Sakit Menelan, Apa Sebabnya dan Bagaimana Mengatasinya?

4.63/5 (35)

Sakit dibagian tenggorokan saat menelan merupakan salah satu keluhan kesehatan yang rasanya hampir dirasakan oleh banyak manusia di segala usia.

Ketika kondisi ini menjangkiti anda, biasanya akan banyak keluhan lain yang menyerang anda, seperti halnya keluhan makan, berbicara dan lain sebagaianya.

Dari semua keluhan yang menyertainya, makan adalah salah satu keluhan yang menjadi masalah besar. Betapa tidak, sakit menelan seringkali membuat orang menjadi berhalangan saat makan, makan pun menjadi tidak enak. Perut yang lapar tidak bisa dipuaskan dengan baik jika kondisi sakit menelan menyerang. Nah, bila sudah begini, maka kesal dan bahkan stres akan menyerang anda.

Hal yang paling sering melatar belakangi kondisi sakit tenggorokan saat menelan adalah adanya radang tenggorokan, batuk pilek dan sejenisnya serta masih banyak penyebab lain yang belum anda ketahui.

Rasa sakit yang muncul dibagian tenggorokan biasanya disertai dengan kesulitan menelan atau bahkan adanya demam dan merasakan nyeri diseluruh bagian tuubhnya, bahkan sebagian ada pula yang merasakan benjolan yang muncul dibagian leher. Hal ini biasanya akan tergantung pada apa penyebab yang memicu sakit tenggorokan timbul dan menyerang seseorang.

Setiap kali anda makan, maka akan selalu melewati bagian tenggorokan, disinilah gangguan yang akan terjadi dengan makan bila bagian tenggorokan terasa sakit. Pada kondisi ini, makan akan terasa menjadi tidak enak dan akan secara otomatis membuat anda tidak bernafsu untuk menyantap makanan. Nah, kondisi seperti ini tentunya tidak bisa diabaikan atau dibiarkan begitu saja, karena mungkin bila terus-terusan demikian, anda akan menjadi lemas dan kurang gizi.

Untuk itulah penting sekali untuk anda bisa mencari solusi dari penyakit sakit menelan akibat sakit tenggorokan. Nah, sebelum mencari solusi penanganan sebuah penyakit, tentunya akan penting untuk anda mengetahui apa saja gejala dan seperti apa penyebab dari penyakit tersebut.

sakit menelan

Gejala Sakit Tenggorokan

untuk mengetahui sakit tenggorokan sebenarnya mudah saja, yakni ketika anda menelan akan timbul perasan tidak nyaman yang berbeda dari perasaan sebelumnya. Perasaan ini akan cenderung lebih mengarah pada rasa nyeri. Anda akan merasakan sakit yang cukup parah, terutama ketika anda menelan.

Selain itu, biasanya sakit ini bisa datang dengan mendadak, dimana saja dan kapan saja, bahkan ketika anda tidur dimalam hari atau pada saat bangun pagi hari ketika anda hendak minum atau saat sarapan. Pada kondisi yang lebih parah, sakit tenggorokan ini bukan hanya dapat dirasakan pada saat menelan saja, namun juga pada saat anda menelan ludah, rasa sakit ini akan mungkin anda rasakan. Gejala selanjutnya yang mungkin anda rasakan dari sakit tenggorokan adalah suara yang berubah menjadi serak.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan yang menyebabkan perasaan sakit sewaktu menelan pada umumnya disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah bagian dari gejala awal timbulnya pilek. Akan tetapi, sakit tengogorokan jenis ini biasanya akan segera membaik dan meghilan setelah satu atau dua hari. Selain itu, ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan anda bisa terjadi.

Anda mungkin bertanya-tanya mungkinkah sakit tenggorokan anda saat ini adalah kondisi yang alami? ataukah sakit tenggorokan karena akan pilek, sakit tengorokan akibat kuman yang menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan nyeri (strep throat) atau mungkin karena adanya tonsilitis? Nah, untuk memastikan semua ini, maka penting sekali menentukan dengan pasti apa sebenarnya penyebab dari sakit tenggorokan anda silihat dari gejala yang mungkin anda alami.

Apakah Perbedaan Strep Throat, Tonsilitis dan Pilek?

Memang benar, sakit tenggorokan seringkali mengindikasikan gejala awal dari pilek. Namun, pada kondisi ini, tenggorokan biasanya akan dapat membaik atau sembuh hanya dalam hitungan hari. Gejala lainnya seperti hidung berair dan hidung tersumbat adalah beberapa gejala yang akan menyertai sakit tenggorokan.

Sementara strep throat adalah infeksi akibat adanya bakteri streptococcus, yakni penyebab lain dari sakit tenggorokan dan tonsilitis. Pada strep throat, sakit tenggorokan pada umumnya akan lebih parah dan masa berlangsungnya akan lebih lama.

Tonsilitis merupakan peradangan atau infeksi amandel yakni jaringan massa yang terletak dibagian belakang tenggorokan. Ketika bagian ini terkena infeksi atau peradangan, biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang amat menganggu.

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Adapun penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah virus. Sakit tenggorokan karena virus seringkali disertai dengan gejala flu lainnya yang mungkin termasuk dengan hidung berlendir, batuk, mata merah, berair dan bersin. Selain itu, penyebab lain dari sakit tenggorokan termasuk merokok, paparan polusi, iritasi di udara, udara kering dan alergi.

Sementara itu Penyebab Lain Sakit Tenggorokan Saat Menelan Diantaranya Adalah

  • Iritasi tenggorokan, biasanya muncul setelah memakan makanan yang mudah mengiritasi seperti keripik, kerupuk, gorengan, dan sebagainya.
  • Flu atau batuk pilek (common cold), disertai dengan hidung tersumbat, bersin, ingusan, batuk, dan demam terkadang sakit kepala juga.
  • Pembesaran kelenjar getah bening (radang amandel, kelenjar adenoid) sering kali disertai dengan demam, sakit kepala dan nyeri otot.
  • Peradangan pada esofagus (disebabkan oleh refluks asam lambung) biasanya diserta dengan nyeri uluhati dan panas pada dada (heart burn).
  • Infeksi pada gigi dan gusi. Sakit menelan juga bisa disebabkan oleh masalah pada gigi dan gusi bagian belakang.
  • Sariawan di tenggorokan
  • Infeksi telinga, disertai dengan rasa sakit pada telinga, demam, atau keluar cairan dari telinga.

Nah, dari sekian banyak kemungkinan penyebab sakit tenggorokan ketika menelan bisa disebabkan oleh:

  • Batuk pilek (common cold)
  • Radang atau infeksi tenggorokan
  • Flu
  • GERD Iritasi
  • Batuk kronis
  • Radang amandel

Dengan demikian, langkah pertama yang penting dilakukan adalah dengan menentukan kondisi mana yang saat ini anda alami sehingga demikian sakit tenggorokan yang bisa sampai menimbulkan sakit saat menelan baik menelan ludah ataupun makanan bisa anda ketahui penyebabnya.

Selain itu, memperhatikan gejala lain yang mungkin menyertai sakit tersebut seperti halnya demam, sakit kepala, batuk kering atau berdahak, berkeringat, sakit kepala dan gejala-gejala lainnya bisa anda konsultasikan dengan dokter. Dengan demikian, dokter akan bisa lebih mudah mengetahui apa penyekit tenggorokan anda.

Lalu Bagaimana Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Menelan?

Pada dasarnya, pengobatan yang tepat pada sakit tenggorokan pada saat menelan akan bergantung pada penyebab dari rasa sakit tersebut. Mengingat rasa sakitnya yang akan cukup menganggu, maka perlu sekali ditemukan solusi atau cara untuk mengatasi kondisi sakit tenggorokan saat menelan ini. Karena betapapun, menahan rasa sakit dalam waktu yang lama tentu akan memuat anda tidak nyaman dan tidak mungkin rasanya jika anda menahan rasa lapar dengan waktu yang begitu lama sampai sakit tenggorokan anda bisa sembuh dengan sendirinya.

Nah, untuk itulah berikut ini beberapa hal yang bisa dilkukan untuk mengatasi sakit tenggorokan pada saat menelan.

Berkumur dengan Menggunakan Air Garam

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan menunjukan jika berkumur dengan menggunakan air garam akan dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi dibagian tenggorokan dan membunuh kuman yang berkembang dibagian mulut.

Selian itu, berkumur dengan menggunakan air garam pun dapat membantu menghilangkan lendir dan juga mengurangi munculnya iritasi dan bakteri. Untuk melakukan hal ini, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melarutkan sekitar 1 sendok teh garam dengan secangkir air hangat.

Nah, gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur. Lakukan hal ini dengan rutin dan secara teratur. Cara terbaik untuk berkumur-kumur dengan larutan ini adalah pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari saat hendak pergi ke kamar untuk tidur.

Konsumsi Air Putih yang Banyak

Konsumsi air putih dan cairan yang banyak akan menghindarkan anda dari dehidrasi. Dengan demikian, keadaan tubuh yang tetap terhidrasi adalah hal yang penting terutama ketika anda dalam keadaan sakit tenggorokan.

Selain itu, tubuh pun harus mendapatkan cairan dengan jumlah yang cukup supaya urin dapat terjaga dengan baik. Hal ini pun akan dapat membantu menjaga selaput lendir supaya tetap dalam keadaan yang lembab. Selain itu, kondisi tubuh yang terhidrasi akan membantu memerangi serta melawan bakteri atau iritasi yang terjadi seperti halnya adanya alergen dalam tubuh yang memicu timbulnya alergi.

Bukan hanya itu, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh akan juga dapat difungsikan untuk melawan gejala sakit flu. Selain hanya mengkonsumsi air putih, anda pun bisa mengkonsumsi cairan dalam bentuk yang lain seperti minuman manis yakni jus buah atau teh.

Minum Teh

Konsumsi teh herbal di pagi hari akan membantu memberikan efek relaksasi ketika anda mengalami sakit tenggorokan. Teh non-herbal yang terbuat dari daun teh berwarna hitam, hijau atau putih akan membantu anda melawan infeksi dan juga dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh sebab kandungan oksidan pada teh yang tinggi.

Selain itu, jika anda ingin membuat rasanya lebih lezat, maka tidak ada salahnya menambahkan madu kedalamnya kemudian diaduk hingga larut dan tercampur merata.

Berkonsultasi dengan Dokter

Ketika mengkonsultasikan kondisi ini bersama dengan dokter, dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk dapat mengobati infeksi dibagian tenggorokan, infeksi amandel, infeksi esofagus atau infeksi dalam mulut. Jalan yang satu ini tentunya akan lebih ampuh dan lebih cepat serta tepat dalam mengatasi sakit tenggorokan saat menelan dibandingkan dengan cara-cara lainnya. Namun demikian, bukan berarti cara-cara diatas tidak dapat bekerja dengan baik tubuh anda. Hanya saja, pengobatan diatas akan dapat bekerja lebih efektif jika anda melakukannya dengan rutin.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan saat menelan. Jika anda sering mengalami sakit tenggorokan artinya sakit yang anda rasakan dibagian tenggorokan ini sifatnya seirng kambuh, bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh adanya tonsilitis kronis (sakit amandel).

Bila pemberian obat-obatan tidak ampuh meredakan sakit yang dirasakan, maka dokter pada umumnya akan melakukan operasi pengangkatan amandel.

Pada intinya, sakit tenggorokan saat menelan adalah kondisi kesehatan yang menganggu. Untuk itulah, ketika anda mulai merasakan gejala-gejala yang merujuk pada sakit yang satu ini, maka sebaiknya segera lakukan tindakan untuk menangani penyakit ini. Agar demikian, kemungkinan lebih buruk dari penyakit ini akan bisa dihindari.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel