Cegah Kulit Kering Saat Puasa Dengan Langkah Sederhana Ini


Langkah Sederhaa Mencegah kulit Kering Saat Puasa

Minum Banyak Air Putih

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang menyebabkan kulit menjadi kering. Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan pada saat waktu berbuka puasa, sahur atau sebelum tidur. Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas dalam setiap harinya. Anda bisa membagi waktu untuk minum. Jangan minum secara sekaligus karena akan membuat perut menjadi kembung. Jika itu terjadi, maka akan menimbulkan gangguan lainnya. Apabila cairan dalam tubuh tercukupi maka kulit akan menjadi lembab.

Batasi Aktivitas di Luar Ruangan

Membatasi aktivitas di luar rungan juga bisa dilakukan sebagai langkah untuk mencegah terjadinya kulit kering pada saat puasa. Ketika melakukan aktivitas di luar ruangan kulit kita akan langsung terpapar oleh sinar matahari. Oleh karena itu, tidak heran apabila kulit menjadi kering dan kusam. Selain itu, dengan beraktivitas di luar ruangan terlalu lama akan membuat tubuh mengeluarkan keringat yang akan memicu timbulnya dehidrasi. Jika pekerjaan anda menuntut untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, anda harus memastikan jika kulit anda terlindungi dari paparan sinar matahari. Sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan sebaiknya anda gunakan body lotion dengan kandungan tabir surya. Selain itu, menggunakan topi atau payung bisa dilakukan agar kulit tidak langsung terpapar sinar matahari.

Konsumsi Buah dan Sayur

Ketika puasa, karena banyaknya makanan yang dihidangkan di meja makan saat buka maupun sahur, terkadang membuat kita lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Jika konsumsi buah dan sayur tidak tercukupi maka kemungkinan terjadinya kulit kering akan lebih tinggi. Perbanyaklah konsumsi sayur maupun buah. Selain kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan dan membuat kita kenyang dalam waktu yang lebih lama, buah dan sayur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang akan membantu menjaga kulit tetap lembab.

Leave a Reply