data-ad-format="auto"

Puasa dan Anak

Puas adalah ibadah wajib yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim dengan beberapa ketentuan. Untuk itu, penting sekali mengajarkan adab dan norma berpuasa pada si kecil sejak mereka masih berusia dini. Nah, artikel ini merangkum segala hal mengenai puasa untuk si kecil. 

Hindari Menerapkan Kebiasaan Buruk Ini Pada Anak Selama Puasa

Puasa Ramadha adalah waktu yang tepat untuk meningatkan kualitas ibadah.

Dibulan puasa ini banyak orang memilih untuk lebih berfokus pada agamanya dalam rangka merubah diri menjadi orang yang lebih baik. Beberapa orang bahkan ada yang sampai rela mengambil cuti pada beberapa minggu pertama dan terakhir dibulan puasa demi menjaga kelancaran ibadah mereka.

Nah, menerapkan ibadah dan meningkatkannya tentunya tidak ada salahnya diterapkan pada si kecil. Meskipun mereka masih dalam tahapan belajar berpuasa, akan tetapi bukan berarti ibu bebas dari tugas membimbing dan mengajarkan si kecil makna puasa dan ibadah lain untuk diajarkan.

Dibulan yang penuh berkah ini, tidak ada salahnya mengajarkan dan memperkenalkan si buah hati pada serangkaian kegiatan beribadah untuk melengkapi ibadah Ramadhannya. Dengan demikian diharapkan kegiatan ibadah ini akan dibawanya menjadi kebiasaan yang ia terapkan sampai ia dewasa nanti.

Mulai dari memperkenalkan si kecil pada kegiatan mengaji, tadarusan, melakukan sedekah, tidak membicarakan orang lain,

Continue Reading

Menghindarkan Si Kecil Agar Tidak Dehidrasi Selama Puasa Ramadhan

Saat ini seluruh umat muslim yang ada diseluruh dunia tangah melaksanakan Ibadah Ramadhan, yakni berpuasa.

Ibadah yang satu ini adalah ibadah wajib yang dijalankan oleh seluruh umat muslim seluruh dunia. Lamanya menjalankan ibadah puasa adalah satu bulan penuh dimulai dari terbitnya matahari sampai tenggelamnya di waktu adzan maghrib.

Puasa berarti menahan nafsu akan rasa lapar dan haus serta menahan diri untuk tidak melakukan dosa. Tantangan dalam menahan dua hal inilah yang seringkali mendatangkan masalah pada beberapa orang yang tidak kuat, terutama untuk anak-anak.

 Ibadah puasa yang dilakukan selama hampir 14 jam ini seringkali membuat si kecil tidak mendapatkan pasokan air yang cukup kedalam tubuhnya. Bila kondisi ini berlangsung maka yang terjadi adalah ancaman dari dehidrasi.

Apalagi saat anak harus melakukan segala macam aktivitas sehari-hari seperti yang dilakukan pada saat tidak puasa. Hal inilah yang kerap kali menjadi kendala yang berat untuk beberapa muslim terlebih lagi saat

Continue Reading

Bantu Si Kecil Lahap Santap Makan Sahur

Salah satu tantangan dan perjuangan orangtua selama bulan Ramadhan dalam menghadapi buah hatinya yang tengah menjalani ibadah puasa adalah kesulitan membangunkan si kecil pada saat makan sahur.

Hal ini seringkali membuat orangtua merasa frustasi bagaimana membuat buah hatinya agar mudah dibangunkan dan diminta untuk menyantap makan sahur.

Sebab banyak orangtua yang merasa khawatir bila buah hati mereka yang baru saja menjalankan puasa dan melewatkan santap makan sahur akan membuat penyakit menyerang tubuhnya, terutama masalah pencernaan seperti maagh atau penyakit lambung. Selain itu, tak jarang kita pun akan dibuat tak tega sewaktu si kecil mengeluh lemas atau tak kuat menahan lapar saat baru saja tengah hari.

Hal inilah yang membuat orangtua seringkali dibuat khawatir saat si kecil sulit dibangunkan untuk santap sahur. Belum lagi, sulitnya si kecil untuk dibangunkan seringkali membuat mereka rewel saat diminta datang ke meja makan dan berkumpul bersama dengan yang lain untuk segera menyantap

Continue Reading

Agar Si Kecil Semangat Bangun Sahur

Puasa merupakan ibadah wajib yang dijalankan oleh seluruh umat muslim di dunia.

Selama sebulan penuh seluruh umat muslim menjalankan ibadah dengan tidak makan dan minum selama siang hari dan berbuka saat adzan maghrib berkumandang. Ibadah yang satu ini pun mengajarkan umatnya untuk selalu bersabar dalam menahan emosi, amarah dan juga hawa nafsu. Esensi dari puasa akan senantiasa mengajarkan kita untuk selalu menghargai orang lain, menghormati dan tidak memandang oranglain rendah sebab dimata Tuhan semua umatnya adalah sama.

Dalam beribadah puasa ada beberapa kriteria yang diwajibkan untuk menjalankan ibadah yang satu ini. Mereka yang sudah baligh atau yang sudah dewasalah yang diharuskan menjalankan kegiatan ibadah yang satu ini. Sementara itu anak-anak memang belum diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Hanya saja tidak ada salahnya mengajarkan buah hati anda sejak dini untuk diperkenalkan dengan puasa. Dengan begini anak-anak akan sedikitnya diperkenalkan dengan ibadah yang satu ini. Selain itu, memperkenalkan anak

Continue Reading

Tips Perkenalkan Anak Balita Untuk Pertama Kalinya Beribadah Puasa

Seringkali orangtua merasa kebingungan kapan sebenarnya usia yang tepat pada balita untuk mengenal ibadah puasa Ramadhan.

Perkembangan setiap anak pada umumya berbeda dan unik, jadi demikian sebenarnya tidak ada patokan yang baku kapan seharusnya setiap orangtua mengajarkan balita mereka untuk mulai berpuasa. Akan tetapi, yang dapat dilakukan dalam hal ini oleh orangtua adalah dengan memperkenalkan ritual dan ibadah puasa sedini mungkin pada mereka.

Tips Kenalkan Ibadah Puasa Pada Balita

Memperkenalkan puasa pada balita adalah hal yang perlu dilakukan secara bertahap. Selain itu, tahap ini adalah tahapan dimana si kecil perlu sedikitnya memahami tentang puasa. Jadi demikian orangtua tidak perlu memaksa apabila si kecil masih acuh dengan ibadah puasa yang dijalankannya.

Inilah dia beberap tips yang dapat dilakukan dalam memperkenalkan ibadah puasa pada balita untuk pertama kalinya. 

  • Memahami Fase Konkrit Pada Si Balita

Adapun fase konkrit pada si kecil untuk mulai berpuasa adalah usia 1-3

Continue Reading

Loading...

Follow us