Tips Mencegah dan Mengatasi Masalah Pencernaan Selama Puasa

Puasa tinggal menghitung hari, ini artinya tak lama lagi para umat Muslim di seluruh dunia akan dihadapkan pada ibadah wajib berpuasa. Ibadah puasa adalah menahan hawa nafsu, amarah, menahan lapar dan juga haus. Dari mulai terbit matahari sampai dengan tenggelam matahari pada sore hari adalah tantangan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Nah, berbicara mengenai menahan lapar dan haus selama bulan puasa seringkali mereka akan dihadapkan pada masalah kesehatan pencernaan yang cukup mengganggu. Salah satunya adalah masalah asam lambung yang dapat mengakibatkan rasa nyeri dan perih pada perut yang menyiksa.

Kondisi kesehatan yang satu ini memang menjadi hal yang lumrah terjadi selama bulan puasa. Akan tetapi demikian, tidak berarti hal ini dapat anda jadikan alasan untuk menghindari ibadah suci yang satu ini. Sebab demikian, masalah gangguan pencernaan selama bulan puasa akan dapat dicegah dan diatasi dengan lebih baik.

Berikut ini kami berikan tips mencegah dan mengatasi masalah pencernaan selama puasa. Ingin tahu seperti apa? Mari kita simak langsung beberapa informasi menariknya dibawah ini. Baca juga: Pengaruh Televisi pada Perkembangan Bayi

Tips Mencegah dan Mengatasi Masalah Pencernaan Selama Puasa

Mencegah dan mengatasi masalah gangguan pencernaan selama puasa akan menjadi pedoman baik untuk dicermati. Sebab hal ini akan dapat membantu anda terhindar dari masalah yang tidak nyaman dan menyiksa. Dibawah ini kita simak tips mencegah dan mengatasi masalah pencernaan selama puasa yang penting dipahami dengan baik.

Selektif Memilih Sajian Ramadhan

Makanan dan kesehatan akan erat sekali kaitannya selam anda menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan setelah menahan lapar dan haus selama satu harian penuh tubuh anda akan membutuhkan re-load energi dari makanan yang anda konsumsi kedalam tubuh.

Makanan dengan jenis yang kurang sehat alih-alih menggantikan energi yang hilang selama berpuasa. Hal ini akan mungkin membuat anda mengalami masalah dengan kesehatan. Salah satunya adalah pencernaan.

Konsumsi makanan pedas, bersantan atau bahkan makanan berminyak memang kental dengan suasana Ramadhan. Akan tetapi, untuk anda yang bermasalah dengan gangguan pencernaan hal ini bukanlah pilihan yang baik selama puasa.

Menjaga Kebersihan Sat Memasak

Selain jenis makanan yang dikonsumsi selama Ramadhan, kebersihan pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan makanan yang anda asup kedalam tubuh harus terhindar dari masalah bakteri dan mikroorganisme yang bersarang didalamnya. Oleh karenanya, perhatikan kembali masalah ini dengan baik.

Upayakan untuk membersihkan makanan anda dengan baik dan merata. Selain itu, perhatikan pula untuk memasak makanan sampai matang dan bisa dikonsumsi dengan baik.

Hindari Makanan Berminyak, Pedas dan Bersantan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa beberapa jenis makanan ini memang selalu identik dengan bulan puasa. Akan tetapi, untuk anda yang ingin mencegah masalah kesehatan pencernaan selama bulan puasa maka hindari konsumsi terhadap makanan ini.

Beralihlah pada makanan yang lebih sehat dan lebih baik. Misalkan seperti buah dan sayur dan makanan lain dengan kandungan gizi yang lebih baik. Konsumsi sayur dan buah memiliki kandungan serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Jadi demikian, perhatikan menu makanan anda selama puasa.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga informasi diatas akan dapat membantu anda mengatasi masalah kesehatan pencernaan selama bulan puasa. Sehingga puasa yang dijalani akan semakin lancar dan terasa menyenangkan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply