data-ad-format="auto"

Tips Tetap Kuat Berpuasa Meski Lakukan Pekerjaan Berat

Untuk orang yang sudah balig dan berakal sehat, ibadah puasa adalah sebuah keharusan yang perlu dijalankan dan tidak boleh ditinggalkan. Hukum meninggalkan puasa adalah dosa dimana tentunya hal ini menjadi motivasi untuk setiap orang agar seyoganya tidak meninggalkan ibadah yang satu ini.

Selama puasa biasanya para pekerja di Indonesia mendapatkan pengurangan waktu bekerja sebagaimana terkait dengan peraturan pemerintah. Akan tetapi demikian tidak semua pekerjaan mendapatkan pengurangan waktu atau toleransi yang sama.

Bahkan untuk sebagian pekerjaan meski mereka mendapatkan pengurangan waktu bekerja. Namun tetap saja saat beban pekerjaan menguras tenaga dan fisiknya maka hal ini bisa saja membuat puasa yang dijalani tetap terasa berat.Baca juga: Tips Menyusui Selama Puasa

Tak heran bila untuk beberapa profesi pekerjaan seperti buruh pabrik, pekerja bangunan dan masih banyak lagi memilih untuk tidak ikut menjalankan pekerjaan. Profesi yang dijalani membutuhkan tenaga yang besar. Tanpa adanya asupan makanan dan minuman terkadang hal ini dapat mempengaruhi semangat dan tenaga mereka untuk bekerja.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Namun demikian sebenarnya ada tips tetap kuat berpuasa meski lakukan pekerjaan yang berat. Ingin tahu seperti apa? Maka mari kita simak informasi menariknya dibawah ini.

Tips Tetap Kuat Berpuasa Meski Lakukan Pekerjaan Berat

Apapun aktivitas dan profesi yang dijalani, ketika niatan berpuasa kuat maka tidak ada alasan untuk anda tidak ikut menjalankan ibadah puasa. Namun demikian, banyak orang mengeluhkan mencari solusi untuk bisa kuat menjalani ibadah yang satu ini saat dihadapkan dengan pekerjaan yang begitu berat.

Namun tak perlu khawatir mari kita simak tips tetap kuat berpuasa meski lakukan pekerjaan berat dibawah ini.

Teguhkan Niat

Hal yang terpenting dalam menjalani segala hal adalah meneguhkan niat. Niat akan menjadi pondasi dasar seseorang untuk dapat melalui segala hal dan rintangan dengan baik. Niat akan pula memotivasi anda untuk dapat lebih kuat dan lebih tangguh menjalani suatu hal, termasuk dengan ibadah puasa.

Seberapa keras dan beratnya beban yang dijalani selama puasa. Ketika niat anda besar dan teguh untuk dapat menjalani ibadah ini dengan baik. Maka insyaallah hal ini akan dapat anda lalui dengan baik.

Jadi demikian sebelum melakukan banyak hal. Niatkan terlebih dahulu yang kuat dan yakinkan diri anda bahwa anda akan dapat melakukannya dengan baik. Dan segala rintangan tidak akan menghentikan anda untuk dapat menjalankan ibadah anda dengan baik.

Banyak Minum Air Putih

Terkadang rasa lemas dan lesu yang dijalani saat menjalankan pekerjaan selama puasa datang dari tubuh yang kurang cairan. Kekurangan cairan selama puasa memang akan berpengaruh pada stamina tubuh. Apalagi untuk anda yang menjalani pekerjaan yang berat dengan beban yang besar.

Oleh karenanya, guna mengatasi masalah ini maka perhatikan dengan baik asupan cairan kedalam tubuh anda. Untuk anda pekerja yang keras pastikan anda mendapatkan asupan cairan dari takaran yang dianjurkan. Atau bahkan anda bisa lebih banyak mengasup tubuh dengan air putih.

Penuhi Kebutuhan Gizi

Memenuhi kebutuhan gizi bukan berarti makan yang banyak. Sebab sebanyak apapun makanan yang anda konsumsi, saat tidak ada nilai gizi yang seimbang dari makanan tersebut maka mungkin hal ini akan sia-sia.  Pilihlah makanan yang sehat dan memiliki nilai gizi yang seimbang agar demikian tubuh anda lebih siap menghadapi aktivitas harian anda.

Loading...

Follow us