. Sebelum memutuskan untuk melakukan suntik putih, tes kesehatan memang sangat penting untuk Anda lakukan. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengetahui terlebih dahulu riwayat kesehatan yang ada pada diri Anda. Seperti yang sudah kami bahas pada poin sebelumnya mengenai bahaya suntik putih,tentunya jika dilakukan pada seseorang yang menderita penyakit kronis. Melakukan suntik putih hanyalah menjadi cara untuk memperburuk kesehatan Anda. Hal ini tentunya tidak bisa lepas dari penggunaan dosis vitamin C yang sangat tinggi. Dalam pemeriksaan kesehatan tentunya akan dilakukan pemeriksaan tes kulit apakah tubuh Anda akan cocok jika dilakukan suntik putih. Setelah melakukan pemeriksaan tentunya dokter akan memberikan hasil mengenai keadaan dan juga kesehatan tubuh Anda. Jika memang Anda mengalami gangguan kesehatan dan adanya penyakit kronis, dokter tentunya tidak akan menyarankan Anda untuk melakukan suntik putih.

Pilih produk yang terdaftar di BPOM

Setelah kita benar-benar memutuskan untuk melakukan suntik putih dan tubuh kita tidak mengalami gangguan apapun. Saatnya kita untuk memilih produk yang sudah lulus uji berkala dan juga terdaftar BPOM. Jika sudah terdaftar BPOM dipastikan produk yang Anda gunakan tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Alternatif yang bisa Anda lakukan

Meskipun memang suntik putih menjadi cara yang paling mudah dan juga cepat untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga putih. Namun, sebenarnya vitamin C yang digunakan untuk suntik putih dapat diganti dengan Anda rutin mengonsumsi buah-buahan dan juga sayur yang banyak mengandung vitamin C. Alternatif ini tentunya bertujuan agar Anda dapat menghindari bahaya suntik putih yang kemungkinan akan terjadi. Selain itu, pastikan Anda untuk merawat dan juga menjaga kulit secara rutin dengan langkah yang tepat dibandingkan Anda mengambil risiko yang besar hanya demi mendapatkan kulit yang putih dan juga bersih.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai suntik putih dan juga bahaya suntik putih yang bisa timbul dan mengganggu kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

Loading...

Follow us