Cara Mengobati Penyakit Sinusitis

Akhir-akhir ini istilah sinusitis menjadi begitu populer karena mulai banyak orang yang menderita penyakit yang satu ini.

Parahnya, lebih banyak lagi orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka tengah menderita penyakit sinusitis, karena memang pada umumnya penyakit yang satu ini gejalanya hampir mirip dengan penyakit flu.

Pada sebagian orang yang terserang penyakit flu, sebagian dari mereka cenderung mengabaikan penyakit ini karena dianggapnya sebagai penyakit ringan yang akan dapat sembuh dengan sendirinya.

Penyakit flu memang demikian, tanpa menggunakan jalan obat-obatan, penyakit ini akan dapat sembuh dengan sendirinya. Adapun serangan penyakit ini pada umumnya diakibatkan oleh virus yang masuk kedalam tubuh dan membuat si penderita mengidap penyakit ini. Itupun, bila si penderita sedang mengalami kondisi dimana daya tahan tubuhnya mengalami penurunan. Sementara bila, daya tahan tubuhnya fit dan terjaga, maka penyakti flu akan dapat dihindari karena tubuh bekerja sendiri dalam memerangi virus yang masuk kedalam tubuhnya.

Sementara itu, lain halnya dengan sinusitis. Penyakit yang satu ini penyebabnya sama yakni diakibatkan oleh bakteri atau virus yang masuk kedalam bagian dinding sinus, namun keberadaan viru ini dapat mengakibatkan inflamasi dibagian tersebut. Akan tetapi, berbeda halnya dengan penyakit flu yang dapat sembuh dengan sendirinya, penyakit sinus atau sinusitis ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Diperlukan usaha untuk segera mengatasi kondisi atau gejala ini agar bisa membaik.

Nah, untuk mengetahui seperti apa itu penyakit sinus dan cara pengobatannya. Mari simak penjelasannya dibawah ini.

mengobati sinusitis

Pengertian Penyakit Sinusitis

Sinusitis adalah kondisi dimana bagian rongga sinus mengalami inflamasi atau peradangan. Inflamasi ini seringkali disebabkan oleh adanya infeksi akibat virus atau bakteri. Selain beberapa penyebab diatas, sinusitis pun dapat terjadi oleh banyak faktor, seperti misalkan iritasi atau alergi terhadap bahan kimia yang masuk kedalam hidung yang diikuti oleh hadirnya bakteri dan virus.

Sinus adalah rongga kecil yang berisi udara yang letaknya terdapat dibagian belakang tulang pipi dan dahi. Hanya saja, bila sinus tersumbat oleh cairan yang berisi kuman, maka kuman ini akan dapat menginfeksi bagian tersebut. Pada beberapa kasus, penyakit sinus seringkali dipicu karena adanya pilek menahun atau flu yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bisa jadi pilek yang diidap oleh seorang penderita pada awalnya merupakan bagian dari reaksi alergi akibat adanya paparan debu atau polusi. Yang mana setelah terhirup, kondisi inilah yang akan menyebabkan flu timbul pada si penderita.

Nah, bila kondisi seperti ini terus-terusan terjadi dan tidak segera dicari solusi untuk dapat menanggulangi kondisinya, maka bisa jadi flu ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan berpotensi hadirnya sinusitis yang menyerang bagian hidung.

Penyakit yang satu ini adalah penyakit umum yang dapat menjangkiti siapa saja tak peduli ras, golongan, usia atau bahkan gender. Jadi demikian, penyakit sinusitis ini akan dapat menyerang siapa saja, termasuk orangtua atau bahkan buah hati anda saat ini.

Pada dasarnya, fungsi dari organ sinus adalah untuk dapat meringankan tulang tengkorak, nah bila terjadi masalah dibagian sinus, maka kondisi ini akan menyebabkan si sinus tidak akan dapat menjalankan tugasnya dan fungsinya sebagai mana biasanya.

Gejala Sinus

Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit sinusitis datang dengan beberapa ciri sebelum penyakit ini berkembang menjadi penyakit besar yang parah. Beberapa tanda dan gejala inilah yang patut diwaspadai. Sehingga ketika anda atau oranglain disekitar anda mulai menampakan beberapa gejala yang merujuk pada sinusitis, maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini dengan segera. Agar demikian, penanganan yang tepat pada penyakit ini bisa segera dilakukan.

Adapun beberapa gejala dari penyakit sinusitis diantaranya adalah:

1. Nyeri dibagian Kepala

Salah satu gejala awal yang akan dirasakan oleh si penderita penyakit sinusistis adalah timbulnya sakit kepala. Tidak seperti pada kondisi yang normal, gejala sakit kepala ini umumnya akan dirasakan secara terus menerus dan tak kunjung sembuh. Pada penyakit ini, kepala umumnya akan terasa nyeri, berat dan seperti tertusuk. Kondisi seperti ini tentu akan menganggu kegiatan dan aktivitas yang dilakukan oleh si penderita.

2. Nyeri Dibagian Wajah

Mengingat letak sinus ini posisinya berada diarea sekitaran wajah, maka ketika bagian ini mengalami gangguan seperti adanya inflamasi dibagian ini, maka dampaknya akan pula dirasakan oleh wajah. Pada kondisi ini, wajah akan seolah terasa nyeri seperti sakit yang dirasakan saat anda mengalami pembekakan dibagian tersebut.

3. Hidung Tersumbat

Hal yang paling umum dirasakan oleh penderita sinusitis adalah hidung yang sering tersumbat. Kondisi seperti ini pada umumnya menjadi lebih sering terjadi pada saat si penderita tidur dimalam hari dan terbangun dipagi hari.

4. Demam

Demam adalah gejala yang datang bersama dengan gejala-gejala lainnya. Gejala yang satu ini pun biasanya menjadi gejala awal saat seseorang mengalami sinus. Suhu tubuh kadang naik kadang turun menjadi salah satu tanda yang bisa mencirikan adanya sinus setelah gejala-gejala diatas dirasakan oleh si penderita.

5. Adanya Lendir yang Keluar Dari Hidung

Lendir yang keluar dari hidung biasanya kita sebut sebagai ingus. Pada kondisi normal, ingus yang keluar biasanya berwarna putih dan kental. Akan tetapi pada penderita sinus, ingus yang keluar pada umumnya berwarna pekat dan kehijauan. Bahkan pada kondisi ini, si penderita bisa mengalami penurunan pada daya penciumannya. Disisi lain, si penderita pun akan merasa area mata seperti gatal-gatal yang kemudian disertai dengan bersin dan sakit pada saat menelan.

Penyebab Penyakit Sinusitis

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa penyabab utama yang bisa memacu seseorang menderita penyakit sinusitis. Dengan demikian, anda pun harus dapat mewaspadai kondisi ini. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya penyakit sinusitis pada seorang penderita.

1. Infeksi Sinus

Infeksi sinus biasanya terjadi sebab dari udara kotor dan polusi yang sering dihirup oleh si penderita. Kuman atau partikel kecil yang berterbangan diudara yang masuk kedalam saluran pernapasan akan dapat menginfeksi bagian sinus sehingga bagian ini akan mengeluarkan cairan seperti lendir. Untuk itulah, sebaiknya jaga kesehatan organ sinus anda dengan selalu mengenakan masker atau pelindung wajah saat anda bepergian.

2. Udara yang Kotor

Ya, udara yang kotor bisa menjadi salah satu penyumbang seseorang terkena sinus. Hal ini dikarenakan kuman, bakteri, virus dan jamur bisa membuat bagian saluran sinus terinfeksi.

3. Alergi

Alergi bisa menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang mengalami sinusitis. Bila anda adalah seorang yang alergi terhadap hewan, makanan, bulu binatang, serbuk sari dan lain sebagainya, maka cobalah untuk menghindari segala pemicu alergen yang akan membuat anda bersin atau mengalami flu.

Itulah dia segelintir penyebab yang dapat membuat seseorang menderita penyakit sinus.

Mengingat dampak penyakit ini yang cukup bahaya dan akan menurunkan fungsi dari beberapa indera dalam tubuh anda, maka penting sekali mencari cara guna mengobati penyakit yang satu ini.

Cara Mengobati Sinusitis

Sekitar 60% penderita sinusitis tidak perlu menemui dokter dan mendapatkan pengobatan medis yang cukup intens. Kebanyakan kasus yang dijumpai, penyakit sinus ini lebih sering diakibatkan oleh adanya infeksi akibat virus. Yang mana bila penyababnya demikian, penyakit yang satu ini akan dapat sembuh dengan sendirinya. Dibutuhkan waktu sekitr 2-3 minggu untuk dapat menyembuhkan penyakit ini dengan sendirinya. Dengan kata lain, ketahanan dari penyakit ini masanya lebih lama dibandingkan dengan pilek.

Untuk penyakit sinus yang ringan, obat pereda sakit akan cukup dan obat-obatan ini bisa anda jumpai di apotek. Beberapa jenis obat-obatan yang dijual bebas di toko obat atau apotek diantaranya adalah ibuprofen dan parasetamol. Kedua obatan-obatan jenis ini akan dapat meredakan beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit sinusitis seperti halnya demam, sakit kepala dan sakit pada bagian wajah.

Sementara itu, untuk anak-anak dibawah usia 16 tahun, konsumsi obat aspirin tidaklah dianjurkan bahkan obat ini dilarang diberikan pada mereka. Penggunaan obat jenis ibuprofen pun tidak dianjurkan untuk pasien yang mengalami kondisi kesehatan tertentu. Termasuk menderita penyakit asma, gagal jantung yang parah dan tukak lambung.

Beberapa jenis obat-obatan lain seperti halnya dekongestan, obat tetes maupun obat semprot hidung, akan dapat digunakan untuk melegakan gejala yang muncul dan ditimbulkan dari penyakit yang satu ini. Obat-obatan jenis ini dijual dengan bebas di toko obat atau di apotek.

Dengan konsumsi obat-obatan ini akan dapat mengatasi penyumbatan dan membuat anda akan dapat bernapas dengan lebih lega. Akan tetapi, obat dekongestan tidak akan dapat membantu pemulihan sinusitis dengan cepat. Selain itu, penggunaan obat ini tidak boleh dikonsumsi lebih dari satu minggu. Dengan demikian, bila setelah konsumsi obat-obatan ini dalam satu minggu, namun kondisi anda masih belum kunjung sembuh, maka sebaiknya tinggalkan konsumsi obat-obatan ini segera.

Kapan Harus Berkonsultasi Ke Dokter?

Konsultasikan pada dokter anda bila anda mengalami kondisi sinusitis yang disertai dengan keluarnya darah atau nyeri yang berlebihan. Selain itu, sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi obat jenis dekongestan sebaiknya periksakan terlebih dahulu apakah anda menderita beberapa penyakit seperti glaukoma , hipertensi yang tidak kunjung ditangani, penyakit jantung, masalah kelenjar tiroid, pembesaran prostat dan diabetes. Sebab obat-obatan ini pada umumnya aka dapat membuat seseorang merasa gelisah dan sulit tidur.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengobati penyakit sinusitis yang diderita. Bila gejala sinus mulai memburuk dan tidak kunjung mereda setelah satu minggu, maka sebaiknya segera hubungi dokter. Dengan begini, dokter akan memberikan penanganan yang lebih tepat untuk penyakit yang anda derita.

Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply