Menu Sahur Sehat Agar Tetap Kuat Selama Seharian

3.67/5 (3)

Ketika sahur biasanya rasa ngantuk sering menghampiri dan sulit dihilangkan. Karena rasa kantuk tersebut terkadang membuat kita malas untuk menjalankan sahur. Menyiapkan makanan pun terkadang asal-asalan dengan menu seadanya. Namun, hal seperti itu sebenarnya tidak baik untuk dilakukan mengingat kita akan menjalankan puasa seharian atau selama kurang lebih 14 jam, maka makanan yang dikonsumsi pun harus benar-benar diperhatikan. Nutrisi dan kandungan lainnya harus terpenuhi agar tubuh tetap sehat meskipun sedang menjalankan puasa.

Menu yang harus disiapkan ketika sahur harus benar-benar menu sehat, bukan hanya menu yang memiliki rasa enak saja. Apabila anda salah memilih menu ketika sahur, maka efeknya akan menjadi cepat lapar, haus, mudah mengantuk, pusing, lemas atau bahkan mual ketika siang hari. Anda tidak ingin ibadah puasa yang dijalankan terganggu bukan? Untuk itu, anda harus mengetahui beberapa menu dan makanan sehat yang cocok disajikan ketika makan sahur.

Lantas makanan apa saja yang cocok disantap ketika sahur? Untuk mengetahuinya simak penjelasan di bawah ini.

Menu Sahur Sehat Agar Tetap Kuat Selama Seharian

Makanan Mengandung Banyak Lemak dan Protein

Makanan yang mengandung lemak dan protein akan membuat anda kenyang dalam waktu yang cukup lama. Ketika cadangan kerbohidrat di dalam tubuh anda sudah mulai habis, maka protein yang anda dapatkan dari makanan yang dikonsumsi akan digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi. Selain itu, kandungan protein juga bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang sudah rusak serta meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan mengandung protein yang bisa anda konsumsi ketika sahur seperti tahu, tempe, ayam tanpa kulit dan beragam jenis ikan.  Jika anda mengkonsumsi makanan mengandung lemak, maka metabolisme gula dalam tubuh anda akan lebih lama, sehingga anda mampu mempertahankan enargi dalam wkatu yang lebih kama pula. Makanan berlemak yag dimaksud bukanlah makanan yang mengandung lemak tak sehat, melainkan lemak sehat seperti ikan salmon, tuna, kacang-kacangan, minyak zaitun atau minyak canola.

Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks mampu memberikan energi lebih besar untuk anda dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks maka tidak akan membuat anda cepat lapar sehingga seharian anda akan tetap kuat dan segar. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks di antaranya yaitu, sereal, beras merah, kentang, gandum utuh, oatmeal dan lain sebagainya. Selain membuat kenyang dalam waktu yang lebih lama, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tidak akan memicu naiknya gula darah. Sehingga resiko menderita penyakit diabetes akan menjadi kecil.

Buah dan Sayur

Selain makanan yang sudah disebutkan di atas, buah dan sayur juga perlu anda cukupi kebutuhannya. Buah dan sayur mengandung banyak nutrisi. Ketika sahur anda bisa mengkombinasikan makanan yang terbuat dari sayur agar kandungan yang terserap lebih banyak sehingga akan menjaga kesehatan anda. Selain kaya akan nutrisi dan vitamin, buah dan sayuran juga kaya akan serat. Seperti yang kita ketahui, serat akan membuat kita kenyang dalam waktu lama. Serat pada sayuran dan buah juga akan mencegah terjadinya sembelit saat puasa.

Konsumsi Banyak Cairan

Selain makanan yang harus diperhatikan, anda juga harus memperhatikan kebutuhan cairan tubuh anda. Tujuan mencukupi kebutuhan cairan yaitu agar tubuh tetap terhidrasi. Pada hari biasa kita dianjurkan untuk minum air sebanyak 8 gelas. Ketika puasa pun disarankan untuk minum air sebanyak 8 gelas pada saat berbuka puasa sampai sahur.

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan dikonsumsi saat sahur agar tubuh tetap segar dan tidak lemas. Selamat mencoba.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply