data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Usia 13 Minggu

Usia si janin yang tengah berkembang dalam perut anda, kini usinya telah menginjak minggu ke 13.

Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bunda. Berkat bunda, tumbuh kembang si buah hati dalam rahim, kini dapat mengalami perkembangan yang pesat dan begitu luar biasa. Semua ini adalah kerja keras dan usaha bunda dalam memberikannya dukungan untuk bisa tumbuh dengan baik.

Asupan nutrisi dan gizi yang bunda berikan untuknya, membuat si kecil bisa tumbuh dengan begitu pesat. Berkat pola hidup sehat yang bunda jalankan pula, perkembangan si janin dalam rahim tidak mengalami kendala. Untuk itu, sekali lagi kami ucapkan selamat ya bund. Semoga perjuangan bunda ini bisa menghasilkan buah yang dapat bunda petik saat hari kelahiran nanti. Tetap jalankan pola hidup sehat dan jaga asupan gizi dan nutrisi untuk si buah hati ya bun, agar si buah hati dan bunda bisa senantiasa sehat dan perkembangannya bisa berjalan dengan tanpa kendala.

Nah, berbicara mengenai perkembangan si janin di usia 13 minggu, kini panjang si bayi mulai dari bagian kepala hingga ke bokong ukurannya sudah mencapai 6.7 cm dan beratnya sudah mencapai 23 gram. Perkembangan pesat ini akan mulai berdampak pada pembesaran rahim ibu yang kini ibu mungkin sudah akan mulai merasakan adanya benjolan dibagian rahim ketika ibu memegang bagian atas dari area kewanitaan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Nah, inilah yang mungkin akan membuat ibu semakin terharu dengan semakin menyadari bahwa kehamilan yang sedang anda jalani adalah hal yang nyata, dimana tak selang beberapa lama lagi, impian ibu dan suami dalam menimang si buah hati akan kesampaian bila ibu terus mampu menjaga perkembangan si janin agar tetap sehat.

Meski ukuran rahim sudah mulai mengalami pembesaran, akan tetapi ukuran bayi dalam rahim anda masih begitu kecil. Namun demikian, jika saja anda mampu melihat kedalam perut anda, anda akan melihat, kini seorang manusia kecil telah terbentuk dengan sepenuhnya dan mengisi ruang kosong dalam rahim anda. Ia kini suah mulai memiliki sidik jari yang begitu unik.

perkembangan janin minggu 13

Perkembangan lain yang tak kalah menakjubkan adalah kini si bayi dalam rahim mulai belajar mengemut bagian otot-otot dipipinya, sehingga ketika anda menyentuh dengan perlahan bagian perut anda, ia akan mulai merasakannya dan mulai bereaksi dengan rangsangan sentuhan ini.

Dengan demikian, tak ada salahnya dengan mulai melakukan sentuhan dan melakukan interaksi dengan perut anda. Agar bisa menjadi latihan dasar untuk si kecil guna mengasah kemampuan responnya terhadap rasangan atau stimulasi yang diberikan dari luar.

Bila bayi yang anda kandung adalah perempuan, kini ia mungkin memiliki sekitar 2 juta sel telur dalam ovariumnya. Akan tetapi, hanya sekitar 1 juta sel telur ketika ia dilahirkan kedunia nanti. Kondisi ini akan terus berkurang saat si buah hati beranjak dewasa. Sementara saat si buah hati menginjak usia 17 tahun, maka jumlah sel telur tersebut akan semakin menurun dan penurunan ini cukup signifikan sampai 200.00 sel.

Usia kehamilan 13 minggu ini adalah waktu dimana kini anda sudah memasuki usia trimester ke 2 dari periode 3 trimester kehamilan. Pada usia kehamilan 3 bulan, resiko keguguran akan lebih berkurang dibandingkan pada masa kehamilan 2 bulan yang komperesinya lebih riskan dibandingkan saat usia kehamilan di minggu ini.

Pada usia kehamilan ini, kini perut anda sudah tampak membesar. Kondisi ini mungkin akan membuat anda membutuhkan baju atau pakaian yang lebih longgar dibandingkan dengan pakaian anda sebelumnya. Pakaian yang lebih longgar bukan hanya difungsikan untuk membuat anda lebih nyaman dengan kondisi perut yang membesar dan kenaikan berat badan yang siginifikan, kostum yang lebih longgar tentu dimaksudkan untuk membuat si jabang bayi dalam kandungan anda menjadi lebih aman dan tidak tertekan.

Selain itu, kabar gembira lain yang mungkin anda dapatkan dari usia kehamilan inggu ini adalah berkurangnya gejala-gejala kehamilan yang cukup menganggu seperti halnya morning sickness dan lain sebagainya. Kini, tubuh anda mulai dapat menyesuaikan dirinya dengan perubahan tubuh saat anda hamil.

Yang mana demikian, kondisi ini tentu akan membuat anda lebih tenang dan lebih nyaman. Sehingga tidak ada alasan untuk anda menunda makan, malas mengkonsumsi makanan dan lain sebagainya yang menyangkut kesehatan si jabang bayi.

Sebaliknya, jadikanlah momen ini sebagai momen dimana anda bisa memperbaiki asupan gizi dan nutrisi anda untuk diberikan kepada si buah hati dalam kandungan. Agar anda dan si janin dalam rahim anda bisa sehat karena terjaga asupan gizinya.

Selain beberapa perkembangan diatas, janin anda dalam rahim kini mulai mengalami cegukan, meski demikian anda belum bisa merasakan kondisi ini. Adapun kondisi cegukan yang dialami oleh si bayi dalam rahim adalah sebuah pertanda bahwa kini ia tengah berlatih untuk dapat bernapas. Bayi pun sudah mulai belajar menghisap yang mana hal ini merupakan persiapan nantinya ia akan mencari puting susu setelah ia lahir kedunia.

Apa Saja yang Terjadi dengan Tubuh Ibu Usia Kehamilan 13 Minggu?

Berbeda pada usia kehamilain 1 dan dua bulan, dimana anda merasakan mual dan muntah yang begtiu menyiksa, perasaan lemas, emosi yang meledak-ledak dan gejala lainnya secara terus menerus. Pada usia kehamilan 13 minggu atau 3 bulan, kini kondisi anda mungkin terasa lebih sehat. Gairah seksual yang barangkali sebelumnya dirasakan menurun pada awal masa kehamilan, saat ini bisa jadi telah membaik dan malah beranjak naik. Akan tetapi, perasaan ibu yang enggan atau malas berhubungan bersama dengan suami pun adalah hal yang wajar dan dirasakan oleh sebagian wanita hamil.

Sebagian perut wanita pada usia kehamilan ini sudah mulai nampak membesar. Serta frekuensi buang air kecilnya bisa saja meningkat. Hal ini dikarenakan kandung kemih si ibu hamil yang tertekan dengan rahim.

Meski anda belum bertransformasi mengenakan pakaian hamil pada masa ini, sebaiknya beralihlah pada pakaian longgar yang akan membuat anda merasa lebih nyaman. Selain itu, pada umumnya ibu hamil akan lebih cenderung mudah merasakan gerah dan panas, untuk itu pemilihan bahan pakaian selama masa kehamilan adalah solusi yang baik dalam menangani masalah kepanasan dan mudah kegerahan pada masa kehamilan.

Bukan hanya itu, pengaplikasian fashion atau gaya berbusana pada ibu hamil untuk tampil cantik selama kehamilan sebaiknya jangan terlalu dipaksakan. Ibu hamil tidak dianjurkan mengenakan sepatu dengan hak tinggi yang akan membuat mereka kelelahan dan merasa tersiksa dengan perasaan yang tidak nyaman. Selain itu, penggunaan sepatu dengan hak tinggi selama masa kehamilan akan beresiko parises pada ibu hamil.

Itulah dia beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh ibu hamil di minggu ke 13. Segala perubahan selama masa kehamilan adalah hal pasti yang akan mungkin anda hadapi. Untuk itu, jangan khawatir atau takut dengan perubahan tersebut karena beberapa perubahan tersebut sifatnya umum dan akan dirasakan oleh hampir sebagian besar ibu hamil. Hanya saja, bila anda merasa tubuh anda mengalami perubahan yang janggal, maka sebaiknya konsultasikan dengan segera perubahan tersebut ke dokter.

Loading...

Follow us