Kiat Atasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

4.56/5 (9)

Saat puasa tubuh kita akan kekurangan asupan cairan maupun makanan. Keadaan seperti ini justru akan bertambah parah apabila dibarengi dengan cuaca panas. Kekurangan asupan cairan akan menyebabkan beberapa gangguan. Selain menyebabkan dehidrasi,  keadaan seperti ini juga akan membuat kita rentan mengalami sakit tenggorokan. Pada saat tubuh kekurangan cairan dan tenggorokan kering maka bakteri atau virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Virus atau bakteri tersebut akan menimbulkan terjadinya pembengkakan di dalam tenggorokan sehingga rasa sakit pun akan muncul.

Pembengkakan dan sakit tenggorokan disebut dengan radang tenggorokan. Ciri ciri orang terkena radang tenggorokan yaitu, suhu tubuhnya meningkat, tenggorokan menjadi sakit dan sulit menelan, dinding tenggorokan berubah warna menjadi merah dan bercak putih timbul, serta kelenjar getah bening yang berada di leher mengalami pembengkakan.

Sakit tenggorokan karena radang tenggorokan ketika bulan puasa bisa di atasi dengan mudah. Berikut kiat atasi sakit tenggorokan karena radang pada saat puasa.

Kiat Atasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Cukupi Kebutuhan Vitamin C

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C bisa anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan. Vitamin C yang didapatkan dari makanan dan minuman tertentu bisa membunuh bakteri yang menjadi penyebab radang tenggorokan. Selain untuk mengatasi rasa sakit tenggorokan, kandungan vitamin C juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat. Makanan yang kaya akan vitamin C di antaranya yaitu jeruk, jambu biji merah, kiwi, stroberi, anggur dan lain sebagainya.

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan menggunakan air garam efektif dalam mengatasi sakit tenggorokan. Lakukan kegiatan ini baik saat berbuka puasa maupun saat sahur. Bumbu dapur ini mengandung sifat anti peradangan. Yang mana sifatnya ini mampu mengatasi sakit tenggorokan. Cara membuatnya cukup mudah. Anda tinggal memasukan garam secukupnya ke dalam air hangat. Untuk hasil yang maksimal tambahkan madu ke dalam campuran tersebut. Jika anda melakukan ini secara rutin, maka pembengkakan pada tenggorakan bisa di atasi.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Ketika menjalankan puasa maka kita tidak makan maupun minum, sehingga tubuh akan kekurangan cairan. Namun,untuk memenuhi cairan anda bisa minum ketika berbuka puasa maupun sahur. Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Anda bisa membagi waktu untuk minum air putih, baik itu ketika buka puasa, malam hari maupun sahur. Dengan cukupnya minum air putih, maka tenggorokan tidak akan terasa kering dan rasa sakit akan teratasi.

Konsumsi Sup

Sup merupakan menu yang tepat bagi mereka yang menderita sakit tenggorokan. Ketika terjadi radang tenggorokan, kita akan sulit dalam menelan makanan. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi sup yang dicampur dengan asam Jawa. Kandungan asam Jawa mampu membunuh bakteri dalam tubuh dan melawan peradangan yang terjadi.

Kurangi Konsumsi Gorengan

Gorengan mengandung banyak minyak, yang mana makanan ini harus dihindari ketika sakit tenggorokan agar sakit yang dirasa tidak bertambah parah.

Istirahat Cukup

Selain cara di atas, untuk mengatasi sakit tenggorokan saat puasa anda harus mencukupi waktu istirahat. Cukupi waktu istirahat ketika malam hari, atau anda bisa tidur siang sekitar 30 menit. Dengan beristirahat maka dapat membantu tubuh dalam melawan penyakit atau virus yang menjadi penyebab.

Itulah kiat atasi sakit tenggorokan pada bulan puasa. Jaga selalu kesehatan dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat agar ibadah puasa yang dijalankan tetap lancar. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply