Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Penangananya

5/5 (1)

Hidung tersumbat seringkali menjadi kondisi kesehatan yang menganggu.

Dan sepertinya hampir semua orang pernah mengalami keluhan kesehatan yang satu ini yang mana dampaknya beitu menganggu. Betapa tidak, hidung yang biasanya mampu mengembuskan napas dan menarik napas dengan begitu ringan dan tanpa kendala, kini kondisinya dibuat lebih sulit. Jangankan untuk bisa bernapas dengan baik, ketika kondisi hidung tersumbat datang, biasanya indera penciuman akan juga mengalami penurunan fungsi. Hal inilah yang akan membuat kondisinya semakin memburuk dan membuat kita kesulitan untuk bisa bernapas dan mencium sesuatu seperti biasanya.

Kondisi hidung tersumbat pada umumnya akan lebih buruk dampaknya ketika malam hari. Bukan hanya perasaan sulit bernapas, tidur pun akan menjadi terganggu. Pada akhirnya, dari masalah hidung tersumbat ini dampaknya akan beruntun dan menjadi rentetan masalah yang akan cukup menganggu.

Tidur yang terganggu tentu akan membuat anda tidak segar di pagi hari, selain itu ketika anda dihadapkan pada banyak kegiatan dan tugas yang menempuk, hal ini akan membuat anda tidak siap menghadapinya. Alhasil, ketika tanggung jawab dan kesibukan menuntut anda untuk bisa menyelesaikan semuanya, sementara pada waktu bersamaan kondisi anda sedang tidak fit akibat hidung tersumbat, maka yang terjadi dengan anda adalah stres dan frustasi.

Nah, mengingat dampaknya yang akan cukup menganggu dan merugikan, maka sudah semestinya kondisi gangguan kesehatan ini harus segera diatas dan dicari solusi untuk menanganinya. Jangan sampai, keluhan ini terus-menerus terjadi dengan tubuh anda dan membuat segala aktivitas anda terhalang.

Hidung tersumbat bisa terjadi pada salah satu rongga hidung (hidung tersumbat sebelah) atau bisa juga terjadi pada kedua-duanya. Nah, pada kondisi seperti ini, kami memahami bahwa dampak ini akan membuat anda tidak nyaman dan merasa terganggu. Untuk itulah, kali ini kita akan bahas mengenai penyebab hidung tersumbat, gejala yang menyertainya dan juga cara mengatasinya. Dengan demikian, hal ini diharapkan dapat membantu anda dalam mengatasi masalah gangguan kesehatan yang dampaknya cukup serius terhadap aktivitas sehari-hari anda ini.

Penyebab Hidung Tersumbat

Penyakit ringan adalah salah satu penyebab hidung tersumbat yang paling umum terjadi. Yang dimaksudkan dengan penyakit ringan itu sendiri disini diartikan sebagai beberapa penyakit diantaranya adalah flu, common cold atau infeki dibagain sinus.

Penyakit-penyakit diatas pada umumnya dapat menyebabkan hidung menjadi tersumbat karena menimbulkan peradangan pada lapisan rongga hidung dan sinus yang merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah. Radang tersebut akan melebar dan menimbulkan pembengkakan sehingga pada akhirnya yang terjadi dengan tubuh anda adalah hidung tersumbat yang tak lagi bisa dihindarkan.

Menurut sebuah sumber dari National Institutes of Health, kondisi hidung tersumbat yang terjadi akibat beberapa penyakit ringan diatas sifatnya bisa sembuh dan akan dapat menghilang dengan sendirinya hanya dalam hitungan waktu satu minggu.

penyebab hidung tersumbat

Dengan demikian, penyakit ini rasanya tidak terlalu membutuhkan perawatan dokter atau ahli medis yang berarti. Cukup dengan memberikan pereda hidung tersumbat seperti memberikan minyak angin dibagian dada atau mendapatkan istirahat yang cukup.

Istirahat terbaik untuk meredakan gangguan kesehatan yang satu ini adalah dengan tidur. Akan tetapi, sulit rasanya untuk bisa mendapatkan tidur yang nyaman dan pulas pada kondisi hidung tersumbat seperti ini.

Untuk itulah, cara mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan memposisikan bantal lebih tinggi dari posisi dada anda. Dengan demikian, usahakan agar posisi kepala menengadah kebagian atas sehingga hidung tersumbat akan bisa dilegakan. Meskipun sifatnya hanya sementara, namun setidaknya sampai anda bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup, cara yang satu ini akan cukup membantu.

Penyebab Penyakit Serius yang Memicu Hidung Tersumbat

Untuk hidung tersumbat yang masa berlangsungnya cukup lama, maka kemungkinan kondisi hidung tersumbat ini bisa disebabkan adanya kondisi yang lebih serius dalam tubuh anda. Untuk mengetahui kondisi apa saja yang bisa menyebabkan hidung tersumbat datang, simak beberapa hal dibawah ini.

  • Rinitis
  • Paparan zat kimia Iritasi hidung karena faktor lingkungan contohnya asap atau debu.
  • Polip hidung (hidung tersumbat hanya sebelah dan tidak berpindah-pindah)
  • Alergi Alergi serbuk sari
  • Sinusitis kronis (infeksi sinus yang berlangsung lama)
  • Sakit kepala cluster
  • Septum menyimpang (sekat hidung yang membatasi antara rongga kanan-kiri yang seharusnya tepat di tengah-tengah, malah menyimpang alias mengot ke kanan atau ke kiri).
  • Tumor (biasanya jinak, bukan kanker atau, massa yang dapat menyebabkan kemacetan jika mereka tumbuh di bagian hidung)
  • Benda Asing (paling sering pada anak-anak) dengan ciri-ciri hidung terus berair (ingus) berbau, biasanya hanya satu hidung.

Penyebab hidung tersumbat lainnya yang jarang terjadi adalah kehamilan. Adapun kondisi seperti ini pada umumnya sering terjadi adalah pada akhir trimester pertama periode kehamilan. Penyebabnya mungkin bisa dipicu karenya adalah fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah yang terjadi selama kehamilan. Perubahan inilah yang dapat memepengaruhi membran dibagian hidung menjadi kering, berdarah atau bahkan meradang.

Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat?

Mengetahui dampaknya yang cukup menganggu dan merugikan, maka penting sekali untuk anda mengetahui bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat ini. Nah, berikut ini kami sajikan untuk anda cara mengatasi hidung tersumbat yang menganggu.

Hiruplah Uap Panas

Kelembapan dan panas dari uap akan membantu meringankan peradangan yang terjadi dibagian hidung sehingga hidung tersumbat akan dapat diredakan. Dengan begini, napas akan terasa lebih lega dan lebih nyaman. Untuk melakukan hal ini anda bisa menjalankannya dengan menyiapkan air hangat dalam baskom kecil dan hirup uap yang keluar dengan menggunakan hidung. Bila perlu tambahkan aroma terapi kedalam air sehingga membuat uap yang keluar menjadi beraroma harum yang menenangkan. Dengan begini, hidung dan saluran pernapasan yang terhalang akan bisa dilegakan.

Kompres Dengan Air Hangat Pada Bagian Hidung

Cara yang satu ini bisa dilakukan dengan membasahi kain atau handuk dengan menggunakan air hangat, kemudian tempelkan dibagian batang hidung dan menyeluruh hingga kebagian depa pipi anda. Ketika melakukan hal ini sebaiknya baringkan tubuh anda dan lakukan dengan kepala menengadah kebagian atas agar demikian, hidung yang tersumbat bisa dilegakan dan manfaatnya bisa lebih cepat dirasakan. Ulang langkah ini secara berulang-ulang sampai hidung anda merasa lebih lega dan baikan.

Jangan Membuang Ingus Terlalu Keras

Seringkali ketika anda atau seseorang yang menderita pilek, mereka akan cenderung mengeluarkan ingus dengan sering dan keras. Mengeluarkan ingus dari dalam hidung memang adalah cara yang baik untuk menghilangkan penumpukan lendir dalam hidung. Akan tetapi, sebaiknya tidak memencet dan menghembuskannya degan terlalu keras.

Sebaliknya lakukanlah dengan perlahan dan lakukan dengan lembut. Mulai dari bagian satu dan bagian lainnya. Membuang ingus dengan terlalu kuat akan membuat lapisan pada hidung menjadi lebih meradang, alhasil bukannya meringankan, kondisi ini malam memperburuk kondisi penyumbatan pada hidung.

Menghirup Inhaler, Minyak Angin atau Balsem

Minyak angin, inhaler atau balsem rata-rata mengandung menthol, kamper dan eucalyptus yang mana kandungan ini dipercaya mampu membantu mengurangi hidung tersumbat. Untuk menggunakan bahan-bahan ini, penggunaannya cukup simpel yakni dengan langsung menuangkan minyak angin kebagian tangan dan hirup dengan menggunakan hidung, atau bila menggunakan inhaler lagsung dekatkan dibagian hidung dan hirup aroma mentholnya yang akan membuat anda merasa lebih tenang. Selain itu, olesi juga beberapa bagian pada tuubh anda seperti halnya leher dan tepat dibawah hidung. Rasakan aroma menthol ini yang akan membuat anda merasa lebih lega dan hidung tersumbat akan dapat diredakan.

Tidur dengan Posisi Setengah Duduk

Bila anda mengalami hidung tersumbat dan kondisinya menjadi semakin parah dibandingkan pada saat anda berbaring, maka cobalah untuk memposisikan kepala anda lebih tinggi. Caranya, gunakan bantal untuk menopang bagian kepala dan usahakan posisi ini lebih tinggi dibandingkan dengan posisi dada anda sehinga posisi anda terlihat seperti setengah duduk. Dengan begini, maka penumpukan aliran darah dibagian hidung akan bisa dikurangan sehingga akan dapat bekerja menghilangkan hidung tersumbat. Setidaknya beginilah menurut hukum gravitasi.

Redakan dengan Konsumsi Makanan Pedas

Bila hidung tersumbat anda ternyata disebabkan karena adanya penyumbatan ingus yang kental yang susah untuk dikeluarkan, maka cobalah untuk meredakan gejala ini dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang berasa agak pedas seperti halnya wedang jahe atau sup ayam hangat dnegan citarasa yang agak pedas.

Tahukah anda, rasa pedas yang anda konsumsi akan dapat merangsang pelendiran sehingga membuat ingus menjadi lebih encer dan akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Dengan demikian, napas anda pun akan dapat terasa lebih lega.

Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Lain halnya dengan orang dewasa, kondisi hidung tersumbat pada bayi dampaknya tentu akan lebih bahaya dibandingkan pada orang dewasa. Jika hidung tersumbat yang terjadi adalah diakibatkan oleh ingus yang kental, maka orang dewasa mungkin akan bisa mengeluarkannya dengan jalan bersin atau dikeluarkan dengan sendirinya. Akan tetapi, kondisi seperti ini tentu berbeda dengan si bayi. Akan lebih sulit untuk mereka mendeteksi sesuatu terjadi dengan tubuhnya. Nah, untuk itu berikut ini kita pahami seperti apa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Kenali Hidung Tersumbat Pada Bayi

Mengingat bayi masih belum bisa bernapas lewat mulutnya dengan optimal, maka hidung tersumbat yang menyerangnya mungkin akan menjadi kondisi yang serius, terutama selama periode menyusui. Adapun penyebab paling umum kondisi hidung tersumbat pada bayi adalah lendir atau ingus. Untuk itulah, disini orangtua harus mampu menemukan solusi yang efektif dan aman untuk mengeluarkan ingus yang tersumbat pada bayi.

Gunakan Tisu

Untuk membersihkan ingus pada bayi, anda bisa menggunakan tisu. Caranya, lipat tisu sedemikian rupa sehingga ujung tisu menjadi lebih runcing. Yang mana tentunya sesuaikan ukuran runcing tersebut dengan lubang hidung si buah hati, secara perlahan masukkan tisu ini kebagian lubang hidungnya. Tisu adalah jenis kertas yang memiliki daya serap paling tinggi, dengan demikian ingus si bayi akan bisa diserap dan dikeluarkan dengan menggunakan tisu.

Demikian beberapa cara mengatasi hidung tersumbat. Bila kondisi hidung tersumbat ini masa berlangsungnya sudah lebih dari 10 hari dan disertai dengan demam atau beberapa gejala lainnya. Sebaiknya segera periksakan kesehatan anda ke dokter. Agar demikian penanganan yang tepat akan bisa anda dapatka. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply