data-ad-format="auto"

Tips Mudik Nyaman dengan Pesawat

Hari Raya Lebaran sudah hampir tiba, hitungan puasa bahkan sekarang sudah mendekati ke-20. Ini artinya, waktu lebaran tinggal menunggu minggu dan hari-hari. Nah, pada saat hari raya lebaran salah satu tradisi yang tak pernah dilewatkan pada masa ini adalah mudik atau pulang kampung. Tradisi yang satu ini membuat seseorang yang tinggal jauh di tempat orang atau diluar kota membuat mereka akan pula kampung dan bertemu dengan sanak saudara.

Tradisi yang satu ini nampaknya memang menjadi tradisi yang unik dan hanya dijumpai di Indonesia saja. Tak heran bila menjelang lebaran harga tiket pesawat dan transportasi lain seringkali habis diborong beberapa waktu sebelum menjelang hari raya lebaran.

Nah, untuk anda yang juga ikut menjalankan tradisi mudik lebaran. Tentunya bukan hal mudah pergi ke kampung halaman pada saat hari lebaran. Semua orang yang juga menjalankan tradisi ini akan pula ikut menghadapi banyak tantangan. Salah satunya adalah arus mudik yang begitu padat dan banyak.

Tak heran bila pada saat anda memilih menggunakan salah satu moda transportasi maka mereka akan selalu penuh dan banyak diserbu banyak orang. Nah, hal seperti ini akan mungkin membuat anda kurang nyaman. Termasuk pada saat anda menggunakan pesawat. Baca juga: Bahaya yang Ditimbulkan Jika Tidur Setelah Sahur

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Namun tak perlu khawatir mari kita simak tips mudik nyaman dengan pesawat yang perlu untuk diperhatikan dengan baik dibawah ini. Ingin tahu seperti apa saja? Maka mari kita simak informasi menariknya yang akan kami berikan kali ini.

Tips Mudik Nyaman dengan Pesawat

Meski cenderung lebih cepat dan lebih praktis, mudik menggunakan pesawat pada saat menjelang lebaran akan tentu saja sama padatnya dengan moda transportasi lainnya. Apalagi kemudahan mengakses transportasi lewat udara ini memang membuat banyak orang mendaratkan pilihan sama yakni bermudik menggunakan pesawat.

Nah, ketika banyak orang yang hendak berangkat, maka mungkin kondisi ini pun akan membuat anda merasa tidak nyaman selama dipesawat. Lantas seperti apa saja tips mudik nyaman di pesawat? Mari simak secara langsung informasi menariknya dibawah ini.

Ketahui Terminal Keberangkatan

Untuk anda yang memang sudah fix memilih moda transportasi pesawat untuk mudik ke kampung halaman. Hal ini mungkin menjadi pilihan yang tepat, karena mungkin tiket kereta dan bus sudah penuh diborong oranglain yang juga berlomba ingin merayakan hari lebaran bersama dengan sanak saudara.

Akan tetapi, menjelang hari raya seperti ini biasanya jangan salah jika tiket pesawat pun akan lebih mahal harganya karena kuota keberangkatan ke beberapa destinasi di Indonesia memang membuat tiket lebih cepat laku pada masa ini. Oleh karenanya, jangan abaikan beberapa hal pada saat anda memilih mudik menggunakan pesawat.

Salah satunya adalah kenali dengan betul terminal keberangkatan anda. Pasalnya beberapa bandara terbesar di Indonesia memiliki total 3 terminal yang berbeda dimana terminal ini dikhususkan untuk maskapai yang berbeda-beda.

Untuk itulah, maka penting sekali memperhatikan dimana letak terminal keberangkatan anda dengan baik. Hal ini akan memudahkan anda untuk dapat mengakses maskapai yang memang sudah anda pilih dengan baik.

Datanglah Lebih Awal

Seringkali untuk beberapa kesempatan keberangkatan biasa memang beberapa maskapai memberikan spare waktu sekitar 3 jam sebelum take off. Waktu ini mungkin membuat beberapa penumpang pesawat merasa lebih santai dan dapat datang lebih lama sebelum keberangkatan.

Akan tetapi, pada saat menjelang mudik maka sebaiknya lebih waspadalah menanti hal ini. Pada saat musim mudik terutama puncak arus mudik biasanya bandara akan sangat padat dibandingkan dengan hari biasanya.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka silahkan datanglah lebih awal. Hal ini pun akan memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan tempat duduk pada saat anda menanti. Selain itu, datang lebih awal tentu akan membuat anda merasa tenang dan anda tinggal menanti keberangkatan. Untuknya, hindari datang terlalu mepet atau bahkan terlambat sebab hal ini akan mungkin membuat anda ketinggalan pesawat.

Gunakan Transportasi Umum

Sebaiknya guna menghindari macet menuju bandara, gunakanlah transportasi umum dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi. Selain itu, menggunakan transportasi umum pun tidak perlu membuat anda menyimpan atau memarkir mobil dibandara dalam waktu yang lama. Selain akan boros karena harga ongkos parkir, hal ini pun akan mungkin membuat anda tidak tenang selama melakukan mudik.

Oleh karenanya, gunakanlah moda transportasi umum pada saat anda hendak pergi ke bandara. Bila anda khawatir kerepotan pada saat menggunakan transportasi umum maka pilihlah angkutan yang memang nyaman. Misalkan seperti taksi dan angkutan lainnya yang dapat sesuai dengan pilihan anda.

Hanya saja yang terpenting jaga semua barang-barang yang anda bawa. Jangan sampai karena anda tidak mau ribet lantas hal ini malah membuat anda mengabaikan keselamatan dan keamanan dari barang-barang yang dibawa.

Packing yang Benar

Kebanyakan maskapai Indonesia memang memberikan jatah bagasi gratis untuk setiap penumpang. AKan tetapi, alokasi ini pun terbatas dan tidak bisa dilakukan sebebasnya. Rata-rata sebanyak 15 sampai dengan 20 kg alokasi untuk masing-masing penumpang diberikan. Nah, untuk mengatasi masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan pada saat penimbangan bagasi. Maka sebaiknya perhatikan packing anda di rumah.

Lakukan penimbangan bila perlu terlebih dahulu. Hal ini akan dapat menghindarkan anda dari kejadian tida lolos dari penimbangan bagasi di bandara. Selain itu, sebaiknya hindari membawa produk-produk atau barang-barang yang dibawa dari sini.

Akan lebih baik jika anda cukup membawa dana yang akan dapat menunjang perjalanan anda dan nantinya anda pun akan aman selama melakukan mudik. Selain akan cukup merepotkan. Hal ini pun bisa mungkin membuat anda kesulitan pada saat membawanya.

Jangan Tidur Dulu

Biasanya untuk sebagian orang berpergian dengan pesawat untuk durasi yang cukup lama akan menjadi hal yang cukup membosankan. Tak jarang hal ini pun seringkali membuat mereka tak nyaman sewaktu berada didalam pesawat. Untuknyalah guna menghindari kejadian ini maka sebelumnya jangan tidur terlebih dahulu.

Jadi demikian, anda akan bisa tidur didalam pesawat. Hal ini akan sangat ampuh untuk mengatasi rasa bosan anda selama di pesawat. Dengan begini perjalanan anda pun akan terasa lebih ringan dan lebih nyaman.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat disampaikan dari tips mudik nyaman dengan pesawat. Semoga dengan menyimak beberapa hal diatas akan membantu anda untuk dapat merasa nyaman pada saat mudik diperjalanan. Sehingga rencana berkumpul bersama dengan sanak saudara disanapun akan terasa lebih menyenangkan.

Semoga suka cita hari raya membuat kita kembali fitri dan bersih. Sampai jumpa kembali pada pembahasan lainnya mengenai edisi Ramadhan yang menyenangkan.

Loading...

Follow us