Bantu Si Kecil Lahap Santap Makan Sahur

4/5 (4)
  • Bangunkan Ia Tepat Waktu dan Buatlah Nyaman

Seringkali tidak sedikit orang atau ibu rumah tangga yang akan menyengaja bangun lebih dini untuk menyiapkan makan sahur. Hal ini dilakukan untuk menghindari terlambat makan sahur dan membuat mereka menjadi lebih nyaman dan tenang sewaktu menikmati makan sahurnya. Tak ayal bahkan beberapa jam sebelum sirine tanda sahur berakhir pun mereka sudah terburu menyantap makan sahur. Memang tidak ada salahnya bangun lebih awal untuk anda para orangtua yang ingin menyediakan menu makan sahur untuk keluarganya.

Akan tetapi untuk si kecil hal ini akan bisa menganggu waktu tidurnya semakin buruk. Tak perlu bangunkan si kecil jam 3 malam untuk segera menyantap makan sahurnya. Apalagi, biasanya porsi yang disantap oleh anak-anak tidak terlalu banyak sehingga tidak membutuhkan waktu lebih lama untuk mereka bisa menghabiskan makan sahurnya.

Mintalah anak-anak 1 jam atau 45 menit sebelum adzan berkumandang agar bisa bangun. Waktu yang lebih pendek dan dekat ke adzan subuh akan membuat mereka lebih mudah langsung melakukan shalat dan tidak perlu terlalu terjala berlama-lama yang akan mungkin menyiksanya.

Yang terpenting adalah sisakan waktu agar si kecil tidak terburu mengunyah makanannya. Dengan begini, setelah selesai makan dan tersedia beberapa menit untuknya bisa bersantai dan minum, maka adzan subuh berkumandang ia akan bisa segera menunaikan ibadah shalat dan setelah itu ia bisa kembali tidur.

Selain itu, buat sebisa mungkin suasana di meja makan tidak hening atau cukup dengan makan dan minum lalu shalat dan berlalu begitu saja. Buatlah agar semangat si kecil menjadi lebih terlihat seperti menawarkan ia untuk menyantap makanan lain setelah makan sahur dan lain sebagainya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply