Kenali Batuk Berdarah, Gejala, Penyebab dan Cara Penanganannya

Batuk adalah salah satu kondisi yang cukup menjengkelkan ketika kondisi ini menyerang anda.

Betapa tidak, kondisi ini seringkali membuat kita kepayahan dan kelelahan menahan batuk yang sudah tak lagi tertahankan. Belum lagi, ketika kita berada pada sebuah kumpulan bersama dengan oranglain dan seketika kondisi ini menyerang dengan tiba-tiba. Hal ini malah akan merusak dan menghancurkan momen-momen kita saat itu.

Sebagian orang seringkali menganggap remeh kondisi batuk yang menyerang tubuhnya. Hal ini dikarenakan mereka menganggap bahwa penyakit batuk yang menyerang mereka dianggapnya akan dapat sembuh dengan sendirinya. Memang benar demikian, akan tetapi mengingat dampaknya yang cukup menganggu, maka tidak sebaiknya jika peyakit ini didiamkan secara terus menerus begitu saja.

Batuk memang bukanlah bagian dari penyakit, sebaliknya hal ini merupakan bagian dari mekanisme tubuh untuk dapat mempertahankan dirinya dengan mengeluarkan zat asing yang masuk kedalam tubuh. Akan tetapi, hal ini pun perlu anda ketahui dan pahami dengan jelas, batuk seperti apa yang merupakan bagian dari pertahanan tubuh yang sebenarnya.

Bila batuk yang keluar disertai dengan dahak, ini mungkin bagian dari tubuh dalam mempertahankan kesehatannya. Akan tetapi, bila batuk yang keluar adalah batuk yang tidak berdahak dan disertai dengan rasa nyeri apalagi disertai dengan darah, maka kondisi seperti ini patut anda waspadai.

Batuk berdahak tidak boleh dianggap sebagai kondisi yang remeh dan bisa diabaikan. Pasalnya, batuk jenis ini bisa mengindikasikan adanya penyakit serius dalam tubuh anda. Penyakit ini harus segera diketahui penyebabnya agar penanganan yang lebih tepat bisa lebih cepat didapatkan. Perlu diketahui, salah satu indikasi dari batuk berdahak bisa saja mencirikan adanya penyakit Tuberkolosis atau TBC.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam seperti apa batuk berdahak itu dan segala penjabarannya. Berikut ini kami jelaskan dengan terperinci seperti apa batuk berdahak, penyebab dan cara penanganannya dibawah ini.

batuk berdarah

Apa Itu Batuk Berdarah?

Batuk berdarah atau yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan hemoptisis adalah sebuah kondisi medis dimana seseorang yang mengalami batuk disertai dengan keluarnya bercak darah. Kondisi batuk berdarah sendiri sebenarnya merupakan suatu bentuk atau gejala yang bisa timbul akibat sejumlah kondisi, baik kondisi yang serius maupun yang tidak terlalu serius.

Adapun darah yang keluar dari batuk berdarah yang berbahaya biasanya berasal dari bagian paru-paru dan tenggorokan sebagai saluran pernapasan pada saat batuk.

Batuk berdarah tidak sama dengan pendarahan yang terjadi dibagian mulut, saluran pencernaan atau kerongkongan (esofagus) yang biasanya dikeluarkan melalui muntah. Dengan demikian, kondisi seperti ini perlulah dibedakan. Pada batuk berdarah, darah yang keluar pada saat bauk biasanya sering terlihat seperti busa atau gelembug karea bercampur bersama dengan lendir dan udara.

Apabila jenis batuk ini dirasakan oleh kalangan usia muda yang mengalami riwayat kesehatan yang baik, biasanya kondisi ini tidak mengindikasikan adanya penyakit serius dalam tubuh orang tersebut. Akan tetapi, bila pasien yang mengalaminya diketahui mengalami riwayat kesehatan yang buruk seperti misalkan pasien ternyata diketahui adalah seorang perokok atau memiliki riwayat sakit paru-paru, maka bisa jadi kondisi batuk berdarah yang dialaminya diindikasikan sebagai gejala atau tanda dari sebuah kondisi serius dalam tubuhnya.

Adapun batuk berdarah ini bisa juga disertai dengan lendir atau dahak yang keluar. Warna darah yang keluar ketika batuk yang disertai dengan darah biasanya berwarna merah cerah, meskipun mungkin berwarna karat. Terkadang, lendir yang keluar biasa berupa coretan (garis) darah yang keluar.

Gejala Penyakit Batuk Berdarah

Sama halnya dengan penyakit lainnya, penyakit batuk berdarah ini tidak datang dengan tiba-tiba. Selalu ada ciri atau tanda yang muncul sebagai gejala yang mengawali penyakit ini sebelum berkembang menjadi penyakit serius yang haru segera mendapatkan perhatian medis.

Nah, untuk mengetahui seperti apa saja gejala-gejala dari batuk berdarah ini. Berikut kami sajikan untuk anda.

Pada batuk berdahak, ciri awal yang akan dirasakan oleh si pasien baisanya berupa rasa gatal dibagian tenggorokan dan juga terasa seperti infin batuk. Nah, ketika batuk inilah yang dihembuskan keluar bersama dengan darah. Darah yang keluar ini biasanya berbuih dan berwarna merah cerah.

Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dari gejala penyakit ini. Diantaranya adalah:

  • Muka menjadi pucat saat batuk berdarah terjadi
  • Saat batuk, keluar lendir atau dahak yang disertai dengan darah yang berwarna merah segar
  • Nafsu makan menjadi berkurang, akibatnya orang yang mengalami batuk berdarah akan merasakan lesu dan kurang bertenaga
  • Malam hari akan muncul banyak keringat dingin
  • Merasakan demam dan suhu tubuh menjadi tidak normal
  • Sesak nafas atau nafas menjadi berat

Beberapa kondisi seperti ini mungkin sudah masuk dalam tahapan yang cukup serius. Dengan demikian, bila kondisi ini anda alami, maka segera pergi ke dokter atau minta kerabat anda untuk memanggilkan dokter. Dengan demikian, penanganan medis yang lebih baik akan bisa didapatkan. Semakin cepat diobati, maka kemungkinan buruk dari penyakit ini akan dapat dihindari.

Lalu Apakah Penyebab Dari Penyakit Batuk Berdarah?

Ada beberapa kondisi yang bisa melatar belakangi batuk berdarah. Beberapa kondisi ini tentunya perlu anda ketahui guna mewaspadai agar anda segera melakukan tindakan lebih cepat untuk menangani kondisi ini. Apa sajakah penyebab batuk berdarah? Simak berikut ini.

  • Penyakit Bronkitis

Kondisi gangguan kesehatan yang menyerang bagian saluran pernapasan dalam jangka panjang ini akan dapat menyebabkan penumpukan dahak. Penyakit jenis ini pun pada umumya bisa disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi virus dan terlalu banyak menghirup unsur polusi. Akan tetapi, penyakit paru-paru ini pada umumnya jarang berkembang dan berubah menjadi serius atau akan beresiko mengancam nyawa si pederitanya.

  • Penyakit Bronkiektasis

Selain batuk yang dapat menyebabkan pendarahan, jenis penyakit paru-paru yang satu ini pun dapat menyebabkan penumpukan lendir dibagian saluran pernapasan.

  • Infeksi Bagian Paru

Pada kondisi ini, infeksi yang menyerang bagian paru membuatnya mengeluarkan dahak yang berwarna dan bahkan sampai mengeluarkan nanah. Selain itu, pada kondisi ini, sesak napas dan demam akan datang menyertai penyakit yang satu ini.

  • Endema Paru

Penyakit yang satu ini adalah penyakit yang terjadi akibat adanya penumpukan cairan dibagian paru. Batuk berdarah biasanya aka dapat terjadi pada penderita yang memiliki riwayat penyakit ini dan juga si penderita memiliki masalah dengan jantung. Darah yang keluar saat batuk akan memiliki tekstur yang berbusa dan berwarna merah mudah.

  • Batuk yang Berkepanjangan

  • TBC

Penyakit paru yang satu ini masuk kedalam katergori penyakit paru yang sudah parah. Selain batuk berdarah, penyakit TBC akan juga dapat menyebabkan si penderitanya mengalami demam dan berkeringan secara berlebihan. Hal ini pula yang akan membuat si penderita penyakit TBC terlihat lebih lesu dan pucat meski cucuran keringan membasahi tubuhnya.

  • Sakit Maag

  • Dampak dari Penggunaan Obat-Obatan Pengencer Darah

  • Luka Berat

Seperti halnya kecelakaan lalu lintas atau terkena senjata tajam yang membuat tubuhnya terluka.

  • Kanker Paru-Paru

  • Kanker Tenggorokan

  • Efek Samping Penggunaan Narkoba

Nah, selain beberapa kondisi diatas, batuk berdarah juga bisa disebabkan oleh pendarahan yang terjadi dibagian teggorokan, mulut dan hidung yang bercampur bersama dengan air liur penderitanya. Nah, bila anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera lakukan pengecekan ke dokter agar diagnosanya pasti. Sehingga demikian, penanganan yang tepat akan bisa dilakukan dengan segera.

Lalu Seperti Apa Pengobatan dari Batuk Berdahak?

Tidak bijak rasanya bila mengabaikan segala penyakit yang ada dalam tubuh dengan alasan penyakit tersebut akan dapat sembuh dengan sendirinya, termasuk dengan penyakit batuk berdarah. Sebab penyakit ini indikasinya bisa membayahakan kesehatan anda. Untuk itulah, batuk berdarah harus segera diobati dan ditangai. Nah, berikut ini adalah beberapa pengobatan batuk berdarah.

1. Embolisasi

Pengobatan jenis ini adalah pengobatan yang harus dilakukan oleh tim medis atau dokter ahli. Adapun pengobatan ini dilakukan dengan menghentikan pendarahan dibagian paru-paru dan juga aliran pembuluh darah melalui bagian arteri bronkial atau yang disebut dengan embolisasi. Cara yang dilakukan untuk melakukan pengobatan ini adalah dengan menyuntikan atau memasukan suatu zat tertentu kedalam pembuluh darah arteri.

2. Operasi

Bila kondisi batuk tak kunjung sembuh dan malah kondisi ini berlanjut pada kondisi yang memburuk, maka medis akan langsung melakukan tindakan pembedahan. Apalagi jika pendarahaan tersebut asalnya datang dari bagian paru-paru. Dokter akan mulai melakukan tindakan bedah guna memperbaiki dan mengobati bagian paru-paru yang terkena pendarhaan.

3. Bronkoskopi

Pengobatan jenis yang satu ini adalah pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi batuk berdarah yang terus menerus dialami oleh si pasien. Caranya adalah dokter akan melakukan pemeriksaan pada si pasien guna melihat bagian mana yang menjadi sumber pendarahaan dan akan menutup sumber tersebut dengan menggunakan tekanan mengembang dibagian ujung alat bronkoskopi tersebut.

Beberapa pengobatan diatas adalah tindakan pengobatan yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli atau dokter yang sudah memiliki pengalaman dalam menangani pasien penderita batuk berdarah. Untuk itulah, sekali lagi, beberapa pengobatan diatas tidak dianjurkan dicoba atau dilakukan tanpa sepengetahuan tenaga medis karena pengobatan ditas beresiko fatal.

Pencegahan Penyakit batuk Berdahak

Mencegah dan menghindari tentu menjadi jalan yang lebih baik dan lebih bijak dalam menyikapi suatu penyakit. Begitupun dengan penyakit batuk berdarah. Sebab pada dasarnya, menyembuhkan tentu akan jauh lebih sulit dibandingkan dengan mencegah sebelum penyakit itu bersarang dan berkembang dalam tubuh.

Nah, untuk mencegah penyakit batuk berdahak dalam tubuh, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Menjalankan Pola Hidup Sehat

Gaya hidup sehat yang dijalankan oleh seseorang akan dapat menghindarkannya dari segala penyakit, termasuk sakit batuk berdahak. Adapun cara menjalankan pola hidup sehat untuk menghindari penyakit batuk berdahak diantaranya adalah dengan menghidari asap rokok. Sebab bahaya laten dari penyakit ini bisa begitu berbahaya untuk tubuh. Kepulan dari asap rokok akan dapat menyebabkan kanker paru-paru. Bila sudah terkena penyakit kanker paru-paru, maka kualitas hidup akan dapat menurun secara drastis.

Menjaga Jarak dengan Si Penderita

Agar tidak tertular dengan penyakit yang satu ini, maka sebaiknya anda tidak melakukan interaksi terlalu dekat dengan si penderita yang memiliki riwayat penyakit seperti paru-paru, TBC, bronkitis dan lainnya. Sebaiknya, kenakan masket untuk menutupi bagian mulut dan hidung ketika anda melakukan interaksi seperti menjenguk atau mengobrol.

Demikian penjelasan rinci mengenai penyakit batuk berdarah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel