Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa

Berpuasa selama bulan Ramadhan adalah ibadah wajib yang dijalani oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Mulai dari waktu fajar sampai dengan terbenam matahari si senja hari adalah waktu berpuasa untuk seluruh umat yang menjalankannya. Tidak adanya asupan makanan dan minuman selama menjalankan ibadah puasa seringkali membuat tubuh mengalami pengaruh yang cukup besar. Yang mana selanjutnya masalah kesehatan akan dapat menyerang tubuh dan mengakibatkan masalah yang cukup besar.

Hal ini sebenarnya adalah kondisi yang wajar terjadi selama bulan puasa. Apalagi ketika asupan makanan yang dikonsumsi selama bulan puasa bukanlah makanan yang sehat. Maka masalah pencernaan akan seringkali terjadi. Baca juga: Mengapa Sakit Kepala saat Menyusui?

Sebenarnya kemunculan keluhan kesehatan selama bulan Ramadhan akan dapat diatasi dengan baik ketika para pelaku puasa mampu menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. Selain itu, ketika mereka memperhatikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang maka kondisi ini akan dapat diatasi dengan baik. Nah, mari kita kenali beberapa masalah kesehatan yang sering muncul saat puasa dibawah ini.

Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Puasa

Ada beberapa keluhan kesehatan yang mungkin sering dihadapi pada saat menjalankan ibadah puasa. Beberapa kondisi ini bisanya dipengaruhi akibat kurangnya asupan makanan dan cairan kedalam tubuh. Selain itu, masalah asupan makanan dan gaya hidup yang kurang sehat yang dilakukan selama puasa pun akan dapat mempengaruhi kondisi tersebut. Lantas apa saja masalah kesehatan yang sering muncul saat puasa? Simak informasinya dibawah ini.

Mulas

Masalah kesehatan pertama yang seringkali muncul saat menjalani ibadah puasa adalah perasaan mulas. Sebagian diantara anda mungkin sering merasakan gejala ini saat menjalankan puasa, bahkan mungkin kemunculan mulas seringkali menyertai puasa anda selama seharian penuh.

Ketika puasa lambung anda dalam keadaan kosong sehingga produksi asam lambung dalam tubuh akan meningkat. Akibatnya kondisi inilah yang menyebabkan seseorang mengalami mulas yang terasa sakit dan perih.

Adapun cara penanganan terhadap kondisi ini adalah dengan mengkonsumsi obat lambung. Waktu terbaik yang dianjurkan untuk mengatasi masalah ini adalah pada saat sahur.

Dehidrasi

Masalah atau keluhan kesehatan selanjutnya yang seringkali terjadi adalah masalah dehidrasi. Kurangnya asupan cairan selama lebih dari 12 jam saat menjalankan ibadah puasa akan cenderung mudah membuat seseorang terkena dengan yang namanya dehidrasi. Akan tetapi, hal ini bukanlah alasan untuk anda dapat menghindari atau absen dari menjalankan ibadah puasa.

Dehidrasi yang dialami selama puasa sebenarnya tidak perlu terjadi ketika seseorang mampu mencukupi kebutuhan cairan didalam tubuhnya dengan lebih baik. Oleh karenanya, ketika menjalankan ibadah puasa sebaiknya asupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan baik pada saat berbuka dan sahur.

Sakit Kepala

Pada saat menjalankan ibadah puasa seringkali kepala terasa pusing dan nyeri seperti ditusuk-tusuk. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, baik itu akibat dehidrasi, kelaparan atau mungkin tidak adanya zat adiktif seperti kafein atau nikotin.

Cara penanganan masalah ini selama puasa adalah dengan melakukan diet seimbang yang kaya akan gizi. Selain itu, bila perlu gunakan penghilang rasa sakit seperti parasetamol yang dapat anda konsumsi saat berbuka atau sahur.

Itulah dia beberapa jenis masalah kesehatan yang pada umumnya seringkali muncul selama puasa. Semoga dengan mengenali beberapa masalah penyakit serta penanganannya diatas akan membantu anda mengatasi masalah tersebut dan bila memungkinkan dapat mencegah kondisi tersebut terjadi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel