Agar Si Kecil Semangat Bangun Sahur

Puasa merupakan ibadah wajib yang dijalankan oleh seluruh umat muslim di dunia.

Selama sebulan penuh seluruh umat muslim menjalankan ibadah dengan tidak makan dan minum selama siang hari dan berbuka saat adzan maghrib berkumandang. Ibadah yang satu ini pun mengajarkan umatnya untuk selalu bersabar dalam menahan emosi, amarah dan juga hawa nafsu. Esensi dari puasa akan senantiasa mengajarkan kita untuk selalu menghargai orang lain, menghormati dan tidak memandang oranglain rendah sebab dimata Tuhan semua umatnya adalah sama.

Dalam beribadah puasa ada beberapa kriteria yang diwajibkan untuk menjalankan ibadah yang satu ini. Mereka yang sudah baligh atau yang sudah dewasalah yang diharuskan menjalankan kegiatan ibadah yang satu ini. Sementara itu anak-anak memang belum diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Hanya saja tidak ada salahnya mengajarkan buah hati anda sejak dini untuk diperkenalkan dengan puasa. Dengan begini anak-anak akan sedikitnya diperkenalkan dengan ibadah yang satu ini. Selain itu, memperkenalkan anak pada ibadah puasa sejak dini tentu akan jauh lebih mudah daripada mengajarkannya setelah mereka berusia lebih besar.

Anak-anak yang masih berusia belia belum terpengaruh dengan banyak hal dan belum memiliki opini sendiri untuk mendebat atau menyangkal orangtuanya. Berbeda dengan ketika anda mengajarkan si kecil untuk berpuasa saat usia mereka sudah lebih besar. Percayalah akan jauh lebih sulit mendisiplinkan mereka dan memperkenalkannya pada ibadah yang satu ini.

Anak-anak yang telah diajarkan untuk berpuasa sejak mereka kecil akan membuat mereka terbiasa saat ibadah ini telah menjadi kewajiban yang harus dijalankannya. Dengan demikianlah orangtua perlu memberikan perhatian dan bimbingan tentang bagaimana memanfaatkan pembelajaran puasa pada si kecil. Dengan begini pelajaran yang optimal yang diberikan saat mereka kecil diharapkan dapat tertanam dalam benak si buah hati dan terbawa sampai mereka besar nantinya.

Memang tidak mudah mengajarkan si kecil untuk menahan lapar dan hausnya dalam waktu yang lama. Belum lagi, terkadang sebagai orangtua godaan terbesar kita datang dari perasaan tidak tega melihat anak-anak kepayahan menahan lemas akibat tidak makan dan minum. Akibatnya hal ini membuat orangtua terkadang menjadi tidak konsisten dalam menerapkan hal tersebut. Pada akhirnya akan lebih sulit untuk orangtua menerapkan puasa pada anak-anaknya.

Selain itu kondisi si kecil yang sering mengeluh atau merengek pada saat meminta untuk membatalkan puasanya seringkali membuat orangtua merasa risih. Wajar memang, apalagi di tahun pertama anda memperkenalkan kegiatan ini, maka godaan dan tantangan akan banyak dihadapi. Hanya saja jangan karena anda menilai si kecil belum mampu melakukan ibadah tersebut anda lantas mengurungkan niatan anda untuk memperkenalkan hal ini pada mereka.

Namanya juga belajar maka lakukan dengan bertahap. Kondisi rengekan dan rewel pada si kecil saat ingin membatalkan puasanya adalah hal yang wajar selama si kecil masih bisa dibujuk untuk tetap mempertahankan puasanya maka lakukan segala cara agar ia tetap bisa menjalankan kegiatan tersebut. Sementara itu, bila bunda melihat si kecil belum cukup kuat maka segeralah akhiri puasa dihari tersebut.

Nah, dari serangkaian kegiatan puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja yang penting diperkenalkan pada buah hati anda. Namun juga beberapa ritual lain yang melengkapi ibadah yang satu ini.

Selama bulan puasa si kecil perlu memahami bahwa ada beberapa ibadah yang juga perlu dilakukan seperti mengaji, berbuat kebaikan dan juga makan sahur yang dilakukan saat dini hari. Dari serangkaian kegiatan ini umumnya makan sahur seringkali menjadi hal yang cukup membebani si kecil. Maklumlah, usianya yang masih begitu kecil membuatnya belum terbiasa dengan harus terbangun dini hari dan menyantap makanan pada jam tersebut.

Selain itu jam tidur yang masih panjang dan lama pada si kecil seringkali membuat mereka sulit untuk dibangunkan. Tak heran bila hal ini seringkali membuat orangtua kerepotan membangunkan buah hatinya yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply