data-ad-format="auto"

Resep Menu Sahur Untuk Ibu Hamil: Sup Telur Puyuh

Ketika bulan Ramadhan datang biasanya banyak ibu hamil bertanya tanya apakah dirinya boleh menjalankan puasa atau tidak? Ibu hamil boleh menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dengan syarat telah dilakukan pemeriksaan dan hasilnya sehat.

Namun, harus benar-benar memperhatikan pola makan saat berbuka dan sahur. Ketika sahur dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan sehat dan mengandung banyak nutrisi. Salah satu menu yang bisa dicoba untuk sahur ibu hamil yakni sup telur puyuh. Seperti yang kita ketahui telur puyuh merupakan salah satu jenis telur yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya itu, telur berukuran kecil ini pun sangat baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil.

Telur puyuh merupakan makanan yang dianjurkan untuk wanita hamil. Telur puyuh mengandung kolin yang cukup tinggi. Yang mana kandungan tersebut bagus dan memiliki peran yang cukup penting untuk perkembangan otak. Wanita hamil baik mengkonsumsi telur puyuh agar perkembangan otak dari janin yan dikandungnya baik. Selain itu, jika konsumsi kolin tercukupi bisa mengurangi resiko bayi lahir cacat atau keguguran.

Telur puyuh itu sendiri bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan salah satunya diolah menjadi sup. Selain sehat dan memiliki manfaat cukup besar, sup telur puyuh ini juga memiliki rasa yang enak dan nikmat. Tambahan aneka sayuran di dalamnya akan membuat sup telur puyuh ini menjadi lebih bergizi dan sehat. Berikut ini resep dan cara membuat sup telur puyuh untuk menu sahur ibu hamil.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Bahan Bahan Untuk Membuat Menu Sahur Untuk Ibu Hamil Sup Telur Puyuh

Bahan Utama Sup Telur Puyuh

  • 10 butir telur puyuh rebus
  • 50 gram kembang kol
  • 1 buah wortel dipotong menyamping
  • 50 gram  jamur kuping basah
  • Bawang goreng secukupnya
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 liter kaldu sapi

Bumbu Sup Telur Puyuh

  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay cincang
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 1 Irisan daun bawang

Cara Membuat Menu Sahur Untuk Ibu Hamil Sup Telur Puyuh yang Enak dan Nikmat

Cara Menyiapkan Bahan Sup Telur Puyuh

  1. Pertama-tama siapkan beberapa alat yang akan digunakan untuk memasak seperti wajan, pisau, talenan, mangkuk saji dan peralatan lainnya yang dibutuhkan.
  2. Jika semuanya sudah siap, langkah pertama kali yang harus anda lakukan bisa dimulai dari mengupas bawang putih yang sudah disiapkan. Jika sudah, memarkan bawang putih tersebut.
  3. Setelah itu, kupas juga bawang bombay. Lalu iris memanjang dan cincang. Iris juga daun bawang yang sudah dibersihkan.
  4. Masukan jamur kuping basah yang sudah disiapkan. Lalu cuci jamur tersebut sampai benar-benar bersih. Jika perlu, cuci jamur beberapa kali.
  5. Ambil pisau atau alat khusus untuk mengupas wortel. Jika sudah tersedia, anda bisa langsung mengupas wortel dengan cara mengeriknya dengan pisau atau menggunakan alat khusus pengupas wortel. Lalu iris wortel dengan arah menyerong.
  6. Cuci kembang kol dengan menggunakan air bersih. Agar semua kotoran atau ulat yang menempel pada kembang kol hilang, anda bisa mencucinya dengan menggunakan air garam.
  7. Didihkan air, lalu rebus telur puyuh yang sudah anda siapkan sampai benar-benar matang. Jika sudah matang, angkat telur puyuh dan dinginkan. Setelah dingin, kupas telur puyuh dan sisihkan.

Cara Membuat Sup Telur Puyuh

  1. Jika semua bahan sudah siap olah, anda bisa langsung memasaknya. Pertama, tuangkan minyak goreng pada wajan panas di atas kompor. Biarkan sampai minyak goreng panas atau meletup-letup. Apabila sudah seperti itu, anda bisa memasukan bumbu seperti bawang bombay dan bawang putih. Aduk merata dan masak sampai mengeluarkan aroma harum.
  2. Tuangkan kaldu yang sudah disiapkan. Biarkan sampai kaldu mendidih. Setelah seperti itu, masukan potongan wortel. Masak wortel sampai matang.
  3. Selanjutnya, masukan telur puyuh, jamur dan kembang kol. Aduk sampai merata.
  4. Tambahkan bumbu lainnya seperti garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk aduk sampai merata. Masak kembali selama kurang lebih 5 menit, lalu angkat.
  5. Sajikan sup telur puyuh ini pada tempat atau mangkuk  saji yang sudah disiapkan. Lalu taburi diatasnya dengan menggunakan irisan daun bawang. Sajikan ketika masih hangat agar lebih enak dan nikmat.

Selain sayuran, sangat dianjurkan ibu hamil memasukan buah-buahan pada menu sahurnya. Hal ini dilakukan guna tidak terjadi konstipasi pada ibu hamil. Pasalnya, menu sahur yang kurang serat akan bermasalah pada sistem pencernaan. Selain buah-buahan, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi susu khusus ibu hamil agar kekuatan bertambah. Namun, jika kadar gula dalam darah ibu hamil tinggi, maka alangkah lebih baik apabila minum susu yang telah disarankan oleh dokter. Hal yang harus ibu hamil ingat ketika santap sahur yaitu, jangan mengkonsumsi makanan bercita rasa pedas. Jika ingin, alangkah lebih baik tidak berlebihan. Konsumsi banyak air putih pun sangat dianjurkan.

Itulah resep menu sahur untuk ibu hamil sup telur puyuh.

Loading...

Follow us