data-ad-format="auto"

Mengapa Sakit Kepala saat Menyusui?

Kondisi kesehatan yang kurang baik ketika anda sedang menyusui membuat anda sangat khawatir, pertama karena akan mempengaruhi kesehatan bayi anda yang secara langsung berinteraksi dengan anda lewat proses menyusui dan juga membuat anda cemas dengan pemilihan konsumsi obat untuk meringankan kondisi kesehatan anda. Bagi anda yang sedang menyusui pemilihan obat memang sangat diperlukan untuk menghindari gangguan kesehatan pada bayi anda. Sakit kepala yang menyakitkan dapat membuat anda kesulitan untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari termasuk ketika anda sedang menyusui. Kadar hormon estrogen dapat memicu sakit kepala/migrain pada wanita. Beberapa wanita yang biasanya menderita sakit kepala/migrain mengalami sakit kepala kurang selama trimester 2 dan 3 kehamilan ketika tingkat estrogen berada di tertinggi.

Selain perubahan hormonal, ada beberapa alasan lain mengapa sakit kepala atau migrain memperburuk keadaan setelah melahirkan yaitu :

1.  Kurangnya cairan

Kondisi kurangnya cairan akibat pengeluaran melalui ASI, urin dan juga keringat tidak seimbang dengan asupan cairan tubuh sehingga kondisi kurangnya cairan atau dehidrasi akan mengakibatkan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena adanya kepekatan darah sehingga aliran darah keseluruh tubuh menjadi terhambat.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

2.  Anda kurang mendapatkan waktu istirahat

Kehadiran bayi anda akan membentuk perubahan pola tidur. Pada umumnya anda membutuhkan waktu tidur 7-8 jam perhari. Apabila waktu istirahat tidak terpenuhi maka tekanan darah menurun sehingga peredaran darah menuju kepala akan terhambat, sehingga menimbulkan sakit kepala migren.

3.  Posisi menyusui yang salah

Apabila melakukan posisi yang salah atau berbaring tidak tepat sehingga membuat saraf di leher dan kepala tidak nyaman, memicu anda mengalami sakit kepala/ migren. Salah satu posisi yang salah misalnya  anda menyusui dengan posisi duduk dan bahu melengkung atau anda duduk tidak menggunakan sandaran.

4.  Mengalami tekanan /stres

Perasaan yang menekan anda baik secara pekerjaan atau psikis ketika sedang menyusui akan menimbulkan sakit kepala. Pada proses menyusui, anda dapat mengembangkan sakit kepala misalnya dengan perasaan khawatir bayi anda tidak dapat memenuhi ASI atau mengalami kejenuhan. Stres akan menghambat aliran darah di dalam tubuh terutama di kepala dan menimbulkan unsur kimia yang memicu stres di dalam tubuh anda.

Penanganan yang dilakukan ketika anda mengalami sakit kepala ketika sedang menyusui tentu saja paling aman adalah dengan menggunakan non-obat untuk menghindari kandungan kimia dari obat mausk melalui susu ke dalam tubuh bayi. Beberapa wanita dapat mengobati sakit kepala atau dengan menggunakan terapi relaksasi dan pengobatan alami lainnya. Adapun untuk anda yang mencoba menggunakan obat, paling sering direkomendasikan digunakan saat menyusui dan hamil yaitu Parasetamol atau acetaminophen, dan biasanya aman untuk dikonsumsi untuk sakit kepala ketika anda sedang menyusui. Bila masih cemas dengan pemilihan obat maka anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dalam kasus yang lebih parah atau dalam kasus sakit kepala migrain sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli saraf. Setiap penggunaan obat saat menyusui harus dilakukan dengan hati-hati dan di bawah pengawasan dokter. Meskipun sangat jarang, ada kondisi yang dikenal yang menghubungkan sakit kepala dan menyusui. Beberapa wanita bereaksi terhadap pelepasan hormon, oksitosin, dengan sakit kepala. Hormon, oksitosin, dilepaskan dan menyebabkan kontraksi saluran susu dari ASI. Oksitosin adalah hormon yang sama dan bertanggung jawab untuk memulai kontraksi persalinan saat melahirkan.

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us