Tips dan Cara Pengobatan Flu dan Pilek dengan Cara yang Cepat

Pergantian musim dari musim panas ke musim hujan atau sebaliknya, seringkali membuat segala penyakit mudah menyerang seseorang.

Pergantian musim ini dikenal dengan sebutan musim pancaroba. Bisa dicirikan dimulai dari pergantian musim kira-kira pada awal atau pertengahan bulan Oktober sampai dengan bulan April, ada cukup banyak anggota keluarga yang terserang penyakit atau mengeluhkan tidak enak badan. Kondisi seperti ini seolah menjadi kegiatan rutin pada masa pergantian cuaca.

Pada saat siang hari matahari bersinar dengan begitu terik dan cuaca sekitarnya bisa terasa begitu panas, bahkan mungkin kita pun enggan pergi ke luar karena suhu panasnya yang tak tertahankan. Akan tatapi, ketika menjelang sore hari, cuaca diluar menjadi mendung, gelap dan berawan dan tak selang berapa lama, hujan yang besar turun dengan tiba-tiba. Dengan begini, cuaca yang tadinya panas bisa berubah menjadi basah dan menghembuskan udara yang dingin dari tetesan air hujan diluar.

Nah, kondisi inilah yang sedikit banyak akan berpengaruh terhadap tubuh kita. Hal ini lah yang membuat tubuh kita mudah terserang penyakit. Pada saat pergantian musim, tubuh akan berusaha keras untuk dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan yang ada. Yang mana pada saat ini pula daya tahan tubuh atau sistem imunitas tubuh akan mengalami penurunan. Alhasil, ketika kondisi ini terjadi, maka tubuh akan mengalami kesulitan dalam memerangi bakteri atau virus yang masuk dalam tubuh. Sehingga demikian, tak heran bila penyakit akan cenderung lebih mudah menyerang pada waktu peralihan musim ini.

Selain itu, cuaca yang berubah-ubah pada musim pergantian ini menjadi salah satu kondisi yang memacu bakteri dan virus mudah berkembang biak dengan lebih cepat. Dengan beginilah, maka tidak heran jika akan ada banyak orang yang terserang dengan beragam penyakit pada saat musim pancaroba karena cuaca sekitarnya yang relatif tidak stabil.

Musim pancaroba atau musim pergantian cuaca dari hujan ke panas atau panas ke hujan biasanya erat kaitannya dengan beberapa gangguan kesehatan, salah satunya adalah pilek dan flu.

Kemunculan penyakit ini, kasusnya akan mengalami peningkatan yang signifikan pada awal pergantian musim karena banyaknya kotoran yang menjadi vektor bagi bakteri dan virus penyebab penyakit, selain itu tak lepas pula dari pola pengkonsumsian makanan yang didapat oleh si penderita.

Konsumsi makanan yang tidak sehat akan membuat seseorang semakin mudah terserang dengan penyakit lain, seperti halnya masalah pencernaan. Untuk itulah menjaga asupan makanan dan menjalankan pola hidup yang sehat adalah kunci dari ddaya tahan tubuh yang kuat dan tetap terjaga.

Serangan penyakit, seperti pilek dan flu adalah salah satu masalah peyakit yang paling umum dijumpai pada pergantian musim. Akan tetapi demikian, hal ini tak lantas membuat anda pasrah dengan keadaan. Ketika penyakit ini menyerang tubuh anda, maka gejala-gejala yang dirasakan akan mungkin membuat anda kepayahan bahkan hal ini akan bepengaruh terhadap kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang anda jalankan.

Dengan adanya pilek dan flu, anda mungkin akan merasa kewalahan untuk dapat menjalankan aktivitas seharian anda yang begitu sibuk. Hal ini dikarenakan gejala hidung tersumbat dari pilek dan flu akan mungkin membuat anda merasa tidak nyaman. Belum lagi, pada kondisi tertentu, pilek dan flu akan membuat seorang penderitanya kehilangan nafsu makan karena indera perasa yang mengalami penurunan fungsi.

Nah, bila kondisi ini terjadi, maka bisa ditebak apa yang akan terjadi dengan anda. Pilek dan flu mungkin akan membuat anda melewati kegiatan atau aktivitas anda dengan bolos pergi bekerja atau sekolah. Dengan demikian, penyakit ini tentu akan membuat tingkat produktifitas anda sehari-hari menjadi berkurang.

Apalagi jika penyakit ini menyerang buah hati anda yang masih kecil. Kondisi ini akan tentu membuat mereka kepayahan. Terutama, anak-anak yang masih begitu kecil biasanya membuat mereka belum memiliki kemampuan untuk mendeteksi jika terjadi sesuatu dengan tubuh mereka. Pada akhirnya, hal ini akan membuat mereka menjadi rewel dan merengek.

Jika sudah begini, kondisi ini akan membuat anda sebagai orangtua dibuat khawatir dan panik dengan kondisinya. Belum lagi, biasanya tangisan atau rengekan anak-anak seringkali membuat frustasi dan stres pada akhirnya, fokus kita untuk berpikir menjadi buyar dan tak karuan.

Untuk itulah, penting sekali menjaga kesehatan dan memastikan jika buah hati anda tetap dalam kondisi yang fit dan bugar. Selain itu, dukung pula tubuhnya yang sehat dengan selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga dan tidak menurun.

mengobati pilek flu dengan cepat

Kondisi tubuh yang fit dengan sistem imu yang sehat akan membuat si anak terbebas dari segala penyakit sebab tubuhnya akan dapat memerangi virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh.

Nah, untuk mengetahui seperti apa saja hal yang bisa dilakukan guna mengobati penyakit pilek dan flu pada orang dewasa dan anak-anak, maka mari simak dibawah ini.

Pilek dan Flu

Pilek dan flu merupakan sebuah penyakit yang akan dapat menganggu segala aktivitas dan membuat semua perencanaan yang dilakukan menjadi berantakan. Dengan demikian, tak heran jika siapa saja yang terserang dengan penyakit ini, tentu ingin segera sembuh sehingga mereka dapat beraktifitas seperti sediakala. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui dengan pasti bagaimana menyembuhkan pilek dan flu dengan cepat.

Pilek atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan common cold adalah penyakit rhinitis yang dalam medis penyakit ini berarti merupakan sebuah peradangan yang terjadi dibagian mukosa hidung.

Adapun terjadinya penyakit ini pada umumnya lebih banyak dipengaruhi oleh perubahan polusi, musim, asap, debu, kecapean, minuman dingin dan bulu biatang.

Pada dasarnya, penyakit pilek yang datang dan muncul pada seorang penderita menampakan gejala yang hampir mirip dengan flu. Namun sebenarnya, pilek dengan flu memiliki perbedaan yang perlu dipahami.

Tidak seperti pilek, penyakit flu adalah penyakit yang dapat terjadi sebab dari keterlibatan virus yang berbeda dengan common cold dan umumnya gejala dari flu ini dampaknya lebih berat dibandingkan dengan common cold sehigga flu merupakan gejala pilek dalam bentuk yang lebih berat.

Gejala pilek dan flu ini pada umumnya akan dapat muncul ketika tubuh anda mengalami penurunan sistem imun, virus yang masuk kedalam tubuh akan menguasai tubuh anda sehingga terjadilah proses penyakit didalamnya.

Adapun beberapa gejala yang akan dirasakan dari penyakit ini diantaranya adalah berupa hidung berair, hidung tersumbat, suhu tubuh meningkat, tenggorokan terasa sakit dan batuk-batuk yang keluar bersamaan dengan suara yang mulai terdengar lebih berat akibat adanya tumpukan lendir dibagian saluran pernapasan.

Nah, untuk mengetahui seperti apa cara menyembuhkan pilek dan flu, maka mari kita simak beberapa cara dibawah ini.

Cara Cepat Mengobati Pilek dan Flu

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakuakn untuk menyembuhkan pilek yang bisa anda lakukan dirumah. Namun bila anda ingin menyebuhkan pilek dengan cara yang cepat, maka tindakan yang cepat akan sangat dibutuhkan.

Untuk itu, bertindaklah dengan cepat ketika gejala-gejala flu dan pilek sudah muali anda rasakan. Sebab flu akan dapat menyebat dan dapat bertahan pada tubuh selama berhari-hari setelah 12 jam pertama penyebaran virus.

Terutama setelah anda melakukan kontak dengan penderita pilek atau flu, maka segeralah lakukan tindakan penyembuhan dan pencegahan dengan siaga. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan guna menyembuhkan pilek dan flu.

1. Minum Obat Ekspektoran

Obat jenis ini akan dapat bekerja untuk mengencerkan lendir. Selain itu, obat ini pun akan dapat bekerja dalam membersihkan rongga pada bagian sinus dengan cara mengencerkan lebdir dan mengeluarkan dahak yang tertahan dibagia saluran pernapasan. Dahak yang akan dikeluarkan biasanya bisa berbentuk batuk atau ingus. Untuk contoh obat jenis ini yang dijual bebas dipasaran adalah Mucinex dan guaifenesin

2. Asupan Vitamin C Tambahan

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan asupan vitamin C tambahan untuk tubuh anda. Selama ini, vitamin C diketahui dapat mencegah pilek. Dan ternyata manfaat tersebut tak terhenti sampai disitu, vitamin C rupanya bisa digunakan untuk mempersingkat pilek yang sedang diderita oleh seseorang.

Asupan vitamin C tambahan bisa diperoleh dari konsumsi jus jeruk , konsumsi buah stroberi dan sayuran berdaun hijau lainnya. Selain itupun, asupan vitamin ini bisa diperoleh dari mengkonsumsi suplemen atau vitamin C yang dijual bebas di apotik atau toko obat.

3. Konsumsi Obat Penekan Batuk

Obat jenis ini merupakan obat yang dapat bekerja dalam mengurangi gejala batuk yang dirasakan. Akan tetapi, ini pun hanya dapat digunakan apabila batuk yang dirasakan jenisnya adalah batuk kering. Adapun contoh obat yang dijual bebas di toko obat atau apotik diantaranya adalah obat dextromethorphan

4. Dapatkan Istirahat yang Cukup

Setelah konsumsi obat-obatan diatas, sebaiknya dapatkan waktu istirahat yang cukup. Bila anda bekerja, sebaiknya ambilah cuti. Karena obat-obatan diatas akan dapat bekerja secara optimal bila si pendeirta mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Cobalah untuk bersantai, agar sakit pilek dan flu yang anda rasakan bisa membaik guna memulihkan kondisinya.

5. Menjaga Tubuh Anda Agar Tetap Hangat

Selama anda beristirahat dirumah, sebaiknya jagalah tubuh anda agar tetap hangat. Caranya, selimuti tubuh atau kenakan jaket dan syal. Kondisi badan yang hangat selama beristirahat akan membuat kondisi pemulihan bisa berjalan dengan lebih cepat.

6. Kunjungi Dokter

Cara paling aman guna memulihkan kondisi tubuh adalah dengan mendapatkan pengobatan yang tepat. Untuk itu, bila sakit pilek yang anda alami tidak kunjung sembuh bahkan setelah konsumsi obat-obatan diatas, maka sebaiknya kunjungi dokter. Agar demikian, penanganan yang tepat akan bisa anda dapatkan dengan segera. Dengan begini dokter akan memberikan sejumlah obat dengan resep yang pas.

Selain berkonsultasi dengan dokter, dukung pula kondisi pemulihan anda dengan rutin mengkonsumsi sejumlah cairan seperti air mineral agar racun dalam tubuh termasuk virus penyebab pilek dan flu bisa dikeluarkan.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati atau mengatasi penyakit pilek dan flu dengan cepat. Semoga dengan mengaplikasikan beberapa hal diatas, penyakit flu anda bisa segera sembuh dan kesehatan anda dapat pulih pada kondisi seperti biasanya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel