Kiat Turunkan Berat Badan di Bulan Ramadhan

4.25/5 (4)

Ketika bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk menjalankan puasa wajib. Bulan Ramadhan selalu dijadikan waktu untuk menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, terlebih lagi para kaum hawa yang memang prinsipnya mendambakan badan yang langsing dan proposional. Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan menjalankan puasa setiap hari selama sebulan penuh berat badan mereka menjadi turun karena asupan makanan bisa terkontrol. Namun, pada kenyatannya hal tersebut tidaklah benar. Justru selama puasa di bulan Ramadhan justru resiko naiknya berat badan akan semakin tinggi.

Meskipun sudah menjalankan puasa, tetapi berat badan belum juga turun maka anda harus memperhatikan dan melihat kembali apa saja yang anda lakukan di bulan Ramadhan ini. Mungkin saja anda melakukan hal hal yang tidak anda sadari yang ikut menyumbang kenaikan berat badan. Ketika anda akan melakukan diet di bulan puasa maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab berat badan bertambah.

Penyabab Berat Badan Naik Saat Puasa

Penyebab naiknya berat badan pada saat puasa yaitu karena kebiasaan melakukan balas dendam pada saat berbuka puasa. Balas dendam di sini maksudnya yaitu makan berlebihan setelah seharian tidak makan maupun minum. Berbagai makanan yang tersedia kerap kali disantap untuk memuaskan nafsu makan. Namun, tanpa disadari keadaan seperti ini justru akan menyebabkan bertambahnya berat badan.

Berbuka puasa dengan makanan manis memang sudah menjadi kebiasaan. Namun kebanyakan orang salah menyiapkan makanan atau minuman manis sebagai menu buka puasa. Biasanya banyak orang menyiapkan makanan maupun minuman yang mengandung karbohidrat sederhana. Makanan mengandung karbohidrat sederhana sebenarnya suda bersih dari serat karena sudah diolah terlebih dahulu atau memang secara alami mengandung serat yang rendah. Ketika mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat sederhana, maka tubuh akan dengan cepat menyerapnya. Sehingga efeknya akan membuat kita cepat lapar kembali. Karena seperti itu, keinginan untuk makan akan semakin besar dan pengaruhnya akan berimbas pada kenaikan berat badan.

Biasanya orang makan dengan porsi lebih banyak saat bulan puasa dibandingkan dengan hari biasanya. Badan akan menjadi gemuk apabila makanan yang dikonsumsi lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang akan diolah menjadi tenaga.

Saat puasa malas menjalankan aktivitas fisik adalah hal yang dialami oleh banyan orang. Sebab keadaan lemas dan lesu karena tidak mendapatkan asupan makanan seharian, sehingga banyak orang yang hanya berdiam diri dan bermalas-malasan saat puasa. Berkurangnya aktivitas fisik ini justru akan berimbas pada kenaikan berat badan.

Kiat Turunkan Berat Badan di Bulan Ramadhan

Tetap Lakukan Sahur Sewajarnya

Meskipun ada keinginan untuk menurunkan berat badan di bulan Ramadhan ini, tetapi itu bukan berarti jika anda melewatkan waktu sahur. Selain untuk menjaga agar badan tetap segar dan sehat, sahur juga akan membuat anda terhindar dari makan berlebih pada saat berbuka puasa nanti. Hal yang harus anda perhatikan ketika sahur yaitu memilih dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung nutrisi seimbang. Usahakan untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak atau minyak berlebih. Pilihlah makanan yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks agar bisa menunda rasa lapar lebih lama.

Makan Sahur dengan Porsi Wajar dan Perlahan

Ketika sahur makanlah makanan dengan porsi wajar atau tidak berlebihan. Karena makan berlebih justru akan membuat berat badan anda naik dengan cepat. Anda bisa makan dengan porsi yang wajar namun tetap mengandung nutrisi dan kandungan yang lengkap. Selain itu, janganlah makan terlalu terburu-buru. Makanlah dengan pelan dan kunyah semua makanan sampai benar-benar lembut. Pasalnya, makanan yang tidak dikunyah dengan baik justru akan sulit dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga bisa saja akan menyebabkangangguan pencernaan. Ketika sahur anda bisa bangun lebih awal agar anda bisa menikmati makan sahur dengan baik. Mengunyah makanan secara perlahan bertujuan agar otak memiliki waktu untuk memberikan efek kenyang pada perut sehingga anda akan berhenti makan.

Jangan Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Namun, tahukah anda? Tidur setelah sahur tidak baik untuk kesehatan. Jika terus dilakukan maka lemak akan tertimbun dalam tubuh anda. Selain itu, asam lambung pun akan naik. Setelah sahur dan sebelum menungu waktu adzan alangkah lebih baik apabila anda melakukan aktivitas atau olahraga ringan. Untuk mengganti waktu tidur yang terpotong, anda bisa tidur lebih awal ketika malam hari. Cara ini juga dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan malam hari yaitu begadang.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan pada saat puasa merupakan hal yang harus anda lakukan. Namun, bukan berarti jika anda minum ketika siang hari. Minumlah dan cukupi kebutuhan cairan anda ketika berbuka puasa atau sahur. Cara ini juga dilakukan untuk mengontrol keinginan mengkonsumsi makanan manis serta membuat tubuh anda untuk tetap terhidrasi.

Kontrol Diri Saat Berbuka

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan harus bisa mengontrol diri ketika berbuka puasa. Pasalnya, berbuka puasa sering dijadikan sebagai waktu balas dendam untuk mengkonsumsi makanan atau minuman berlebihan. Ketika buka puasa anda harus mampu mengontrol diri untuk tidak makan berlebihan. Karena hal ini juga tidak baik untuk kesehatan terutama untuk kesehatan sistem pencernaan juga. Jika banyak makanan yang anda makan, maka pencernaan tidak bisa mencernanya dengan baik.

Ganti Cemilan dengan Sayur dan Buah

Jika anda ingin ngemil ketika malam hari, maka alangkah lebih baik jika anda mengganti cemilan, seperti makanan ringan atau snack lainnya dengan menggunakan buah atau sayur.  Selain bisa dikonsumsi langsung, agar lebih enak dan nikmat, anda bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothies. Jika anda mengkonsumsi buah dan sayur, apalagi di bulan puasa maka banyak keuntungan yang anda dapatkan. Buah dan sayur akan memenuhi kebutuhan mineral, vitamin dan antioksidan. Selain itu, buah dan sayur juga akan membuat anda terhindar dari dehidrasi dan membuat anda kenyang dalam waktu yang lebih lama karena buah dan sayur mangandung banyak cairan dan serat.

Tetap Olahraga dan Menjalankan Aktivitas Meskipun Sedang Puasa

Seperti yang kita ketahui ketika bulan puasa biasanya rasa lelah dan lemas sering menghampiri. Namun meskipun begitu bukan berarti jika anda harus berdiam diri dan malas-malasan. Jika ingin berat badan turun, maka sebaiknya lakukan olahraga ringan atau bergerak aktif. Karena dengan seperti itu maka berat badan anda akan turun. Jika ingin melakukan olahraga maka lakukanlah olahraga ringan seperti jalan atau bersepeda. Agar tidak mengundang rasa haus, anda bisa melakukannya menjelang buka puasa pada sore hari. Jika tidak, anda bisa melakukan kegiatan lainnya seperti membersihkan rumah.

Demikian beberapa tips menurunkan berat badan saat puasa. Demi puasa tetap lancar, tubuh tetap sehat dan berat badan profosional anda dapatkan, maka terapkanlah gaya hidup dan pola makan yang sehat. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply